News
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e841c2ce83c721e8171a230/pelanggan-listrik-1300-va-tak-diringankan-kenapa-pak-jokowi
Langkah Presiden Joko Widodo, menggratiskan pembayaran listrik golongan 450 VA dan diskon 50 persen untuk 900 VA secara nasional selama Virus Corona COVID-19 mewabah, patut diapresiasi. Namun, ada unsur ketidakadilan dalam kebijakan yang akan diberlakukan tiga bulan ke depan itu. Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi menjelaskan, seharusnya yang diprioritaskan adalah
Lapor Hansip
01-04-2020 11:44

Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?

Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?

Langkah Presiden Joko Widodo, menggratiskan pembayaran listrik golongan 450 VA dan diskon 50 persen untuk 900 VA secara nasional selama Virus Corona COVID-19 mewabah, patut diapresiasi. Namun, ada unsur ketidakadilan dalam kebijakan yang akan diberlakukan tiga bulan ke depan itu.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi menjelaskan, seharusnya yang diprioritaskan adalah kelompok konsumen yang tinggal di perkotaan. Jika memang pertimbangan stimulus itu terkait dampak ekonomi.

"Sebab, faktanya merekalah (Penduduk perkotaan) yang terdampak langsung (Corona). Karena, tidak bisa bekerja, atau aktivitas ekonominya berhenti (UMKM), karena mayoritas bekerja dari rumah," ungkap Tulus dikutip Rabu 1 April 2020.

Karena itu menurut Tulus, sejatinya yang sangat membutuhkan kompensasi dan dispensasi tidak hanya kelompok 900 VA saja. Tetapi juga kelompok konsumen 1.300 VA, yang menjadi standar ukuran listrik di perkotaan.

"Apalagi, banyak masyarakat perkotaan yang di PHK, atau potong gaji. Karena perusahaan nya bangkrut," tambahnya.

Di satu sisi lanjutnya, masyarakat perdesaan masih bisa bekerja seperti biasa, karena tidak terdampak secara langsung atas wabah COVID-19.

"Apalagi jika tidak termasuk zona merah," ungkapnya.

Jadi Tulus berpendapat, penggratisan listrik yang berlaku secara nasional kurang tepat sasaran. Dan kelompok 1.300 VA dilanggar haknya.

"Idealnya, kelompok 450 VA tidak gratis total, cukup diskon 50 persen saja (Sama dengan 900 VA). Sehingga sisanya 50 persen lagi bisa untuk meng-cover atau mendiskon golongan 1.300 VA, khususnya yang tinggal diperkotaan," tegasnya.

YLKI kata Tulus pun meminta, pemerintah untuk merevisi kebijakan tersebut. Dengan memberikan kompensasi atau diskon pengguna listrik 1.300 VA yang tinggal di perkotaan, yang terdampak langsung maupun tidak langsung oleh wabah COVID-19.

kolam

katanya duitnya ada, tinggal pemerintah mau kerja untuk rakyat apa nggak
dan menurut data yg ada di kantong jokowi, di luar negeri duit kita ada 11 ribu triliun
kok bantu rakyat yg lagi susah kayanya setengah hati
ane ngaku gak pilih jokowi 2 periode kemarin, tapi kalo va 2200 juga diskon 50% ane janji nanti 2024 kalo jokowi maju lagi pasti ane pilih
Diubah oleh petruqdadiratu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 16 lainnya memberi reputasi
7
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:10
Quote:Original Posted By bhoesoek_thenan
Tetangga ane 1300 watt, pake ac 2, sebulan ktnya abis 1 jutaan, orang kyk gitu mau disubsidi? Ya kyk nguyahi segara kl orang jawa bilang...


emoticon-Traveller


tetangga ente jago gan emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh ikan.celup
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:11
Gua gak minta subsidi, gak minta di gratiskan, cuma mau minta tolong batas maksimal penggunaan token dihapuskan sementara. Karena penggunaan listrik di rumah meningkat drastis melebihi batas maksimal karena WFH. emoticon-Betty
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:13
Ane mah ngeliatnya gini...

Dengan menggunakan logika adil yg sama maka...

Semua warga ples enamdua musti positif covid19 terlebih dahulu...

Baru bisa dikatakan adil...
emoticon-Ngakak
Dan ane yakin, Pengguna 1300VA akan berada di Garda Terdepan menolak gagasan tersebut...
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:13
1300 ngiri ama yg 450 ..bayar pajak ogah2an .giliran ada subsidi ngarep dapet jg 😂😂😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:14
Quote:Original Posted By petruqdadiratu
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?



kolam

katanya duitnya ada, tinggal pemerintah mau kerja untuk rakyat apa nggak
dan menurut data yg ada di kantong jokowi, di luar negeri duit kita ada 11 ribu triliun
kok bantu rakyat yg lagi susah kayanya setengah hati
ane ngaku gak pilih jokowi 2 periode kemarin, tapi kalo va 2200 juga diskon 50% ane janji nanti 2024 kalo jokowi maju lagi pasti ane pilih


11000Trilyun mungkin maksudnya asset produktif yg bisa dikelola kali gan...misalkan d rumah agan punya 10 kolam gurame setelah diitung2 nilai total kolam gurame agan 300jt..tapi faktanya ya blom tentu uang d tabungan agan segitu..bisa aja cm 10jt..gitulah analoginya..
profile-picture
profile-picture
soekotoiy dan i.macintosh memberi reputasi
2 0
2
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:15
Quote:Original Posted By urban21


Agak aneh kalo 1300 watt AC nya 2
Lha AC itu yg 1PK aja listriknya 650-750watt
Yg inverter 500-600watt

Kalo AC 1,5PK udh pasti 700an watt

Kalo AC nya 2 berarti kalo nyala bareng udah 1200an watt

Lha alat listrik yg lain kebagian apa?
Kulkas 1 pintu 80watt, 2 pintu 90-100watt
TV 30watt
Pompa air 300-350watt
Magicom nasi 60watt
Lampu2 kalo malam hidup smua pst di atas 100watt


Rumah saya aja listrik 1300watt pakai AC 1PK sebiji musti ada bbrp alat listrik yg dikorbanin kalo AC lagi hidup.




Kamar gw pake daikin 1/2 PK gak nyampe 350watt
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:19
mending industri yg diringankan bebannyaemoticon-Big Grin
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:20
What the ???

1300 mau subsidi juga jual dulu rumahnyaemoticon-Wkwkwk
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:20
diprioritaskan dahulu ya kemampuan finansialnya rendah mas bro....450 VA , kan ngga mungkin pasang AC di kamar......itu yang lebih terbebani......yang punya 2200 VA....ada motor, AC ...ada mobil....pasti lebih mampu.....jadai lebih tahan lama....bisa borong makanan,,,,di supermarket.......itu golongan terakhir lah.....
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:31
Quote:Original Posted By urban21
Iya kalo 1/2 PK inverter segitu sih
Kalo yg 1 PK inverter ya 500an yg ga inverter malah 650an


Udah beda kelas lagi kalo kamarnya pake 1 PK
Lebih ga tau malu minta di subsidi
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Di rumah ada 2 ikan kesayangan
22nya butuh pemanas 200w
Terpaksa gw jual, lumayan buat nutupin cost+tabungan
Pusing gw kelamaan di rumah kagak ada sampingan.
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:32
Dari Daya Listrik itu udah seleksi kale, Kalo semua minta disubsidi, ntar kayak Jaman susi dulu yg ngebela2in bensin disubsidi trus2an, 10th yg jadi cuma Jembatan Suramadu, Sama tol seratusan Kilo, trus Rakyat +62 teriak2 lagi.....emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:36
Quote:Original Posted By jamkecil
@truebluezz

boros2 amat yaa... emoticon-Matabelo
gw 2200 1 juta sebulan..
rumah nyokap 3200 300rb sebulan... emoticon-Big Grin


PC pake VGA+procie highend itu ibarat vampir token
Keadaan Full Load bisa nyampe 400-500watt belum peripheral lainya.
Tau sendiri kalo gamer/editor bisa lupa waktu di depan PC.

profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan aldonistic memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:48
Di Jakarta kalau listrik pasang baru nggak peduli kaya atau miskin minimal harus yg 1300 kva emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
121Z4 dan aljibo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:49
itu yg digratiskan nasional apa daerah episentrum aja ? jangan yg kena siapa yg dapet siapa.
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 12:50
Quote:Original Posted By janurhijau
kalau beli token, kwh yang didapat jadi 150% gitu ya?


200%
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 13:08
untung ane masih 900va dulu rencana mau ganti 1300va
0 0
0
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 13:13
TS mabok apa gimana? 2024 jokowi ga bisa nyapres lagi
emoticon-Ngakak trus lagi, 2200VA itu biasanya golongan orang kaya. kok masi minta subsidi? apa ndak malu?
profile-picture
profile-picture
soekotoiy dan i.macintosh memberi reputasi
2 0
2
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 13:13
Mangkanya cot bacot dipikir dulu,lo itu bkn kepala RT kalo ngomong ya rapat dulu

Pengen banget gua tarik congornya trs gua tabokin biar sadar...udha berkali kali dalam sebulan ini gak berubah2 juga

Itu bebal apa bodoh
Diubah oleh accelero
profile-picture
DoDoLanDoDoL memberi reputasi
1 0
1
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 13:31
kalok konsisten bahwa semua org pd dasarnya adalah sama di mata hukum maka ...............................
kecuali kita konsisten bhw indonesia itu republik miliknya wong cilik (miskin)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soekotoiy dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 13:42
1300 dianggap mampu? Lha pasang listrik sekarang semuanya 1300. mau pasang 900 harus ngisi blanko yang tidak sedikit dan juga minta surat keterangan ini dan itu. Ya semoga benar2 mampu semuanya
profile-picture
profile-picture
121Z4 dan aljibo memberi reputasi
2 0
2
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia