Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
20
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e805519b41d306db07cdc81/der-klassieker-amp-old-firm-dua-derby-panas-yang-underrated
Belanda merupakan negara dengan kualitas sepakbola yang tidak boleh diremehkan kompetisi mereka juga cukup disegani. Sama seperti negara besar lainnya, Belanda juga memiliki pertandingan dengan tensi tinggi. Yakni yang mempertemukan 2 tim dari 2 kota besar yang berbeda, Ajax Amsterdam kontra Feyenoord Rotterdam. Derby bertajuk Der Klasiekker ini selalu dipenuhi dengan tensi yang tinggi.
Lapor Hansip
29-03-2020 14:58

Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
Anda² pasti menikmati jika suatu derby sepakbola terpampang di layar kaca. Yang banyak diketahui dan banyak dinikmati orang tentu derby seperti El Classico, Derby Manchester, Derby Milano, dan lain². Barang tentu derby² tersebut sarat akan gengsi dan beratmosfer panas entah di tengah lapangan maupun di tribun penonton, namun dua nama derby yang tercantum pada judul jarang ditelusuri publik, seperti apa tensi kedua derby tersebut? mari kita simak.

Belanda merupakan negara dengan kualitas sepakbola yang tidak boleh diremehkan kompetisi mereka juga cukup disegani. Sama seperti negara besar lainnya, Belanda juga memiliki pertandingan dengan tensi tinggi. Yakni yang mempertemukan 2 tim dari 2 kota besar yang berbeda, Ajax Amsterdam kontra Feyenoord Rotterdam. Derby bertajuk Der Klasiekker ini selalu dipenuhi dengan tensi yang tinggi didalam lapangan maupun diluar lapangan. Tak jarang ketika derby ini diselenggarakan kerap memunculkan perkelahian, kerusuhan, bahkan kematian. Kedua supporter kerap baku hantam bahkan ketika kedua tim sedang tidak menjalani pertandingan.
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
Sedikit berbeda dengan derby lain yang biasanya sarat akan unsur politik, tatanan sosial, bahkan sekterianisme. Derby ini lahir dari pertumbuhan budaya yang berbeda, untuk Amsterdam adalah kota seni di tanah kincir angin banyak warga yang berbondong² datang ke kota ini untuk melihat keindahan keindahan karya dari seniman lokal, tak jarang seniman luar pun mampir ke Amsterdam dan banyak pula yang menetap di kota ini guna mengembangkan dan mengasah kemampuannya. Sebaliknya, Rotterdam adalah kota yang identik dengan pelabuhan dan pusat industri Belanda, Rotterdam dipenuhi oleh orang² pekerja dari berbagai pernjuru negeri. Gaya bermain Ajax pun banyak dicaci maki oleh pendukung Feyenoord, menurut mereka orang² dari Amsterdam memiliki khayalan yang terlampau tinggi, bahkan ada pepatah Belanda yang mencerminkan sentimen² tersebut "ketika Amsterdam bermimpi, maka Rotterdam bekerja". Rotterdam memang kota yang harus terpaksa bekerja keras selepas di jatuhi bom oleh NAZI pada WW2. Penduduk Rotterdam bangga dengan etos kerja mereka namun risih dengan kecakapan orang Amsterdam.

Rivalitas kedua tim juga pernah terjadi karena persaingan stadion, keduanya pernah menjadi 2 stadion termegah di Belanda pada era 1930-40an. Di era tersebut Ajax yang bermarkas di Oliympic Stadium dan Feyenoord yang mempunyai rumah bernama De Quip Stadium. Mereka silih berganti menambah jumlah kapasitas penonton serta berlomba lomba untuk menjadikan stadion masing² sebagai stadion termegah baik dari segi jumlah kapasitas maupun fasilitas yang disediakan.

Puncaknya terjadi pada era 70an ketika kedua tim saling berbangga diri perihal kekuasaan mereka dikancah internasional. Ajax patut berbangga diri karena mereka menjadi tim Belanda terbanyak yang mengoleksi gelar UCL. Tapi Feyenoord punya cerita lebih menarik, sebelum Ajax mengoleksi gelar² tersebut Feyenoord adalah tim Belanda yang berjaya terlebih dahulu di kancah benua biru. Feyenoord adalah tim Belanda pertama yang menyabet gelar UCL di tahun 1970, namun setelahnya 1971, '72, dan '73 Ajax adalah tim yang meraup semua piala UCL ditahun tersebut. Namun di tahun '74 Feyenoord kembali merebut tahta Ajax. 3-2 Feyenoord kalah.

Terlepas dari persaingan, kedua tim adalah tulang punggung lahirnya gaya permainan Total Football milik Belanda yang mencuat saat tampil di Piala Dunia '74. Meski Belanda tidak menjadi Kampiun, namun penampilan impresifnya mampu menjadi cikal bakal gaya permainan sepakbola modern. Menariknya lagi legenda sepakbola Belanda, Johan Cruyff membuat amarah kedua tim semakin meninggi. Pada era 80an Cruyff yang semakin menua tidak pantas diberi perpanjangan kontrak, rasa geram Cruyff lantas membuatnya menyebrang ke klub rival pada tahun '83/'84. Hal ini mengundang kemarahan pada kedua supporter, pendukung Ajax marah kepada manajemen dan menilai Cruyff adalah pemain penting dan pantas diberikan perpanjangan kontrak tidak peduli usia Cruyff yang sudah mencapai 36 tahun. Sementara dari warga Rotterdam mereka naik pitam kepada manajemen, karena bersedia menampung pemain bintang yang sepanjang karirnya mengabdi kepada tim rival. Bahkan beberapa pendukung Feyenoord berjanji untuk tidak hadir ke De Quip jika Cruyff masih ada disana. Ajaibnya Cruyff yang dihatinya dipenuhi balas dendam pada Feyenoord, bisa mengantarkan Feyenoord menjadi kampiun Eredivisi diakhir musim '83/'84 sebelum akhirnya pensiun dan mengejar karir di dunia kepelatihan.
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
Yang paling populer pada tahun 1997 ketika kedua supporter terlibat pertikaian ketika sebelum laga Feyenoord kontra AZ Alkmaar. Pertikaian tersebut memakan 1 korban jiwa dari supporter Ajax bernama Carlo, kala itu Carlo habis dipukuli pendukung Feyenoord, sejak saat itu perang ini dikenal dengan nama Perang Beverijk. Der Klassiker pada Februari 2016 juga tercium aroma pengkhianatan. Beberapa pihak geram karena pendukung Ajax menggantung boneka berseragam Keneth Vermeer yang menjaga gawang Feyenoord pada waktu tersebut, Vermeer dianggap berkhianat karena sebelumnya berseragam Ajax yang kemudian pada 2014 singgah ke Feyenoord, padahal alasan Vermeer untuk pindah adalah karena ia kalah saing dengan kiper muda lainnya Jasper Cillesen.

Dari pengalaman tersebut, kericuhan Der Klassieker bisa mencuat turun karena pengkhianatan setitik. Persaingan Eredivisi memang tak sekeras dahulu dan cenderung menurun di 2 tahun terakhir, namun bagaimanapun Der Klassieker dan segala emosinya adalah pemanis di Sepakbola Belanda yang tidak lekang oleh waktu.
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
Kita menyebrang cukup jauh ke derby kedua yang semakin panas yang beraroma tanah Skotlandia. Walau mempunyain banyak klub sepakbola profesional, persaingan selalu mengerucut pada dua tim asal kota Glasgow yakni Rangers FC dan Celtic FC. Bertahun tahun mereka mengedepankan persaingan yang bahkan sama sekali tidak ada kaitannya dengan sepakbola, tak jarang mereka saling tumpahkan darah hanya demi nama besar. Persaingan mereka terjadi dari abad 19 dan masih terjadi hingga sekarang bahkan bisa dikatakan bahan bakar rivalitas mereka dan emosi antar keduanya tidak pernah menurun.

Disebut Old Firm Derby, mungkin karena persaingan keduanya telah berlangsung lama dan keduanya adalah tim yang paling sering angkat piala di Liga Skotlandia. Kata "Firm" bisa jadi karena keuntungan besar yang didapat ketika kedua tim bertemu karena kehadiran rivalitas membuat tidak pernah sepi penonton. Old Firm Derby dianggap sebagai derby paling brutal dalam sepakbola dan telah berlangsung selama 130 tahun.
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
Kedua tim pertama kali bertemu di rumah Celtic yaitu di Celtic Park pada 28 Mei 1888. Pertandingan dihadiri sekitar 2000 penonton kala itu berakhir untuk kemenangan Celtic dengan skor cukup telak 5-2. Dengan intensitas tinggi dan sangat panas ini tak jarang menimbulkan perang fisik antar pemain dilapangan saat pertandingan berlangsung, Derby Old Firm bisa dibilang termasuk Derby terbesar dan terpanas sepanjang sejarah olahraga. Selain mempertahankan gengsi dalam sepakbola, ada cerita lain yang membumbui emosi dalam Derby ini.

Pertandingan diantara keduanya sarat akan emosi karena pada dasarnya Derby ini mengakar kuat pada perbedaan agama dan perbedaan aliran politik. Pertemuan kedua klub sering dijadikan sarana menyulut konflik antara penganut kepercayaan Katolik dengan gerakan Reformasi Protestan, tak hanya itu perbedaan aliran politik Loyalis dan Republik juga menjadi bumbu penting dalam Derby ini.
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
Glasgow Celtic berdiri pada 1888 dibentuk untuk menampung dan menyeleksi akan derasnya pengaruh kaum Katolik di dalam hal olahraga terutama sepakbola. Selain itu berdirinya klub ini dijadikan simbol bahwa kaum Katolik memang benar benar lebih baik daripada kaum Protestan. Setelah melihat kesuksesan Celtic di liga, umat Protestan pun tak tinggal diam. Mereka merasa perlu untuk meramaikan dan menguasai kompetisi di kota dan bahkan juga negara. Glasgow Rangers yang murninya tidak mengusung aliran religius dan politik tertentu dalam sejarah berdirinya mereka, mulai dijadikan tumbal untuk menyalurkan keinginan dari kaum Protestan yang ingin lebih berjaya.

Setiap kali mereka berseteru, pertandingan selalu berlangsung panas dan menegangkan baik di dalam maupun di luar lapangan. Terkadang jalannya pertandingan dan hasilnya tidak begitu diharapkan. Yang lebih menegangkan mungkin aroma persaingan dan kebencian dari perang antar agama dan politik yang mendasari perseteruan dua klub tersebut berabad-abad sebelumnya. Derby ini sekaligus mempertemukan supporter fanatik kedua tim. Supporter Celtics adalah Tims, yang merupakan kombinasi dari nama kelompok Katolik bernama Tim Malloys dan The Calton. Mereka kerap berseteru dengan pendukung Rangers yang menyebut dirinya Billy Boys.

Sudah biasa jika di stadion bermunculan simbol-simbol dan nyanyian yang menunjukkan fanatisme religius masing masing supporter. Selain mempertentangkan antara Katolik dan Protestan, ada juga perselisihan beraroma politik antara pendukung kerajaan Inggris dengan Republik Irlandia Utara. Rangers merupakan loyalis kerajaan Inggris Raya, sedangkan Celtic kerap diidentikkan dengan teroris IRA dengan cita-cita membangun sendiri Republik Irlandia.
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
Rivalitas penuh kebencian yang sejatinya telah berlangsung berabad abad sebelumnya, hendak dikurangi tensinya oleh kedua klub dengan bekerjasama dengan Parlemen Skotlandia, kelompok-kelompok gereja, dan organisasi komunitas. Meskipun belum tercapai kesepakatan pada jenis lagu yang diteriakkan kedua supporter dan bendera yang boleh dikibarkan, namun sedikit demi sedikit telah terdapat kemajuan untuk mendapat kata damai. Isu perseteruan antar agama maupun aliran politik bisa dibilang sudah agak mereda, tapi tak bisa juga diklaim sudah menghilang. Aroma persaingan kedua klub di luar lapangan memang masih kerap terjadi.

sumber
sumber
sumber
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
profile-picture
profile-picture
profile-picture
milktoasthoney dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
30-03-2020 17:24
pgn bgt nntn old firm dr dulu, semoga bisa kesampaian gan hahaha

banyak yg derbi2 yg panas2
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
1 0
1
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
30-03-2020 17:31
Quote:Original Posted By mikeoxsmaull
pgn bgt nntn old firm dr dulu, semoga bisa kesampaian gan hahaha

banyak yg derbi2 yg panas2


old firm gaperna disiarin tv lokal padahal saik tuu pertandingan emoticon-Bingung
0 0
0
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
30-03-2020 18:10
El Clasico nya Argentina dong, Boca Juniors vs River Plate
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
1 0
1
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
30-03-2020 20:53
bakalan trending ini derby boss hahaha
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
1 0
1
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
30-03-2020 21:17
Quote:Original Posted By vandervolk
El Clasico nya Argentina dong, Boca Juniors vs River Plate


ditunggu aja yaak bosemoticon-Shakehand2
0 0
0
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
30-03-2020 21:19
Quote:Original Posted By ujellyjello
bakalan trending ini derby boss hahaha


liat pemainnya ribut saik sii emoticon-Ngakak
0 0
0
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
30-03-2020 21:25
wahhhh keren sih yakkkk
underrated derby sih ini
tercium aroma perkelahian tuh seru sihhhh
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
1 0
1
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
30-03-2020 21:26
Quote:Original Posted By mikeoxsmaull
pgn bgt nntn old firm dr dulu, semoga bisa kesampaian gan hahaha

banyak yg derbi2 yg panas2


Hahahahaha
Bener bgt gan
El classico mah sekarang biasa aja gatau kenapa
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
1 0
1
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
30-03-2020 21:32
Quote:Original Posted By albafica02
wahhhh keren sih yakkkk
underrated derby sih ini
tercium aroma perkelahian tuh seru sihhhh


persaingannya berkelas sii udh bawa² politik ama agamaemoticon-Hammer2
0 0
0
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
30-03-2020 21:50
wah tim tim favorit ane ini mah pasti seru banget nih liga jerman kali inii jadi gasabar mau nontonnya ini mah
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
1 0
1
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
30-03-2020 22:35
Quote:Original Posted By margareth23
wah tim tim favorit ane ini mah pasti seru banget nih liga jerman kali inii jadi gasabar mau nontonnya ini mah


jerman? belanda kali ahemoticon-Betty
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
31-03-2020 01:26
Quote:Original Posted By FootballStory
persaingannya berkelas sii udh bawa² politik ama agamaemoticon-Hammer2


Iya gan malahan ampe berujung kematian tuh derby gegara bentrok antar suporter
Skotlandia dan sekitarnya kan hooligan bgt yak kalo masalah beginian
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Der Klassieker & Old Firm, Dua Derby Panas yang Underrated
31-03-2020 06:13
Quote:Original Posted By albafica02
Iya gan malahan ampe berujung kematian tuh derby gegara bentrok antar suporter
Skotlandia dan sekitarnya kan hooligan bgt yak kalo masalah beginian


kya di film green street hooligan yang Pete nya mati dipukulinemoticon-Turut Berduka
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KASKUS.Dev 01
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia