News
Batal
KATEGORI
link has been copied
92
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8383d368cc956ff47386af/jokowi-teken-pembatasan-sosial-berskala-besar-sultan-mudik-dilarang-tidak
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak? Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X angkat bicara terkait kebijakan pemerintah pusat yang menetapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menangani virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Sultan mengisyaratkan setuju dengan kebijakan tersebut. Namun Sultan turut
Lapor Hansip
01-04-2020 00:54

Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?

icon-verified-thread
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?

Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?

Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X angkat bicara terkait kebijakan pemerintah pusat yang menetapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menangani virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Sultan mengisyaratkan setuju dengan kebijakan tersebut.
Namun Sultan turut menyinggung kebijakan terkait mudik.

"Mudik itu nanti dilarang atau tidak, itu saja," kata Sultan HB X, Selasa (31/3/2020).

Berdasar komunikasi yang dilakukan dengan pemerintah pusat, Sultan menilai untuk saat ini sudah hampir mencapai kata sepakat. Dalam pembahasannya jika pemerintah melarang masyarakat Jakarta mudik, maka konsekuensinya masyarakat Jakarta di luar daerah juga tidak bisa masuk.

"Kelihatannya, tadi kami sepakat bagaimana DKI Jakarta kalau pemudik tidak boleh pulang, jadi di-close. Tapi orang luar juga tidak boleh masuk di DKI Jakarta dan sekitarnya," paparnya.

Jika kebijakan itu jadi diterapkan, Sultan melihat akan ada dampak bagi masyarakat. Terutama untuk masyarakat kelas pekerja. Selain itu beban Ibu Kota juga semakin berat karena menanggung jutaan penduduk.

"DKI Jakarta akan menanggung (dampak) sebanyak 3,7 juta orang kalau kebijakan itu benar dilakukan, ini bagaimana masalah ini," jelasnya.

Ngarsa Dalem meminta kejelasan terkait kompensasi yang diterima masyarakat di perantauan jika kebijakan larangan mudik diterapkan. Pasalnya, jika kompensasi tidak sesuai untuk biaya hidup perantau yang mayoritas pekerja informal, menurut Sultan lebih baik mudik daripada bertahan di perantauan karena sektor ekonomi lumpuh.

"Tapi itu terserah pemerintah pusat akan jadi beban pemerintah pusat atau beban DKI, atau beban bersama pemerintah pusat bagaimana bakal menanggung jatah hidup 3,7 orang ini bisa dengan bantuan atau seperti apa," ujar Sultan.

Sultan HB X masih akan melakukan pembahasan lanjut soal pembatasan sosial berskala besar itu. "Ini sebagai kira-kira salah satu solusi untuk mengendalikan pemudik itu," bebernya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB dan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat. Aturan penunjang dua kebijakan ini juga sudah diterbitkan.

"Pemerintah juga sudah menerbitkan PP tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dan Keppres Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat untuk melaksanakan amanat UU tersebut," kata Jokowi dalam konferensi pers yang ditayangkan Setpres, Selasa (31/3/2020).

Jokowi meminta tak ada lagi kebijakan daerah yang berjalan sendiri dengan terbitnya PP dan Keppres tersebut. Jokowi ingin semua pihak berkoordinasi menangani Corona.
sumber

*****
Lho koq malah Ngarso Dalem yang memikirkan Jakarta? Ya biar saja Sultan, Jakarta masih ada gubernurnya lho. Apa Sultan jarang melihat dia? Kan sering sekali muncul di televisi untuk konferensi pers. Bahkan terakhir itu pakai bergetar lho suaranya.

Pemerintah jika jadi memberlakukan Darurat Kesehatan atau PSBB, yang namanya skala besar pasti meliputi seluruh Indonesia. Artinya saat keputusan itu diteken sesuai tanggalnya, maka mulai tanggal itu tak boleh lagi ada perpindahan massal orang dari 1 wilayah daerah ke daerah lain. Jadi andai Ngarso Dalem memikirkan orang-orang perantauan di Jakarta tidak boleh mudik atau pulang kampung, maka orang-orang Jakarta yang ada diluar daerah juga tak boleh mudik atau pulang kampung ke Jakarta. Ini untuk membatasi penyebaran virus kemana-mana.

Soal kehidupan 3,7 orang di Jakarta, kenapa Ngarso Dalem yang malah memikirkan? Tunggu saja apa kata Gubernur Jakarta. Tenang Sultan, APBD DKI Jakarta itu 87,95 triliun! 3 kali lipatnya Jawa Tengah malahan. Tapi kenapa Pak Ganjar itu berani memberi stimulus buat masyarakat Jawa Tengah sampai 1,4 triliun, bahkan diprediksi bisa lebih. Coba Ngarso Dalem tanya Pak Ganjar. Setelah itu coba tanya Pak Anies. Bisa saja nanti karena ditantang (atau malu), pada akhirnya Pak Anies ngeluarin uang simpanan buat balapan Formula E serta memangkas uang perjalanan dinas, atau memangkas pos dana tidak penting lainnya hingga bisa memberi stimulus kepada warga DKI Jakarta sebesar 5 triliun! Masa iya buat warganya sendiri kikir. Kalau berat 100%, ya sudah, pikirkan saja yang 58%. Masa iya masih berat juga?

Itu di luar Jakarta ada wilayah yang diisolasi oleh pemimpin wilayahnya, masih menjamin warganya dengan uang buat mencukupi kehidupan sehari-hari lho. Lha koq Jakarta kalah nyali.

Bahkan banyak kabupaten membuat isolasi sendiri dan menjamin masyarakatnya. Koq bisa? Kenapa kotamadya di Jakarta tidak bisa? Masalahnya cuma 1. Di Jakarta itu berlaku one man show. Harus 1 orang saja yang naik panggung. Tak boleh yang lain. Tak boleh ada orang yang merebut panggungnya.

Boro-boro di panggung mengeluarkan kebijakan ekonomi bagi masyarakat yang terdampak Corona ini, eh malah jadi calo BUMD buat jualan online. Padahal belanja bisa dimana saja. Pasar banyak. Toko melimpah. Warung seabreg-abreg. Ini Jakarta lho, yang tiap tikungan ada warung jual sembako, bukan wilayah pedesaan pegunungan atau persawahan yang mau belanja saja harus pergi sejauh 2 kilometer.

Kirain mau bagi-bagi duit.

Sudah, biarkan saja pemimpin Jakarta yang berpikir. Ngarso Dalem pikirkan saja Yogyakarta agar tenteram lahir bathin dan tercukupi semua masyarakatnya.

Jakarta masih punya gubernur lho.


Diubah oleh i.am.legend.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 00:57
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 01:05
Werga jekartak be like:
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 01:17
Ada presiden tp ga bisa merasakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 01:18
Mudik salah ga mudik salah...emoticon-Traveller

Semoga pemimpin daerah masing2 bisa bikin kebijakan yg bagus ya untuk yg mudik n yg ga mudik..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 01:18
Sultan mau memastikan mudik dilarang atau ngga supaya ntar ada dasarnya untuk bikin barikade di perbatasan Yogya dan ngusir orang2 dari luar yg mau masuk ke Yogya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darxze dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 01:19
Kenapa bikin keppres Baru. Kenapa bikin pp Baru. Kok ga uu yg udah ada aj dilaksanakan.biar ga ada kewajiban menjamin makan Rakyat 3 x sehari ya.. Antara cerdas ato licik. Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 01:20
Jd inget klo dulu jogja lah yg mengasuh negara ini dikala masih bayi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 01:24
Quote:Original Posted By i.am.legend.
Nanti terasa pas PSBB jalan.

emoticon-Big Grin

Justru Sultan bahas Jakarta koq kayak Jakarta gak punya Gubernur ya?


Yg pertama menerapkan sekolah.tempat rekresasi di tutup oleh gubernur mana?
yg pertama bilang indonesia kususnya jakarta sudah darurat korona itu gubernur tp di sangkal.. klo indonesia negatif..
Diubah oleh ladahitam46
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 01:37
Quote:Original Posted By yxgk
Jgn lupa bray, yg pertama kali dan mungkin satu-satunya gubernur di negara ini yg memberikan efek kejut dgn membatasi operasional transportasi umum siapa emoticon-Big Grin


Gubernur melakukan keptusan itu biar ga ada orang yg naik angkutan umum dan beralih ke kendaraan pribadi makanya ganjil genap di tiadakan tp ada daya malah makin membeludak makanya di cabut kembali... klo gebenur ga ada.. inget breee yg pertama kali indonesia positif korona di wilayahnya.. ya gub anies,bilang kek gitu malah di demo dan di caci maki katanya membuat kegaduhan tp nayatanya benerkan.. inget apa yg di sampaikan menteri Kesehatan terkait indonesia msh negatif dan mahfud md hanya indonesia negara asia tenggara msh setatus negatif.. itu artinya pemerintah menganggap enteng..

Yg pertama kali ngatur kebijakan sekolah. Tempat wisata libur gunernur mana?
Diubah oleh ladahitam46
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan riezazura memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 01:44
Quote:Original Posted By i.am.legend.
Baca lagi beritanya.
Terus sandingkan dengan berita yang lain.
emoticon-Big Grin

Itu yang pertama.

Yang kedua, yang namanya data, kalau belum ada yang terpapar belum bisa disebut darurat.
Udah ada hasil positifnya gak waktu Anies ngomong? Gak ada?
Ya gak bisa.


Ya wajar bree gub ngambil langkah paling awal tanggap darurat korona.. wong Dki tempat hilir mudiknya manusia sejabodetabek...
nti klo ga bilang di awal dan warga DKI sudah ada yg positif nti di bilang gub lalai... ga ada tanggung jawab
ga usah menunggu hasil positif dulu baru melakukan pencegahan ... pencegahan di awal itu lebih baik.. biar warga DKI ga Menyepelekan.. jngn seperti itali...
Diubah oleh ladahitam46
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 01:46
mengingat.........
menimbang......
apapun isi britanya yg penting buli anis

memutuskan...........

trit mengumpulkan buzzer Rp nastaik asuuw se assuuuw nya approved emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah



Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 01:56
Quote:Original Posted By bk583dv
Kenapa bikin keppres Baru. Kenapa bikin pp Baru. Kok ga uu yg udah ada aj dilaksanakan.biar ga ada kewajiban menjamin makan Rakyat 3 x sehari ya.. Antara cerdas ato licik. Bingung


Bantu jawab...
Hirarki hukum bray...
UU biar bisa dilaksanaken perlu aturan turunan...
Bahkan dlm hal tertentu bisa ampe level Perda...


emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
121Z4 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 01:58
Gk tau ane, japri aje orgny lgsg pak sultanemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 02:15
ga brani bleh tol masih ngutang
pas mudik bnyk yg liwad
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 02:23
Yang ane bingung kl sudah keluar Jakarta menuju Yogya, ternyata tidak boleh masuk Yogya nasibnya gimana tuh emoticon-Bingung
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 03:00
Mau mudik gk untuk sekarang kyk ny da pada mudik emoticon-Cool gk usah ngomong mudik gk lagi de kl sekarang mending jaga propensi masing2 dr orang luar demikian sebalik ny orang daerah dilarang kedaerah episentrum virus....
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 03:11
Semua mencontoh goodbener
0 0
0
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 04:07
Quote:Original Posted By i.am.legend.
Nanti terasa pas PSBB jalan.

emoticon-Big Grin

Justru Sultan bahas Jakarta koq kayak Jakarta gak punya Gubernur ya?


Raja ane bukan ga pernah melihat gubernur jakarta, tp dia ga melihat kinerja gubernur jakarta. Krn itu Ngarso Dalem kawatir dg masyarakat jakarta. Kawatir juga krn byk rakyat jogja yg tinggal disana.

Semoga Indonesia lekas pulih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 04:23
Pertanyaan sumtan ditujukan bkn ke gub dki tp ke flongo yg ga punya.biji
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jokowi Teken Pembatasan Sosial Berskala Besar, Sultan: Mudik Dilarang Tidak?
01-04-2020 05:25
sebetulnya u meminimalisir arus mudik bisa dilakukan dgn cara (utk sementara waktu) menghapus ketentuan pemberian THR oleh majikan maupun perusahaan. pan kondisi darurat saat ini. kalok disini yg diapus itu lembur berikut upah lemburnya.
Diubah oleh kingoftki
profile-picture
profile-picture
erwaleste dan servesiwi memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia