Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8293a74601cf63767da5b0/bagaimana-bisa-bahan-ini-digunakan-sebagai-pembuatan-rumah-di-bulan
NASA dan badan antariksa lainnya di dunia terobsesi membangun koloni manusia di Bulan. Tentu bukan perkara mudah mengirimkan material bangunan dari Bumi ke Bulan. Oleh karena itu, ilmuwan terus mencari cara agar bisa menemukan solusi yang lebih murah dan praktis, agar koloni manusia benar-benar bisa dibangun di Bulan. Paling anyar, ilmuwan berpendapat bahwa urine atau air kencing para astronot bis
Lapor Hansip
31-03-2020 07:49

Bagaimana Bisa Bahan Ini Digunakan Sebagai Pembuatan Rumah di Bulan

Bagaimana Bisa Bahan Ini Digunakan Sebagai Pembuatan Rumah di Bulan


NASA dan badan antariksa lainnya di dunia terobsesi membangun koloni manusia di Bulan. Tentu bukan perkara mudah mengirimkan material bangunan dari Bumi ke Bulan.

Oleh karena itu, ilmuwan terus mencari cara agar bisa menemukan solusi yang lebih murah dan praktis, agar koloni manusia benar-benar bisa dibangun di Bulan. Paling anyar, ilmuwan berpendapat bahwa urine atau air kencing para astronot bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan rumah di satelit alami Bumi itu

Sebagaimana dilansir laman Cnet, Selasa (31/3/2020), beberapa ilmuwan internasional yang bekerja sama dengan European Space Agency mencampurkan urea, salah satu komponen urine, dengan material Bulan untuk menciptakan materi yang strukturnya menyerupai beton.

Struktur material ini diciptakan dengan cara mencampurkan urea dengan material pengganti regolith Bulan. Untuk membentuk campuran tersebut, tim ilmuwan menggunakan bantuan printer 3D.

Dari beberapa kali percobaan, hasil awalnya lumayan menjanjikan. Campuran urea dan regolith yang dicetak menggunakan 3D printer, menjadi tumpukan silinder dan bisa menopang beban berat. Selain itu, bentuknya juga terbilang stabil sehingga lebih mudah dibentuk.

Setelah dipanaskan hingga suhu 80 derajat Celcius, ketahanannya material campuran ini telah teruji dan meningkat setelah delapan siklus membeku-mencair seperti yang ada di Bulan.

Meski baru penelitian awal, temuan ini sudah diterbitkan di Journal of Cleaner Production pada Februari lalu. Pascapenemuan ini, para ilmuwan terus mendorong penelitian lanjutan agar bisa melihat, bagaimana material ini bisa bertahan di tengah lingkungan Bulan yang keras.

Sebelumnya, sekelompok ilmuwan juga pernah meneliti zat-zat yang dibuang oleh para astronot. Peneliti dari Clemson University misalnya, mereka meneliti ragi, urine, dan karbondioksida hasil buangan napas astronot untuk dijadikan beberapa perkakas.

Menurut ane penemuan ini sih keren terlepas dari penggunaan urin sebagai bahan utamanya ? Bagaimana menurut agan sis ? Hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Bagaimana Bisa Bahan Ini Digunakan Sebagai Pembuatan Rumah di Bulan
31-03-2020 10:19
kok bisa ya urine jadi bahan utamanya?
emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Bagaimana Bisa Bahan Ini Digunakan Sebagai Pembuatan Rumah di Bulan
31-03-2020 21:19
Quote:Original Posted By perihbanget
kok bisa ya urine jadi bahan utamanya?
emoticon-Bingung (S)


Entah gan apa kita tanya ke nasa bareng aja nih ? Hehe
profile-picture
perihbanget memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia