News
Batal
KATEGORI
link has been copied
104
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8a6835c8208429663f444c/negara-ini-punya-cara-quotsantuyquot-menghadapi-corona
Corona bikin panik? Iya dan hampir semua negara direpotkan dan menjadi panik gara-gara si Corona ini. Eh, tapi percaya enggak, ada juga beberapa negara yang santai aja tuh menghadapi Corona. Mau tahu cara unik mereka?
Lapor Hansip
06-04-2020 06:22

Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona

Corona bikin panik ? Iya dan hampir semua negara direpotkan dan menjadi panik gara-gara si Corona ini. Ehh...tapi percaya enggak, ada juga beberapa negara yang santuy-santuy aja tuh, menghadapi Corona. Mau tahu cara unik mereka menghadapi Corona ?? Hhmmm....kasih tahu enggak ya? Ya udah, kasih tahu aja deh...


Belarusia

Siapa yang tahu nama presiden Belarusia? Nama presiden Belarusia adalah๐Ÿ‘‰ย  Alexander Lukashenko punya cara santuy mengahadapi Corona. Sesantuy apa sih? Pertama, rakyat Belarusia tetap beraktivitas seperti biasa. Tidak ada social distancing, tidak ada lockdown, tidak ada karantina wilayah, dll. Namun, walau santuy bukan berarti tidak ada treatment. Treatment kaya apa ya gan ?? Treatment seperti berobat bagi yang terinfeksi dan pengawasan bagi orang-orang yang pernah berinteraksi dengan pasien corona. That's it!!


Cara santuy kedua, negara Belarusia tetap mengadakan liga belarusia seperti pertandingan tim dari kota Minsk, FC Minsk vs Dinamo Minsk, digelar di Stadion FC Minsk yang tetap dipadati penonton. Wow!!! Amazing.... treatment untuk para penonton ini hanya memeriksa suhu badan, sebagian penonton memakai masker tapi lebih banyak yang tak menggunakan masker.
emoticon-Hansip


Oke, menarik juga ya... dikutip dari detik.com Lukashenko berkata, "Dunia yang beradab sudah menjadi gila. Benar-benar bodoh untuk menutup perbatasan negara. Kepanikan itu bisa melukai kita lebih dari virus itu sendiri."ย  Fyi yaa...di Belarusia yang berpenduduk 10 juta jiwa, baru ada 94 kasus Corona per tanggal 29 Maret 2020 dan belum ada korban jiwa. Hhmmmm....makin menarik buat dikaji nih...๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž


Cara santuy ketiga, Belarusia tetap berencana merayakan hari kemerdekaan tanggal 9 Mei yang dimeriahkan dengan karnaval para veteran. Weleh...weleh... padahal menurut rekomensasi para ahli seluruh dunia, usia-usia ini kan yang paling rentan terinfeksi Corona. Santuy bangeud ini mah. emoticon-Shakehand2

Dikutip dari detik.com, President Lukashenko pernah menyatakan bahwa "traktor bisa menyembuhkan orang-orang yang terinfeksi virus corona." Netizen bereaksi dengan cara memperolok-olok pernyataan ini, bahkan menimbulkan pro dan kontra. Namun, maksud dari pernytaan beliau ini adalah bekerja di ladang tentu membuat tubuh lebih kuat imunitasnya sehingga akan lebih kuat menghadapi virus corona. Asal tahu aja ya gan, rakyat belarusia mayoritas bekerja di ladang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Oke, jadi kesimpulan besarnya menurut ane sebagai orang awam ya..kayanya siiihh....Belarusia ini memiliki alam pedesaan yang masih asri, bebas polusi, rakyatnya masih banyak aktivitas berladang yang tentunya pekerjaan seperti ini memaksa pelakunya berjemur secara langsung....ya kan??? Jadi...alam yang bebas polusi mendukung virus corona tak berkembang dengan baik, juga imunitas tubuh yang kuat ikut mendukung sebab setiap hari terpapar sinar matahari saat berladang.ย  Gitu deh kayanya ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

Jepang

๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰Jepang juga trmasuk salah satu negara yang santuy menghadapi corona dan negara pertama yang tertular corona dari Cina. Sesantuy apakah negara jepang ini menghadapi Corona ? Kepo-in yukk...

Perlu tahu juga ya gan sis, Negara Jepang hingga maret melaporkan hanya ada 42 orang yang meninggal akibat virus corona. Padahal penduduk Tokyo di Jepang, kabarnya menduduki peringkat pertama penduduk terpadat di dunia. Tapi kok iso ya yang meninggal cuma 42 orang ?? Sesantuy apakah Negara Jepang menghadapi Corona ??

Faktanya, Tidak ada lockdown di jepang..... hhmmm ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž penduduk padat, tidak ada lockdown, tidak ada karantina wilayah, tidak ada isolasi diri... kok iso yang meninggal cuma 42 orang ? Perlu sewa detektif nih buat bantu penyelidikan ... ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

Fikutip dari healthgrid.com "kami pergi ke kantor setiap hari, kami pergi ke semua layanan penting.ย Orang-orang tetap duduk-duduk di taman. Tidak ada restoran yang ditutup. Tidak ada mal yang ditutup. Tidak ada lockdown. Kereta metro bergerak normal. Kereta cepat Shinkazen juga tetap melaju kencang. "

Semua tetap sama, seperti tidak terjadi apa-apa. Perlu agan sista ketahui juga, upaya-upaya pencegahan Corona seperti cuci tangan, menjaga jarak, tidak bersalaman adalah hal-hal yang sudah dipraktekkan oleh orang Jepang sejak kecil dan menjadi budaya mereka. Dengan kata lain, upaya-upaya pencegahan Corona menjadi lebih mudah karena memang sudah mnjadi budaya orang Jepang sehari-hari.

==>1, pada hari-hari normal orang Jepang terbiasa menggunakan masker untuk melindungi diri mereka dari polusi udara di kota-kota besar. Khususnya pada musim dingin, mereka membudayakan penggunaan masker sebagai penjagaan dari flu, bersin, dan hal lainnya yang dapat menganggu kenyamanan orang lain. Agan sista gitu ga sih?

==>2, orang Jepang tak biasa berjabat tangan. Agan sista pasti pernah lihat di Tv dong kalau orang Jepang biasanya membungkukkan badan sebagai salam hormat. Nah...zaman virus corona gini, kebiasaan ini sangat bermanfaat ya kan gan ? Ehh...ini ga cuma buat virus corona doank...juga bermanfaat buat pencegahan virus lainnya. Cuma karena virus corona lagi beken, ya disambungkan dengan virus corona.

==> 3, penggunaan hand sanitizer, dan tempat pencucian tangan di Jepang adalah hal umum. Agan sista bisa menemukan banyak tempat pencucuan tangan di banyak area publik, perkantoran di Jepang. Mereka bisa yaa karena biasa. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

==> 4, orang Jepang memiliki budaya menjaga jarak dengan orang lain. Lohh kok?? Pada prinsipnya mereka sangat menghargai privasi dan kenyaman orang lain. Jarak terlalu dekat dianggak sebagai interfensi terhadap privasi orang lain.


Referensi:


https://www.liputan6.com/bola/read/4...on-boleh-hadir


https://m.detik.com/sepakbola/bola-d...liga-belarusia


https://www.inews.id/news/internasio...k-cegah-corona


https://m.detik.com/news/bbc-world/d...n-virus-corona


https://health.grid.id/read/35208234...orona?page=all



profile-picture
profile-picture
profile-picture
liramarlinda dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
07-04-2020 07:37
Quote:Original Posted By .hades โ–บ
Helaw, saya koreksi dikit ya penyataan TS tentang keadaan di Jepang berdasarkan apa yg saya baca pagi ini:


Untuk lebih jelasnya sila baca ke sini


Intinya kurang lebih sama kan kebijakannya sama di Indo...tapi paling banyak politisasinya ya di Indo aji mumpung buat kasih tekanan ke pemerintah lelet lah apa lah..jadiin rakyat kelinci percobaan lah, sampai parahnya ada yg bilang genosida lah...

Rame di sosmed yg pada akhirnya tingkat kepuasan sama pemerintahnya rendah...
Blom yg aji mumpung minta duit ke pemerintah...blom lagi banyak yg bilang menteri a,b,c lelet lah blunder lah,ngeremehin lah, hellooo...apa kabar who lembaga international yg merevisi statementnya sendiri...kl mau dipukul rata ya sekelas WHO pun blunder jg lah, tapi sekali lagi paling rame kritikusnya ya di negeri kita ini...sampai2 banyak yg ga bisa bedain antara mengkritik dengan menghina...



Democrazy Udah jatoh ketimpa tangga...

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh irvan84
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
07-04-2020 06:01
Helaw, saya koreksi dikit ya penyataan TS tentang keadaan di Jepang berdasarkan apa yg saya baca pagi ini:
Quote:TOKYO, KOMPAS.com - Jepang mengumumkan kondisi darurat nasional terkait wabah virus corona. Kebijakan ini berbeda dengan lockdown di negara-negara lainnya.

Keputusan tersebut rencananya diumumkan secara resmi oleh Perdana Menteri Shinzo Abe pada Selasa (7/4/2020) dan mulai dijalankan Rabu (8/4/2020).

Keadaan darurat nasional ini akan ditetapkan di beberapa wilayah termasuk Tokyo, di mana terdapat lonjakan kasus virus corona.

Lantas seperti apa gambaran darurat nasional yang diterapkan di Jepang? Berikut rangkumannya yang disadur dari AFP.


Untuk lebih jelasnya sila baca ke sini
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
07-04-2020 04:00
INDONESIA juga santuy (sebelum masuk) emoticon-Leh Uga
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 23:42
+62 kelewat santuy,
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 23:13
dengan cara menjaga kebersihan cuci tangan setiap saat,menjaga jarak aman(sosial distance) dan selalu memakai masker itu adalah hal yg paling sederhana agar kita tidak tertular adanya virus corona ini
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 22:50
Pejabat WHO itu menambahkan, ada banyak langkah-langkah kesehatan masyarakat yang harus diterapkan untuk menghindari kebangkitan virus di kemudian hari.


"Yang harus kita fokuskan adalah menemukan pasien Covid-19, mereka yang memiliki virus dan mengisolasi mereka. Kemudian menemukan orang yang telah kontak dengan mereka (pasien positif Covid-19) dan mengisolasi mereka," kata Mike Ryan dilansir Reuters, Minggu (22/3/2020).
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 22:30
Masyarakat Jepang udah terbiasa menghadapi bencana, terutama bencana alam. Jd masyarakatnya sudah siap secara mental dan terlatih jika terjadi hal2 buruk.
Ngga bisa ditiru, karena itu sudah di ajarkan sejak dr kecil, ngga bisa instan.
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 22:29
Menurut Peraturan Kesehatan Internasional, ada sejumlah prosedur yang perlu diperhatikan saat memutuskan untuk melakukan isolasi dan karantina:

1. Individu yang terisolasi harus ditempatkan secara terpisah dari individu yang dikarantina.
2. Status kesehatan individu yang terisolasi dan dikarantina harus dimonitor secara teratur, untuk menentukan apakah mereka terus membutuhkan isolasi atau karantina.
3. Jika seseorang yang dikarantina diyakini terinfeksi penyakit menular maka ia harus segera dibawa ke ruang isolasi.
4. Isolasi dan karantina mesti segera diakhiri ketika individu negatif mengidap penyakit menular.
5. Kebutuhan individu yang tengah diisolasi dan karantina juga perlu diperhatikan, seperti disediakan makanan, pakaian, dan lainnya.
6. Tempat isolasi dan karantina pun juga harus dijaga dan higienis.

Bisakah Isolasi Mandiri di rumah masing masing memenuhi syarat syarat di atas.?

I don't think so..
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 22:19
jangan lupa berjemur emoticon-2 Jempol
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 22:15
hand sanitizer di tempat umum disini buat isi ulang punya pribadi,sabun di bawa pulang...kata presiden belarus bener tuh...panik bakal lebih melukai drp virus itu sendiri .m
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 22:11
waaah kebiasaan orang jepang ngebantu banget ya buat menekan penularan virus ini
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 22:07
Jerman juaranya

Kmrn mereka malah impor pasien dr itali dan prancis

Anak buah Hitler emang emoticon-2 Jempol
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 22:06
Worst Scenario..

Ketika pasien positif gejala ringan yg isolasi mandiri di rumah batuk batuk lalu melakukan kontak dengan keluarganya..

Keluarganya melakukan kontak dengan tetangganya..

Tetangganya melakukan kontak dengan keluarganya..

Begitu seterusnya sampai outbreak..

WHO mengatakan bahwa para peneliti berpikir setiap orang sakit akan terus menginfeksi, rata-rata, antara 1,4 dan 2,5 orang tambahan, meskipun itu hanya perkiraan awal. Tim peneliti lain telah menerbitkan perkiraan mereka sendiri, dengan sebagian besar mengatakan orang yang sakit akan menginfeksi rata-rata sekitar dua atau tiga orang.

Angka-angka itu disebut virus R0 (dilafalkan โ€œR-naughtโ€). R0 adalah representasi matematis tentang seberapa baik infeksi dapat menyebar. Semakin tinggi angkanya, semakin berpotensi menyebar. Sebagai perbandingan, R0 untuk SARS adalah antara dua dan lima. Tetapi itu tidak berarti bahwa setiap orang yang sakit benar-benar akan menginfeksi banyak orang. Karantina dan tindakan lain yang diambil untuk mengendalikan wabah virus dapat menurunkan jumlah orang yang terinfeksi oleh orang sakit.

Be ware guys..


emoticon-Turut Berduka
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 22:03
jangan santuy santuy ya, semua bisa kena soalnya hehehehe
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 21:58
Enak msih bisa nonton bola emoticon-Mewek
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 21:54
wah Indonesia kalo nerapin santuy kayak gituu mah udah di demo abis abisan ama warganya wkwkwkwk
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 21:53
Quote:Original Posted By whyptv โ–บ
Yoi lah +62 liat mamang bikin nasgor pinggir jalan aja abis ngolah makanan aja paling pake serbet lap biasa doang kalo di pikir jauh dri kata bersih sih kalo gtu caranyaemoticon-Nohope


whahahahha dan pembelinya pun liat itu kayak udah biasaaa ajaa gitu yaaa wkkwkwkw
profile-picture
whyptv memberi reputasi
1 0
1
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 21:52
Quote:Original Posted By budakbaleg โ–บ
santuy tapi udah diperhitungkan


jelaass .. mereka berani santuy karena mereka rasa mereka mampu dan yakin bahwa Corona ini ga membahayakan warganyaa
0 0
0
Negara ini Punya Cara "SANTUY" Menghadapi Corona
06-04-2020 21:49
Quote:Original Posted By wawanbjm โ–บ
Dirussia juga gan, yg meninggal cuma 30an org, padahal negara luas, dan paling padat di eropa, berbatasan lngsung ama china lg, , aq curiga entah ditutupin kasus nya oleh pemerintah atau yg di rapid test ny di batasi, tp kata om q yg tinggal di moscow, masyarakatnya emang agak kurang ramah, jd jaga jarak uda jd budaya, dan tenaga medis dan kesehatan disana cukup banyak dan sistem bagus


bisaa gituu yaa.. padat penduduk tapi yang meninggal cuma 30an.. itu korban positifnya ada berapa tuh gaan kalau boleh tauu??
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia