Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
208
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e853b279775133b94409c31/wacana-larangan-mudik-setuju-atau-tidak-setuju-gan
Dalam hitungan kurang dari sebulan, umat muslim di berbagai belahan dunia akan segera memasuki bulan Ramadhan atau bulan puasa, yang artinya sebentar lagi pun kita bakal disuguhi dengan momen mudik 2020. 
Lapor Hansip
02-04-2020 08:08

Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?

Dalam hitungan kurang dari sebulan, umat muslim di berbagai belahan dunia akan segera memasuki bulan Ramadhan atau bulan puasa, yang artinya sebentar lagi pun kita bakal disuguhi dengan momen mudik 2020. Mudik lebaran menjadi ritual tahunan, para perantau berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk bisa merayakan hari kemenangan bareng teman, keluarga, saudara, dan seluruh tetangga. 

Tak hanya untuk merayakan hari lebaran saja, namun mudik juga menjadi momen untuk melepas kangen kepada keluarga, kerabat, dan juga kerinduan akan tanah kelahiran. Ditengah mewabahnya virus corona yang menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia, muncul wacana adanya larangan mudik lebaran tahun ini. Hal ini dipertimbangkan guna mengantisipasti penyebaran virus corona di Indonesia. Dari data menunjukan, update info virus corona per 1 April 2020 jumlah kasus di Indonesia mencapai 1,677 dengan menyebabkan kematian pada 157, dan 103 sudah dinyatakan sembuh (CNN Indonesia). 

Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?

Seperti yang kita ketahui bareng-bareng nih gan, Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tetapkan memperpanjang masa darurat bencana wabah penyakit akibat virus Corona di Indonesia hingga 29 Mei 2020. Sementara untuk Lebaran Idul Fitri sendiri diprediksi akan jatuh pada 23-24 Mei 2020. Biasana nih gan, puncak arus mudik atau arus balik emang terjadi seminggu sebelum dan sesudah Lebaran. Mudik lebaran emang selalu identik dengan pergerakan jutaan orang, mulai dari yang datang dari perkotaan menuju perdesaan dan untuk berkumpul keluarga dalam rangka menjaga tali silaturahmi.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, pergerakan manusia dalam jumlah besar seperti mudik berpotensi menambah penyebaran virus corona. Oleh karenanya ia juga meminta masyarakat agar tidak mudik jelang Ramadan yang bakal segera tiba kurang dari sebulan.  


Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
Kalau Agan Sista sendiri SETUJU atau TIDAK SETUJU nih gan, soal wacana larangan mudik lebaran 2020? Memang pilihan yang sulit, satu sisi kita mudik bisa mengobati kerinduan akan kampung halaman. Tetapi sisi lain lebih penting untuk menjaga kampung halaman kita tetap sehat.
Kuyyy .. ungkapin pendapat agan dengan cara ikutan polling dan komentar dibawah ini. Kalau agan amu beropini, boleh banget lhoo.. Silahkan langsung reply pada kolom komentar! 
emoticon-2 Jempol

 


Polling

Poll ini sudah ditutup - 175 Suara

Wacana Larangan Mudik 
81.14%
SETUJU
18.86%
TIDAK SETUJU
Diubah oleh Maman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tuliptulipje dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 8
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 08:09
TS gelar tikar dulu
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 08:41
Quote:Original Posted By Maman
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?

Dalam hitungan kurang dari sebulan, umat muslim di berbagai belahan dunia akan segera memasuki bulan Ramadhan atau bulan puasa, yang artinya sebentar lagi pun kita bakal disuguhi dengan momen mudik 2020. Mudik lebaran menjadi ritual tahunan, para perantau berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk bisa merayakan hari kemenangan bareng teman, keluarga, saudara, dan seluruh tetangga. 

Tak hanya untuk merayakan hari lebaran saja, namun mudik juga menjadi momen untuk melepas kangen kepada keluarga, kerabat, dan juga kerinduan akan tanah kelahiran. Ditengah mewabahnya virus corona yang menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia, muncul wacana adanya larangan mudik lebaran tahun ini. Hal ini dipertimbangkan guna mengantisipasti penyebaran virus corona di Indonesia. Dari data menunjukan, update info virus corona per 1 April 2020 jumlah kasus di Indonesia mencapai 1,677 dengan menyebabkan kematian pada 157, dan 103 sudah dinyatakan sembuh (CNN Indonesia). 

Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?

Seperti yang kita ketahui bareng-bareng nih gan, Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tetapkan memperpanjang masa darurat bencana wabah penyakit akibat virus Corona di Indonesia hingga 29 Mei 2020. Sementara untuk Lebaran Idul Fitri sendiri diprediksi akan jatuh pada 23-24 Mei 2020. Biasana nih gan, puncak arus mudik atau arus balik emang terjadi seminggu sebelum dan sesudah Lebaran. Mudik lebaran emang selalu identik dengan pergerakan jutaan orang, mulai dari yang datang dari perkotaan menuju perdesaan dan untuk berkumpul keluarga dalam rangka menjaga tali silaturahmi.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, pergerakan manusia dalam jumlah besar seperti mudik berpotensi menambah penyebaran virus corona. Oleh karenanya ia juga meminta masyarakat agar tidak mudik jelang Ramadan yang bakal segera tiba kurang dari sebulan.  


Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
Kalau Agan Sista sendiri SETUJU atau TIDAK SETUJU nih gan, soal wacana larangan mudik lebaran 2020? Memang pilihan yang sulit, satu sisi kita mudik bisa mengobati kerinduan akan kampung halaman. Tetapi sisi lain lebih penting untuk menjaga kampung halaman kita tetap sehat.
Kuyyy .. ungkapin pendapat agan dengan cara ikutan polling dan komentar dibawah ini. Kalau agan amu beropini, boleh banget lhoo.. Silahkan langsung reply pada kolom komentar! 
emoticon-2 Jempol

 




Jujur sih ane agak kurang setuju apabila dilarang mudik tetapi kereta api masih jalan, BUS tersedia di terminal, pesawat masih bisa terbang.
Mungkin ada ga sih solusi lain, misalkan screening di tiap bandara, terminal, stasiun. lalu di daerah tujuan mudik pun juga memberlakukan screening iang ketat, seperti pernah ane tulis thread sebelumna di sini.
Semoga badai virus corona cepat berlalu, shingga orang tetap bisa kembali beraktivitas, cari makan, dan mudik ke kampung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alibaba24 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 08:44
setuju asal demi kebaikan bersama.
kalau cuman nguntungin satu pihak sih ke laut aja dah!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 08:46
setuju
daripada lo pulang bawa sakit
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 08:48
kalau di kota nganggur ngapain ga mudik?
emang ada mau kasih makan.. #mikir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 11 lainnya memberi reputasi
10 2
8
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 08:55
Harusnya mudik lebih awal,
Pembiaran pengganguran dadakan di kota besar ibarat bom waktu. Jika mereka pulkam setidaknya ada yang bisa mereka lakukan seperti mulai bertani, beternak dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boeloex87 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 09:14
pulang kampung entar meluas jangkauan virusnya

pulang kampung, ga usah balik lagi ke ibukotaemoticon-Belgia

pulang kampung naik kereta atau bis pasti desek2an, hati2 tuh social distancing ya

ga jenuh di ibukota?


BATA!
Diubah oleh red.bezos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hikala3103 dan 9 lainnya memberi reputasi
1 9
-8
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 09:39
setuju ada aturan tidak boleh mudik. karena memang kabaikan bersama dan kepentingan umum harus didahulukan. kalau pada mudik ntar malah bisa membahayakan saudara di kampung dan rantai penyebaran virus tidak terputus. ayo kita bisa kok melawan virus ini dengan menaati aturan pemerintah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KramBiji dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 09:43
setuju, kalo keadaan belum membaik lebih jangan mudik dulu deh biar memutus rantai dari penyebaran virus ini. misalnya kita ga kenapa2 siapatau aja kita jadi carrier virus di kampung terus yg di kampung ada yg kurang fit akhirnya terdampak gara2 kitaa.. sadar dirii ajaa
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 10:09
kalau saya seh setuju aja. demi kebaikan bersama. memang sedih jika lebaran tidak bisa berkumpul dg keluarga tp mau bagaimana lagi. semoga wabah covid 19 ini segera berakhir. semoga jg dengan adanya usaha larangan mudik bisa memtus rantai virus corona, sehingga tidak semakin menyebar lg.
profile-picture
adamaitsu memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 10:19
Jangan egois dunia berputar bukan cuma buat lo doang, tunggu virus musnah baru mudik dah tuh

profile-picture
profile-picture
riezazura dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 10:31
jujur sih emang berat banget keadaannya gan, tp kalau dengan pertimbangan kondisi yg ada saat ini ane lebih milih SETUJU gan emoticon-Frown karena gak bisa dipungkiri salah satu yg berperan besar dlm penyebaran wabah ini kan karena mobilisasi yg besar dalam satu waktu gan emoticon-Frown dari kasus di italia sebenrnya kita bisa ambil pelajaran gan dan jangan sampai hal tersebut terjadi di negara kita gan emoticon-I Love Indonesia (S) emang berat sih untuk tidak bertemu dg orang yg kita sayangi tp ini kita lakukan juga buat kebaikan mereka semua emoticon-Frown semoga semuai ini cepat pulih ya gan emoticon-Kiss (S)
profile-picture
aljibo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 10:33
emang sih mudik mah udah kek tradisi tahunan. Tapi walaupun ane gak bisa mudik pun, yaudah sih demi kebaikan bersama. Emang situasi pun juga gak memungkinkan untuk itu, lagian emang juga udh pasti bisa banget mencegah penyebaran virus sih
0 0
0
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 11:06
serba salah yaa.. bagi mreka kerja harian/buruh di kota2 besar, bertahan di sana pasti berat.. biaya hidup tinggi, kerja harian gak pasti. kalau pulang kampung, setidaknya hidup lbh hemat dan bs kerja sambilan/garap sawah-kebun kalo ada.... tapi, BUAT YANG KERJAAN KANTORAN DI KOTA, mending gak usah mudik ya... jangan cari/bawa penyakit dah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 11:12
Untk kbaikan brsma dan syang sma kluarga.sya stju sja.krna kl da pa2 ma kluarga kita.kita yg akn mnysal jg.kita ikuti himbuan dri pmrintah.buat kbaikan sanak saudara kita.smga wabah ini cpat tratasi.biar khdupan brjlan normal
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 11:53
wah kalau ane gak setuju gan, demi kepentingan bersama kan
profile-picture
aljibo memberi reputasi
1 0
1
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 12:24
kagak usah nunggu lebaran, d desa ane orang dari jakarta udah pada mudik duluan... wkwkw
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 13:27
mungkin bakal berat banget karena mudik udah jadi tradisi.. tapi ya demi keselamatan bersama harus bisa ngalah sih (semoga cuma tahun ini aja) emoticon-Sorry
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 16:02
setuju aja
0 0
0
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?
02-04-2020 16:02
setujuuuu
0 0
0
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia