Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
45
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e883459c342bb641d352283/mengenal-tiga-jenis-tanaman-buah-delima-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-tubuh
Di thread kali ini ane mau ngebahas tentang tanaman buah delima. Gan-Sis udah pada tau kan ya buah delima itu kaya apa bentuknya? Setau ane secara umum buah delima itu ada tiga jenis, yaitu delima hitam, delima putih, dan delima merah. Dan sekarang ane sudah punya dua jenis, yaitu yang buahnya warna merah sama yang buahnya warna hitam.
Lapor Hansip
04-04-2020 14:16

Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Halo Gan-Sis jumpa lagi di thread ane, kali ini ane mau ngebahas tanaman lagi. Walaupun pengetahuan ane tentang tanaman masih dangkal banget, tapi entah kenapa sedari ane masih kecil ane udah kepincut sama ciptaan Tuhan yang satu ini.

Karena tumbuh-tumbuhanlah yang menghasilkan oksigen untuk kita dapat hidup dan bernapas di dunia ini. Ane paling suka buat ngumpulin tanaman bunga maupun tanaman buah yang menurut ane langka. Berasa ada kepuasan tersendiri aja lah pokoknya, kalau tanaman yang ane inginkan berhasil ane dapat. Baik itu dengan cara membeli, nanem sendiri bibitnya, atau minta ke teman yang punya. Tapi ingat kalau nggak dikasih minta jangan sampai nyolong punya tetangga ya Gan-Sis! wkwkwk.

Di thread kali ini ane mau ngebahas tentang tanaman buah delima. Gan-Sis udah pada tau kan ya buah delima itu kaya apa bentuknya?

Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Jadi punya pohon delima juga menjadi salah satu cita-cita ane dari kecil wkwkwk, receh banget ya cita-cita ane.

Setau ane secara umum buah delima itu ada tiga jenis, yaitu delima hitam, delima putih, dan delima merah. Dan sekarang ane sudah punya dua jenis, yaitu yang buahnya warna merah sama yang buahnya warna hitam.

Sementara ini yang sudah mulai berbuah itu pohon delima ane yang buahnya berwarna hitam. Ane dulu minta buahnya buat dipake obat, trus iseng aja bijinya ane jemur trus semai di tanah halaman. Eh taunya tumbuh.

Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Delima Hitam

Nah, jadi tanaman buah delima itu diperkirakan berasal dari daerah Timuh Tengah yaitu Iran yang kemudian tersebar dan dikembangkan sampai ke daerah Mediteranian.

Tanaman ini juga banyak dikembang biakkan di Cina Selatan sampai ke Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Buah delima juga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia lo Gan-Sis, karena mengandung berbagai zat penting yang membantu menjaga kesehatan tubuh manusia seperti, ion kalium (potasium), vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam folic, serta flavonoid yaitu salah satu zat antioksidan tinggi yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas di dalam tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, serta mampu memberikan perlindungan dari penyakit jantung, kanker kulit, serta kanker prostat. Antioksidan dalam buah delima juga mampu digunakan sebagai pencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah arteri pada jantung.

Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Delima Putih

Dari pengalaman ane sendiri, buah delima pernah ane konsumsi sebagai obat, karena dada kiri ane sering nyeri, nah akhirnya ada saudara yang nyaranin buat make buah delima ini sebagai obatnya. Yaitu dengan mencampur ketiga jenis buah delima ini, yang warna merah, putih dan hitam ane blender trus ane saring airnya buat diminum. Syukurlah setelah seminggu ane rutin buat mengkonsumsi jus delima, dengan takaran sehari satu kali, akhirnya ane bisa sembuh, sampai sekarang nggak pernah nyeri dada lagi.

Harusnya sih minimal dua kali sehari kata saudara ane yang udah nyoba duluan, tapi berhubung harga buahnya dulu mahal banget, terutama yang hitam sama yang merah saat itu kisaran harga 10.000 rupiah sampai 50.000 rupiah per bijinya, tergantung besar kecilnya ukuran, alhasil ane hanya minum jusnya sekali dalam sehari.

Nah, hal itu juga yang bikin ane ngebet banget buat punya tanaman buah delima sendiri. Dan sekarang ane masih buat bibitnya lagi, buat ane tanam di halaman belakang rumah. Bagusnya lagi, setau ane tanaman buah delima ini juga mampu untuk berbuah sepanjang tahun, artinya nggak pake musim-musiman.

Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Delima Merah

Tanaman buah delima juga dapat Gan-Sis kembangbiakkan dengan cara menanam bijinya atau dengan cara mencangkok. Karena tingkat keberhasilannya akan lebih tinggi. Bedanya kalau dengan menanam bijinya pengalaman ane sih tanaman delima ini akan baru berbuah setelah kurang lebih 2,5 tahun dari awal nanam, dan kalo pake metode cangkok maka tanaman yang masih kecil pun akan bisa berbuah, karena induk tanaman yang kita cangkok adalah tanaman yang sudah bisa berbuah.

Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Dokumen Pribadi

Semoga thread ane kali ini bisa bermanfaat, jangan lupa buat ngasi cendol, rate, tulis komentar, dan bagikan ke akun media sosial kalian ya. Thank You ....

Baca Juga : Segudang Manfaat dari Daun Sembukan yang Dijuluki sebagai Daun Kentut




Penulis : DeYudi69

Sumber referensi : opini pribadi dan Klik Disini

Diubah oleh DeYudi69
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dicry dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
04-04-2020 14:17

Baca juga thread menarik dan informatif lainnya! Klik gambar di bawah ini 👇

Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Diubah oleh DeYudi69
profile-picture
profile-picture
blackrosest dan srinami memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
04-04-2020 14:18
Mampir Juga Dimari Gan ...
klik

👇

Quote:
Sejarah Singkat Layang-Layang di Indonesia dan Manfaatnya dari Dahulu Hingga Sekarang


14 Sepeda Motor dan Mobil yang Menggunakan Nama-Nama Fauna


6 Tanaman Bernilai Ekonomi yang Dapat Gan-Sis Budidayakan pada Lahan Sempit


18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun


Yuk Bernostalgia Bersama Para Teletubbies! Ada yang Masih Ingat Sama Mereka?


Pemantik Api dari Masa ke Masa


5 Jenis Kompor dari Zaman Dahulu Hingga Sekarang


8 Benda yang Kini Keberadaannya Tak Bisa Jauh dari Kehidupan Sehari-hari Manusia


Perubahan Bentuk dan Standarisasi Helm dari Masa ke Masa


10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia


WARNING!!! Jangan Biarkan 4 Sifat Buruk Ini Menguasaimu!!!


7 Jenis Pesawat Televisi yang Pernah Ada di Indonesia


5 Mobil Bermesin 2 Tak, yang Beberapa Diantaranya Pernah Mengaspal di Indonesia


Viral! Video Pasutri Asal Rusia Rela Ngamen Sambil Gendong Anak, Buat Beli Makan


Gunakan 4 Tanaman Ini untuk Mengusir Nyamuk!


Berikut Ini Video Lucu dan Viral dari Warganet, Saat Virus Corona Sedang Melanda


Di Tengah Pandemi Virus Corona, Bersihkan Udara dengan Tanaman Ini Gan!


4 Musisi Difabel yang Mampu Getarkan Dunia, Dua Diantaranya dari Indonesia


Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh


Tanaman Berkhasiat Obat, yang Juga Dipercaya Mampu Menangkal Energi Negatif


12 Jajanan Anak, Era Tahun 90-an dan 2000-an yang Bakalan Bikin Gan-Sis Bernostalgia


6 Sepeda Motor 2 Tak Legendaris yang Mampu Melesat Bak Peluru



Kini Tanaman Liar Ini Dicari Karena Berkhasiat Obat dan Memiliki Harga Jual Tinggi


Bikin Ngeri! Terekam CCTV, Anak Ular Masuk ke Celana Anak Kecil yang Tidur di Lantai


Memenuhi Nazar dan Nikah di Tanggal Cantik, Sumantri Pasang Karpet Merah Sejauh 1 KM


25 Film Kartun yang Bikin Anak Tahun 90-an Rela Bangun Pagi-Pagi Buta di Hari Minggu


Segudang Manfaat dari Daun Sembukan yang Dijuluki sebagai Daun Kentut


Cara Menguras Akuarium Kesayangan Gan-Sis

Diubah oleh DeYudi69
profile-picture
profile-picture
blackrosest dan srinami memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
04-04-2020 14:18
selamat membaca
profile-picture
profile-picture
blackrosest dan srinami memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
05-04-2020 19:19
ane lupa delima yg ane beli kulitnya warna apaan, cuma yg paling sering emang delima merah deh ya. banyak yg ngejual soalnya. tapi sejauh ini ane jg bingung, nikmatnya delima apaan ya buahnya biji doang wkwk
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
06-04-2020 10:07
Quote:Original Posted By lubangkaca
ane lupa delima yg ane beli kulitnya warna apaan, cuma yg paling sering emang delima merah deh ya. banyak yg ngejual soalnya. tapi sejauh ini ane jg bingung, nikmatnya delima apaan ya buahnya biji doang wkwk


wkwkwkw iya Gan ... rasanya agak masam kalo yang hitam Gan ... kalo yang merah manis ... emang cuma batu aja banyakan tapi manfaatnya bagus Gan ... ane udah nyoba buat ngobatin nyeri dada kiri ane ... dan sembuh 😊
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
06-04-2020 18:38
Quote:Original Posted By lubangkaca
emang sih gan klo diliat manfaatnya emg banyak. tp ya gt kek makan biji doang wkwk


tapi ane pernah liat yang jual bibit Delima tanpa batu Gan ... di tempat jual bibit tanaman ... di Trubus kalo nggak salah nama stand ... kalo di daerah ane ada di jalan apa ya lupa ane di daerah deket sunset road kuta bali ... harganya mayan mahal sih banding yang buahnya ada bijinya ...

Kalo di daerah jalan hayam wuruk sanur itu kalo lagi ada bibitnya harganya 25rb ... kalo yang di trubus itu tanpa biji harganya sampe 125rb ke atas
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
07-04-2020 18:49
udah jarang banget ada yang tanam delima.
emoticon-Toast
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
07-04-2020 19:50
ane jadi kangen makan buah delima dehhhh
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
07-04-2020 20:13
ane belom pernah makan buah delima, jadi pengen nanem dah mayan bisa buat seger2 banyak manfaatnya pula
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
08-04-2020 10:39
Quote:Original Posted By bukhorigan
udah jarang banget ada yang tanam delima.
emoticon-Toast


iya Gan 😅 ane punya empat tanaman delima di rumah Gan ... satu udah belajar berbuah ...
0 0
0
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
08-04-2020 10:40
Quote:Original Posted By kudanil.la
ane jadi kangen makan buah delima dehhhh


ane juga Gan .... terakhir ane panen di halaman rumah tiga minggu yang lalu 😂 metik sendiri rasanya seneng Gan ... tapi rasanya masem2 seger gitu Gan ...
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
08-04-2020 10:41
Quote:Original Posted By japarina
ane belom pernah makan buah delima, jadi pengen nanem dah mayan bisa buat seger2 banyak manfaatnya pula


Coba makan buah delima Gan ... seger rasanya Gan ... tapi memang banyakan batunya ... biar gampang di jus aja Gan pake blender trus saring airnya 😀
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
08-04-2020 19:51
ane blm pernah ngrasain secara langsung sihh.. bingung mau makannya gimana kebanyakan biji..
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
08-04-2020 21:19
ane gak pernah makan buag dilema, apa susah gan dapetnya, jarang liat ane
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
08-04-2020 21:53
Quote:Original Posted By DeYudi69
wkwkwkw dibuat jus aja Gan ... biar gampang tinggal diminum ... 😂


Emang enak ya gan? Ane blm pernah nyoba sihh.. Kayanya asem yaa..
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
09-04-2020 08:46
pernah makan yg delimamerah. rasanya asem kecut. bagus untuk yg ingin diet
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
09-04-2020 13:16
Enaaak nih gan, ane nanem tapi buahnya gak pernah sebanyak itu wkwk
emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
09-04-2020 20:41
bagus buat kesehatan antioksidan alami, banyak kandungan vitamin juga
0 0
0
Mengenal Tiga Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
11-04-2020 08:27
Quote:Original Posted By DeYudi69
wkwkw ane juga nanem Gan ... paling banyak buahnya empat biji ... tapi biasanya kalo rajin dipangkas rantingnya bakalan keluar banyak bunga kok Gan ...


Iyaaa ane coba rajin rajin merawat deh gan kalo gitu wkwk
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Manga, Manhua, & Manhwa
time-paradox-ghostwriter
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia