News
Batal
KATEGORI
link has been copied
158
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e85e147349d0f1e0b318d68/pakar-indonesia-terlambat-tutup-perbatasan-ratusan-ribu-terancam-meninggal
Sebuah penelitian memperingatkan tindakan drastis, hampir seperempat juta orang Indonesia bisa meninggal karena COVID-19 pada akhir April. Peringatan itu mengemuka setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan keadaan darurat dengan istilah 'Pembatasan Sosial Berskala Besar', atau PSBB, hari Selasa (31/03). Presiden Jokowi menghindari penerapan 'lockdown', namun lebih memilih PSBB, menambah kewenangan
Lapor Hansip
02-04-2020 19:57

Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal

Quote:Sebuah penelitian memperingatkan tindakan drastis, hampir seperempat juta orang Indonesia bisa meninggal karena COVID-19 pada akhir April. Peringatan itu mengemuka setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan keadaan darurat dengan istilah 'Pembatasan Sosial Berskala Besar', atau PSBB, hari Selasa (31/03).
Presiden Jokowi menghindari penerapan 'lockdown', namun lebih memilih PSBB, menambah kewenangan polisi dan mengumumkan paket stimulus ekonomi senilai lebih dari Rp400 triliun.

Pemerintah RI juga mengumumkan semua warga negara asing kecuali diplomat, pekerja kemanusiaan dan mereka yang memiliki izin tinggal, akan dilarang memasuki Indonesia selama 14 hari.

Tapi John Matthews, seorang ahli epidemiologi dari University of Melbourne, menilai tindakan itu sudah terlambat. "Jika mereka dapat secara efektif menutup perbatasan sebulan yang lalu, mereka seharusnya melakukannya saat itu," katanya kepada ABC.
"Dalam arti tertentu, sekarang sudah terlambat untuk dilakukan," tambahnya.
Mengingat kepadatan penduduk dan kemiskinan di Indonesia, katanya, "mengendalikan virus dalam kondisi sosial di Indonesia akan sangat sulit."


Kasusnya lebih tinggi
Kementerian Kesehatan RI menyatakan hingga 1 April jumlah total kasus telah meningkat menjadi 1.677, sekitar setengahnya berada di Jakarta. Setidaknya 156 orang meninggal dan 103 sembuh. Tingkat kematian akibat virus corona di Indonesia juga pernah menjadi yang tertinggi di dunia.

Tingkat pengujian COVID-19 di Indonesia termasuk yang terendah di dunia, hanya beberapa ribu tes yang telah dilakukan untuk seluruh populasi 270 juta orang.
Namun sejumlah pemodelan menunjukkan jumlah sebenarnya kasus infeksi di seluruh nusantara adalah puluhan ribu.

Sebuah studi terbaru yang dikeluarkan Universitas Indonesia memproyeksikan tanpa intervensi, Indonesia dapat mengalami 240.000 kematian pada akhir April akibat COVID-19.

Bahkan studi ini menyebutkan, dengan intervensi moderat, 48.000 orang Indonesia bisa mati, tetapi jumlahnya dapat diturunkan menjadi 12.000 dengan "intervensi intensitas tinggi".

Sebagai perbandingan, Amerika Serikat memproyeksikan antara 100.000 dan 240.000 warganya bisa meninggal akibat virus corona, bahkan dengan menerapkan jarak fisik. Di tahun 2017, Bank Dunia menyebutkan Indonesia hanya memiliki empat dokter untuk 10.000 penduduk. 

Selain itu, diperkirakan tidak sampai tiga tempat tidur perawatan intensif per 100.000 penbduduk. "Mereka bekerja dalam keadaan yang sangat sulit," kata Profesor Matthews.

"Kita harus berasumsi banyak kasus yang tidak diketahui dan berarti banyak kematian," ujarnya. Tanggal 19 Maret lalu, Indonesia mengeluarkan aturan soal larang pertemuan massal, namun sebagian warga terus mengabaikannya. Polisi secara paksa membubarkan pesta pernikahan dan acara lain yang tetap berlangsung meskipun ada larangan.


abc



Sebenarnya TIDAK ada kata TERLAMBAT. 
TAPI .. masih ingat Krisis Monter tahun 97/98? Indonesia adalah negara yang terkena DAMPAK KRISIS paling dalam sehingga butuh recovery lebih lama.

Saya takut bahwa ini pun terjadi untuk kasus Covid19, Indonesia bisa saja tidak terdampak paling besar, tapi kemungkinan akan recover sangat lama. Apa sih yang mau diharapkan pada bangsa yagn APD (Alat Pelindung Diri) untuk dokter dan paramedis di RS di seluruh negeri ini ternyata belum siap saat Covid19 melanda? 

apakah perlu Lockdown?
tidah harus bernama Lockdown tapi perlu dilakukan pembatasan yang lebih terukur dan tegas, jika perlu Presiden bisa keluarkan PERPU untuk hal ini. Buatlah aturan baru yagn khusus untuk Covid19, dan jalankan dengan sebaik2nya. Kerjasama antara pusat dan daerah, sinergi semua bidang. Apakah lebih baik minum obat yang pahit dengan dosis yang tepat tapi lebih cepat sembuh? atau minum obat yagn biasa dengan dosis yang dikurangi tapi membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama?


Berapa banyak penduduk kita yang harus mati sia2?
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal

Diubah oleh Jizyah101
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 12 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:00
Ya pemerintahnya aja kebijakannya serba gk jelas begini, gw pesimis sih, semoga corona cepat berlalu 🙏 wlaaupun kenyataannya takkan semudah itu berlaluemoticon-Turut Berduka
Diubah oleh amiruls.lee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bradertangerang dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:01
Filipina, India juga kekurangan APD, amrik,italy, inggris sekarang udah kekurangan APD juga...

Ga ada negara yg siap apd kecuali china, karena disana semua pabrik alkes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
konakdong.com dan 10 lainnya memberi reputasi
9 2
7
Lihat 10 balasan
Memuat data ..
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:02
emang dari awal udah telat.... mau apa pun skrn udah telat.... udah nyebar emoticon-Cape deeehh di anggap remeh sama pemerintah, skrn mereka yg bingung sendiri... Yaaah nama nya juga planga plongo emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
munjyn dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:03
Quote:Original Posted By pilotedan
emang dari awal udah telat.... mau apa pun skrn udah telat.... udah nyebar emoticon-Cape deeehh di anggap remeh sama pemerintah, skrn mereka yg bingung sendiri... Yaaah nama nya juga planga plongo emoticon-Cape deeehh

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:03
ngak ada kata terlambat, dengan usaha yang baik dari semua pihak, mudah²an jumlah kasus corona tidak sampai ratusan ribu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BlueJupieZ dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:06
Omongan orang tak perlu banyak didengar...
Namanya prediksi bisa salah bisa juga gak benar

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:08
Quote:Original Posted By 54m5u4d183
ngak ada kata terlambat, dengan usaha yang baik dari semua pihak, mudah²an jumlah kasus corona tidak sampai ratusan ribu


Saat ini sudah banyak rakyat yg mati karena virus ini, di situ lah pemerintah telat melindungi warga negara nya emoticon-Cool 1 nyawa warga negara nya harus nya sangat berarti bagi pemerintah emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
binokulars dan 54m5u4d183 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:09
Anggap aja seleksi alam, wiwi lagi playing God thd warganya sendiri.

Lagian kapan si orang ausi ga nyinyir, mereka kan diciptakan didunia utk menjelek jelekkan kita.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tomez dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:10
Better late than never
but never late is better
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:12
bisa iya, bisa ngga... negara lain banyak yg sembuh kenapa indonesia tidak, apalagi obatnya murah
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan rizaradri memberi reputasi
2 0
2
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:13
5000 orang udah meninggal di amrik, 1st world country loh. Gak kebayang nantinya di Indonesia emoticon-Big Grin apa pemerintah pusat udah siap sop nya untuk nyalahin Anies ya? emoticon-Wink emoticon-Wink
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 5 lainnya memberi reputasi
4 2
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:15
tp ga ada kata terlambat untuk meningkatkan penyebaran nya sesuai sop yaman

Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal

kesadaran aja dah klo mau selamat ya lakukan arahan yg sudah di berlakukan

Udah terbukti ga ada yg siap congor mo nyalahin sana sini ga bikin itu virus lenyap
Diubah oleh kentutwangi22
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yosegratian dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:17
Quote:Original Posted By kentutwangi22
tp ga ada kata terlambat untuk meningkatkan penyebaran nya sesuai sop yaman

Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal


Dan jokowi adalah duta penyebaran virus corona di indonesia emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fauzan432176 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:18
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal

Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:19
di satu sisi pendapat pakar karbitan impor malah bikin panik

tapi di sisi lain rakyat +62 kalo ga dibikin panik ga nurut2

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rob.pedro dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:20
astajim emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan rizaradri memberi reputasi
2 0
2
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:21
Quote:Original Posted By pilotedan
Saat ini sudah banyak rakyat yg mati karena virus ini, di situ lah pemerintah telat melindungi warga negara nya emoticon-Cool 1 nyawa warga negara nya harus nya sangat berarti bagi pemerintah emoticon-Cool


Pengalaman pelajaran yang paling berharga, semoga angka kematian bisa ditekan kedepannya
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:23
Quote:Original Posted By pilotedan
Dan jokowi adalah duta penyebaran virus corona di indonesia emoticon-Shakehand2


trus apa solusi dr lu

Kilapak ? Hti , pks, fpi punya solusi?

Klo cuma.pamer congor ga suka ama.pemerintah angkat kaki sana ke suriah

Udah bayar pajak? Klo npwp sama lapor spt di bawah ptkp mati aja sono cuma koar2 minta bailout

Punya solusi ga lu skrg jgn congor doang anti pemerintah tp kelakuan bujer antek.kilapak setan

Balik sono kolong jembatan itu kardus ama gelas aqua kiloin biar bisa ngelem
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyanYulio dan 11 lainnya memberi reputasi
9 3
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:25
Ndak masalah, Indon sudah gembar gembor antibodi kuat gak bisa kena korona. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan rizaradri memberi reputasi
2 0
2
Pakar: Indonesia 'Terlambat' Tutup Perbatasan, Ratusan Ribu Terancam Meninggal
02-04-2020 20:25
Quote:Original Posted By amiruls.lee
Ya pemerintahnya aja kebijakannya serba gk jelas begini, gw pesimis sih, semoga corona cepat berlalu 🙏 wlaaupun kenyataannya takkan semudah itu berlaluemoticon-Turut Berduka


Quote:Original Posted By pilotedan
emang dari awal udah telat.... mau apa pun skrn udah telat.... udah nyebar emoticon-Cape deeehh di anggap remeh sama pemerintah, skrn mereka yg bingung sendiri... Yaaah nama nya juga planga plongo emoticon-Cape deeehh


Quote:Original Posted By drs.obama
Omongan orang tak perlu banyak didengar...
Namanya prediksi bisa salah bisa juga gak benar

emoticon-Cool


Quote:Original Posted By pilotedan


Saat ini sudah banyak rakyat yg mati karena virus ini, di situ lah pemerintah telat melindungi warga negara nya emoticon-Cool 1 nyawa warga negara nya harus nya sangat berarti bagi pemerintah emoticon-Cool


Quote:Original Posted By pilotedan


Dan jokowi adalah duta penyebaran virus corona di indonesia emoticon-Shakehand2


Quote:Original Posted By kafiradikal
[img]https://s.kaskus.id/images/2020/03/19/10731177_202003191014340141.jpg[/ig]

[img]https://s.kaskus.id/images/2020/03/19/10731177_202003191015140635.jpg[/mg]


Nabi Bersabda, “Apabila seekor lalat masuk ke dalam minuman salah seorang kalian, maka celupkanlah ia, kemudian angkat dan buanglah lalatnya sebab pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya ada obatnya. (HR. Bukhari, Ibn Majah, dan Ahmad)

Diubah oleh gatot.a1
profile-picture
voorvendetta memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia