News
Batal
KATEGORI
link has been copied
123
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e80b610c0cad779e81b5e72/besok-pemerintah-rapat-bahas-kemungkinan-lockdown-jabodetabek
JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi memaparkan pemerintah kian membuka kemungkinan diberlakukannya lockdown atau karantina total kawasan DKI Jakarta serta Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Hal tersebut menyusul kian merebaknya wabah virus corona dengan jumlah positif terinfeksi yang kian bertambah setiap hari. Budi menga
Lapor Hansip
29-03-2020 21:52

Besok, Pemerintah Rapat Bahas Kemungkinan Lockdown Jabodetabek

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi memaparkan pemerintah kian membuka kemungkinan diberlakukannya lockdown atau karantina total kawasan DKI Jakarta serta Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Hal tersebut menyusul kian merebaknya wabah virus corona dengan jumlah positif terinfeksi yang kian bertambah setiap hari.

Budi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan skema sekaligus skenario yang akan diberlakukan jika Jakarta mulai menutup akses masuk dan keluar Jakarta.

Baca juga: Luhut: Rencana Lockdown Masih Dikaji

Esok hari pihaknya pun akan melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini juga menjabat sebagai Plt Menteri Perhubungan.

"Besok ada rapat, di rapat itu kita harapkan, saya merekomendasikan dalam rapat itu kalau bisa Jakarta, Jabodetabek itu sudah di karantina. Tapi tergantung rapat dengan Pak Menko Maritim," ujar Budi ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (29/3/2020).

"Tapi kami sudah siapkan skemanya saja, kalau rapat besok sudah tidak boleh keluar, protokolnya seperti itu," ujar dia.

Adapun pembatasan akses keluar dan masuk di Jakarta merupakan langkah lanjutan yang dilakukan pemerintah menyusul masih banyak masyarakat yang melakukan lebih cepat ke kampung halaman akibat virus corona.

Budi pun mengatakan, pihaknya telah berbicara dengan Korlantas Polri serta Polda Metro Jaya mengenai skenario karantina Jakarta tersebut.

Secara teknis, pihak kepolisian dan dinas perhubungan di setiap wilayah juga telah memiliki skema sekaligus titik-titik yang akan ditutup aksesnya.

Saat ini pun menurut Budi, yang utama adalah mementingkan keselematan masyarakat luas sekaligus mempersempit penyebaran virus corona.

"Itu yang utama, kalau memperdebatkan masalah ekonomi terus nggak akan ketemu," ujar dia.

Sebelumnya, Kemenhub telah melaporkan adanya masyarakat yang melakukan mudik ke berbagai daerah, meski pemerintah telah mengeluarkan imbauan untuk tidak melaksanakan mudik.

Saat itu Budi mengatakan, pelaksanaan mudik lebih cepat tersebut terlihat dengan meningkatnya jumlah penumpang di berbagai terminal sejak tanggal 20 hingga 22 Maret 2020.

Menurut dia, fenomena itu terjadi akibat melambatnya roda perekonomian Jakarta yang diakibatkan merebaknya virus corona. Hal tersebut mendorong pekerja khususnya di sektor informal untuk pulang ke kampung halaman masing-masing.

"Ini terjadi mudik sebelum waktunya karena memang terjadi penurunan kegiatan di Jakarta. Sekarang kan kita ada penurunan dari berbagai aspek kegiatan ekonomi. Sehingga pekerja dari sektor informal, yang kita amati dari tanggal 20-22, ada beberapa terminal tipe A yang mengalami lonjakan penumpang yang datang dari Jabodetabek," tutur Budi dalam video conference, Jumat (27/3/2020).

https://money.kompas.com/read/2020/0...wn-jabodetabek

Apakah pemerintah ingin situasi caos, dan ingin menggulingkan pemerintah, apakah apakah pemerintah kadrun... Kok bahas2 lokdown sich..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 4
Besok, Pemerintah Rapat Bahas Kemungkinan Lockdown Jabodetabek
30-03-2020 08:49
kayanya ga akan Lockdown secara pemerintah kurang dana dan kerepotan, paling pake PP baru dg istilah baru jadi ga ada kewajiban kasi makan, palingan membatasi arus keluar masuk jkt dan juga mobilisasi warga di dalam
profile-picture
chisaa memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Besok, Pemerintah Rapat Bahas Kemungkinan Lockdown Jabodetabek
30-03-2020 09:29
kalo sampe tetep "saya memutuskan melakukan pysihical distacing dan saya himbau masyarakat bisa bekerja dari rumah bisa belajar dari rumah "

mati aja semua , himbau2 himbau2.
indonesia banyak duitnya , susah amat deh kayaknya nutup 2 minggu , semua warga dikasih makanan sembako setiap hari nya bisa kan?
bisa lah , malaysia philipine aja bisa , nah ini negara berkembang terpesat masa gabisa? wakakakak
profile-picture
coolmaxx memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Besok, Pemerintah Rapat Bahas Kemungkinan Lockdown Jabodetabek
30-03-2020 09:37
Sementara ane masih harus monitor semua driver truk..
0 0
0
Besok, Pemerintah Rapat Bahas Kemungkinan Lockdown Jabodetabek
30-03-2020 09:46
Quote:Original Posted By alexandecom
klau di lockdown apapun itu bentuknya... fix itu jokowi beserta mentri dan kabinetnya pada telmi


emoticon-Ngakak
profile-picture
jeffm12 memberi reputasi
1 0
1
Besok, Pemerintah Rapat Bahas Kemungkinan Lockdown Jabodetabek
30-03-2020 09:51
jokowi kurang tegas terlalu lambat reponsenya mknya hadapin virus ini ky gn cb ahok pasti ngegas n tegas skli a tetep a perhitungannya juga tajam mau lawan politik juga dihajar kl kowi masih sabar pelan2 padahal masalah covid sangat urgent
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan chisaa memberi reputasi
2 0
2
Besok, Pemerintah Rapat Bahas Kemungkinan Lockdown Jabodetabek
30-03-2020 09:56
Tidak semudah teori, mungkin bagi orang-orang yang bergaji bulanan lock down akan mempermudah pekerjaan mereka, dirumah duduk diam dapat uang, tapi bagi yang dapatnya dari hasil keringat harian bagaimana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Besok, Pemerintah Rapat Bahas Kemungkinan Lockdown Jabodetabek
30-03-2020 10:33
Rapat sekali, langsung tentuin kebijakan dan regulasi bisa ga? tolong jangan lama lama pak pres dan pak pejabat yg terhormat. jangan buat rakyat terus menunggu dan tanpa kepastian
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan chisaa memberi reputasi
2 0
2
Besok, Pemerintah Rapat Bahas Kemungkinan Lockdown Jabodetabek
30-03-2020 10:41
Salahin yg gak bayar pajakemoticon-Shutup
0 0
0
Besok, Pemerintah Rapat Bahas Kemungkinan Lockdown Jabodetabek
30-03-2020 13:45
Gw sih lebih suka kalo semi LD atau LD tapi akses ke buka untuk area pembelian makanan / minuman & pengambilan duit & kesehatan & juga kebutuhan sehari hari
0 0
0
Besok, Pemerintah Rapat Bahas Kemungkinan Lockdown Jabodetabek
30-03-2020 18:33
Quote:Original Posted By Storm Shadow
Terus yang ngurusin sisanya pusat ? Gitu gan ???


Dalam hal ini Pusat dan daerah harus kerja sama ga bisa masing²...Kita semua aja himbau agar kompak yekan..yekan
profile-picture
jeffm12 memberi reputasi
1 0
1
Besok, Pemerintah Rapat Bahas Kemungkinan Lockdown Jabodetabek
31-03-2020 21:43
sebelum ada pengumuman resmi dari pemerinta ttg lockdown, stop sebar2 hoax yuk gan sis
ane sih ikutin aja dah apa baiknya kata pemerintah, yang penting semua membaik
0 0
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia