Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
32
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e80a03482d4952d2f2b48d7/keranda-terbang-penanda-pagebluk
Mitos Jawa dan Mistis Jawa Keranda, alat pengusung jenazah biasa ditempatkan di tengah makam. Lagian mana ada rumah warga mau ditempati keranda. Sore itu, kira-kira pukul 4, Pak Darmo ke makam. Sebagai juru kunci salah satu tugasnya menyapu dan membersihkan makam di kampungnya, pinggiran kota Bantul. Malam Jumat Kliwon. Tidak seperti hari-hari biasanya. Di hati Pak Darmo ada perasaan yang tidak en
Lapor Hansip
29-03-2020 20:18

Keranda Terbang Penanda Pagebluk

icon-verified-thread
Keranda Terbang Penanda Pagebluk

Mitos Jawa dan Mistis Jawa

Keranda, alat pengusung jenazah biasa ditempatkan di tengah makam. Lagian mana ada rumah warga mau ditempati keranda.

Sore itu, kira-kira pukul 4, Pak Darmo ke makam. Sebagai juru kunci salah satu tugasnya menyapu dan membersihkan makam di kampungnya, pinggiran kota Bantul.

Malam Jumat Kliwon. Tidak seperti hari-hari biasanya. Di hati Pak Darmo ada perasaan yang tidak enak. Deg-degan. Jantungnya berdetak tak karuan. Entah kenapa?

Di tengah-tengahnya lagi mengumpulkan dedaun kering yang mau dibakar, kuping Pak Darmo menangkap suara di belakang punggungnya.
Krusuk ...! Krusuk ...!
Pak Darmo menoleh ke belakang. Matanya mengedar ke seluruh sudut makam. Lengang. Tidak ada-ada sesuatu. Pak Darmo meneruskan aktivitasnya membakar dedaunan.

Tiba-tiba ada hembusan angin yang menyergap tengkuknya. Bulu kuduknya berdiri.
'Aneh, aku sebagai juru kunci makam ini, kenapa merasa merinding begini,' gumam Pak Darmo dalam hati.

Krusuk ... krusuk ...! Terdengar suara daun-daun yang bergerak. Pak Darmo berdiri, "Sial ...! Kucing rupanya, bikin kaget saja," gerutu.

Mendung hitam bergulung dari Utara. Angin dingin berembus. Suasana semakin mencekam. Pak Darmo pun bersiap-siap untuk pulang. "Pulang, ah. Besok lagi tinggal sedikit. Hanya tersisa di dekat keranda," ucap Pak Darmo.

Matanya tak sengaja melihat ke tempat keranda. Seperti tidak percaya, keranda itu bergerak. Pak Darmo mengucek-ucek matanya, jangan-jangan. Ternyata keranda itu benar-benar bergerak tetapi tidak ada yang menggerakkan.

Dengan tubuh yang gemetar Pak Darmo terus mengamati pergerakan keranda itu. Keranda itu makin kencang bergerak maju mundur. Dan ... wuuus! Keranda itu terbang berputar-putar di atas makam.

Keranda Terbang Penanda Pagebluk
gambar: kerandajenazah.com


Pak Darmo melotot melihat kejadian itu. Tubuhnya bergetar menahan takut. Saking takutnya, keluarlah cairan dari selangkangannya. "Tolong ... tolong ...!"
Sambil berteriak Pak Darmo berlari menuju kediamannya yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari kompleks makam.

***

"Bangun ... bangun, Pak! Ada apa, Pak!" Bu Darmi panik. Ia berusaha membangunkan suaminya dengan mengguncang-guncangkan tubuh Pak Darmo yang tidur sambil teriak-teriak.
Pak Darmo terbangun dan terduduk, tubuhnya basah oleh keringat, celana pun basah.
"Hhaaah ...!" Pak Darmo menghembuskan napas sambil kedua tangannya mengusap wajah. Mukanya tampak pucat.

"Makanya, kalau petang-petang jangan tidur. Gini kan akibatnya. Nih, diminum!' Bu Darmi memberikan segelas teh hangat kepada Pak Darmo yang masih setengah sadar. "Mimpi apa sih, Pak, sampai segitu takutnya?" ucap Bu Darmi.
Pak Darmo meminum teh hangat tersebut.
"Gawat, Bu. Bener-bener gawat!'

"Gawat apanya, Pak. Mbok yang jelas ta, kalau ngomong." Bu Darmi penasaran sekaligus takut.
"Aku ngimpi ke-keranda di makam kampung kita terbang di atas kampung. Itu pertanda akan terjadi akan terjadi bencana, wabah, pagebluk di kampung kita."

"Ah, Bapak ada-ada saja. Takhayul, percaya begituan. Mitos itu, Pak," ucap Bu Darmi membantah.

"Waktu kecil, bapakku, mertuamu. Dulu juga jadi juru kunci seperti aku. Beliau juga pernah bermimpi keranda terbang dan benar saja, kampung ini terjadi pagebluk. Semua petani gagal panen karena diserang tikus."

"Semoga kita tidak mengalami hal buruk itu, Pak. Asal kita selalu berbuat baik dengan sesama juga selalu mendekat dengan Tuhan. Insha Alloh, aman dunia akhirat. Aamiin. Sudah, sana buruan mandi terus salat Magrib!"

***

Keranda Terbang Penanda Pagebluk gambar: an-najah.net

Selang dua minggu setelah kejadian mimpi Pak Darmo, masuk bulan Ruwah atau satu bulan sebelum bulan Puasa. Di bulan Ruwah ada tradisi 'nyadran' yang dilakukan warga masyarakat di kampung Pak Darmo. Nyadran adalah sebuah tradisi membersihkan makam dan mengirim doa-doa untuk para leluhur yang dilaksanakan seluruh warga kampung dengan kenduri.

Mungkinkah, dengan tradisi nyadran yang mampu mengusir wabah pagebluk seperti yang dicemaskan Pak Darmo sebagai juru kunci makam kampung. Tiada yang tahu. Dan hanyalah Tuhan yang tahu dan yang telah berkehendak.

Tamat

Bantul, 29 Maret 2020
Diubah oleh dalledalminto
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
29-03-2020 20:19
whuih mantap nih kisahnya unik
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
29-03-2020 20:19
pagwan
0 0
0
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
29-03-2020 20:21
Quote:Original Posted By delia.adel
whuih mantap nih kisahnya unik


kau merebut kursikuemoticon-Ngakakemoticon-Kiss
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
1 0
1
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
29-03-2020 20:25
Quote:Original Posted By dalledalminto
kau merebut kursikuemoticon-Ngakakemoticon-Kiss


emoticon-Maaf Agan abisan kosong tuh
0 0
0
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
29-03-2020 20:27
Quote:Original Posted By delia.adel
emoticon-Maaf Agan abisan kosong tuh


haha. gpp sis. sinyalku tet tot! emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
0 0
0
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
29-03-2020 20:48
gw kira bahas lampor
0 0
0
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
29-03-2020 20:59
untung cuma mimpi.
eh, tapi pagebluknya kok beneran terjadi ya sekarang? di seluruh dunia, lagi, bukan cuma kampungnya pak Darmo
Diubah oleh evihan92
0 0
0
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
29-03-2020 21:00
Quote:Original Posted By gethighwithme
gw kira bahas lampor


apaan lampor gan??emoticon-Cendol Gan
0 0
0
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
29-03-2020 21:03
Quote:Original Posted By dalledalminto
apaan lampor gan??emoticon-Cendol Gan


Keranda Terbang Penanda Pagebluk
Lampooooor
0 0
0
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
29-03-2020 21:03
Quote:Original Posted By evihan92
untung cuma mimpi.
eh, tapi pagebluknya kok beneran terjadi ya sekarang? di seluruh dunia, lagi, bukan cuma kampungnya pak Darmo


segera pinjam kunci pak darmo, biar dilockd0wn. beliau kan juru kuncinya emoticon-Ngakak
profile-picture
evihan92 memberi reputasi
1 0
1
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
29-03-2020 21:05
Quote:Original Posted By gethighwithme
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
Lampooooor


0h, film h0r0r bioskop
0 0
0
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
29-03-2020 21:15
Quote:Original Posted By dalledalminto
segera pinjam kunci pak darmo, biar dilockd0wn. beliau kan juru kuncinya emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak
0 0
0
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
29-03-2020 22:29
Pagebluk ===> Asal gathuknya ... "opah'e (dadi) wong goblok"
Keranda terbang ===> Akan ada kematian.

Mimpi itu bisa dihasilkan dari hasil pengendapan informasi keseharian ke tingkat bawah sadar.
0 0
0
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
29-03-2020 23:48
awww creepy wkwk
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
1 0
1
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
30-03-2020 03:39
Dusun ane paling ga mau bikin keranda permanen dari besi, kalo ada lelayu ya bikin keranda dari bambu yang langsung ikut dikubur bersama jenazah.
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
1 0
1
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
30-03-2020 05:45
Pageblug merupakan hal yang memang terjadi di dunia ini, dan itu merupakan sebuah sinyal. Kalau ada keranda terbang maka cukup heboh, tapi kalau pesawat terbang saat ini sudah langka berhubung pirus.
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
1 0
1
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
30-03-2020 05:48
Quote:Original Posted By bingsunyata
Pagebluk ===> Asal gathuknya ... "opah'e (dadi) wong goblok"
Keranda terbang ===> Akan ada kematian.

Mimpi itu bisa dihasilkan dari hasil pengendapan informasi keseharian ke tingkat bawah sadar.


a nice apreciati0n. tengkiyu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
30-03-2020 05:50
Quote:Original Posted By vixitev
Pageblug merupakan hal yang memang terjadi di dunia ini, dan itu merupakan sebuah sinyal. Kalau ada keranda terbang maka cukup heboh, tapi kalau pesawat terbang saat ini sudah langka berhubung pirus.


ben3r gan, bs buat kerjaan para tetangga sekitar k3rja bakti
0 0
0
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
30-03-2020 15:12
Quote:Original Posted By bingsunyata
Untuk daerah Jawa tengah dan beberapa daerah lain, terkait upaya penanganan pagebluk ini dengan cara menjaga jarak dan mengurangi kegiatan keramaian ...
Untuk cewek tapi mungkin bisa diterapkan pula pada cowok ...
Mengenai warisan dari nenek moyang, yang beberapa waktu yang lalu kurang diapresiasi ..., dan mungkin sekarang waktu yang tepat untuk mempelajari plus mempraktekkan (dirumah masing-masing) ...
(Mohon direnungkan sendiri ...)

'Mbatik (tulis) ...


sik sik tak merenung disit. ( ndemok bathuk sik)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Keranda Terbang Penanda Pagebluk
01-04-2020 12:45
Quote:Original Posted By bingsunyata
He, sebisa mungkin jangan sering memegang wajah. Resiko tertular ...
emoticon-Ngakak

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
bingsunyata memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia