News
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e841c2ce83c721e8171a230/pelanggan-listrik-1300-va-tak-diringankan-kenapa-pak-jokowi
Langkah Presiden Joko Widodo, menggratiskan pembayaran listrik golongan 450 VA dan diskon 50 persen untuk 900 VA secara nasional selama Virus Corona COVID-19 mewabah, patut diapresiasi. Namun, ada unsur ketidakadilan dalam kebijakan yang akan diberlakukan tiga bulan ke depan itu. Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi menjelaskan, seharusnya yang diprioritaskan adalah
Lapor Hansip
01-04-2020 11:44

Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?

Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?

Langkah Presiden Joko Widodo, menggratiskan pembayaran listrik golongan 450 VA dan diskon 50 persen untuk 900 VA secara nasional selama Virus Corona COVID-19 mewabah, patut diapresiasi. Namun, ada unsur ketidakadilan dalam kebijakan yang akan diberlakukan tiga bulan ke depan itu.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi menjelaskan, seharusnya yang diprioritaskan adalah kelompok konsumen yang tinggal di perkotaan. Jika memang pertimbangan stimulus itu terkait dampak ekonomi.

"Sebab, faktanya merekalah (Penduduk perkotaan) yang terdampak langsung (Corona). Karena, tidak bisa bekerja, atau aktivitas ekonominya berhenti (UMKM), karena mayoritas bekerja dari rumah," ungkap Tulus dikutip Rabu 1 April 2020.

Karena itu menurut Tulus, sejatinya yang sangat membutuhkan kompensasi dan dispensasi tidak hanya kelompok 900 VA saja. Tetapi juga kelompok konsumen 1.300 VA, yang menjadi standar ukuran listrik di perkotaan.

"Apalagi, banyak masyarakat perkotaan yang di PHK, atau potong gaji. Karena perusahaan nya bangkrut," tambahnya.

Di satu sisi lanjutnya, masyarakat perdesaan masih bisa bekerja seperti biasa, karena tidak terdampak secara langsung atas wabah COVID-19.

"Apalagi jika tidak termasuk zona merah," ungkapnya.

Jadi Tulus berpendapat, penggratisan listrik yang berlaku secara nasional kurang tepat sasaran. Dan kelompok 1.300 VA dilanggar haknya.

"Idealnya, kelompok 450 VA tidak gratis total, cukup diskon 50 persen saja (Sama dengan 900 VA). Sehingga sisanya 50 persen lagi bisa untuk meng-cover atau mendiskon golongan 1.300 VA, khususnya yang tinggal diperkotaan," tegasnya.

YLKI kata Tulus pun meminta, pemerintah untuk merevisi kebijakan tersebut. Dengan memberikan kompensasi atau diskon pengguna listrik 1.300 VA yang tinggal di perkotaan, yang terdampak langsung maupun tidak langsung oleh wabah COVID-19.

kolam

katanya duitnya ada, tinggal pemerintah mau kerja untuk rakyat apa nggak
dan menurut data yg ada di kantong jokowi, di luar negeri duit kita ada 11 ribu triliun
kok bantu rakyat yg lagi susah kayanya setengah hati
ane ngaku gak pilih jokowi 2 periode kemarin, tapi kalo va 2200 juga diskon 50% ane janji nanti 2024 kalo jokowi maju lagi pasti ane pilih
Diubah oleh petruqdadiratu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 16 lainnya memberi reputasi
7
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 5
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 19:35
Quote:Original Posted By Ultramen.T
1300 dianggap mampu? Lha pasang listrik sekarang semuanya 1300. mau pasang 900 harus ngisi blanko yang tidak sedikit dan juga minta surat keterangan ini dan itu. Ya semoga benar2 mampu semuanya


nah ini benul adanya, yg 900va merada kismin, padahal gk yau faktanya, ibarat uang itu inflasi yg nilainya 5000 bkl jadi receh, listrik juga mengalami, dimana std minim skrg 1300, naik ke 2200, klo kaya 5000.
Bukanya apa2,dengan std elektronik rumah skrg 900va itu klo ada kedipan listrik/ listrik padam,MCB gk langsung naik karena beralatan listrik skrg tarikan awal besar2.
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 19:41
Kalo kendala di pemasukan sehingga gak bisa digratisin, seenggaknya didiskon 90% plis

emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 19:42
ntar bujer di bayar apa?
klo semua mau diskonemoticon-Mewek
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 19:45
1300 minta disubsidi juga mental miskin emank
emoticon-Wakaka
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 20:01
duit negara 400 triliun..
minimal 10 triliun ilang masuk kantong pejabat
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 20:07
Mendingan kasih beras ke karyawan yang diphk dan penjual kaki lima yg kena pengaruh, daripada subsidi ujung2nya yg pake banyak dan mewah yg nikmatin emoticon-Ngakak (S)

Yang betulan niat nakal paling udah nyiapin lah rumah 450v buat jor2an. Org skrg liatnya cmn besaran max kwhnya. 450/900v tapi dipake full vs 1300v cmn abis sekitar 100rb per bulan, mana yg nakal masa ngga keliatan
Diubah oleh amunes
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 20:23
Quote:Original Posted By cloudible8
1300 ngarep disubsidi emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 20:25
yg pake 450va sama 900va emang siapa aja ?

tukang bakso , tukang pecel ?
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 21:04
1300 minta diskon/gratis ibarat beli apansa tapi ga sanggup beli pertamax, ngiri liat orang pake astrea masih boleh beli premium.
Pengguna 450 ya rata-rata rumah yang berdiri di jaman orba, dan kebanyakan juga milik baby boomer atau gen X awal, dah pada pensiun atau pemasukan mendekati pas-pasan.
Kalo masih ga tau malu minta diskon atas nama keadilan ya silakan minta surat keterangan miskin.

Kalo ga sanggup bayar bulanan, jangan beli rumah sekalian.
Ngontrak ke rumah kampung, pasti masih banyak yang pake 450.
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 22:42
suara agan mau ditukar sama diskon listrik 50% wkwkwk yah emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
02-04-2020 00:17
indonesia masih banyak belajar kondisi darurat seperti ini
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
02-04-2020 00:38
Bukan berarti yg 1300 va itu org mampu dan gak perlu dibantu, baca baik2 beritanya justru pelanggan 1300 va ini yg banyak kena dampaknya bukan tidak mungkin kan mereka juga kena PHK dan pengurangan Gaji dll. Apa virus nya bisa milih2 berdasarkan pendapatan dan daya listrik? Canggih betul virusnya
profile-picture
RideatInFinem memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
02-04-2020 01:48
Ini mesti jadi PDP atau ODP lagi gk? Wkkwwk
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
02-04-2020 02:00
Quote:Original Posted By xrm
Ayo pak Jokowi,
Penuhi semua kebutuhan rakyat smapai pandemi ini dicabut oleh who
Dan bebaskan semua bentuk pajak
Saya janji pilih bapak di 2024


Udah kaga bisaa nyalon lagi pan udah 2 periode, bisa bisa aja nih agan emoticon-Ngakak
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
02-04-2020 04:25
untuk presiden yang katanya ogah manjain rakyat pake subsidi, ini udah lumayan banget lhoo emoticon-Cape d...

setuju sama kata orang YLKI di atas kalo ini kurang tepat sasaran buat masyarakat perkotaan yang kebanyakan pake (1.300-2.200)... tapi masyarakat desa juga berisiko kena corona kali emoticon-Bingung
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
02-04-2020 14:44
mungkin yg golongan d gratiskan, lbh banyak demo nya
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
02-04-2020 16:59


Quote:Original Posted By ManusiaUltra
Mental manusia benalu negara


Jangan gitu dong gan...
JIKA 7 dari 10 orang, pendapatan 2,6juta/bulan pas-pasan untuk kebutuhan (masyarakat kota) lalu 3 orang dan agan adalah 1 orang yang berpenghasilan 10juta, maka rata2 pendapatan adalah 4,82juta/orang, tetapi faktanya kan tetap 7orang dgn pendapatan 2,6juta/bln.

LALU bagaimana yang dirasakan oleh pekerja yang perusahaanya akirnya bangkrut, pekerja lepas atau pekerja harian dll, yang pendapatanya tidak menentu, dan yang pendapatan harian, apa mereka bukan manusia juga??
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
02-04-2020 17:17


Quote:Original Posted By dr.anonymous
tau diri lah, berani pasang 1300 dan seabrek elektronik masih minta subsidi.


ane kasih contoh kasus ya gan.
Ane tinggal di ibu kota, ane ngais disini, kontrakan ane 1300 (tidak ada pemasangan baru dgn 900), ane kerja baru dapat uang buat dibawa pulang, itu pun bukan terima gaji tetap, dan berlaku tiap harinya, ya begitulah rejekinya. Beban kontrakan itu untungnya sudah ane bayar setahun (bayar tahunan), beban listrik tentunya tanggungan ane tiap bulanya yang menempati.

Siapa sih bray yang pengen ini semua terjadi, jadi pandemi global? Ane dan agan pastinya gak mau kan? Cuma terus terang, bukan cuma ane yang ngalamin ini, banyak kok sejawat atau orang lain yang ngalamin hal serupa...

Dengan daya listrik 1300, bukan menjadikan kami orang kaya atau orang mampu bray, mungkin ada yang daya 1300 dan seabrek elektronik seperti yang agan bilang. Tapi ya gan, kebutuhan adalah kebutuhan, perut adalah perut dan manusia tetaplah manusia.

Ane tau diri gan, tapi kan tidak mungkin waktu sekarang ini untuk ane nyari kontrakan baru dgn daya 900, belum lagi ane harus siapkan uang untuk kontrakan baru serta waktu mencari kontrakan baru, yang ada ane gak stay at home juga.

Ya tapi opini agan, tetaplah opini agan, saya bukan melakukan pembenaran, tetapi pembelaan atas waktu yang ada sekarang, jangan jadikan polemik, bukankah kita harusnya saling merangkul? silahkan sangkal jika ane salah.

Terima kasih gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
02-04-2020 17:33


Quote:Original Posted By urban21
Agak aneh kalo 1300 watt AC nya 2
Lha AC itu yg 1PK aja listriknya 650-750watt
Yg inverter 500-600watt

Kalo AC 1,5PK udh pasti 700an watt

Kalo AC nya 2 berarti kalo nyala bareng udah 1200an watt

Lha alat listrik yg lain kebagian apa?
Kulkas 1 pintu 80watt, 2 pintu 90-100watt
TV 30watt
Pompa air 300-350watt
Magicom nasi 60watt
Lampu2 kalo malam hidup smua pst di atas 100watt


Rumah saya aja listrik 1300watt pakai AC 1PK sebiji musti ada bbrp alat listrik yg dikorbanin kalo AC lagi hidup.


Emang AC 1/2PK udah gak ada dipasaran gan?
Gimana kalo contoh ac-nya yang 1/2PK, dengan daya 350watt? Kalo daya murni awalnya 400watt, setelah berjalan bukanya akan turun? Mungkin di angka 300watt konstan? Nyala 2 menyisakan 500watt.

Era lampu skr kan LED (harga juga sudah murah) dgn daya 5-9watt juga udah terang, 10 lampu max 90watt, kalo nyala semua. Daya 1300 paling ukuran rumah kecil/sederhana. 2kamar, 1KM, 1dapur, 2teras depan belakang, 1ruang tamu itu pun baru 7 lampu. Kita genapkan 10lampu saja.

Ya mungkin saja 2 AC dgn ukuran 1/2PK, trus tinggal dikondisikan seperti agan bilang “musti ada bbtp alat listrik yang dikorbanin kalo AC lagi hidup”, over daya palingan kan jepret/turun kata mak gua.
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
02-04-2020 17:48
Quote:Original Posted By dr.anonymous
gan, ente tau ga kalo yg 900va yg akan di diskon 50% itu jg ternyata punya 2 kategori. 900va non mampu dan 900va mampu. yg bakal kena diskon hanya yg 900va biasa

beranjak dari situ harusnya sudah paham kan knp sy blg tau diri? ini bukan ngejudge tapi untuk kontrakan dgn daya 1300 single non keluarga itu termasuk over. ini kontrakan kan bukan rumah yg disewa?


Maaf gan, ijin mengutip...
Quote:Original Posted By dr.anonymous
tau diri lah, berani pasang 1300 dan seabrek elektronik masih minta subsidi.


”Berani pasang 1300”, itu bukan kebijakan ane sebagai penyewa, tapi itu kan sudah terpasang di kontrakanya gan, tiap pintu 1300 dgn meteran pulsa masing2 (ya mungkin pas kontrakan dibangun, daya 900 sudah tidak ada untuk wilayah ane), nah karena ane cukup merasakannya sekarang dampak dari pembatasan kegiatan (karena ane juga tunduk/taat pada anjuran pemerintah).

Bukanya ane mau minta subsidi paling hanya sanggup sebatas mengeluh, ane masih bisa cari solusi utang pulsa/token, terlepas dari apapun ane adalah bagian dari 1300 yang tau diri gan... terima kasih untuk agan yang sudah mengetuk jendela tau diri kami.
Diubah oleh monyetragil
0 0
0
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia