Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
85
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e87f631c342bb182202b5d7/ternyata-8-bahan-makanan-ini-tidak-boleh-disimpan-dalam-kulkas
Assalammualaikum Agan dan Sista semua. Apakabarnya pagi ini, semoga selalu dalam lindungan Allah Subhana wa ta'ala. Aamiin Pagi ini saya akan berbagi informasi tentang bahan makanan yang sering kita simpan di dalam kulkas. Ternyata ada beberapa dari mereka yang malah nggak boleh disimpan di sana. Mau tau kan apa-apa saja bahan makanan yang tidak boleh disimpan dalam kulkas ? Kuy, ikuti ulasannya d
Lapor Hansip
04-04-2020 09:51

Deretan Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas, Cek Isi Kulkas yuk Gan.

Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.


Assalammualaikum Agan dan Sista semua. Apakabarnya pagi ini, semoga selalu dalam lindungan Allah Subhana wa ta'ala. Aamiin


Pagi ini saya akan berbagi informasi tentang bahan makanan yang sering kita simpan di dalam kulkas. Ternyata ada beberapa dari mereka yang malah nggak boleh disimpan di sana. Mau tau kan apa-apa saja bahan makanan yang tidak boleh disimpan dalam kulkas ?
Kuy, ikuti ulasannya di bawah ini !

Kulkas sudah menjadi barang utama atau wajib ada di rumah. Alat modern ini sangat membantu sekali dalam kehidupan rumah tangga. Kulkas dapat menyimpan makanan dalam waktu lama. Dulu, sebelum ada kulkas, orang-orang mengawetkan makanannya secara alami.

Tapi jangan salah, tidak semua bahan makanan bisa disimpan dalam kulkas. Karena suhunya yang dingin, malah mengubah bahkan merusak struktur dan kandungan makanan tersebut.

Berikut ada delapan bahan makanan yang tidak boleh disimpan dalam kulkas, seperti yang dilansir Kompas.com

Quote:1. Kentang
Kenapa kentang tidak boleh disimpan dalam kulkas ?
Karena patinya akan berubah menjadi gula. Maka kentang akan menjadi manis dan teksturnya berpasir.
Bagaimana cara penyimpanannya?
Simpanlah kentang dalam kantung kertas pada suhu ruang.
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.


Quote:2. Rempah-rempah
Rempah-rempah seperti ketumbar, jinten, pala bubuk, merica dan lain+lain, juga tidak boleh disimpan di dalam kulkas.
Sebab rempah-rempah mudah sekali menyerap bau makanan lain di sekitarnya.
Selain itu, jika disimpan di dalam kulkas rempah-rempah tersebut bisa kering, berbau dan kehilangan rasa aslinya.
Bagaimana cara menyimpan rempah yang baik ?
Simpanlah dalam toples kaca yang tertutup rapat. Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.


Quote:3. Bawang putih
Jangan pernah menaruh bawang putih di kulkas, karena akan menyebabkan ia berjamur.
Daging bawang putih juga akan berubah warna dan teksturnya akan berubah seperti karet.
Simpanlah bawang putih dalam keranjang pada suhu ruang. Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.


Quote:4. Bawang merah
Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah pun bisa berjamur kalau disimpan di dalam kulkas. Selain itu, tekstur bawang merah akan jadi lembek.
Lagipula menyimpan bawang merah dalam kulkas bukanlah suatu hal yang tepat, karena bau bawang merah yang menyengat akan menyebar di dalam kulkas dan merusak bahan makanan lainnya. Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.


Quote:5. Bubuk dan Biji Kopi
Cara terbaik menyimpan bubuk dan biji kopi adalah dengan menggunakan wadah kedap udara. Kopi juga harus disimpan pada suhu ruang.
Menyimpan kopi dalam kulkas bisa menyebabkan kualitad dan rasa otentik kopi menurun.

Kopi mampu menyerap bau menyengat di sekitrnya, yang kemudian bisa menghilangkan aroma asli dari kopi itu sendiri. Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.


Quote:6. Madu
Madu akan tetap awet meskipun tidak disimpan di dalam kulkas. Madu asli tanpa campuran apapun tidak akan basi meskipun disimpan pada suhu ruang.
Justru disimpan dalam kulkas , madu akan berubah jadi keras dan bahkan ada yang sampai membeku sehingga sangat sulit untuk dituangkan.
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.


Quote:7. Roti
Bukannya bertahan lama, namun menyimpan roti dalam kulkas justru membuatnya cepat basi. Jadi jangan menyimpan roti di kulkas kecuali sudah mengolah roti menjadi makanan.
Kalau mau, simpanlah roti di dalam freezer saja. Kondisi beku akan membuat roti jadi tahan lama. Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.


Quote:8. Melon
Untuk melon, cara menyimpannya tergantung dari kondisi melon itu sendiri. Melon yang masih utuh dan belum terpotong, lebih baik disimpan pada suhu ruang.
Ternyata, suhu ruang berguna untuk menjaga tingkat antioksidan yang terkandung dalam melon.
Kalau melonnya sudah dipotong, sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.


Demikianlah uraian singkat tentang delapan bahan makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas.

Simpanlah selalu bahan makanan sesuai dengan tempatnya.

Seperti aku yang selalu menyimpan cintamu di hatiku...emoticon-Malu

Sumber : https://travel.kompas.com/read/2020/...medium=twitter
Diubah oleh desifatma77
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 09:57
Jangan nyimpan bahan-bahan ini di kulkas ya gan emoticon-Jempol
profile-picture
srusuut memberi reputasi
1 0
1
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 10:17
Loh, ane bingung melon blm dipotong lbh baik tidak di kulkas tapi sudah dipotong boleh di kulkas? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 10:17
aku masih sering nyimpen kentang sama bawang² di kulkas mbak
profile-picture
profile-picture
srusuut dan desifatma77 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 10:23
aku pernah nyimpen bawang merah sama bawang putih di kulkas, malah pada tumbuh akar semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 10:32
di kulkas adanya malah sayuran ama daging doang
numpuk buat sediaan lockdown wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 10:49
apanya yg mau disimpen dalam kulkas? lha wong kulkas ane isinya cuman air putih doang. emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
srusuut dan desifatma77 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 10:59
Bahan bangunan juga ga boleh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 11:13
Quote:Original Posted By desifatma77
Jangan nyimpan bahan-bahan ini di kulkas ya gan emoticon-Jempol


Iye bisa bikin bau di kulkas ya
profile-picture
profile-picture
srusuut dan desifatma77 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 11:17
Justru w nyimpen roti2an di kulkas karena akan memperlambat jamur yg tumbuh di roti, roti tawar misalnya bakalan berjamur setelah 3 hari/4 hari, makanya taruh di kulkas lebih dr 3 hari...

Emang rasanya gak seger, tapi bisa di akalin dengan nyiprat/ percik air ke roti terus di microwave...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 11:19
Quote:3. Bawang putih
Jangan pernah menaruh bawang putih di kulkas, karena akan menyebabkan ia berjamur.
Daging bawang putih juga akan berubah warna dan teksturnya akan berubah seperti karet.
Simpanlah bawang putih dalam keranjang pada suhu ruang.


salah.
gw berkali-kali menyimpan bawang putih di kulkas dan ..

berkali-kali pula bawang putihnya bertunas emoticon-Hammer2

Quote:4. Bawang merah
Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah pun bisa berjamur kalau disimpan di dalam kulkas. Selain itu, tekstur bawang merah akan jadi lembek.
Lagipula menyimpan bawang merah dalam kulkas bukanlah suatu hal yang tepat, karena bau bawang merah yang menyengat akan menyebar di dalam kulkas dan merusak bahan makanan lainnya.


sama dengan bawang putih .. gw naroh bawang merah di kulkas, hasilnya bertunas
sepertinya keluarga bawang kalo kena udara dingin pengennya bertunas emoticon-Bingung

btw, entah te es atau penulis di kompas.com yang gagal paham
gw yakin aslinya didapat dari artikel luar negeri
dan kata yang digunakan adalah "onion"
yang oleh orang indonesia selalu salah diterjemahkan jadi bawang merah
padahal terjemahan yang benar adalah bawang bombai

kalo bawang merah, bahasa inggrisnya "shallot"

Quote:8. Melon
Untuk melon, cara menyimpannya tergantung dari kondisi melon itu sendiri. Melon yang masih utuh dan belum terpotong, lebih baik disimpan pada suhu ruang.
Ternyata, suhu ruang berguna untuk menjaga tingkat antioksidan yang terkandung dalam melon.
Kalau melonnya sudah dipotong, sebaiknya disimpan di dalam kulkas.


waduh .. ini lagi ..
kulkas itu udaranya kering
kalo sudah dipotong ya jangan disimpan kulkas .. bakal layu dan jadi serasa makan kertas emoticon-No Hope
kalo naruh sebentar sebelum dimakan sih boleh emoticon-Request
Diubah oleh peyotpetot
profile-picture
profile-picture
srusuut dan desifatma77 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 11:36
Jengkol juga gan.
Jadi bau kulkasnya
emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
srusuut dan desifatma77 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 12:04
pisang juga loh gan
profile-picture
profile-picture
srusuut dan desifatma77 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 12:30
makasih infony gan. tmbah ilmu ini. ternyata tidak semua bahan makanan bisa kita simpan didlam kulkas ya...sblm menyimpan sesuatu kita hrus tau dulu bsa dan tidakny bhan tsb disimpan dikulkas atau tidak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 12:31
bawang gak boleh di kulkas?
profile-picture
profile-picture
srusuut dan desifatma77 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 12:51
lucu juga kalo ada yang nyimpen rempah rempah ama bawang di kulkas
profile-picture
profile-picture
srusuut dan desifatma77 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 13:04
Quote:Original Posted By desifatma77
menurut yang saya baca gitu mbak, dulu saya juga nyimpan bawang di kulkas, tapi banyak yang tumbuh dan pada busuk emoticon-Ngakak


Owalah saya baru tahu
profile-picture
profile-picture
srusuut dan desifatma77 memberi reputasi
2 0
2
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 13:19
iya bener, klo kata chef-chef, jgn naro bawang putih di kulkas soalnya bisa ngurangin aromanya. masakan jd gak sedep, dan terbukti ane jg pernah kayak gitu. Akhirnya skrg nyimpen di mangkok aja hehe emoticon-Big Grin





TANYA TIPS RESEP MASAK DI SINI
TANYA TIPS RESEP MASAK DI SINI
TANYA TIPS RESEP MASAK DI SINI
profile-picture
profile-picture
srusuut dan desifatma77 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 13:21
Katanya klo bawang merah yg udah dikupasin trus di simpen diwadah yg tertutup rapat, boleh tuh di simpen dikulkas.
Bener g sis?
profile-picture
profile-picture
srusuut dan desifatma77 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ternyata 8 Bahan Makanan ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.
04-04-2020 16:15
nyimpen mantan juga ga bole dikulkas ya... ingat.... emoticon-Big Grin
profile-picture
desifatma77 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia