News
Batal
KATEGORI
link has been copied
103
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e87371f68cc9555d2572f15/geliat-para-buzzer-corona-di-belakang-anies-baswedan
Alinea.id Geliat para pendengung di belakang Anies Baswedan Di jagat maya, sejumlah buzzer aktif mempromosikan kebijakan-kebijakan Anies sebagai gubernur dan memojokkan Jokowi. Di tengah terus bertambahnya jumlah warga yang positif terjangkit Covid-19, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyempatkan diri menyambangi kantor Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kebon Sirih, Jakarta Pu
Lapor Hansip
03-04-2020 20:16

Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 

Alinea.id
Geliat para pendengung di belakang Anies Baswedan Di jagat maya, sejumlah buzzer aktif mempromosikan kebijakan-kebijakan Anies sebagai gubernur dan memojokkan Jokowi.


Di tengah terus bertambahnya jumlah warga yang positif terjangkit Covid-19, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyempatkan diri menyambangi kantor Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (17/3). 

Setelah menggelar pertemuan tertutup, Anies dan Tito lantas hadir dalam konferensi pers bersama. Anies bicara duluan. Kepada para pewarta yang hadir, Anies menyebut keduanya membahas penanganan wabah Covid-19 di Jakarta. 

Saat diberi kesempatan bicara, Tito menyampaikan ia memang sengaja berkunjung. Pasalnya, ada pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal lockdown atau kuncitara yang harus disampaikan pada Anies. 

Di depan para pewarta, ia menegaskan, lockdown adalah kewenangan pemerintah pusat. "Menjadi urusan absolut pemerintah yang merupakan pemerintah pusat dalam hal ini Presiden," ucap mantan Kapolri itu. 

BACA JUGA

Para pendengung Anies Baswedan Geliat para pendengung di belakang Anies Baswedan Lucinta hingga Syahrini: Sensasi lebai selebritas dan topeng ‘palsu’ warganet

Pesan tersebut disampaikan Tito setelah wacana opsi lockdown untuk menghentikan penyebaran Coronavirus atau Covid-19 di Ibu Kota sempat berembus. Padahal, Jokowi tidak pernah menginstruksikan kepada kepala daerah untuk mengambil opsi itu. 

Tak hanya soal lockdown, Anies dan pejabat pusat juga sempat berselisih soal situs informasi Covid-19 yang dirilis Pemprov DKI Jakarta, sejak Januari 2020. Ketika itu, Menkominfo Johnny G Plate yang turun tangan menegur Anies.

Johnny mengkritik kebijakan Anies lantaran Kemenkes sudah punya situs serupa. Apalagi, data yang dilansir pemprov dan Kemenkes soal jumlah pasien yang positif Covid-19 sempat berbeda dan menuai kontroversi. 

"Dalam rangka komunikasi publik, pemerintah daerah mengikuti protokol pemerintah pusat saja supaya satu saja narasi dari pemerintah," kata Plate. 

Sponsored

Selain soal penanganan Covid-19, Anies juga kerap tak sejalan dengan pemerintah dalam beragam isu, mulai dari penanganan banjir awal tahun 2020, revitalisasi Monas, hingga penyelenggaraan Formula E. Kritik pedas pun kerap dilayangkan para pembantu Jokowi terhadap Anies. 

Para pegiat media sosial pun turut mencela kebijakan-kebijakan Anies yang kerap menuai kontroversi. Meski demikian, Anies bukan tanpa pembela. Di jagat maya, para pendengung (buzzer) pro-Anies bekerja menghalau serangan-serangan terhadap mantan Mendikbud itu. 

Tak hanya oleh politikus, kebijakan Anies juga dibela tokoh-tokoh Persaudaraan Alumni (PA) 212, individu, dan akun-akun anonim. Menurut riset Alinea.id, setidaknya ada 40 akun yang aktif menghalau isu-isu negatif yang menyerang Anies di Twitter. 

Dalam penanganan Covid-19, para pendengung rajin memproduksi narasi agitasi untuk menyerang balik pihak yang memojokkan Anies. Bahkan, ada pula yang rajin membingkai Anies sebagai sosok kuat calon presiden di Pilpres 2024.

Itu misalnya dilakukan oleh Marlina Mawar atau pemilik akun @marlina_idha. Marlina tercatat mulai aktif di Twitter sejak April 2016. Di laman akunnya, Marlina memajang profesinya sebagai CEO Raso Kopi Solok. 

Dari penelusuran Alinea.id, Marlina aktif membela Anies di isu banjir, Formula E dan penangangan Covid-19. Dalam satu unggahan, Marlina juga pernah mengomentari tautan berita terkait kans Anies di Pilpres 2024.

"Kata Pengamat loh Pak @aniesbaswedan Kandidat kuat di Pilpres 2024," cuit akun yang punya lebih dari 15 ribu pengikut itu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan sambutan disela-sela penandatanganan kerja sama (MOU) proyek pembangunan MRT fase 2A dan lingkup kerja CP201 di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Senin (17/2). /Foto Antara

Testimoni para buzzer Anies

Saat dikonfirmasi, Marlina mengungkapkan rela jadi buzzer tanpa bayaran demi Anies sejak 2017. Ia mengaku jatuh hati kepada sosok Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta. "Saya suka kepemimpinan beliau," ucap Marlina kepada Alinea.id di Jakarta, Rabu (18/3).

Ia menyebut terdorong mempromosikan kebijakan-kebijakan Anies karena merasa Anies terus diserang dari berbagai sisi. Padahal, menurut dia, kinerja Anies selama dua tahun telah banyak dirasakan warga DKI Jakarta. 

"Makin banyak warga yang merasakan hasil kerja beliau yang bermanfaat, semakinlah tembakan itu diarahkan kepada beliau. Begitu ada bencana banjir, momen itu dipakai untuk menekan beliau," ucap dia.

Soal narasi yang terkesan berat sebelah, Marlina berkilah, tak semua kebijakan Jokowi ia kritik. "Hanya yang bersamaan dengan kebijakan yang diambil Pemprov DKI Jakarta saja. Tapi, balik lagi, jika itu sudah kewenangan pemerintah pusat, legowo saya terima," kata dia. 

Terkait narasi mempromosikan Anies untuk kandidat di Pilpres 2024, Marlina mengaku, tak ada pesanan khusus. Menurut dia, Anies bakal otomatis muncul menjadi kandidat kuat jika mampu menunjukkan kinerja terbaik sebagai penguasa ibu kota. 

PSI Muak ke Pendukung Gubernur Fanatik, Sampai Bilang: Jadilah Warga yang Rasional

Woi mbk, kami jg muak dngn kalian PSI , yg selalu saja mencari-cari kesalahan pak Anies, jadilah Partai yg Rasional, Gubernur gak cuma DKI doang !!! https://t.co/n6630fQjWA — Marlina ▪ mawar ???? (@marlina_idha) March 22, 2020

Aktivitas serupa juga ditunjukkan akun @4smara1701 yang punya lebih dari 19 ribu pengikut. Di Twitter, akun yang baru lahir pada November 2019 itu intens membelas Anies hampir di setiap unggahan. 

Biasanya, @4smara1701 bekerja me-retweet unggahan yang memojokan Jokowi dan menyebarluaskan kebijakan Anies. Sesekali, akun itu juga menjadikan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai sasaran tembak. 

Maudy Asmara sang pemilik akun pun tak membantah sebutan buzzer yang dialamatkan pada dirinya. Ia mengaku memang terbuka membela Anies lantaran kepincut dengan sosok mantan rektor Paramadina itu sejak Pilgub DKI Jakarta pada 2017. 

"Dorongan untuk melindungi Pak Anies itu murni dari saya sendiri sebagai pendukung Pak Anies di pilgub. Saya merasa perlu menjadi penyeimbang dalam setiap serangan ke Pak Anies," ujarnya kepada Alinea.id di Jakarta, Rabu (18/3).

Selain kedekatan emosional, Maudy mengaku terjun ke medan perang para buzzer lantaran Anies kerap dirisak para pendengung Jokowi. Bahkan, menurut dia, serangan-serangan terhadap Anies cenderung bersifat personal. 

"Seperti disebut 'wan abud' dan kata-kata yang tidak pantas. Nah, sering saya amati bully-an itu dilakukan serempak dan sistematis. Sebenarnya (tidak akan masalah) bila yang dikritik itu adalah kebijakan," kata dia. 

Soal Pilpres 2024, ia membantah, anggapan para buzzer bergerak untuk mengamankan elektabilitas Anies. "Itu masih kejauhan. Fokus dulu saat ini karena masih banyak masalah yang lebih urgen untuk diselesaikan. Kalau Pak Anies berpeluang di 2024, menurut saya, itu bonus," tutur dia. 

Akun-akun anonim lebih tak malu-malu. Akun @kafirradikal yang punya hampir 20 ribu pengikut, misalnya, aktif menyandingkan Jokowi dan Anies. Dalam penanganan Covid-19 misalnya, Anies dibingkai lebih mampu ketimbang pemerintah pusat. 

...Ini ibarat Anies diikat kaki-tangan-badannya ke sebuah bangku lalu si Pinokio ngomong:

"Anies akan bergerak cepat mengatasi masalah ini"

Itulah jahatnya Pinokio kalo lagi ngambek, kawan2. Kek anak kecil yg tiba2 ngamuk gara2 kalah tanding... (``,)[url]https://t.co/g6T2hniULO —[/url] HarunMasiku bin Jiwasraya (@kafiradikal) March 20, 2020

Kepada Alinea.id, anggota DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menyayangkan penanganan wabah Covid-19 jadi bahan jualan para buzzer. Menurut Gembong, tak sepatutnya para pendengung mempolitisasi isu tersebut. 

"Ya, kita mestinya kerja barenglah. Penanganan corona lebih mendesak. Mestinya harus sadar, pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu bekerja sama," ujar politikus PDI-Perjuangan itu. 

Lebih jauh, Gembong mengaku tak mau ambil pusing dengan keberadaan para buzzer yang berusaha merawat elektabilitas Anies lewat serangkaian isu di DKI Jakarta. "PDI-P belum konsen dan melihat ini sebagai hal yang penting," ucapnya.

Berisiknya para buzzer juga sempat mengusik rekan Gembong, Zuhairi Misrawi. Lewat unggahan di Twitter, Gus Mis, sapaan akrab Zuhairi, mengkritik dengungan mereka. 

"Di saat musibah corona masih saja menggerakkan buzzer untuk politik 2024. Inalillahi," tulis @zuhairimisrawi. 

Namun, saat Alinea.id mengklarifikasi cuitan itu, Gus Mis ogah berkomentar. "Kita fokus penanganan pasien. Kita tunda dulu soal politik," ujarnya via pesan WhatsApp. 

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto (ketiga kiri) memberikan nasi tumpeng kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) disaksikan Wakil Ketua Dewan Pembina Sandiaga Uno (kanan), Wakil Ketua Umum Edhy Prabowo (ketiga kanan) dalam peringatan HUT ke-12 Partai Gerindra di kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta Selatan, Kamis (6/2). /Foto Antara

Bau pemodal dan residu Pilpres 2019

Pakar komunikasi politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Nyarwi Ahmad menilai perang wacana antara buzzer pro-Jokowi dan pro-Anies di jagat maya merupakan residu dari Pilpres 2019. Itu terlihat dari pola narasi yang bernuansa kontestasi ketimbang proyeksi. 

"Proses politik yang basisnya polarisasi atau fragmentasi yang hanya fokus pada tokoh saja. Kalau enggak bela, ya, menjelek-jelekkan tanpa rasionalisasi," ucapnya kepada Alinea.id, Kamis (19/3).

Menurut Nyarwi, perang wacana semacam itu tak elok dilakukan saat Indonesia tengah berjuang keluar dari wabah Covid-19. Apalagi, para pendengung kecenderungannya hanya mengkritik kinerja pemerintah berbasis preferensi persona. 

"Nah, ini kadang menjadi tidak masuk akal atau tidak rasional. Itu hanya memunculkan sentimen yang tidak kondusif. Terlebih, bagi proses penanganan corona. Yang harus dikedepankan adalah komunikasi publik. Bukan secara komunikasi politik," ujar dia. 

Terkait aroma Pilpres 2024 yang digaungkan para buzzer Anies, Nyarwi memandang hal itu minim faedah. Menurut dia, tanpa promosi gila-gilaan di media sosial pun, Anies bisa tetap muncul sebagai kandidat kuat. Syaratnya, kinerja Anies di DKI ciamik. 

Lebih jauh, ia memandang upaya menggiring opini yang berbasis fragmentasi bukan strategi pemasaran politik yang tepat. 

"Ini hanya akan berdampak pada masing-masing segmen politik, baik yang mendukung dan yang anti. Jelas tidak memperluas segmen pemilih. Cara ini hanya melanggengkan polarisasi semata," tuturnya. 

Infografis Alinea.id/Oky Diaz

Kepada Alinea.id, Ketua Komite Pemeriksa Fakta Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Aribowo Sasmito tak yakin para buzzer bekerja hanya karena ikatan emosional. Menurut dia, ada kapital besar yang menggerakan para pendengung Anies. 

"Sikap balas-balasan ini menciptakan pasar. Selama ada pasar, akan ada produsen yang tertarik menggarap. Dalam hal ini, ya para pendengung. Hoaks juga begitu, ujung-ujungnya soal persediaan dan permintaan," ucap dia.

Lebih jauh, ia yakin para pendengung Anies rata-rata merupakan akun yang terorganisasi. Pasalnya, narasi yang dimainkan hampir serupa dan kerap direplikasi oleh akun-akun yang masih satu jaringan. "Jadi kalau disebut sistematis. Iya betul," imbuhnya. 

Terkait elektabilitas, Aribowo tak heran bila buzzer Anies begitu bergairah mempromosikan Anies sebagai calon kuat di Pilpres 2024. Menurut dia, media sosial memang sudah menjadi "lapak dagangan" untuk meracik elektabilitas.

"Kalau diibaratkan perang, pendengung ini adalah salah satu alatnya untuk (mendongkrak elektabilitas). Media sosial plus pendengung sudah umum jadi perangkat buat politik," kata dia.

Sumber
https://www.alinea.id/politik/kasak-...edan-b1ZJT9sIB

emoticon-Ngakak
buzzer anus digaji brapa nih? Telor atau rendang
Harus kerja ente 24 jam cebokin pantat anus. Kasian blunder mulu junjungan lu.
Prabowo, Ridwan kamil, ganjar di urutan atas

elektabilitas jokowi skrg ga penting lagi ama cebong, yg hancur itu elektabilitas gabener goblog yg terekspos udah cacat karna kebodohannya sendiri. jadi duta corona lah, anggaran minim kalah sama jabar, lamban rapid test dsb

yg paling diingat orang itu tindakannya yg menyengsarakan, bukan kata2 manis si arab goblog itu mah besok udah lupa .

makin lama warga akan sadar dan makin muak liat kelakuan anus yg ga ada kontribusi malah menyengsarakan.
camkan itu buzzer kadrun laknat emoticon-Cape deeehh

Anus akan selalu dibully cebong tanpa henti sampe terkaing2. Jokowi mah udah lewat buat apa dipuji2 lagi.
Kaga guna, cebong nyari pemimpin masa depan, tentunya bukan anus yg didukung kadrun khilapak 212

So, buzzer kadrun laknat

Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
Diubah oleh anus.buswedan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 30 lainnya memberi reputasi
15
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:17
Di thread IDI banyak yg kesetanan noh emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:19
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 

Jadi...


Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
langitnyabiru dan 14 lainnya memberi reputasi
14 1
13
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:21
TSe moco trite komplit rak ki? emoticon-Big Grin


Aku ora emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:23
belakangnya anis itu anusnya gan..
jd kira2 belakangnya anies baswedan itu ya anus.buswedan
profile-picture
profile-picture
samsol... dan Judess memberi reputasi
2 0
2
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:24
Sama aja, buzztods ngaciroh juga sama ganas nya. Cuman gua ngakak, ada ladyboy buangan wowo yang tiap hari kerjaannya berak di bp pake akun nubitol
0 0
0
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:26
Hehe santai ae, 2024 ada rk dan pranowo, knapa takut banget anies nyalon jadi presiden? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan rachmacool memberi reputasi
1 1
0
Lihat 14 balasan
Memuat data ..
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:26
Quote:Original Posted By tonidookie
Sama aja, buzztods ngaciroh juga sama ganas nya. Cuman gua ngakak, ada ladyboy buangan wowo yang tiap hari kerjaannya berak di bp pake akun nubitol


Yg manaaaa sih? emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:27
Buzzer mah nggak jauh beda lah, mau dr kelompok yg ini atau yg ono klo junjungan salah mrk siap cebokin sang majikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doombringer2211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:31
buzzer brazzers emoticon-Cool
Diubah oleh Auto.Banned
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:32
pilpres kemaren gue udah ilfil liat si maruk amin

tapi apa daya sebelahnya kayak begini

Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 

setidaknya dengan adanya nganies kan gampang buat ntar

pilih yang bukan pilihan kadrun emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lontongbesar dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:33
buzzer anies muncul lg dengan riang gembira menyambut berita corona
Diubah oleh frimen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:33
anjenk asuuww... di musibah gene, buzzer2 Rp dgn biadabnya mempolitisasi smua berita buat membela junjungannya

dr januari februari kemana junjungan kitak2??
dari awal maret ampe akhir maret??
awal maret diumumkan,
akhir maret baru buat kebijakan

buat kebijakan mengambang, himbauan, himbauan dan arahan
selebihnya pemda disuruh ngurus




emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
littlevan dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:33
Sejujurnya di ranah sosmed, para buzzeRP lah yang berjuang mengharumkan nama junjungannya masing masing tak peduli salah atau benar. Sementara korban corona terus berjatuhan akibat keputusan pemerintah yang tak kunjung becus. emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
littlevan dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:34
Quote:Original Posted By lexarrio
pilpres kemaren gue udah ilfil liat si maruk amin

tapi apa daya sebelahnya kayak begini

Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 

setidaknya dengan adanya nganies kan gampang buat ntar

pilih yang bukan pilihan kadrun emoticon-Cool


Mau milih presiden simple kok, yg penting gak ada Amien Rais nya apalagi ada bonus Pekaes nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
unicorn.destroy dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:35
Bujer anies itu ga jauh jauh dari kader partai....

Percayalahh... Percsyalah....

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rodam.dam dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:40
Januari
27 Jan: Presiden RI Jokowi pastikan virus Corona tak terdeteksi di Indonesia

Pebruari
3 Feb: Rapat di DPR, Anggota DPR Ribka Tjiptaning Bercanda Korona 'Komunitas Rondo Mempesona'

5 Feb: WNI terpapar Corona di Singapura. Komentar Menkes Terawan; biar Pem. Singapura yg menanganinya

7 Feb: Menkopolhukam Mahfud MD: RI satu2nya neg besar di Asia yg tak kena Corona

10 Feb: Canda Menko Investasi & Maritim Luhut B Panjaitan saat ditanya Corona masuk Batam: Mobil?

11 Feb: Menkes Terawan menegaskan, hingga kini memang belum ada kasus virus Corona di Indonesia. Perihal ada pihak yang merasa heran soal kenyataan ini, Terawan mengaku tak ambil pusing.

11 Feb: Menkes dr. Terawan tantang Universitas Harvard buktikan Virus Corona di Indonesia

12 Feb: Jokowi di telp Xi Jinping. Dlm pembicaraan jarak jauh, Jokowi berjanji akan membantu Cina melawan Corona

13 Feb: Chief Executive Temasek Foundation International Benedict Cheong berkirim surat ke Pem. RI soal bantuan alat uji COVID19.Sebulan kmd tawaran itu ditolak

17 Feb: Menteri Kesehatan dr. Terawan bicara kekuatan doa yang bikin RI bebas Corona

17 Feb: Kelakar Menhub Budi Karya Sumadi: kita kebal Corona karena doyan Nasi Kucing

24 Feb: Kelakar Kepala BKPM Bahlil di depan Hary Tanoe: Virus Corona tak masuk Indonesia karena izinnya susah

26 Feb: Jurus Jokowi atasi dampak Corona : Bayar Influencer Rp 72 M hingga diskon pesawat

27 Feb: Indonesia terhindar Virus Corona, Ma'ruf Amin: berkah doa Qunut

Maret.
1 Mar: Anies sebut Ada 115 Corona, mentri Terawan bilang itu keliru semua negative, Indonesia tidak Ada Corona

2 Mar: Pasien pertama Corona ditemukan dan diumumkan
2 Mar: Virus Corona masuk Indonesia, komentar Jokowi: kita sudah siap

3 Mar: Mahfud Md Minta Kepala Daerah Jangan Politisir Corona untuk Cari Panggung.

3 Mar: Jokowi sampaikan pokok pikiran terkait Corona. Ia berharap masyarakat tetap waspada, tetap tenang, beraktivitas seperti biasa. Dan perlu juga saya sampaikan, bahwa gejala Virus COVID-19 ini mirip seperti flu.

5 Mar: Dibenarkan oleh Mahfud MD
5 Mar: Mahfud MD: jangan panik virus corona, korban meninggal flu biasa lebih banyak

10 Mar: Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom meminta Jokowi untuk mengikuti langkah-langkah pencegahan virus corona yang diberikan oleh WHO. WHO jg meminta Indonesia tetapkan tanggap darurat

13 Mar: Kasus Corona meningkat menjadi 69 terinfeksi dan 4 orang meninggal

14 Mar: Presiden nyatakan Indonesia bencana nasional Corona.



emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keyboard.mouse dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 9 balasan
Memuat data ..
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:41
Buzzer Rp Seraaaang
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
0 1
-1
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:48
udahlah kita tidak menutup mata pemerintah juga punya buzzer untuk mempertahankan citra pemerintah setelah terlalu santuy menanggapi wabah korona diawal bahkan sampai kasih diskon dan influencer 72m
profile-picture
agusdwikarna memberi reputasi
1 0
1
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 20:59
Sama aja. Bujer pemerintah ngga kalah luck nutnya. Puja puji melulu.
Kira2 ada yg main 2 kaki ngga ya???
Bujer sana bujer sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Geliat para Buzzer Corona di belakang Anies Baswedan 
03-04-2020 21:03
fuck anusemoticon-fuck
dan
fuck pemerintah yg nggak becusemoticon-fuck

fuck cebongemoticon-fuck
fuck kadrunemoticon-fuck

and
fuck you tooemoticon-fuck


emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gunman78 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
waspadai-kebangkitan-orba
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia