News
Batal
KATEGORI
link has been copied
107
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e83df5ac342bb154e3e8ef6/sempat-disebut-negatif-pasien-cianjur-harusnya-jadi-kasus-pertama-corona
Pada 14 sampai 17 Februari pasien dari PT Telkom pergi ke Malaysia untuk menghadiri acara kantor. Suara.com - Pemerintah mengumumkan pasien Covid-19 pertama di Indonesia pada 2 Maret 2020, warga Depok, Jawa Barat. Padahal, menurut tim Narasi TV yang ditayangkan pada Jumat (27/3/2020) kasus pertama seharusnya adalah pasien dari PT Telkom yang meninggal pada 4 Maret 2020. Melansir dari Narasi TV, pa
Lapor Hansip
01-04-2020 07:24

Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona

Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona

Pada 14 sampai 17 Februari pasien dari PT Telkom pergi ke Malaysia untuk menghadiri acara kantor.

Suara.com - Pemerintah mengumumkan pasien Covid-19 pertama di Indonesia pada 2 Maret 2020, warga Depok, Jawa Barat. Padahal, menurut tim Narasi TV yang ditayangkan pada Jumat (27/3/2020) kasus pertama seharusnya adalah pasien dari PT Telkom yang meninggal pada 4 Maret 2020.

Melansir dari Narasi TV, pada 14 sampai 17 Februari pasien pergi ke Malaysia untuk menghadiri acara kantor. Sepulang dari Malaysia, pada tanggal 20 Februari mengalami demam dan batuk.

Kemudian, pada 22 sampai 26 Februari pasien sempat dirawat di RS Mitra Keluarga Bekasi, selama lima hari lalu pasien tersebut diizinkan pulang karena kondisinya membaik.

Setelah dinyatakan kondisinya membaik, tanggal 29 Februari pasien pergi ke rumah mertuanya di Cianjur. Sayangnya pasien yang merupakan pegawai PT Telkom itu pingsan dan sesak napas pada tanggal 1 Maret 2020 dan dibawa ke RS Dr. Hafidz Cianjur.

Pada tanggal 3 Maret pagi, pasien meninggal Selasa (3/3/2020) dini hari pukul 04.00 WIB. Janggalnya, 9 jam kemudian Kemenkes lansung menyatakan bahwa pasien Cianjur tersebut negatif Covid-19 pada pukul 13.00 WIB.

Pengumuman yang dinyatakan juru bicara (jubir) Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto terkait pasien PT Telkom dianggap terlalu dini.


"Ketika almarhum dibawa ke Bekasi untuk dimakamkan, jam satu kita makamkan setelah itu muncul di media hasilnya negatif, kok hasilnya begitu cepat ," kata salah satu keluarga pasien pada Narasi TV.

Menurut Eijkman Institute hasil tes swab baru bisa keluar setelah 8-9 jam.

"Dari mulai ekstraksi, sampai kita mendapatkan hasil maka itu, sebenarnya sekitar 8-9 jam," kata Peneliti Lembaga Eijkman, Prof. Herawati Supolo pada Narasi TV.

Pihak Kemenkes melalui Achmad Yurianto memang mengumumkan 9 jam kemudian. Namun spesimen berada di Cianjur dan tes dilakukan di Balitbang Kemenkes Jakarta di mana jarak dari Cianjur-Jakarta memakan waktu 2-3 jam.

Dengan hasil negatif yang diumumkan pihak pemerintah, keluarga hidup seperti biasanya dan tidak dianjurkan untuk melakukan isolasi diri.

Pada Minggu (15/3/2020), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa pasien yang meninggal di Cianjur adalah pasien positif corona.


Setelah pernyataan Ridwan Kamil, Jubir Achmad Yurianto baru meralat pernyataanya saat itu dan mengonfirmasi bahwa pasien Cianjur memang positif corona pada Senin (16/3/2020).

"Bukan positif lagi, dia baru menjadi positif. Ya ini sesuatu yang berjalan sesuai dinamika penyakitnya tidak semua orang begitu diperiksa langsung positif enggak. Yang sering terjadi adalah negatif tetapi kok gejala klinisnya masih periksa lagi, serial, baru ketemu positif," ujar Yuri di RSPI Prof Dr Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Jubir Achmad Yurianto menyatakan ada pemeriksaan ulang, namun menurut hasil penelitian lapangan Narasi TV, pemeriksaan sampel pasien Cianjur hanya dilakukan sekali. Keluarga pasien yang tidak dianjurkan isolasi kemudian dinyatakan positif corona Pada Minggu (15/3/2020).

"Satu warga Bekasi di Cianjur meninggal dunia, sementara ada istri dan anak dari pasien yang meninggal dunia di Cianjur juga positif corona," kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (15/3/2020).

https://www.suara.com/news/2020/03/2...pertama-corona

Diubah oleh kafiradikal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:26
ada yg sengaja ditutup Kemenkes dan pemerintah

Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
Diubah oleh kafiradikal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radityaprasetya dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:31
konspirasi tingkat tinggi

sekali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ueki19 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:31
oh jadi ini orang pertama yg nyebarin corona?
bukan yg di kapal seperti kata nasbung?

jadi nasbung skrg mau salahin siapa ni?

profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:32
Kira-kira sudah berapa pasien yang dianggap negatif tapi ternyata positif?
jangan-jangan sudah ada sejak bulan Februari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:33
ngak perlu saling menyalahkan, yang sudah terjadi dijadikan pelajaran berharga biar lebih baik lagi kedepannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:35
dan akhirnya bomnya meledak satu persatu
emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:37
kebohongan akan ditutupi oleh serangkaian kebohongan lainnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:38
Emang sengaja di tutupi
Supaya ngak panik dr berita di atas
Dan yg paling parah malah d pakai buat guyonan sama pemerintah
Kita iklim tropis aman
Kita makan nasi kucing imun kita kuat
Discount wisata

Emang geblek
emoticon-fuck2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:39
Berita orang yg sakit atau meninggal dengan gejala mirip covid sih dari februari udah ada.
Cuma entah alat pemerintah belum ada atau belum bisa ngecek.
Atau emang sengaja ditutupi2.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:46
Menurut saya sih bukan nutup2in, tapi emang ngga tahu, ngga sigap dan banyak bengongnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:47
Saya setuju kata terawan mana ada itu bohong2,, bohong itu dosa


Yg jelas itu pemerintah gak mampu,, mereka gak bohong, karna mereka gak mampu makannya jadi kacau begini,, justru mereka Jujur dgn menunjukan rangkaian ketidaksiapan dan kelalaian mereka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:47
Lembur jon emoticon-Ngakak


Wis.mangan emoticon-Ngakak
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:52
keterbatasan fasilitas , alat, reagen, dan kemampuan menggunakan alat, fasilitas, reagen, pihak berwenang untuk mengidentifikasi virus baru

keterbatasan pengetahuan orang banyak ttg sifat2 virus baru yg sangat super contagious (too good to be true klw virus ini mutasi alamiah)

di saat awal2 virus mulai merebak, media tidak maksimal untuk edukasi masyarakat. fungsi media kan itu, bukan "click bait" yg skrg umum di media, Akibatnya masyarakat tidak paham kegawatan kondisi

ditengah merebaknya virus coretlah pikiran untuk pertemuan ngumpul2

kasihan penduduk negeri yg terlalu polos dimana pada saat yg sama di negara termaju di dunia, ada pihak perusahaan raksasa yg senang senang di atas penderitaan orang lain, sdh siap2 mau jual vaksin, bila perlu dgn mengutangi negara miskin utk beli vaksin nya. padahal virus ini diciptakan di laboratorium, ngambil bahan dari virus SARS yg lebih afinitas ke genetik mongoloids, dicampur komponen rekombinan sifat virus HIV, DBD, peningkatan contagiousity 100x kemampuan penularan selagi fase menempati host.

too good to be true klw mau katakan ini virus mutasi alamiah.

too good to be true.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiagustaman dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Lihat 36 balasan
Memuat data ..
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:52
Kalo keluarga nya suda positif, keluarga suda bertemu siapa saja, apa suda d tes yg pernah kontak dengan kluarga korban. Banyak yg d tutupin. emoticon-Turut Berduka
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:53
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kafiradikal dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 07:58
sok nutup nutupin tapi tidak bisa menyelesaikan/mengontrol masalah...dan akhirnya meledak emoticon-DP
0 0
0
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 08:01
kl ngeliat narasi.tv
ini ke blunderan pertama
semoga ke depannya makin baik
0 0
0
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 08:03
Quote:Original Posted By kelayan
Menurut saya sih bukan nutup2in, tapi emang ngga tahu, ngga sigap dan banyak bengongnya


Quote:Original Posted By kiryu06
Saya setuju kata terawan mana ada itu bohong2,, bohong itu dosa


Yg jelas itu pemerintah gak mampu,, mereka gak bohong, karna mereka gak mampu makannya jadi kacau begini,, justru mereka Jujur dgn menunjukan rangkaian ketidaksiapan dan kelalaian mereka


Tonton di narasiTV jangan hanya baca artikel, kompare keterangan dari pihak rumah sakit , dan ketrangan kemenkes, dua hal yg berbeda, klaim pengambilan sampel swap 2x versi kemnkea dibantah pihak RS Cianjur , hanya mengirimkan 1 sampel swap ke Jakarta, dan estimasi waktu 2-3 jam atau jam 7 baru nyampe Jakarta, apa langsung di cek? Ya hasilnya negatif, krn mereka gak nguji sampel dan buru2 ngasih konferensi pers, setelah 9 hari keluarga baru di isolasi..emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
radityaprasetya dan yuri21 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 08:32
mudah2an segera pulih seluruh rakyat Indonesia.
Kita bisa beraktifitas normal lagi, perekonomian membaik
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Sempat Disebut Negatif, Pasien Cianjur Harusnya Jadi Kasus Pertama Corona
01-04-2020 08:36
yg udah mati duluan tp blm sempat periksa n ternyata positip pasti juga banyak n ga ketauan tuh.. kalo yg udah diperiksa aja bisa salah diagnosa gini
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia