News
Batal
KATEGORI
link has been copied
70
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e81304c8d9b1751ad2e8100/edan-bank-bumn-dan-swasta-tidak-gubris-perintah-jokowi-tolak-penangguhan-cicilan
Perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan berbagai kemudahan kepada sejumlah sektor usaha dan masyarakat yang terkena dampak dari wabah virus corona (Covid-19) bakal sia-sia. Terutama, soal penangguhan cicilan untuk rakyat kecil. Jokowi memberikan kemudahan setelah mendengar berbagai keluhan dari kalangan pelaku usaha, mulai dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), hingga tukang
Lapor Hansip
30-03-2020 06:33

Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan

Perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan berbagai kemudahan kepada sejumlah sektor usaha dan masyarakat yang terkena dampak dari wabah virus corona (Covid-19) bakal sia-sia. Terutama, soal penangguhan cicilan untuk rakyat kecil.

Jokowi memberikan kemudahan setelah mendengar berbagai keluhan dari kalangan pelaku usaha, mulai dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), hingga tukang ojek dan supir taksi. Sebelumnya, pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga sudah memberikan kelonggaran kepada debitur perbankan.

"Keluhan yang saya dengar dari tukang ojek, supir taksi, yang sedang memiliki kredit motor atau mobil atau nelayan yang sedang memiliki kredit," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Bagi paran tukang ojek, sopir taksi, maupun nelayan yang saat ini memiliki cicilan kredit, Jokowi mengatakan, diputuskan bahwa pembayaran bunga atau angsuran akan diberikan kelonggaran selama 1 tahun ke depan.

"Sampaikan ke mereka tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama 1 tahun," kata Jokowi.

Ironisnya, perintah Jokowi itu hanya dianggap angin lalu bankir BUMN, swasta dan lembaga pembiayaan. Berdalih belum siap, mereka menolak menerapkan peringah Presiden soal penangguhan cicilan kredit.

Berdasarkan surat pernyataan yang diterima oleh berbagai nasabah, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyatakan bahwa pihaknya belum menerima informasi terkait arahan Presiden tersebut.

“Bank BTN untuk saat ini belum ada informasi terkait penangguhan angsuran, jadi dihimbau bagi nasabah yang memiliki kewajiban pembayaran angsuran di Bank BTN, dibayar tetap seperti biasanya,” tulis surat pernyataan BTN yang beredar di nasabah dan diterima oleh bizlaw.id di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Sekretaris Perusahaan BTN Ari Kurniawan seperti diberitakan infobanknews menyebutkan bahwa produk surat pernyataan tersebut bukan berasal dari kantor pusat.

Tak hanya itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) juga terlihat belum menjalankan imbauan tersebut secara luas dengan beredarnya surat pernyataan kepada nasabah bahwa BRI belum menerima informasi khusus mengenai penanggugan kredit tersebut. Meskipun begitu, sebelumnya kantor pusat telah menyiapkan skema dalam relaksasi kredit UMKM.

“BRI menyambut baik kebijakan relaksasi stimulus perekonomian yang di keluarkan oleh OJK pada hari Kamis (19/03). Sebagai tindak lanjut, BRI sudah menyiapkan beberapa mekanisme khusus, seperti relaksasi restrukturisasi dan relaksasi kebijakan kredit terdampak wabah covid-19,” tulis keterangan resmi BRI (24/3).

Ekonom dan juga bankir senior Sigit Pramono menilai, kebijakan penghapusan dan atau keringanan pajak, restrukturisasi kredit secara masif sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan sektor riil. Presiden, Menkeu, Ketua OJK sudah pernah menyampaikan kebijakan-kebijakan tersebut, tetapi menurut Sigit juklak dan juknis belum ada.

“Bank-bank juga belum siap menerapkan. Padahal jika sektor riil diibaratkan orang yang sedang tenggelam, air sudah setinggi dagu,” tukas Sigit.

Oleh karena itu kepedulian semua pihak untuk bergandeng tangan menanggulangi dampak dari penyebaran virus corona sangat diperlukan untuk memitigasi pelemahan ekonomi yang mungkin saja dapat terjadi.

https://m.bizlaw.id/read/20097/Edan-...-Kredit-Corona

Siapa sing edan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
30-03-2020 12:44
Quote:Original Posted By FS9HELL
Yg edan itu yg milih 2x kemarin, keledai aja gk jatuh dilubang yg sama emoticon-Ngakak


elonya edan kelamaan nyed ... nyungsep bekali kali ampe g punya pler
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
30-03-2020 13:16
wajar mrk masih nagih
wong belom ada aturannya dari pemerintah / bank sentral
0 0
0
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
30-03-2020 13:40
ni emang harus segera dirampungkan dasar hukumnya gmn. tp ya intinya ane bersyukur selalu denger nasihat ortu. ortu ane selalu bilang jangan pernah berhutang sm bank, karena kita ga pernah tau hari esok. kalo bisnis kita terus menerus naik ya hepi, bgt ada rem dikit lsg repot. so ya usaha ya sebisanya aja sesuai kantong masing2 jd ga ada beban dlm hidup. untung ane selalu menerapkan prinsip itu meskipun usaha ane cmn kecil2an tp ane hidup tenang disaat begini.
profile-picture
gmc.yukon memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
30-03-2020 14:08
Quote:Original Posted By FS9HELL
Yg edan itu yg milih 2x kemarin, keledai aja gk jatuh dilubang yg sama emoticon-Ngakak


Tetapi byk para pria yg jatuh ke "lubang" yg sama emoticon-Ngakak
0 0
0
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
30-03-2020 14:11
Quote:Original Posted By geforce9800gtx
banyak himbauan dr kemarin..
himbauan social distancing
himbauan tidak keluar rumah
himbauan tidak mudik

halah.. baru himbauan


emoticon-Cool "Negeri Himbauan" ya gan..hampir di semua sektor byk peraturan yg akhirnya hanya menjadi "Himbauan" emoticon-Ngakak
profile-picture
geforce9800gtx memberi reputasi
1 0
1
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
30-03-2020 14:41
untung aja dari 2012 ga gua gubris satu orang ini

siapa sih orang ini?

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
30-03-2020 14:59
Jgn berharap banyak sama lintah darat ini.ngakunya sih milik negara,tp sekdar ngasi keringanan aja misalnya 30%dr cicilan,ga bakl mau mereka
Pdhl keuntungannya tiap tahun triliunan
0 0
0
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
30-03-2020 17:08
dan banyak kaskuser yang merasa dirinya lebih pintar dari yang dihujatnya, semoga diberikan hidayah untuk bisa menjadi orang yang lebih bisa menghargai orang, dihilangkan bulu pada hatinya
0 0
0
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
30-03-2020 18:36
orang bank juga butuh makan, gaji mereka berasal dari bunga bank hasil kreditan nasabah

#ngeRIBAnget
Diubah oleh bulboel
0 0
0
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
30-03-2020 22:43
karena banyak yang ngejudge sm pemerintah. ane coba jawab dgn berdiri di sisi netral ya agan2. kalo salah mangga dikritik. jgn nuduh cebongs ya gengs. ane golput soalnya. hehe. kalo dari sisi pernyataan pa pres sebenernya melegakan banget dengan adanga relaksasi kredit ini. tp yang jd masalah kan dilapangan ga semudah itu eksekusi nya. kalo mau kuat kan mestinya ada UU nya ya kalo ga salah. klo ga minimal kepres gt kali ya. tp ya mungkin harus ditunggu dl sm susunan regulasi nya sudah rampung. ane punya kredit usaha mikro di bank. tp ga gede dan itu cmn buat cadangan dana aja. alias ga dipake. ya harus sabar sekarang agan2 yang punya kredit tunggu dl regulasi yang jelasnya keluar. ane yakin sih disaat gini ga mudah jg. harus bersabar dl karena we are all in this together. kita semua punya rasa dan kondisi yang sama gan. drpd bashing pemerintah kalo menurut hemat ane kita kasi waktu dl lah. kalo buat UU jg ga mudah kan harus ke DPR dl. cmn 1 kata kalo menurut ane, pemerintah kita kurang siap menghadapi situasi ini. jd ga dipikirin jauh2 hari harus gmn kalo sampe hal ini terjadi. gt sih. ya mirip kaya italynya eropa si. haha
0 0
0
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
30-03-2020 22:43
Quote:Original Posted By gmc.yukon
Bergaya sesuai isi dompet


Iyeh gan. Setuju banget. Ga perlu nunjukin gaya yang berlebihan. Sewajarnya ajah. Wkwkwk.
0 0
0
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
30-03-2020 22:45
ada baiknya himbauan dr pemerintah utk meringankan beban rakyat, saat nya utk bersatu melawan bencana virus ini
0 0
0
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
31-03-2020 21:59
Bahkan BUMN masih ada yang ngga' sesuai arahan pemerintah itu maksudnya gimana sih, mau gimana lagi ke depannya? Mohon jangan bikin bingung rakyat ya Pak Bu petinggi.
0 0
0
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
19-05-2020 08:05
Quote:Original Posted By gmc.yukon
Perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan berbagai kemudahan kepada sejumlah sektor usaha dan masyarakat yang terkena dampak dari wabah virus corona (Covid-19) bakal sia-sia. Terutama, soal penangguhan cicilan untuk rakyat kecil.

Jokowi memberikan kemudahan setelah mendengar berbagai keluhan dari kalangan pelaku usaha, mulai dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), hingga tukang ojek dan supir taksi. Sebelumnya, pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga sudah memberikan kelonggaran kepada debitur perbankan.

"Keluhan yang saya dengar dari tukang ojek, supir taksi, yang sedang memiliki kredit motor atau mobil atau nelayan yang sedang memiliki kredit," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Bagi paran tukang ojek, sopir taksi, maupun nelayan yang saat ini memiliki cicilan kredit, Jokowi mengatakan, diputuskan bahwa pembayaran bunga atau angsuran akan diberikan kelonggaran selama 1 tahun ke depan.

"Sampaikan ke mereka tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama 1 tahun," kata Jokowi.

Ironisnya, perintah Jokowi itu hanya dianggap angin lalu bankir BUMN, swasta dan lembaga pembiayaan. Berdalih belum siap, mereka menolak menerapkan peringah Presiden soal penangguhan cicilan kredit.

Berdasarkan surat pernyataan yang diterima oleh berbagai nasabah, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyatakan bahwa pihaknya belum menerima informasi terkait arahan Presiden tersebut.

“Bank BTN untuk saat ini belum ada informasi terkait penangguhan angsuran, jadi dihimbau bagi nasabah yang memiliki kewajiban pembayaran angsuran di Bank BTN, dibayar tetap seperti biasanya,” tulis surat pernyataan BTN yang beredar di nasabah dan diterima oleh bizlaw.id di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Sekretaris Perusahaan BTN Ari Kurniawan seperti diberitakan infobanknews menyebutkan bahwa produk surat pernyataan tersebut bukan berasal dari kantor pusat.

Tak hanya itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) juga terlihat belum menjalankan imbauan tersebut secara luas dengan beredarnya surat pernyataan kepada nasabah bahwa BRI belum menerima informasi khusus mengenai penanggugan kredit tersebut. Meskipun begitu, sebelumnya kantor pusat telah menyiapkan skema dalam relaksasi kredit UMKM.

“BRI menyambut baik kebijakan relaksasi stimulus perekonomian yang di keluarkan oleh OJK pada hari Kamis (19/03). Sebagai tindak lanjut, BRI sudah menyiapkan beberapa mekanisme khusus, seperti relaksasi restrukturisasi dan relaksasi kebijakan kredit terdampak wabah covid-19,” tulis keterangan resmi BRI (24/3).

Ekonom dan juga bankir senior Sigit Pramono menilai, kebijakan penghapusan dan atau keringanan pajak, restrukturisasi kredit secara masif sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan sektor riil. Presiden, Menkeu, Ketua OJK sudah pernah menyampaikan kebijakan-kebijakan tersebut, tetapi menurut Sigit juklak dan juknis belum ada.

“Bank-bank juga belum siap menerapkan. Padahal jika sektor riil diibaratkan orang yang sedang tenggelam, air sudah setinggi dagu,” tukas Sigit.

Oleh karena itu kepedulian semua pihak untuk bergandeng tangan menanggulangi dampak dari penyebaran virus corona sangat diperlukan untuk memitigasi pelemahan ekonomi yang mungkin saja dapat terjadi.

https://m.bizlaw.id/read/20097/Edan-...-Kredit-Corona

Siapa sing edan


kalo tempat suami kerja, cuek cuek aja no masker, pulang larut, tetap lembur, karena mereka lbh enjoy di kantoremoticon-Gila

Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan

Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
0 0
0
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
19-05-2020 08:21
Bank swasta saya bisa kok, cuma memang ada bbrp syarat yg hrs dipenuhi, yg mgk agak repot ya surat keterangan terdampak covid dr rt atau rw saja, selain itu standard aja kok
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia