News
Batal
KATEGORI
link has been copied
184
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8487408d94d06a95758c99/cegah-corona-di-lapas-kemenkum-ham-siap-lepas-35000-napi
Kementerian Hukum dan HAM siap melepas hingga 35 ribu narapidana dengan merujuk pada Permenkum HAM Nomor 10 Tahun 2020. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan lapas yang overkapasitas.
Lapor Hansip
01-04-2020 19:21

Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi

Past Hot Thread
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi

Quote:
Kementerian Hukum dan HAM siap melepas hingga 35 ribu narapidana dengan merujuk pada Permenkum HAM Nomor 10 Tahun 2020. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan lapas yang overkapasitas.

"Dengan Permenkum HAM 10/2020, kami perhitungkan kami bisa mengeluarkan di angka minimal 30 ribu, dan dari beberapa exercise, kami bisa mencapai lebih 35 ribu minimal (napi yang dilepas)," kata Menkum HAM Yasonna Laoly dalam rapat melalui teleconference bersama Komisi III DPR, Rabu (1/4/2020)

Yasonna mengatakan, hingga hari ini, sudah ada 5.556 warga binaan yang dilepaskan berdasarkan aturan tersebut. Kebijakan ini disebut Yasonna sudah mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini exercise kami per hari ini pukul 11.00 WIB, sistem ASDP kami melaporkan sudah kami keluarkan 5.556 warga binaan kita dengan Permenkum HAM Nomor 10 Tahun 2020 dan Keputusan Menkum HAM Nomor 19.PK.01.04 Tahun 2020," ujar Yasonna.

"Kami sudah menyatakan ini adalah pelepasan by law. Kami meminta Kalapas, Karutan, karena ada beberapa rutan untuk memantau. Di samping itu, kami sudah laporkan ke Presiden, dan sudah disetujui mengeluarkan kebijakan tersebut," imbuhnya.

Baca juga:Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Lepas 5.556 Napi Per Hari Ini

Namun ada beberapa jenis pidana yang tidak bisa dilepaskan karena terganjal aturan dalam PP Nomor 99 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Yasonna akan mengajukan revisi PP tersebut dalam ratas bersama Presiden Jokowi.

"Tentu ini tidak cukup. Perkiraan kami bagaimana merevisi PP 99 Tahun 2012 tentu dengan kriteria ketat sementara ini. Pertama, narapidana kasus narkotika dengan masa pidana 5-10 tahun dan telah menjalani 2/3 masa pidananya akan kami berikan asimilasi di rumah. Kami perkirakan 15.442 per hari ini datanya. Mungkin akan bertambah per hari. Napi korupsi usia 60 tahun ke atas yang telah menjalani 2/3 masa pidana sebanyak 300 orang. Napi tipidsus dengan sakit kronis yang dinyatakan rumah sakit pemerintah yang telah menjalani 2/3 masa pidana 1.457 orang. Dan napi asing ada 53 orang," ungkap Yasonna.
Sumber Berita

info menteri terkait tidak ada penyebaran wabah virus corona di lapas, tapi koq pada dibebasin ??? apalagi lapas untuk koruptor bukannya tersendiri ??? .. bukannya mereka saat di dalam lapas malah tidak terhubung ke masyarakat sehingga aman dari wabah virus corona ??? ..
bukannya lebih mudah mencegah penyebaran virus corona di dalam lapas dengan cukup meniadakan jam kunjungan saja seperti pasien rumah sakit dibatasi/dilarang untuk dijenguk ??? ...
masyarakat disuruh isolasi diri #dirumahsaja harusnya para napi ya tetap #dipenjarasaja ...bukannya malah dibebasin, apalagi para koruptor !!!

udah dikarantina ngapain dilepas. yang ada harusnya gak boleh dijenguk supaya gak kena korona.
gimana pikirannya nih menteri.
Makin aneh aja!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 43 lainnya memberi reputasi
44
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 8
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:21
Apakah ada transaksi dibalik udang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thethemid201 dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:24
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi



{thread_title}


Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi

emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
16 1
15
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:30
kebijakan yang baik, sudah dapat persetujuan presiden
profile-picture
profile-picture
profile-picture
majorminor666 dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:35
Kapok... kapok... nyoblos PDIP.

Partai Mafia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedmuth dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 9 balasan
Memuat data ..
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:36
Ingat! Gak ada visi misi menteri. Hanya ada visi misis presiden.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:37
Yah silahkan kalau keputusannya gitu, tapi yang jelas bagi narapidana yang dapat jatah bebas harus di test dulu. Takutnya malah udah ada yang kena. Kalau gitu kan yang ada bukan mencegah malah makin masif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wolfzmus dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:39
koruptor boleh dilepas dengan syarat positif corona dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:41
AS ALWAYS
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
Diubah oleh checkedusername
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nawap dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:45
gk setuju kalo napi koruptoremoticon-fuck paling sering kenak diskon dibebasin pulak
Diubah oleh coolmaxx
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:46
Bolehlah bagi narapidana kasus ringan,pecandu narkoba tapi bukan pengedar, sa no to koruptor emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thethemid201 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:46
Mumpung lg ada wabah,ga bakal ada yg protes n ga bakal ada yg demo nentang keputusan ini..emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novembermann dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:48
Aakaaksk GOBLOK
profile-picture
profile-picture
eriksa dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:54
Quote:Original Posted By localfutures
Ngawur, Indonesia sudah merdeka lebih dari 70thn. Kok bisa2nya bilang "rakyat kalah". Memangnya yg sudah merdeka lebih dari 70thn itu siapa? emoticon-Bingung (S)

ah banyak bacot lu buzzer tolol

emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
majorminor666 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:58
Bener juga komen TS. di dalem lapas harusnya malah aman, asal jgn ada yg jenguk dulu, dan petugasnya dipastikan bener2 sehat.
profile-picture
profile-picture
novembermann dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 19:58
Rezeki para napi emoticon-Wakaka
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 20:24
buser cebong g ada yg komen ngebela, ngeles, cari kambing hitam atau apa kek? apa langsung nyungsep di gorong2
profile-picture
unicorn.destroy memberi reputasi
1 0
1
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 20:47
Quote:Original Posted By dtctv.brudu
Kapok... kapok... nyoblos PDIP.

Partai Mafia.


palingan 2024 menang lagi ni partai...emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Najis

Quote:Original Posted By pornwoow
buser cebong g ada yg komen ngebela, ngeles, cari kambing hitam atau apa kek? apa langsung nyungsep di gorong2


Ya ntar palingan pura2 mengkritik tapi tetep bawa embel2 kodran kadrun...emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
novembermann dan PapinZ memberi reputasi
2 0
2
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 21:31
ishhhh
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 21:32
biar tereliminasi mungkin ya...... emoticon-Ngacir

0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
01-04-2020 21:33
waduh enak banget

Pejwan lockdown
Diubah oleh awixcool
0 0
0
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia