News
Batal
KATEGORI
link has been copied
146
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e80465d68cc955a015e95df/anies-sudah-antisipasi-corona-sejak-januari-saat-pemerintah-minta-warga-tenang
Jakarta kini sudah menjadi kawasan episenter menyebaran virus corona. Berbagai hal dan kebijakan sudah dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona. Sejak awal kemunculan virus corona di Wuhan, China, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terus memantau perkembangan kasus ini. Sebab, virus corona sangat mungkin muncul di Jakarta. Alasannya sederhana, Jakarta merupakan gerbang dunia ke Indone
Lapor Hansip
29-03-2020 13:55

Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang

Jakarta kini sudah menjadi kawasan episenter menyebaran virus corona. Berbagai hal dan kebijakan sudah dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona.




Sejak awal kemunculan virus corona di Wuhan, China, Gubernur DKI Jakarta AniesBaswedan terus memantau perkembangan kasus ini. Sebab, virus corona sangat mungkin muncul di Jakarta. Alasannya sederhana, Jakarta merupakan gerbang dunia ke Indonesia.




Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
Langkah Pemprov DKI Jakarta antisipasi virus corona. Foto: DOk. Pemprov DKI Jakarta

Langkah Anies dimulai pada 27 Januari 2020. Saat itu, Anies meminta semua rumah sakit di Jakarta bersiap. Dinas Kesehatan kemudian mengeluarkan siaran pers soal bahaya pneumonia novel coronavirus. Saat itu, belum terkenal istilah COVID-19.




"Kita langsung menjangkau pelayanan kesehatan di Jakarta 190 rumah sakit, klinik. Kita namanya masih pneumonia wuhan. Berita tahu kepada semua rumah sakit ini indikasinya, orang orang potensi seperti apa, baru pulang dari luar negeri, sekarang disebut ODP," kata Anies saat berbincang dengan Deddy Corbuzier, dikutip dari channel Youtube, Minggu (29/3).




Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan terkait  rapid rest tenaga medis. Foto: Dok. Pemprov DKI

Dua hari kemudian, Anies menggelar rapat pimpinan khusus untuk membahas bahaya penyebaran corona di Jakarta. Salah satu yang menjadi perhatian yakni peran imigrasi dalam mencatat pergerakan warga yang masuk.





"Untuk kita menjaga batas-batas kita. Kita undang imigrasi. Saya waktu itu ingin tahu siapa saja yang datang dari Tiongkok. Ke mana dia tinggal di mana karena kita mau jagain wilayah ini. Kalaupun masuk periksa, ternyata datanya enggak ada," tutur Anies.




Dari rapat itu, Anies meminta semua SKPD menyusun langkah-langkah mitigasi, termasuk menyusun Pergub untuk penanganan virus corona. Kemudian, Dinas Kesehatan mengeluarkan surat edaran kewaspadaan bahaya corona.




Tak lama kemudian, Anies mendapatkan data setiap hari. Dia bahkan tahu satu orang ke mana saja dan bertemu siapa saja.




"Ini sangat serius. Kita pantau terus tiap 2 hari sekali dapat data berapa jumlah ODP berapa PDP datanya makin hari makin naik. Saat itu sudah ada kasus kita enggak punya kewenangan melakukan pemeriksaan," jelas Anies.




Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan teleconference dengan pimpinan kota jaringan C40 membahas penanganan corona. Foto: Facebook/Anies Baswedan

Saat pemantauan terus dilakukan, Anies akhirnya mengeluarkan Instruksi Gubernur No. 16 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi COVID-19 pada 25 Februari 2020.





Empat hari kemudian, atau pada 29 Februari 2020, Anies mengumumkan telah membentuk Tim Tanggap COVID-19 untuk memimpin pengendalian penyebaran corona.




Bahkan, saat itu, Anies sudah mengungkap 115 orang yang dipantau dan 32 orang diawasi terkait kasus corona.




Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Tapi, sikap Anies sempat mendapat sorotan dari pemerintah pusat. Sehari setelahnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan pernyataan Anies kurang tepat.




"Jadi kurang tepat pernyataan itu. Jadi setelah dites dengan PCR hasilnya negatif. Artinya apa memang enggak ada. ODP enggak ada karena sudah jelas negatif maupun PDP juga enggak ada karena negatif hasilnya. Jadi saya menyataan bahwa sampai detik ini semua hasil pemeriksaan bahan yang diperiksa negatif," kata Terawan (1/3).




Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
Di saat yang sama, Pemerintah pusat terus menyerukan masyarakat tenang. Terawan bahkan meminta warga tak perlu pakai masker karena masker hanya untuk orang sakit.





"Kalau sakit pakai masker, kalau sehat ya enggak usah. Jadi mengurangi oksigen dalam badan kita juga," ucap dr Terawan di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (2/3).




Pernyataan ini disampaikan Terawan di hari yang sama di saat Presiden Jokowi mengumumkan 2 kasus pertama positif COVID-19 di Indonesia. Keduanya merupakan warga Depok yang beraktivitas di Jakarta.




Anies tak ingin menyalahkan siapa-siapa. Ia hanya berpandangan bahwa yang dilakukannya sejak awal semata-mata hanya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.




"Iya di awal-awal begitu, Anies nakut-nakutin membuat masyarakat khawatir. Sekarang bagaimana kita enggak khawatir," ucap Anies.




***


https://kumparan.com/kumparannews/an...1zF8w4jJh7u8Q




https://www.antaranews.com/berita/1261861/wabah-pneumonia-merebak-dinkes-dki-imbau-warga-jakarta-waspada

===

Makan nasi kucing
Tantang ahli dari Harvard
Diskon tiket pesawat
Doa dan Qunut
si miskin nularin yang kaya
silakan deh yg lain kasih rangkuman nya, betapa diremehkan nya virus ini oleh pusat emoticon-Smilie

keluarga gw terancam
keluarga lu terancam
semua orang tanpa terkecuali mau agama kadrun mau agama cebong mau yang ga beragama terancam

Ayo hadapi problematika COVID-19 ini dengan serius! emoticon-I Love Indonesia




Diubah oleh bkusumanugraha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stomap dan 27 lainnya memberi reputasi
26
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 13:58
Diem lu nis emoticon-Mad gua lg kasih diskon biar rame






*kala itu... emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sendaljepitkece dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 13:59
Omong kosong, kebijakan efek kejut buktinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nn2106 dan 8 lainnya memberi reputasi
7 2
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:00
Sepi bener
0 0
0
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:01
Bagus lah, cuma tetep saja kebijakan tolol harus dikritisi macam pembatasan transportasi itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:01
Dan perintah efek kejutnya juga luar biasa imbasnya emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nn2106 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:03
Iya antisipasi dengan efek kejut double
profile-picture
profile-picture
nn2106 dan meoomiuu memberi reputasi
2 0
2
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:03
walaupun banyak yang miss sih
0 0
0
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:03
yoi anus memang visioner, udah tau bakalan begini

jokui turun aja deh, anus lebih cocok jadi presiden
0 0
0
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:06
Terus sekarang daerahnya Abud paling banyak pasiennya, sungguh sia-sia dan hampa berkoar dari Januari (katanya). emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:06
Gmna kabar menkes?
profile-picture
profile-picture
swikira dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:06
nyatanya??? emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
twiratmoko dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:07
Yaa.. Pemerintah pusat memang lambat, Terkesan sepele, dan sekarang lagi cari cari kambing hitam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bkusumanugraha dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:09
Quote:Original Posted By victimaye
Diem lu nis emoticon-Mad gua lg kasih diskon biar rame






*kala itu... emoticon-Cool

efeknya itu sangat besar emoticon-Frown

Quote:Original Posted By gigiemaskeren
Omong kosong, kebijakan efek kejut buktinya


Quote:Original Posted By hexa06
Sepi bener


Quote:Original Posted By rickreckt
Bagus lah, cuma tetep saja kebijakan tolol harus dikritisi macam pembatasan transportasi itu


Quote:Original Posted By bualanmalam
Dan perintah efek kejutnya juga luar biasa imbasnya emoticon-Kagets


Quote:Original Posted By larapeequer
Iya antisipasi dengan efek kejut double


Quote:Original Posted By l.kripac98
walaupun banyak yang miss sih

betul kritisi terus gan kalo ada yg miss dari pemerintah mau itu dipusat atau di daerah,
ga perlu liat dia kubu A dia kubu B.

dan dukung juga kalo kebijakan nya rasional ,
ayo physical distancing, jaga kebersihan dan kesehatan emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By anus.bau.edan
yoi anus memang visioner, udah tau bakalan begini

jokui turun aja deh, anus lebih cocok jadi presiden


stop kebencian.
mau sampai kapan gan, pake hinaan kayak gitu emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
fawwaz14 dan raafirastania26 memberi reputasi
2 0
2
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:10
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
geforce9800gtx dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:11
Quote:Original Posted By bkusumanugraha
efeknya itu sangat besar emoticon-Frown












betul kritisi terus gan kalo ada yg miss dari pemerintah mau itu dipusat atau di daerah,
ga perlu liat dia kubu A dia kubu B.

dan dukung juga kalo kebijakan nya rasional ,
ayo physical distancing, jaga kebersihan dan kesehatan emoticon-Smilie



stop kebencian.
mau sampai kapan gan, pake hinaan kayak gitu emoticon-Smilie


Jokui kan planga plongo doang

Diinjekin terawan aja masi planga plongo

Lebih baik anus, naikkan anus jadi presiden skrg juga

Turunkan joke
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maverick1 dan 3 lainnya memberi reputasi
0 4
-4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:12
Gimana gak jadi episenter. Transport dibatas sehingga terjadi penumpukan luar biasa yang antri. Lalu malah ada operasi sembako murah. Fisikal distance jadi gak berjalan. Dan bangga2-in udah bertindak sejak januari? Setau gue pempus yang udah bertindak sejak januari. Wan abud sih baru ngikut bulan maret awal. Itu aja malah bikin penyebaran virus makin gila.
emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
Diubah oleh greengeckoijo1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nn2106 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:12
Bukti link beritanya mana anies sdh ada woro2 dari januari-febuari 2020? Knp gak sejak desember 2019 aja sekalian klaim anies sdh ada woro2 soal corona.

Lalu kalo sdh ngoceh sana sini terus pusat/presiden yg suruh jalanin dan tanggung jawab. Lu pikir lu rajanya kerajaan indonesia?
profile-picture
twiratmoko memberi reputasi
1 0
1
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:12
ngak perlu saling menyalahkan di saat² spt ini gaes
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:12
masih ad waktu buat jd pahlawan.....

emoticon-Cool

lanjutken.....
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Anies Sudah Antisipasi Corona Sejak Januari Saat Pemerintah Minta Warga Tenang
29-03-2020 14:14
ANTISIPASI atau ANTISISAPI??? wan jembud sama TS mau omong apa juga anggap aja lagi denger orang kentut lahh... emoticon-Ngakak
profile-picture
stomap memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia