Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
132
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8940d9af7e9354a37c0812/mengenal-bus-fenomenal-dilintas-sumateraquotintraquot-roller-coaster-dari-siantar
Mulai didirikan pada 1 Juli 1995 di Pematang Siantar, Sumatera Utara.Awalnya mengisi trayek Medan-Siantar gan sist,yang menempuh jarak sekitar 126 km.Intra jug menjadi andalan masyarakat Siantar untuk bepergian menuju kota Medan dan sekitarnya.Selain Medan-Siantar,Intra juga membuka trayek sampai Pekanbaru dan Jambi.
Lapor Hansip
05-04-2020 09:22

Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar

Sumber Foto


Selain terkenal dengan jalurnya yang ekstrim,Sumatera juga terkenal melalui transportasi daratnya yang masih jadi andalan sampai saat ini.Kali ini ane akan membahas PO Intra,bagi yang tinggal di Pematang Siantar,Sumatera Utara,pasti tidak asing dengan nama PO ini emoticon-Big Grin


Mulai didirikan pada 1 Juli 1995 di Pematang Siantar, Sumatera Utara.Awalnya mengisi trayek Medan-Siantar gan sist,yang menempuh jarak sekitar 126 km.Intra jug menjadi andalan masyarakat Siantar untuk bepergian menuju kota Medan dan sekitarnya.Selain Medan-Siantar,Intra juga membuka trayek sampai Pekanbaru dan Jambi.

Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar

Tempat lahirnya Intra gan sist emoticon-Big Grin

Sumber Foto


Intra sendiri memiliki akronim yaitu Indah Transport,belum ada info yang jelas dibalik nama Intra ini gan sist.Silakan nanti yang punya informasi,silakan komen dibawah emoticon-Big Grin


Intra sendiri punya rekor waktu yang bisa dibilang "wah" dijalurnya,dimana Siantar-Medan hanya ditempuh dalam waktu 2 jam saja emoticon-Belo
Dimana PO lainnya menempuh kisaran 2,5-3 jam atau bahkan lebih.Maka banyak orang yang bilang bus ini layaknya roller coaster dijalan gan sist,kebayang kan bagaimana polah tingkah bus ini dijalan ? (seperrinya tidak perlu diceritkan y,paati sudah paham emoticon-Big Grin)
Seiring pekembangan waktu,Intra merintis anak perusahaan bernama Sentosa Transport,Intra dan Sentosa mulai melebarkan sayapnya menuju berbagai kota di Sumatera.Dengan armada big bus dan medium busnya.



Beberapa trayek yang dilalui Intra dan Sentosa,Siantar-Jambi via Lintas Timur,Siantar-UB. Rokan,Siantar-Pekanbaru,Siantar-Dumai,Siantar-Pangkalan Kerinci,Medan-Jambi (Sentosa Transport).Untuk mesin dan chassis yang digunakan sama dengan bus Sunatera lainnya yaitu Mercedes Benz,salah satunya tipe OH 1526.Dan armada bus mediumnya memakai Hyundai gan sist.
Beberapa kelas yang dilayani seperti Ekonomi non AC,AC Ekonomi,dan Eksekutif.
Untuk body bus yang digunakan kebanyakan dari karoseri Rahayu Santosa.


Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar

Interior Intra Eksekutif gan sist

Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar

Bus ini mengisi rute Siantar-Pekanbaru gan sist

Sumber Foto


Bus ini terkenal karena selalu bermain dikecepatan tinggi dijalurnya gan sist,selain itu juga bisa samapai kota tujuan lebih cepat,ada beberapa orang yang bilang bus ini Sumber Kencononya Sumatera emoticon-Big Grin
Terkadang bus ini juga terlihat berjalan beriringan (konvoi),dilintas Sumatera Utara.Dengan tujuan bila ada salah satu bus yang mengalami masalah,bus yang lainnya bisa membantu.


Sama seperti di Jawa Timur,kondektur atau kernet bus Intra ini juga mendapat tambahan tugas sebagai navigator gan sist.Bukan hanya pebalap mobil rally saja yang perlu navigator,bus AKAP pun juga perlu sosok navigator emoticon-Big Grin
Biasanya kondektur akan mengeluarkan sebagian badan sambil melambaikan tangan,dengan tujuan meminta jalur kepada pengendara lain.Bila dirasa aman untuk menyalip,kondektur akan memberitahu sopir gan sist,ada yang pernah menemui hal semacam ini ? emoticon-Big Grin
TS jadi ingat dengan bus asal daerah ane,dimana waktu zamannya Sumber Kencono non AC masih ada.Kernet melakukan hal yang sama,bergelantungan mengeluarkan sedikit badannya sambil lambaikan tangan,untuk memebri tanda oengendara lain bahwa bus akan menyalip.Bila dirasa ada ruang untuk menyalip,kernet akan memberitahu sopir.Sudah menjadi kebiasaan setiap bus di Indonesia sepertinya gan sist,ketika hendak menyalip kendaraan lain,maka kondektur akan melakukan hal seperti itu.

Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar

Awas oleng kapten emoticon-Ngakak (S)

Sumber Foto


Intra ini juga sering membawa paket gan sist,selama perjalanannya.Menurut pengalaman teman ane,bus ini selain membawa paket barang,juga membawa sepeda motor diatap busnya.Selain Intra ada juga PMH,yang mengisi trayek Medan-Pekanbaru,dimana terlihat sering kali mengangkut sepeda motor diatapnya.Saat ini armada bus Intra sudah mencapai lebih dari 70 unit,melayani berbagai kota tujuan di Sumatera.Walaupun usiannya masih terbilang muda,Intra sudah menjadi transportasi pilihan bagi sebagian masyarakat Sumatera Utara dan sekitarnya.


Nah demikian gan sist sedikit kisah transportasi dari kota Siantar,dimana transportasi bernama bus begitu diminati masyarakat hingga kini.Dunia transportasi khususnya bus,selalu menjadi hal yang menarik buat ane,terutama bus dilintas Sumatera.Selalu ada hal yang menarik untuk diceritakan,dan banyak cerita yang tak akan terlupakan.



Sumber:Pemikiran pribadi dan pengalaman kawan TS
Referensi:1 , 2 ,3 ,4




Silakan mampir ditulisan ane tentang bus Sumatera emoticon-Toast

Sejarah ALS
Sejarah ANS
Sejarah NPM
Sejarah PMTOH
Sejarah Makmur-Halmahera
Si Peluru Dari Medan (Medan Jaya)
Sejarah Sinar Dempo
Sejarah SAN
Sempati Star
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 52 lainnya memberi reputasi
51
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 09:23
Ini kata mereka,terimakasih sudah berbagi cerita emoticon-Toast

Quote:Original Posted By ArisLagiLagi
wkwwk roler coaster..
kendaran ane pulkam ni gan dr medan ke siantar jmn nimba ilmu dlu haha,
tp klo beriringan sih kuang tepat, karna route dr medan siantar itu udh ada jam2 ny tertentu, jd klo udh ada yg beriringan d jalan tu udh pasti salip2an untuk rebutan sewa d jalan, karna bisa jd yg depan itu sengnja lama karna blm full penumpang ny. apalagi klo udh ketemu saingan ny d jalan (bus Sejahtera) d jamin gan seru abis naik d dalam ny, bener2 naik rooler coaster. wkwkw
pernah sekali ane naik intra kebetulan ketemu sejahtera d jalan, langsung gan si supir beraksi. pas waktu d daerah lubuk pakam ada penumpang, karna rebutan ambil penumpang si sejahtera nyium pantat intra yg ane naiki gan wkwkw, alhasil gara2 1 penumpang semua penumpang bus turun dr ke2 bus.
untung smua penumpang gk kanpe2 gan, termasuk ane.

next boleh jg gan bahas si sejahtera, saingan berat si intra ni gan.
BTW skg udh gk se "ROLLER COASTER" dulu gan, karna skrg udh ada jalur tol MEDAN - T. TInggi. jd cukup waktu 2 jam sudah sampai siantar gan begitu jg klo ke medan.
dan sekarang sudah bnyk varian model ny sih setau ane.

salam anak Siantar,
Buat TS goodjob gan, MANTAB...


Quote:Original Posted By cupilonlen
bus paling sakit utk trek yang tidak panjang.. tidak direkomdasikan untuk hepi2... sangat2 baik utk buru buru..


Quote:Original Posted By ffsuperteam
Tiap pergi pulang kampung selalu naik ini emoticon-Belo


Kalo dibilang mirip rollercoaster sih karna udh biasa naik ini jadinya udh ane anggap normal


Quote:Original Posted By berdjayapku
Ngeri ngeri sedap naik bus ini dah, cukup pertama dan terakhir waktu dulu hahahaha


Quote:Original Posted By Mangazatria
ah mendingan sejahtera lae, dari pada intra.
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
pabloo dan vly69 memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 11:12
ane cuma pernah naik ALS aja gan sekali"nya ikut pulkam ke sumatra wkt msh SD, klo diinget seru bgt kyk naik roller coaster ngebutnya ga kira" supirnya.
emoticon-Hammer2

tp pas wkt ane ikut itu jg ada kejadian kecelakaan gan, bus ALS-nya ada 2 dan posisi bus ane yg kedua.
pas posisi kami istirahat mkn mlm yg pertama udh jalan duluan, nah pas bgt diwilayah singkarak klo ga salah bus yg pertama apes masuk jurang gan.
krn ane msh kecil jd blm paham" bgt soal kecelakaan dan kondisi jg mlm jd ga kliatan jelas kondisi penumpang bus yg pertama tsb, ane cuma denger suara orang minta tolong dr kedalaman jurang wkt pintu penumpang dibuka sama kondekturnya.
emoticon-Turut Berduka

itu sepenggal cerita ane naik bus dijalur lintas sumatra. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 11:27
wedew rollercoaster emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
pabloo dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 12:02
wahhhhh gak bayangin itu di dalem gimana yaaa
profile-picture
profile-picture
pabloo dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 12:43
Quote:Original Posted By bahamutlord
ane cuma pernah naik ALS aja gan sekali"nya ikut pulkam ke sumatra wkt msh SD, klo diinget seru bgt kyk naik roller coaster ngebutnya ga kira" supirnya.
emoticon-Hammer2

tp pas wkt ane ikut itu jg ada kejadian kecelakaan gan, bus ALS-nya ada 2 dan posisi bus ane yg kedua.
pas posisi kami istirahat mkn mlm yg pertama udh jalan duluan, nah pas bgt diwilayah singkarak klo ga salah bus yg pertama apes masuk jurang gan.
krn ane msh kecil jd blm paham" bgt soal kecelakaan dan kondisi jg mlm jd ga kliatan jelas kondisi penumpang bus yg pertama tsb, ane cuma denger suara orang minta tolong dr kedalaman jurang wkt pintu penumpang dibuka sama kondekturnya.
emoticon-Turut Berduka

itu sepenggal cerita ane naik bus dijalur lintas sumatra. emoticon-Ngacir


terus gimana itu gan ?,dioper ke bus agan kah penumpangnya yang masih selamat ?

via lintas barat memang agak ekstrim jalurnya gan,jalannya kecil.naik turun juga dan rawan longsor,walaupun viewnya bagus karena lewat danau toba dan singkarak

Quote:Original Posted By epopolocroia
wedew rollercoaster emoticon-Hammer (S)


11:12 sama sumber kencono gan ini busnya emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By christyas1994
wahhhhh gak bayangin itu di dalem gimana yaaa


seperti naik roller coaster pada umumnya gan emoticon-Big Grin
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 13:25
Quote:Original Posted By si.matamalaikat
terus gimana itu gan ?,dioper ke bus agan kah penumpangnya yang masih selamat ?

via lintas barat memang agak ekstrim jalurnya gan,jalannya kecil.naik turun juga dan rawan longsor,walaupun viewnya bagus karena lewat danau toba dan singkarak



11:12 sama sumber kencono gan ini busnya emoticon-Big Grin



seperti naik roller coaster pada umumnya gan emoticon-Big Grin


Padahal perjalanan makan waktu lama, duhhhh mabok mabok dehhh
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 14:55
intra punya banyak kenangan di hati ane gan. waktu ane dulu kuliah, setiap bulan ane pulkam naik ni intra. jadi dulu ceritanya ketika ane naik intra, lagu yg paling sering diputar yaitu lagu batak, lagu lawas dan lagu dari sumatera barat gan. bahkan ane sampai hapal tuh 1 lagu dari sumbar. judulnya cinto jan dibali wkwkwk.
profile-picture
profile-picture
pabloo dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 15:33
manteeep...
ditunggu ulasan Barumun Setia & Batang Pane Express
profile-picture
profile-picture
pabloo dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 15:39
Quote:Original Posted By uangkul
intra punya banyak kenangan di hati ane gan. waktu ane dulu kuliah, setiap bulan ane pulkam naik ni intra. jadi dulu ceritanya ketika ane naik intra, lagu yg paling sering diputar yaitu lagu batak, lagu lawas dan lagu dari sumatera barat gan. bahkan ane sampai hapal tuh 1 lagu dari sumbar. judulnya cinto jan dibali wkwkwk.


makasih udah berbagi gan,lagu lawas seperti lagu wajib buat bus sumatera.
btw kuliah di medan kah agan dulu ?

Quote:Original Posted By pengamenmusiman
manteeep...
ditunggu ulasan Barumun Setia & Batang Pane Express


diusahakan ya gan,nanti cari info dulu emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 19:42
Quote:Original Posted By si.matamalaikat
siapin an**** biar gak mabuk gan,kalo bisa jangan duduk dibelakang .
Hindari makanan pedes dan yang mengandung santan, minuman manis juga,dijamin perjalanan aman emoticon-Big Grin


Wkkwkwkw wah tipsnya oke juga gan, habis minum obat langsung tidur aja yak penting
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 20:39
Quote:Original Posted By si.matamalaikat
betul,tapi kalo langsung tidur gak bisa nikmatin perjalanan emoticon-Big Grin


Wkwkwkkwkwkw iyasih tapi daripada mabok siii
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 20:42
@christyas1994 termasuk jadi pemabuk dijalan kah agan ? emoticon-Big Grin
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 20:44
Quote:Original Posted By si.matamalaikat
@christyas1994 termasuk jadi pemabuk dijalan kah agan ? emoticon-Big Grin


Iyeee nih wkwkkwkwkw suka susah makanya
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 22:07
Jaman masih kuliah sering naik bus ini gan. Sampe kadang dibelai2belain gak peduli harus berdiri atau duduk diposisi deket kaca belakang diatas ruang mesin emoticon-Hammer2

Kenapa, ya itu sensasi roller coaster nya emang kerasa gan. Lagian kebetulan juga dari tempat kuliah ane kerumah bus intra ini cukup dibilang paling bagus busnya. Udah pake mercy semua bus nya.

Cuma ni bus kadang sering motong/mendahului kendaraan didepan padahal diarah sebaliknya masih ada kendaraan yang bakal muncul. Apalagi kalau yang dari arah depan cuma pakai motor, bus gak peduli main potong aja. Alhasil sering diumpat orang dan berbahaya memang..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
05-04-2020 22:22
@ammar12 kalo pake motor,terus ketemu bis nyalip dari depan.mending ngalah aja deh gan,pengalaman dilintas jatim juga gitu,auto minggir teratur emoticon-Big Grin

sumatera terkenal sama chassis mercynya,terutama bus dari sumut dan aceh emoticon-2 Jempol
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
06-04-2020 10:05
Mantap ulasan busnya emoticon-2 Jempol

Ane naik bus sumatra itu baru ans, lorena dan bintang kejora doank.
profile-picture
profile-picture
pabloo dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
06-04-2020 10:58
@vshure ans legend juga tuh gan emoticon-Belo
ane malah belum pernah naik bus sumatera,lebih sering naik bis jawa timuran emoticon-Big Grin
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Mengenal Bus Fenomenal Dilintas Sumatera,"INTRA" Roller Coaster Dari Siantar
07-04-2020 15:12
Bus lokal ya? Pantes kurang familiar
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia