News
Batal
KATEGORI
link has been copied
66
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e81ba86c9518b520f637f6d/jokowi-perintahkan-pembatasan-sosial-skala-besar-dan-darurat-sipil
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil Danu Damarjati - detikNews Senin, 30 Mar 2020 14:18 WIB Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pembatasan sosial skala besar perlu diterapkan. Maka kebijakan darurat sipil perlu dijalankan. "Saya minta kebijakan pembatasan sosial berskala besar, physical distancing dilakukan lebih tegas, disiplin, dan lebi
Lapor Hansip
30-03-2020 16:23

Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil

Quote:
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
Danu Damarjati - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 14:18 WIB
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil


Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pembatasan sosial skala besar perlu diterapkan. Maka kebijakan darurat sipil perlu dijalankan.
"Saya minta kebijakan pembatasan sosial berskala besar, physical distancing dilakukan lebih tegas, disiplin, dan lebih efektif lagi," demikian kata Presiden Jokowi dalam rapat terbatas laporan Gugus Tugas COVID-19, disiarkan lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/3/2020).

"Sehingga tadi juga sudah saya sampaikan bahwa perlu didampingi adanya kebijakan darurat sipil," kata Jokowi.

Kini Jokowi memerintahkan jajarannya untuk menerapkan pembatasan sosial berskala besar. Aturan pelaksanaan harus disiapkan supaya pemerintah daerah bisa menerapkan dengan baik.

"Dalam menjalankan kebijakan pembatasan sosial berskala besar saya minta agar disiapkan aturan pelaksanaannya yang lebih jelas sebagai panduan-panduan untuk provinsi, kabupaten, kota, sehinga mereka bisa kerja. Dan, saya ingatkan kebijakan kekarantinaan kesehatan adalah keewnangan Pemerintah Pusat, bukan Pemerintah Daerah," tutur Jokowi. (DETIK)


Quote:
Jokowi: Lakukan Pembatasan Sosial Skala Besar & Darurat Sipil
NEWS - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia 30 March 2020 14:31
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil


Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan siap melakukan pembatasan sosial berskala besar menghadapi penyebaran virus corona (Covid-19). Hal ini akan dibarengi dengan darurat sipil.

"Saya minta pembatasan sosial berskala besar, physical distancing, dilakukan lebih tegas, lebih disiplin dan lebih efektif lagi sehingga tadi juga sudah saya sampaikan perlu didampingi kebijakan darurat sipil," kata Jokowi, Senin (30/3/2020)

Namun, Jokowi bakal meminta seluruh apotek dan toko-toko sembako tetap buka untuk layani kebutuhan warga. Hal tersebut dilakukan juga dengan protokol untuk menghindari jarak dekat.

"Kemudian bagi UMKM, pelaku usaha dan pekerja informal tadi sudah kita bicarakan bahwa pemerintah segera menyiapkan program perlindungan sosial dan stimulus ekonomi, ini yang akan segera kita umumkan kepada masyarakat, saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini," kata Jokowi dalam Ratas kali ini.

Jokowi meminta kebijakan pembatasan sosial berskala besar ini segera disiapkan aturan pelaksanaannya yang lebih jelas kepada Provinsi, Kabupaten dan Kota.

"Saya ingatkan kebijakan kekarantinaan kesehatan termasuk karantina wilayah adalah kewenangan pemerintah pusat bukan kewenangan pemerintah daerah," tuturnya.(CNBC Indonesia)


Quote:


Sudah darurat sipil gan semoga kita semua diberikan jalan yang terbaik untuk bisa lepas dari pandemi ini. emoticon-shakehand

Ingat pesan Pakde :
"Saya ingatkan kebijakan kekarantinaan kesehatan termasuk karantina wilayah adalah kewenangan pemerintah pusat bukan kewenangan pemerintah daerah," tuturnya.

Quote:
#Penjelasan singkat Pembatasan Sosial Skala Besar

Berdasarkan UU no 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan, Pembatasan Sosial Berskala Besar termuat di dalam pasal 59 ayat 3. Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam hal ini paling sedikit meliputi peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan; dan/atau pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum. (gr)

Read more at: https://investor.id/national/preside...al-skala-besar

# Penjelasan singkat Darurat Sipil

Lengkapnya di post-7
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil

Darurat Sipil diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1959 tentang Keadaan Bahaya. Pasal 1 menyatakan, Presiden/Panglima Tertinggi Angkatan Perang menyatakan seluruh atau sebagian dari wilayah Negara Republik Indonesia dalam keadaan bahaya dengan tingkatan keadaan darurat sipil atau keadaan darurat militer atau keadaan perang. Tiga syarat keadaan darurat itu ditentukan dalam Pasal 1 ayat 1, 2, dan 3.

Pasal 1 ayat 1 yaitu keamanan atau ketertiban hukum di seluruh wilayah atau disebagian wilayah Negara Republik Indonesia terancam oleh pemberontakan, kerusuhan-kerusuhan atau akibat bencana alam, sehingga dikhawatirkan tidak dapat diatasi oleh alat-alat perlengkapan secara biasa.

Pasal 1 ayat 2 yakni timbul perang atau bahaya perang atau dikhawatirkan perkosaan wilayah Negara Republik Indonesia dengan cara apapun juga; dan Pasal 1 ayat 3 yaitu Hidup Negara berada dalam keadaan bahaya atau dari keadaan-keadaan khusus ternyata ada atau dikhawatirkan ada gejala-gejala yang dapat membahayakan hidup Negara.

Cakupan darurat sipil di daerah diatur dalam Pasal 4 yang menyatakan, daerah-daerah penguasaan darurat sipil dilakukan oleh kepala daerah serendah-rendahnya dari daerah Tingkat II selaku Penguasa Darurat Sipil Daerah yang daerah hukumnya ditetapkan oleh Presiden/Panglima Tertinggi Angkatan Perang.Penguasa Darurat Sipil dimaksud dibantu oleh suatu badan yang terdiri dari:bahwa gubernur otomatis menjadi penguasa darurat sipil daerah (PDSD).


Semoga bisa memberikan sedikit kejelasan.
Lengkapnya tanyakan Ahli/Pakar Hukum, Humas Kepresidenan dan lainnya

Panduan dan Aturan Pembatasan Sosial seperti isi pidato ---> Akan dibuat/disiapkan secepatnya


EDIT ke-sekian : Atas masukan berbagai Pihak akhirnya Presiden Joko Widodo mengganti Darurat Sipil menjadi Darurat Kesehatan Masyarakat.
Untuk berita lebih lanjut silahkan berselancar di trit2 baru dan HT di BP.


Diubah oleh mows
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:24
karepmu lah joke
wis males aku
Diubah oleh carlito256gmail
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:25
Ngoahaha atas gua uda eneg emoticon-Ngakak mo pembatasan mo lokdon uda sebodo emoticon-Ngakak






Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil





Diubah oleh victimaye
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:27
darurat bray emoticon-Takut

buzzer makin paranoid dan berhalusinasi emoticon-Leh Ugaemoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:27
istana sudah mengeluarkan titahnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thethemid201 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:28
YE ITU SAMA AJA UU KARANTINA KESEHATAN PASAL 59 KONTLO.

TERUS ELU GAMAU NANGGUNG KEBUTUHAN MASYARAKAT YANG ADA DI PASAL SEBELUMNYA GITU ?.

ENAK BENER.

emoticon-Ngamuk emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Lempar Bata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:29
Quote:Original Posted By KuwuRT
YE ITU SAMA AJA UU KARANTINA KESEHATAN PASAL 59 KONTLO.

TERUS ELU GAMAU NANGGUNG KEBUTUHAN MASYARAKAT YANG ADA DI PASAL SEBELUMNYA GITU ?.

ENAK BENER.

emoticon-Ngamuk emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Lempar Bata


Yaa itulah kenyataannya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:30
Quote:
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar dilakukan kebijakan pembatasan sosial dalam skala besar. Langkah ini dilakukan untuk menanggulangi persebaran virus corona atau Covid-19.

Jokowi meminta ke depan agar dilakukan kebijakan darurat sipil. Menurut dia, hal itu perlu diterapkan agar penyebaran Covid-19 di Tanah Air tidak semakin meluas ke sejumlah wilayah.

"Saya minta kebijakan pembatasan sosial berskala besar, physical distancing, dilakukan lebih tegas, lebih disiplin dan lebih efektif lagi sehingga tadi sudah saya sampaikan, bahwa perlu didampingi adanya kebijakan darurat sipil," kata Jokowi, di Istana Bogor, Senin (30/3/2020).

Darurat Sipil diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1959 tentang Keadaan Bahaya. Pasal 1 menyatakan, Presiden/Panglima Tertinggi Angkatan Perang menyatakan seluruh atau sebagian dari wilayah Negara Republik Indonesia dalam keadaan bahaya dengan tingkatan keadaan darurat sipil atau keadaan darurat militer atau keadaan perang. Tiga syarat keadaan darurat itu ditentukan dalam Pasal 1 ayat 1, 2, dan 3.

Pasal 1 ayat 1 yaitu keamanan atau ketertiban hukum di seluruh wilayah atau disebagian wilayah Negara Republik Indonesia terancam oleh pemberontakan, kerusuhan-kerusuhan atau akibat bencana alam, sehingga dikhawatirkan tidak dapat diatasi oleh alat-alat perlengkapan secara biasa.

Pasal 1 ayat 2 yakni timbul perang atau bahaya perang atau dikhawatirkan perkosaan wilayah Negara Republik Indonesia dengan cara apapun juga; dan Pasal 1 ayat 3 yaitu Hidup Negara berada dalam keadaan bahaya atau dari keadaan-keadaan khusus ternyata ada atau dikhawatirkan ada gejala-gejala yang dapat membahayakan hidup Negara.

Cakupan darurat sipil di daerah diatur dalam Pasal 4 yang menyatakan, daerah-daerah penguasaan darurat sipil dilakukan oleh kepala daerah serendah-rendahnya dari daerah Tingkat II selaku Penguasa Darurat Sipil Daerah yang daerah hukumnya ditetapkan oleh Presiden/Panglima Tertinggi Angkatan Perang.Penguasa Darurat Sipil dimaksud dibantu oleh suatu badan yang terdiri dari:bahwa gubernur otomatis menjadi penguasa darurat sipil daerah (PDSD).


Pakar Hukum Tata Negara Jimly Asshiddiqie menerangkan, keadaan darurat sipil merupakan keadaan darurat yang tingkatan bahayanya dianggap paling rendah dalam arti paling sedikit ancaman bahayanya. Karena tingkatan bahayanya yang demikian itu, tidak diperlukan operasi penanggulangan yang dipimpin oleh suatu komando militer.

"Sekiranya-pun anggota tentara atau pasukan militer diperlukan untuk mengatasi keadaan, kehadiran mereka hanya bersifat pembantu. Operasi penanggulangan keadaan tetap berada di bawah kendali dan tanggung jawab pejabat sipil," kata Jimly dalam buku Hukum Tata Negara Darurat cetakan 2008.

Menurut Jimly, keadaan darurat sipil itu sendiri dapat terjadi karena berbagai sebab, baik yang bersifat alami, insani, dan/atau sebab-sebab yang bersifat hewani. Sebab alami yaitu sebab yang terjadi akibat bencana alam baik yang timul dari perut bumi, dari lautan, atau dari udara.

Sebab-sebab yang bersifat insani yaitu sebab-sebab yang terjadi akibat dari ulah manusia. Sementara itu, sebab-sebab yang bersifat hewani adalah bencana yang timbul karena hewan yang menyebabkan wabah penyakit yang meluas.

Jokowi menegaskan, dalam menjalankan kebijakan pembatasan sosial itu, dia meminta jajarannya agar menyiapkan aturan terkait sehingga, dalam kebijakan tersebut ada sebuah penduan bagi Provinsi maupun Kabupaten dan Kota untuk menjalankannya.

"Dalam menjalankan kebijakan pembatasan sosial berskala besar saya minta agar segera disiapkan aturan pelaksanaan yang jelas sebagai panduan provinsi kabupaten dan kota sehingga mereka bisa bekerja," ujarnya.

Lebih jauh, Jokowi menekankan jika kebijakan karantina kesehatan, khususnya karantina wilayah merupakan kewenangan Pemerintah Pusat sehingga, Pemerintah Daerah tak berwenang untuk menerapkan kebijakan tersebut.


https://www.inews.id/news/nasional/j...il-ini-artinya
Diubah oleh mows
0 0
0
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:30
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
tak bisa, pak
tak bisa dibilangemoticon-Ngakak (S)

BATA!
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
0 1
-1
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:31
Quote:Original Posted By KuwuRT
YE ITU SAMA AJA UU KARANTINA KESEHATAN PASAL 59 KONTLO.

TERUS ELU GAMAU NANGGUNG KEBUTUHAN MASYARAKAT YANG ADA DI PASAL SEBELUMNYA GITU ?.

ENAK BENER.

emoticon-Ngamuk emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Lempar Bata


Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil

Mari kita lihat dia jalan kan nggak nih uud.... Mau lihat gw yg kemarin koar2 saya indonesia saya pancasila emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:31
Kalau kata buzzer cebong, jokowi itu termasuk kadrun kampret kelas kakap karena dah bersiap lockdown dan sudah tetapkan kondisi darurat sipil di indon !
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:33
Kalau kata buzzer cebong, jokowi itu termasuk kadrun kampret kelas kakap karena dah bersiap lockdown dan sudah tetapkan kondisi darurat sipil di indon !
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:34
Masih saja enggak jelas, perppu nya mana?
Pembatasannya seperti apa?
Mekanismenya gimana?
Elo mau lempar batu sembunyi tangan jok, kalo ada rusuh tinggal salahkan pemda.


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:35
Ane ga ngerti kamsudnya apa
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan mows memberi reputasi
2 0
2
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:38
sosial distance...physical distance..lockdown..karantina..pembatasan sosial skala besar...

apapun namanya lahh....mau tidak mau.....tetep aj negara akan ngeluarin duid yg beesaaaarrrrr utk kbutuhan hidup rakyat..

masa iya mo pake tangan kotor Tni polri...

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:38
pokoknya makan minum wik..wik.. aja dirumah..jangan keluar...inget 14 hari
insyaAllah istrinya positif
Diubah oleh syahwani.kaskus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:39
Tetap waspada tetapi jangan panik
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan mows memberi reputasi
2 0
2
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:40
Maksudnya karantina wilayah tp gak supply ke masyarakat?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:40
Quote:Original Posted By KuwuRT
DIA SCR RESMI BLM JALANIN UU INI BRE msh pakai istikah yang aslinya ya pasal 59 itu, kl mau jalanin HRS ADA PP NY DULU.

ngeles aja ini biar ga NANGGUNG KEWAJIBANYA.


Nah itu dia.... Ini yg di bilang pemimpin cahaya asia emoticon-Ngakak

SAYA INDONESIA, SAYA PANCASILA.....emoticon-Ngakak makan tuh emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan victimaye memberi reputasi
2 0
2
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:40
Quote:Original Posted By syahwani.kaskus
pokoknya makan minum wik..wik.. aja dirumah..jangan keluar...inget 14 hari
insyaAllah istrinya positif


Positif nanti dikasih makan pake apa tuh?emoticon-Ngakak
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil
30-03-2020 16:42
Doi yg teken uu karantina, doi jg yg jiper make.
Lalu ngapain dolo dibuat.


ke rakyat sendiri aja g mao rugi. Pake darurat sipil
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan ladies.hunter01 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
waspadai-kebangkitan-orba
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia