News
Batal
KATEGORI
link has been copied
29
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e87ba5ac9518b02921cf02b/cegah-infeksi-corona-bahan-kaus-bekas-pun-efektif-jadi-masker-wajah
KOMPAS.com - Menutup hidung dan mulut dengan masker ketika berada di luar rumah, di saat virus corona merebak seperti sekarang ini, pasti akan sangat berguna bagi diri kita. Penggunaan masker -meskipun Pemerintah dan lembaga kesehatan dunia (WHO) menyebutnya hanya untuk yang sakit dan yang merawat orang sakit- tetap perlu dipertimbangkan untuk dipakai oleh mereka yang sehat. Setidaknya, masker yan
Lapor Hansip
04-04-2020 05:36

Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah

Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah

KOMPAS.com - Menutup hidung dan mulut dengan masker ketika berada di luar rumah, di saat virus corona merebak seperti sekarang ini, pasti akan sangat berguna bagi diri kita. Penggunaan masker -meskipun Pemerintah dan lembaga kesehatan dunia (WHO) menyebutnya hanya untuk yang sakit dan yang merawat orang sakit- tetap perlu dipertimbangkan untuk dipakai oleh mereka yang sehat.

Setidaknya, masker yang melekat di wajah kita akan mengurangi risiko terkena kotoran atau bahkan droplet dari pengidap Covid-19 -apapun jenis maskernya. "Pada titik seperti sekarang ini, seharusnya tak ada lagi pertanyaan soal 'keharusan' mengenakan masker demi melindungi diri kita dan orang-orang yang kita sayangi." Demikian dikatakan Jeremy Howard, ilmuwan riset di Universitas San Francisco, Amerika Serikat dalam pemberitaan di laman Good Morning America. "Sebab, ketika kita berbicara, kita bahkan tak bisa marasakan atau melihat ada air liur yang ikut keluar dari mulut kita," tegas dia.

Selanjutnya, ketika banyak pihak -termasuk para dokter dan pakar menyarankan penggunaan masker di tempat umum, kenyataan yang terjadi adalah kelangkaan masker di pasaran. Bahkan di Indonesia, sampai digerakkan sebuah kampanye untuk membuat masker sendiri mengingat sulit dan mahalnya mendapatkan masker pabrikan. Di sisi lain, penggunaan masker berstandar medis seperti N95 seharusnya lebih diutamakan untuk paramedis dan dokter yang menangani infeksi virus tersebut.

Harga yang mahal, sekali pakai, dan kelangkaan tentu memaksa warga untuk berpikir kreatif sambil tetap mempertimbangkan manfaat kesehatan. Para ahli mengatakan, apa pun jenis penutup wajah non-medis yang kita gunakan saat berada di luar rumah tetap bakal mendatangkan manfaat besar. "Jangan gunakan masker N95," kata Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti, Rabu lalu, ketika mengeluarkan imbauan untuk memakai masker bagi warganya. " Masker semacam itu hanya diperuntukkan bagi pekerja medis garis depan," tegas dia.


“Kita tidak melakukan operasi di rumah, atau pun selama berbelanja. Jadi kita tidak membutuhkan masker jenis itu," kata Howard." "Lagi pula, masker semacam itu lebih sulit untuk bernafas, jadi kurang nyaman untuk kita," sebut dia. Sebagai gantinya, sepotong kain katun, lembaran kaus bekas bisa bekerja efektif untuk melindungi diri kita.Howard menyebutkan, bandana atau syal - bahan apa saja yang memungkinkan, bisa dipakai untuk pelindung wajah. Lalu, menjadi makin baik jika bahan yang kita pakai itu bisa cukup menahan cairan.


KOMPAS


Kalau yang ini boleh lah mbalelo dari rekomendasi kemkes ataupun WHO,
mengingat Covid-19 baru sekitar 5 hari menunjukkan gejala
dan sebagian besar hanya gejala ringan atau bahkan sama sekali tidak bergejala
namun tetap berpotensi menularkan:

PAKAILAH MASKER DI RUANG PUBLIK
tidak usah pakai surgical mask atau malah N95,
biarkan itu untuk tenaga medis,
tapi pakai masker kain saja.
Jangan lupa selalu dicuci sehabis dipakai.

emoticon-Angkat Beer

Btw CDC -nya mamarika pun sudah merekomendasikan pakai masker:
CDC recommends wearing face masks during the coronavirus pandemic


profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 05:42
minimal gak muncrat kemana mana kalai bersin...
0 0
0
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 05:45
Rajin loe wid, gimana kabar ranger pink? emoticon-Big Grin
0 0
0
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 05:46
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah

0 0
0
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 05:53
Sip, masker kain batik, bunga 2, gambar kartun ..
Tetep keren walau bermasker 😷
Asal bukan masker bengkoang, Spirulina, teh ijo, lumpur laut mati... menakutkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 05:59
Jaga kesehatan dan kebersihan, ikuti himbauan dari pemerintah
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
1 0
1
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 06:06
kayaknya klo gejala ringan atawa ga bergejala msh bisa di sembuhin sndiri pake obat2an warung dan konsumsi buah2an
0 0
0
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 06:12
Gw pake masker kain selama ini tp gw tambahin tisu d dalemnya. Ya namanya juga jaga2
profile-picture
stomap memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 06:14
apapun kreasinya yang penting manfaatnya wkkwkw
0 0
0
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 06:15
Kata menkes, masker cuma buat yg sakit

0 0
0
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 06:26
Nasi kucing sdh dibagi dmn2
Bayclin semprot sana sini pke watercanon
Tp jumlah korban tewas bukannya berkurang malah makin bertambah kenapa??? emoticon-Bingung
0 0
0
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 06:43
Harga 1 pcs masker kain dan 1 pcs surgical mask sama harganya cuk. Mending kain sih kalo emang dana terbatas.
0 0
0
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 06:55
kearifan lokal
0 0
0
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 07:00
yg penting gak pake kancut.
0 0
0
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 07:10
emang banyak dijalan juga yg pake masker kain kok emoticon-Om Telolet Om!
belum liat yg nyeleneh kayak dichina dulu aja foto fotonya pake galon dikepala uhuhu
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 07:29
kurang efektif pake masker kain

soalnya pas ane pake masker biasa itu panas sekitar mulutnya

pas ane pake masker kain, adem

itu berarti virus mudah masuk dalam masker kain

ya kecuali masker kainnya berlapis2 alias tebal sehingga pakenya panas

BATA!
Diubah oleh red.bezos
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 07:36
lah itu who dulu anjurkan yg sakit saja menggunakan masker
jadi pada gak patuh who dong
0 0
0
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 07:37
Quote:Original Posted By red.bezos
kurang efektif pake masker kain

soalnya pas ane pake masker biasa itu panas sekitar mulutnya

pas ane pake masker kain, adem

itu berarti virus mudah masuk dalam masker kain

ya kecuali masker kainnya berlapis2 alias tebal sehingga pakenya panas

BATA!


Gw pake masker kain malah susah nafas
Apa belom kebiasa ya?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 07:44
Sama kayak sodara gw yg punya usaha konveksi/saon, bahan sisa yg biasanya dia jual, skrg dibuat jadi masker. Lumayanlah.
0 0
0
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 07:51
Mendingan daripada gak pake sama sekali. Tapi tiap hari harus cuci. Soalnya kain gampang nempel. emoticon-Big Grin
0 0
0
Cegah Infeksi Corona, Bahan Kaus Bekas Pun Efektif Jadi Masker Wajah
04-04-2020 07:51
setuju banget

kalo WHO bilang yg sehat ga perlu pake adalah pemikiran ngawur.. karena diluar banyak droplet2 bertebaran sama aja cari penyakit

kalo semua org wajib pake berarti kalo batuk/bicara dropletnya tertahan di masker

mari kita bikin masker kain dari baju2 bekas
masker kain bisa dicuci ulang lebih hemat
profile-picture
checkedusername memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia