News
Batal
KATEGORI
link has been copied
150
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e82d7d4e83c726a5077c37d/ahli-ugm-jokowi-teken-uu-karantina-kok-yang-dipakai-darurat-sipil-1959
Jakarta - Ahli hukum dari UGM Yogyakarta, Oce Madril, tidak habis pikir atas rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerapkan darurat sipil sebagai langkah terakhir mengatasi penyebaran Corona. Padahal, Jokowi menandatangani UU Kekarantinaan Kesehatan sebagai payung hukum menanggulangi wabah penyakit. "Entah mengapa Perppu 1959 yang dirujuk. Padahal ada regulasi UU Penanggulangan Bencana tahu
Lapor Hansip
31-03-2020 12:40

Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?

Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?

Jakarta - Ahli hukum dari UGM Yogyakarta, Oce Madril, tidak habis pikir atas rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerapkan darurat sipil sebagai langkah terakhir mengatasi penyebaran Corona. Padahal, Jokowi menandatangani UU Kekarantinaan Kesehatan sebagai payung hukum menanggulangi wabah penyakit.
"Entah mengapa Perppu 1959 yang dirujuk. Padahal ada regulasi UU Penanggulangan Bencana tahun 2007 dan UU yang dibuat oleh Presiden Jokowi, yaitu UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan," kata Oce kepada detikcom, Selasa (31/3/2020).

Dalam Perpu 1959 itu dikenal 3 darurat, yaitu Darurat Sipil, Darurat Militer, dan Darurat Perang. Setiap jenis 'Darurat' memiliki tujuan, syarat-syarat, dan konteks yang berbeda.

"Syarat-syarat keadaan bahaya dengan berbagai tingkatan Darurat itu ada dalam Pasal 1 Perppu. Semua mengarah pada terancamnya keamanan/ketertiban oleh pemberontak, kerusuhan, bencana, perang, membahayakan negara, tidak dapat diatasi oleh alat perlengkapan negara secara biasa," ujar Oce.

Oce heran Jokowi merujuk pada Darurat Sipil yang tertuang dalam peraturan Orde Lama.

"Apakah karena beban tanggung jawab pemerintah yang berat dalam UU Kekarantinaan Kesehatan--seperti menanggung kebutuhan dasar rakyat--kalau pakai Perppu memang nggak ada bebannya," ucap doktor hukum dengan disertasi soal pemberantasan korupsi di era 7 presiden di Indonesia itu.

Menurut Oce, Darurat Sipil mengarah ke penertiban. Sedangkan UU Kekarantinaan Kesehatan mengarah ke 'menjamin kebutuhan dasar rakyat'.
"Pilih mana?" cetus Oce.

Oce meminta Jokowi konsisten terhadap UU Kekarantinaan Kesehatan yang ditandatangani Jokowi sendiri. Apalagi, UU itu memiliki naskah akademik dan dibuat dengan serius.

"Ikuti logika UU ini. UU Kekarantinaan Kesehatan ini bertanda tangan Presiden Jokowi lho. Beda dengan UU KPK yang tidak ditandatangani," pungkas Oce.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan saat ini pembatasan sekala besar perlu diterapkan dalam menghadapi Corona. Maka kebijakan Darurat Sipil perlu dijalankan.

"Saya minta kebijakan pembatasan sosial berskala besar, physical distancing dilakukan lebih tegas, disiplin, dan lebih efektif lagi. Sehingga tadi juga sudah saya sampaikan bahwa perlu didampingi adanya kebijakan darurat sipil," demikian kata Presiden Jokowi dalam rapat terbatas laporan Gugus Tugas COVID-19 yang disiarkan lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/3).

Darurat Sipil diatur dalam Perppu Nomor 23 Tahun 1959 tentang Keadaan Bahaya. Dampak status Darurat Sipil sangat ngeri. Apa saja?

Berikut ini tindakan yang dapat dilakukan bila status Darurat Sipil sesuai Perppu 23/1959 itu diterapkan:


1) Penguasa Darurat Sipil berhak mengadakan peraturan-peraturan untuk membatasi pertunjukan-pertunjukan, percetakan, penerbitan, pengumuman, penyampaian, penyimpanan, penyebaran, perdagangan, dan penempelan tulisan-tulisan berupa apapun juga, lukisan-lukisan, klise-klise, dan gambar-gambar.
(2) Penguasa Darurat Sipil berhak atau dapat-menyuruh atas namanya pejabat-pejabat polisi atau pejabat-pejabat pengusut lainnya atau menggeledah tiap-tiap tempat, sekalipun bertentangan dengan kehendak yang mempunyai atau yang menempatinya, dengan menunjukkan surat perintah umum atau surat perintah istimewa.
(3) Penguasa Darurat Sipil berhak akan dapat menyuruh memeriksa dan mensita semua barang yang diduga atau akan dipakai untuk mengganggu keamanan serta membatasi atau melarang pemakaian barang itu.
(4) Penguasa Darurat Sipil berhak mengambil atau memakai barang-barang dinas umum.
(5) Penguasa Darurat Sipil berhak memeriksa badan dan pakaian tiap-tiap orang yang dicurigai serta menyuruh memeriksanya oleh pejabat-pejabat Polisi atau pejabat-pejabat pengusut lain
(6) Penguasa Darurat Sipil berhak membatasi orang berada di luar rumah.
(7) Penguasa Darurat Sipil berhak:
1. mengetahui,semua berita-berita serta percakapan-percakapan yang dipercakapkan kepada kantor tilpon atau kantor radio, pun melarang atau memutuskan pengiriman berita-berita atau percakapan-percakapan dengan perantaraan tilpon atau radio.
2. membatasi atau melarang pemakaian kode-kode, tulisan rahasia, percetakan rahasia, tulisan steno, gambar-gambar,tanda-tanda, juga pemakaian bahasa-bahasa lain dari pada bahasa Indonesia;
3. menetapkan peraturan-peraturan yang membatasi atau melarang pemakaian alat-alat telekomunikasi sepertinya tilpon, tilgrap, pemancar radio dan alat-alat lainnya yang ada hubungannya dengan penyiaran radio dan yang dapat dipakai untuk mencapai rakyat banyak, pun juga mensita atau menghancurkan perlengkapan-perlengkapan tersebut.


Sumber:

https://m.detik.com/news/berita/d-49...t-sipil-1959/3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 17 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 12:45
itu dpt bisikan dr siapa? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 10 balasan
Memuat data ..
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 12:45
Dia kaga ngarti
Udahlah biarin aja dia
Mau ngomong apa jg kaga di denger

emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 12:49
diluat ketidaksetujuan ai pada darurat sipil nih,

tiap kejadian pasti muncul ajli, pakar, prof dan hal lainya tanpa diketahui asal muasalnya, jenjang karirnya, karya karyanya..

lalu hilang begitu saja..
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan rizaradri memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 12:53
Backgroundnya kang mebel, jadi masih harus banyak belajar lagi, tapi kita harapkan semoga saja pilihannya tepat dan bermanfaat..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
clyope dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 12:53
Basically pinokio mah gitu.

Tukang tipu dan segolongannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 12:53
Gak usah bingung, joko emang sengaja ngundang virus untuk mengurangi penduduk, darurat sipil terus ke militer, kisminer yg protes n demo kelaparan tinggal di dor emoticon-Cool

Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
Diubah oleh bayukuya1988
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 12:54
entah ingat atau ngak, yang pasti uu karantina di tanda tangani sama jokowi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 12:56
Mungkin ga dibaca langsung tandatangan emoticon-Leh Uga

mungkin lho... emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 12:56
UU darurat sipil di pake
taruhannya berat, berani gagal nih darurat sipil
Chaos terjadi, dan pemerintah jatuh

Pemerintah jatuh dalam kondisi darurat sipil
bakal muncul militer mengambil alih ketertiban dan kemungkinan besar memberlakukan darurat militer

Ckckck.... Sapa jendral yang bakal ketiban durian runtuh yah ??? emoticon-Shutup ;


.......emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 12:56
yen Gak ndagel gak lucu
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 12:57
udah gak ada beban, mau ngomong apa aja bebas
oposisi udah jadi cebong semua, rakyat yg kritis ditangkep
kaskuser yg terlalu keras serang pemerintah kena autobanned
Diubah oleh herberthus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 12:57
udah ketebak pres dapat bisikannya dari siapa
orgnya ya ntuh2 lg
si semua urusan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 13:00
Takut digoyang, makanya minta semua dibungkam, karena ketidak mampuan untuk menangani wabah gini + masih ad dedikasi politik buat saling cekal dan tektok dana kebijakan.

Shame on u jok nyesel bet dah milih elu karena si owo terlalu utopis delusional kmarin.

emoticon-Ngakak
Diubah oleh longneversee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 13:01
Akademisi itu
Sebelum kemana2
Biasanya ndableg gatel bahas soal penamaan dan sebangsanya
Utk kepentingan keilmuan ente silakan masa bodo ane,
Yg kita semua mau tau adalah efek atau hasilnya apa dan bagaimana
Ente punya solusi?
Jabarin... Biar kita bisa kritik juga bos emoticon-Big Grin
Diubah oleh xrm
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 13:06
Kalau misal masih gak efektif juga?
0 0
0
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 13:06
kasian mr president dibisikkin yg ga bener masukkannya lg darurat bencana wabah penyakit, pakenya malah UU yg ga ada hubungannya sama sekali...mudah2an si opung kena corona dan mati emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 13:08
Quote:Original Posted By 54m5u4d183
entah ingat atau ngak, yang pasti uu karantina di tanda tangani sama jokowi


Ai don rit wat ai sain
Kek ga paham aja lo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 13:08
Sudah benar itu, pakai darurat sipil.
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 13:09
Karena musuh yang lebih beringas dari korona adalah verus kilapak
profile-picture
profile-picture
hamand dan gabener.edan memberi reputasi
1 1
0
Ahli UGM: Jokowi Teken UU Karantina, Kok yang Dipakai Darurat Sipil 1959?
31-03-2020 13:09
dah biasa.. karena dia gak tau apa2 emoticon-Wakaka
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia