flyinpig
TS
flyinpig
Farming Pattern (Farm Faster, Win easier)
Sebelumnya gua sempat membahas tentang decision making dalam bermain dota, lu bisa baca disini Click disini . Sekarang gua mau membahas Farming Pattern, atau pola farming supaya lebih cepat untuk mendapatkan item tentunya

Sebelum itu, tentunya kita sepakat ya bahwa farming di Dota 2 itu berarti kita secara berkala membunuh creep / hero untuk mendapat gold ya!

Gua disini ga mau membahas mekanik atau tutorial last hit, attack back swing atau attack speed, atau base attack time ya, karena itu harusnya begitu lu pick hero lu udah tau gimana cara buat last hitnya, dan attack back swingnya secepat apa, attack speed juga, base attack time pun juga perlu lu perhatiin

singkat aja gua bakal kasih tau

Last hit : Membunuh creep pada saat creep low HP!, (masa iya ini aja ga paham)
Attack speed : Frekuensi hero melakukan serangan, jadi bisa di bilang interval hitnya (bisa di percepat menggunakan spell, talent, aura dan juga item)
BAT ( Base Attack Time ) : Interval hit dimana hero memiliki 0 Attribute, jadi semakin tinggi BAT nya, otomatis attack speed pun naik\
Attack back swing : Kemampuan hero lu untuk reload atau mengayun mundur pedang pokoknya sejenis attack animation dimana sesudah melakukan hit, tarik tangan mundur atau apapun itulah
Attack idle time : Ini dimana kondisi saat lu auto attack, dimana hero lu bakal diem, itu lah kenapa banyak pro player pake biasanya banyak proplayer yang sesudah melakukan hit, dia geser gunanya ya supaya menhindari efek idle time ini, tapi semakin cepat attack speed lu, biasanya idle time ini kaya ga kerasa aja 

itu basic dari hero nya udah ya

selanjutnya kita bahas laning stagenya ya, biasanya laning stage ini menentukan gimana game lu nantinya sebisa mungkin safe lane sama midlane itu jangan kalah lane, case terburuknya adalah lu kalah lane, dan lu ga bisa survive untuk kontes last hit sama musuh, ya lu cepet cepet aja lu bersihin creepnya, begitu creep ke push lu masuk ke side camp, dengan asumsi perhitungan begini ya, ini agak matematika dikit sih ya 

Creep respawn setiap 30 detik sekali, jadi pada saat menit 0:00 creep spawn, dan bakal sampai di tower detik ke 35-40an (safelane), 30an (midlane), dan 25 - 20an (offlane) dengan maksud, begitu lu kalah, ketimbang di lane di harras abis sama musuh lakukan perhitungan itu dimana lu harus ada ditower ketika creep bertemu di tower, dan pada saat creep jauh dari tower.

Movement speed membantu lu pindah dari side camp yang kecil ke lane, supaya lu lebih cepat farming untuk beresin dan efektif tanpa buang HP yang terlalu banyak karena damage creep neutral, kalau ga cukup untuk bersihin satu camp, at least lu kill 1 creep dari camp itu, disini lu berpacu dengan waktu, dimana jikalau creep sampe deket tower ya lu disana, bukan masih sibuk dengan creep neutralnya, hero inilah kenapa hero yang punya movement ability cepet banget farmnya, kaya AM, Weaver, Slark, QoP, Mirana, Magnus, karena begitu creep deket, dia tinggal pake spell buat langsung balik ke lane

Selain movement speed, perlu di amati kemampuan clearing wave creep juga mempengaruhi farming pattern lu, gua bisa bilang hero yang paling enak buat clear wave itu SF, 3 Raze combo stack camp kaya apa juga dapet, atau beberapa hero yang punya low skill cooldown  sangat membantu lu cepet kaya semisal spinnya jugg, atau dark pactnya slark, itu membantu banget buat clear creep

Setelah lu paham kenapa movement speed dan movement ability membantu farming pattern perlu di perhatiin map iya minimap perlu banget lu perhatiin



itu gua pasang lengkap dengan time stack time pull, kenapa kasih tau time stack time pull, karena begini, gua tau support di SEA itu kadang batu - batu kalau disuruh ngepull, dead lane pun di paksa harrash, makanya ada cara terbaik adalah lu kurangin exp musuh yang dead lane itu, cara ngurangin ya creep yang bakal mati deket musuh lu sebisa mungkin lu kurangin.

Deadlane : Kondisi lane lu udah kalah dan ga bisa di apa - apain, semisal Juggernaut ketemu laning timbersaw udah deadlane itu juggernaut laningnya, ngebunuh timber susah, di harrash ga bisa, mau farming deket - deket tapi sakit banget malah bisa mati, ngabisin resource (Tango, Healing Salve, Mana) jadi rugi, ya alternatifnya lu kurangin expnya lu kejar expnya dengan kunci tadi movement speed dan clearing creep

Begitu lepas laning stage masuk mid game, carry - carry binatang yang farmingnya lama banget mereka masih belum bisa ikut war, oleh karena itu mereka perlu farming lagi, dan farming pattern mereka menjadi kunci lu bisa nahan di late game atau nggak, atau lu maksa carrynya buat war di early padahal ga sanggup war early, di menit 13, Hero carry apa yang udah bisa war di menit 13? hampir ga ada, kecuali dia cuman buang waktu kurang dari 10 detik, untuk pastiin dapet kill atau nggak, kalau 10 detik nggak dapet kill, jangan di kejar, bodoh itu namanya lu, karena kalau lu bersihin creep 10 detik sama aja dengan 1 kill lu, terkecuali hero itu punya streak gede (lu baca formula bounty kill aja di patch 7.25b ini), kenapa gua bilang pertimbangannya 10 detik setara dengan 1 kill, gini ya perhitungannya, lu 10 detik bisa clear 1 wave creep / camp dong pastinya di menit 13? dari situ itu ngasih lu duit 140 gold, lu jalan ke camp terdekat butuh waktu 4 detik, clear wave lagi 10 detik, 24 detik lu dapet 280 gold, nah 10 detik itu pengejaran hero tadi maksudny ada lah lu bisa dapetin gold itu 10 detik atau lu malah buang - buang waktu untuk 140 gold? jadi 140 gold pasti, atau gambling 300 gold untuk kill yang lebih dari 10 detik, lets say itu pengejaran butuh waktu 20 detik, lu bakal dapet 350 gold, tapi dengan begitu lu kill dia HP / Mana lu low dan lu harus beli healing salve / clarity / TP back to fountain dan jalan kaki lagi ke camp terdekat yang butuh waktu hampir 15 detik dari fountain atau kalau lu mau maksa farm dengan HP / Mana low dengan resiko mati yang tinggi

jadi summarynya

280 gold pasti dari pattern farm laning - jungle 

atau kejar hero mati 20 detik dengan resiko beli Salve 110, Clarity 50 (160) tanpa kehilangan exp tapi harus tunggu kurir dulu, let say sembari nunggu kurir lu bisalah sepukul dua pukul ke creep jadi asumsinya lu menghabiskan waktu 45 Detik untuk mendapatkan 350 -160 = 190 gold, tapi musuh mati (gold, exp ketahan karena musuh mati)

Atau kejar hero mati 20 detik dengan resiko TP dan jalan kaki ke camp terdekat, disini lu ngebuang 90 gold + 15 Detik buat jalan kaki, jadi perhitunganya 350 - 90 = 260 gold untuk 35 detik, tapi musuh mati (gold, exp ketahan karena musuh mati)

Sudah paham sampai disini? lanjut ke Map controlling, nah ini adalah inti dari farming pattern itu sendiri

lu liat map di atas kan? begitu lu punya 2 item kunci early game, let say itu wraith band kek, bracer kek + sepatu lu seharusnya bisa rotasi lane - jungle seperti yang di awal gua bilang pada saat kalah laning, tetapi lain halnya disini adalah untuk boosting farming speed lu aja dengan term and condition dimana lu harus aware minimap

creep camp dekat tower itu sangat safe buat lu ambil istilahnya adalah green camp, lu bisa ambil itu, percepat farming lu, gua sarankan ambil yang kecil dulu, karena inget ketika creep bertemu, lu harus balik lane lagi, tapi ketika lu udah mampu clear creep camp kecil terus creep masih jauh, nggak ada salahnya lu icip - icip yang camp gede sepukul dua pukul, nah lama - kelamaan item lu cepet tuh lu bisa clear 2 camp di samping lane lu, disitulah kenapa lu mesti mutusin buat ngepush creep lu jauh - jauh dari tower, supaya lu bisa masuk jungle dan percepat farm lu, jadi GPM lu bisa tembus 500an

Cepat atau lambat creep yang lu push tadi, berefek pada tower musuh yang semakin cepat habis, disini lu perlu perhatiin juga mana safe camp, mana contest camp, mana danger camp

begitu tower tier 1 hancur, lu bisa contest camp di deket tier 1 yang baru lu ancurin itu dengan musuh, jadi otomatis lu dapet camp tambahan selagi musuh masih sibuk di lane, inget ya ini contest camp, beresiko lu di tabrak balik atau lu dapet kill, biar lu dapet kill ya lu harus rajin - rajin check item musuh, kalau sama ya mending mundur dulu aja, tapi kalau unggul ya lu kill aja, inget time management, 10 detik sure kill atau lu mundur dan lanjutin farmnya

semua camp dekat dengan tower, itu safe camp
semua camp dekat dengan vision yang berada di daerah musuh itu contest camp (termasuk camp yang ada di belakang creep wave yang sedang ke push, misal creep lu udah sampe highground musuh, nah camp di belakangnya yang deket lane musuh itu, semuanya contest camp)
semua camp yang gelap dan jauh dari tower jauh dari vision serta creep wave itu dangerous camp, sangat besar kemungkinan lu mati kena gank disini

nah segitu dulu ya dari gua

inget kata kuncinya 

Movement Speed
Clearing Wave Creep
10 Seconds decision Kill or Leave
Farm in Safe Camp


dari situ ga mungkin ada GPM 400 lagi meskipun lu kalah sekalipun (kecuali lu kebantai karena emang ke stomp sama smurf)

Tips trick dari gua ya, untuk beberapa hero biar lu cepet farmingnya 

Naga Siren, Gua sangat amat senang bermain hero ini, karena cuman butuh 2 Wraith Band, dan Mirror Image level 4 (skill 1 level 4) cukup dengan 2 illusion mampu clear 1 camp neutral, jadi lu ga perlu jalan ke camp jungle, lu cukup stay lane control lanenya sambil nge harras tipis tipis

Jadi item untuk Naga Siren ini, 2 Wraith Band, Power Thread, langsung manta / Diffu, begitu lu dapet manta/diffu lu cukup spread 1 illu persafe camp / contest camp aja udah bisa bersih, dengan lu punya 3 illu, berarti lu dapet 4 camp secara cepat

boleh di bilang Naga Siren ini lebih kenceng farmingnya ketimbang Alchemist

Setelah Naga Siren, gua bisa bilang anjurin untuk pick Juggernaut

2 Wraith Band, Phaseboots, Maelstorm / Drum dengan adanya maelstorm, berarti lu jangan build Diffusal, hero lu kegedean damage, tapi sustainnya kecil, oke oke aja kalau emang perlu damage gede, dan musuh damagenya dikit, jugg ini enak banget buat lu pake split push misah dari yang lain cicil cicil tower musuh, saat mereka tele, temen lu lagi war, lu liat kalau ada yang memungkinkan under 10 Seconds kill ya lu tele kesana, tapi kalau ga ada ya lu tele tower terdekat aja buat lanjutin farmnya

Setelah Naga Siren, Juggernaut, kemudian gua anjurin lu main Dragon Knight offlane

disini kuncinya lu sustain, karena damage DK itu udah cukup banget 2 Ring of regen + 1 ring of protection udah cukup buat lu tabrak - tabrak musuhnya sampe ke usir dan begitu dia ke usir free tower free side lane camp juga, lu bisa clear camp pake breathenya juga kan?
Polling
0 suara
Apakah ini membantu lu berkembang?
Diubah oleh flyinpig 29-03-2020 04:51
sarkajenona212chillplayid
chillplayid dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.8K
5
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dota 2
Dota 2
icon
2.8KThread2.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.