Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e82c034c0cad709e2188752/work-from-home-atau-wuenakquot-from-home
Assalamualaikum wr.wb. Sebelum membaca thread ane ini diharapkan para pembaca menarik napas dan menghembuskan napas secara perlahan dan tak lupa hilangkan segala emosi negatif yang ada dalam tubuh agan sis semua  :toast Izinkan ane membahas atau mereview sedikit kebijakan pemerintah Negara Republik Indonesia kita tercinta ini yaitu kebijakan work from home. Mungkin bagi orang yang gapernah baca b
Lapor Hansip
31-03-2020 10:59

Work From Home atau Wuenak" From Home

icon-verified-thread
Assalamualaikum wr.wb.

Sebelum membaca thread ane ini diharapkan para pembaca menarik napas dan menghembuskan napas secara perlahan dan tak lupa hilangkan segala emosi negatif yang ada dalam tubuh agan sis semua
 emoticon-Toast

Work From Home atau Wuenak" From Home
Izinkan ane membahas atau mereview sedikit kebijakan pemerintah Negara Republik Indonesia kita tercinta ini yaitu kebijakan work from home. Mungkin bagi orang yang gapernah baca berita, anti sosial, atu ketiduran selama wabah corona melanda ada yang belum tau apa itu work from home. Work from home adalah salah satu kebijakan pemerintah yang meliburkan karyawannya tetapi masih dapat bekerja secara efektif di rumah.

Semua hal baru yang dibuat pasti akan ada sisi pro dan kontra terhadap kebijakan tersebut. Thread yang ane buat ini akan coba mereview kedua sisi dari work from home ini baik secara pro ataupun kontra nya.

Adapun kelebihan yang ada pada kebijakan work from home yang dapat ane rangkum sejauh mata memandang ini ada beberapa poin yang sekaligus akan ane jelaskan satu persatu sebagai berikut :

1. Kehidupan kerja dan kehidupan sehari-hari akan seimbang 

Pada poin pertama ini ane akan menyoroti terlebih dahulu tentang keseimbangan masyarakat yang mengikuti kebijakan ini khususnya karyawan terkait. Karyawan yang mengikuti perintah atasan untuk bekerja dari rumah secara otomatis akan lebih dekat dengan anggota keluarga lainnya yang berada dalam lingkup rumah tersebut. Keseimbangan ini dapat tercapai juga apabila karyawan yang bekerja dari rumah dapat bertanggung jawab sehingga dapat mengalokasikan waktu nya sesuai porsi masing-masing sehingga tetap memiliki produktivitas kerja yang baik.

2.  Kepuasan kerja yang naik

Seingkali kebanyakan karyawan akan merasakan stress dan jenuh terhadap pekerjaan yang diberikan secara rutin setiap hari. Bekerja dari rumah diharapkan dapat membuat karyawan merasakan bekerja secara santai dengan situasi rumah namun tetap produktif dalam bekerja.

3. Bekerja secara fleksibel

Bukan rahasia umum lagi jika pada saat jam kerja, karyawan tidak bekerja secara full time tiap harinya. Kebanyakan karyawan akan merasa membutuhkan hal yang disebut mencuri jam istirahat hanya untuk sekedar mengobrol dengan sesama karyawan atau memainkan ponsel untuk membalas pesan. Bekerja dari rumah akan lebih fleksibel jika karyawan khususnya agan sis yang berprofesi sebagai karyawan untuk berpindah tempat bekerja. Contohnya jika agan sis bosan bekerja di ruang kerja maka agan sis bisa bekerja di teras sekaligus berjemur pagi. Waktu juga merupakan salah satu hal yang dibilang fleksibel dan bisa disesuaikan asalkan karyawan bisa tetap produktif dan bertanggung jawab atas pekerjaannya.
Work From Home atau Wuenak" From Home

Beberapa poin diatas adalah kelebihan yang dapat ane rangkum sedangkan terdapat juga beberapa kekurangan dari work from home ini yaitu sebagai berikut : 

1. Hilangnya semangat kerja

Bekerja pada lingkungan yang bukan pada tempatnya juga merupakan kekeliruan yang terjadi. Suasana yang tercipta pada kantor akan sangat berbeda jauh dengan suasana kantor khususnya karyawan yang sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil dirumahnya dipastikan fokus nya akan teralihkan deh. Semangat kerja yang hilang juga bisa mengakibatkan beberapa deadline yang diberikan oleh kantor akan selalu telat dikerjakan. 

2. Biaya operasional rumah meningkat

Semua alat yang biasa digunakan di kantor otomatis akan dioperasikan di rumah sehingga karyawan harus siap siap membayar tagihan yang lebih untuk bekerja dari rumah. Hal-hal yang harus diperhatikan disini adalah meningkatnya pengeluaran terhadap makanan, listrik, dan air galon.

3. Karyawan susah dipantau

Perusahaan tempat karyawan bekerja akan sulit melakukan monitoring terhadap seluruh karyawannya dengan kebijakan ini. Berbeda cerita jika perusahaan tempat karyawan bekerja adalah perusahaan besar yang sudah pasti memiliki sistem monitoring terpercaya yang dapat memantau kegiatan karyawannya.

4. Tidak semua pekerjaan bisa dikerjakan di rumah

Poin terakhir ini merupakan poin yang sangat disorot dan patut diingat. Tidak semua karyawan memiliki alat operasional yang sangat sesuai dengan standar perusahaan. Sebagai contoh karyawan yang bekerja pada perusaahan teknologi dan engineering belum tentu memiliki berbagai alat yang diperlukan seperti yang ada pada perusahaan tempat bekerja. 

Mungkin sekian thread yang dapat ane tulis. Secara pribadi ane setuju dengan kebijakan ini, thread ini dibuat hanya untuk mengkaji pro dan kontra tentang kebijakan ini.

Silahkan komentar dan tanggapan agan sis semua

emoticon-Hansipemoticon-Toastemoticon-Ultahemoticon-Om Telolet Om!

Sumber gambar : google.co.id



Diubah oleh kevniv
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia