Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
21
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e887b509775133fc0663282/jajan-rumahan-cilok-menul-menul-resep-anti-gagal-untuk-pemula
Suka makan cilok, Gan? Simak bahan dan cara masak yang diperlukan, yuk! Bukan sebuah video lengkap dengan aneka cara atau tutorial yang akan saya buat. Melainkan bagaimana caranya membuat jenis makanan yang sudah banyak mendapat predikat 'murah dan enak' dari masyarakat. Makanan seperti apakah yang akan saya buat? Berikut beberapa bahan yang harus disiapkan sebelum membuat CILOK MENUL-MENUL dari P
Lapor Hansip
04-04-2020 19:19

[Jajan Rumahan] Cilok Menul-Menul, Resep Anti Gagal untuk Pemula

icon-verified-thread
[Jajan Rumahan] Cilok Menul-Menul, Resep Anti Gagal untuk Pemula

Suka makan cilok, Gan? Simak bahan dan cara masak yang diperlukan, yuk!

[Jajan Rumahan] Cilok Menul-Menul, Resep Anti Gagal untuk Pemula

Bukan sebuah video lengkap dengan aneka cara atau tutorial yang akan saya buat. Melainkan bagaimana caranya membuat jenis makanan yang sudah banyak mendapat predikat 'murah dan enak' dari masyarakat.

Makanan seperti apakah yang akan saya buat? Berikut beberapa bahan yang harus disiapkan sebelum membuat CILOK MENUL-MENUL dari PEMULA.

Bahan-Bahan:


Bahan Cilok


-250 gram tepung tapioka/kanji/aci
-100 gram tepung terigu
-Bawang putih dihaluskan
-Penyedap rasa (opsional; boleh pakai, boleh juga enggak. Bisa diganti dengan garam)
-Daun muncang seledri/daun bawang (maaf kalau di foto gak ada, ya?)
-Telur puyuh atau telur ayam (sebagai isian cilok--boleh juga pakai irisan daging ayam, daging sapi, sosis--gak pakai isian juga oke.)
-Air hangat
-Minyak goreng


Cara Buat:


-Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih yang sudah dihaluskan, daun muncang seledri, penyedap rasa/garam. Aduk sampai kecampur semua.
-Masukkan air hangat sedikit demi sedikit supaya tepungnya enggak gumpal. Uleni sampai semua kecampur sempurna dan enggak terlalu lembek juga. Supaya mudah dibentuk nantinya.
-Goreng isian cilok (opsional: sosis, daging ayam, atau telur atau enggak diisi juga oke.)
-Rebus air sampai mendidih (Jangan lupa dikasih minyak goreng sedikit supaya enggak lengket ciloknya.)
-Bentuk bahan cilok yang sudah kalis sesuai selera (boleh dibentuk lonjong atau bulat), jangan lupa maasukkan telur goreng di tengah cilok.
-Masukkan cilok yang sudah dibentuk ke dalam air panas. Lakukan sampai adonan selesai.
-Setelah matang (ditandai dengan cilok sudah mengambang).
-Cilok siap dikukus atau langsung dimakan dengan kecap saos juga sudah enak.


Hasil Akhir Pembuatan Ciloknya😍


Hasil akhir pembuatan cilok


Bagaimana, GanSis? Mudah dipahami bagaimana cara membuat cilok serta bahan-bahan yang diperlukan versi saya ini, bukan?

Semoga bermanfaat, yaπŸ˜πŸ™

Jaga kesehatan dan jangan lupa bahagiaπŸ˜πŸ˜πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ§˜β€β™€οΈπŸ§˜β€β™€οΈπŸ’žπŸ’ž

Taiwan, 04 April 2020

Penulis: @yuni.wahyuni114
Sumber gambar: dokumen pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onik dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[Jajan Rumahan] Cilok Menul-Menul, Resep Anti Gagal untuk Pemula
04-04-2020 19:21
Ayo baca dan praktikkan, GanSis! 😍😍

Saya tunggu hasil praktik berupa foto-fotonyaπŸ™πŸ˜Š
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[Jajan Rumahan] Cilok Menul-Menul, Resep Anti Gagal untuk Pemula
04-04-2020 21:54
perlu dicoba utk cemilan nich. selain jajanan yg murah dan pembuatanny jg gmpang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[Jajan Rumahan] Cilok Menul-Menul, Resep Anti Gagal untuk Pemula
04-04-2020 21:58
Quote:Original Posted By yuni.wahyuni114 β–Ί
Siapp, selamat mencoba, KakπŸ™πŸ˜Š


Mksih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[Jajan Rumahan] Cilok Menul-Menul, Resep Anti Gagal untuk Pemula
04-04-2020 22:00
seneng ane kalo dapet resep2 kayak gini, jadi bisa eksplore masakan lebih banyakkkkk...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[Jajan Rumahan] Cilok Menul-Menul, Resep Anti Gagal untuk Pemula
04-04-2020 22:09
enak banget liatnya jadi pengen icip juga
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan yuni.wahyuni114 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
[Jajan Rumahan] Cilok Menul-Menul, Resep Anti Gagal untuk Pemula
05-04-2020 05:32
wah menggoda banget itu, sudah menul-menul, glowing pula
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
[Jajan Rumahan] Cilok Menul-Menul, Resep Anti Gagal untuk Pemula
11-04-2020 06:33
cakewwppp amat ciloknyaa, glowing sis.. ane save dolo aja.. ntr praktekin klo udh boleh makan macem2 hahahha nice share emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
[Jajan Rumahan] Cilok Menul-Menul, Resep Anti Gagal untuk Pemula
17-04-2020 15:54
ga boong emng kelihatan menul menul sekali ya gan, jd pengen icip!
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
[Jajan Rumahan] Cilok Menul-Menul, Resep Anti Gagal untuk Pemula
24-04-2020 09:44
saya stay di sumatera, dan blom pernah makan cilok, cuma baca2 doang tentang cilok ini.
Next time dicoba sendiri deh..
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
[Jajan Rumahan] Cilok Menul-Menul, Resep Anti Gagal untuk Pemula
24-04-2020 09:47
Wah, bini ane demen nih.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
[Jajan Rumahan] Cilok Menul-Menul, Resep Anti Gagal untuk Pemula
26-04-2020 11:09
ciloknya mantaps
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
10-gorengan-asli-indonesi-agan-suka-yang-mana
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia