Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
97
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e801cbd88b3cb207429ed2f/mengenal-dua-bersaudara-asal-medanbus-makmur-halmahera-king-of-medan-pku
Hallo gan sist ketemu lagi sama ane,semoga agan sista semua tidak bosan membaca tulisan ane.Masih membahas soal dunia transportasi darat,masih dipulau Sumatera juga.Ane akan membahas salah satu bus dari Medan,yang mendapat julukan raja,karena armadanya yang cukup banyak dijalurnya sendiri,langsung saja perkenalkan Makmur-Halmahera.
Lapor Hansip
29-03-2020 10:57

Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hallo gan sist ketemu lagi sama ane,semoga agan sista semua tidak bosan membaca tulisan ane.Masih membahas soal dunia transportasi darat,masih dipulau Sumatera juga.Ane akan membahas salah satu bus dari Medan,yang mendapat julukan raja,karena armadanya yang cukup banyak dijalurnya sendiri,langsung saja perkenalkan Makmur-Halmahera.

Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)

Sumber Foto


Makmur sendiri merupakan salah satu bus yang dibilang sudah berumur dilintas Sumatera,didirikan pada 12 September 1958 di Medan Sumatera Utara,nama awalnya adalah Subur.PO Subur menjadi salah satu perintis trayek Medan-Pekanbaru pada masanya,trayek itu terus bertahaan sampai sekarang.Mohon koreksinya kalau salah gan sist,ada beberapa yang bilang kalau Makmur (Subur) didirikan sekitar tahun 1960-1970an.Ane sendiri belum mendapat informasi pasti soal ini,yang pasti PO ini sudah eksis mulai era 80-an,kalau ada yang tahu nanti tolong tambahkan dikolom komentar ya emoticon-Big Grin emoticon-Peace

Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)

Kota Medan,tempat lahirnya Makmur emoticon-Belo

Sumber Foto


PO Subur didirikan oleh dua orang perantau asal Laguboti,Tobasa (Toba Samosir) yang bernama Bapak Walman Hutapea dan Bapak Binsar Hutajulu.Sekitar tahun 1960,nama PO Subur diganti menjadi Makmur,dan bertahan sampai sekarang.Dengan harapan busnya bisa Makmur seperti namanya.


Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)

Sumber Foto


Sama seperti kebanyakan bus Sumatera,tahun 1980 bersama PO bus Sumatera yang lain.Makmur ikut merintis trayek mulai dari Medan-Jakarta,sampai yang terjauh menuju Solo (Jawa Tengah).Oh ya gan sist,salah stu agen atau poolnya dulu ada di Jl.Pemuda-Rawamangun,Jakarta depan kampus IKIP (UNJ).Tapi sayangnya ketika awal tahun 2000-an,sewaktu pesawat muncul dengan tarif murahnya.Banyak bus asal Sumatera tumbang pada akhirnya,Makmur adalah salah satu bus yang harus angkat kaki dari pulau Jawa emoticon-Berduka (S)


Setelah tidak aktif mengisi trayek ke pulau Jawa,PO Makmur lebih memilih fokus rute lintas Sumatera.Jalur Medan-Pekanbaru menjadi andalannya dari dulu sampai sekarang,selain membuka trayek bus AKAP.Makmur juga memiliki trayek jarak dekat (AKDP),yakni trayek Medan-Sibolga.Untuk divisi AKAP,selain dari Medan,Makmur juga membuka trayek dari Sidikalang,Porsea,dan Tarutung menuju Pekanbaru.


Menjelang tahun 2010,armada bus milik Makmur telah melebihi batas yang ditetapkan oleh Dishub.Tapi permintaan penumpang akan transportasi bus dijalurnya terus meningkat,akhirnya Makmur membeli PO Halmahera yang memiliki trayek sama (Medan-Pekanbaru),untuk membantu armada Makmur waktu itu.Halmahera akhirnya menjadi anak perusahaan dari CV.Makmur,waktu itu armada bus Halmahera adalah bus medium (3/4).Seiring berjalannya waktu,armada medium bus itu digantikan oleh unit big bus,sama seperti milik Makmur.

Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)

PO Halmahera yang dibeli Makmur

Sumber Foto

Beberapa kelas yang ditawarkan Makmur-Halmahera adalah Royal Class AC,Patas,hingga Ekonomi Toilet (Ekolet).Selain itu Makmur-Halmahera memilih menggunakan chasis dan mesinnya Mercedes-Benz.Beberapa diantanya dalah tipe OH 1526,O500R 1836,sampai chasis tronton OC 500 RF 2542 emoticon-Belo
Untuk body bus mereka percayakan pada beberapa karoseri ternama seperti Laksana,Adiputro dan Rahayu Sentosa.


Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)

Chasis fenomenal OC500RF2542,body Jetliner karoseri Rahayu Sentosa emoticon-Belo


Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)

O500R 1836,body SR1 karoseri Laksana

Sumber Foto


Sesuai instruksi dari Dishub,maka CV Makmur sekarang beralih menjadi badan hukum berbentuk PT,dengan nama
PT Makmur Jaya dan PT Indah Halmahera Nusantara sampai sekarang.Satu lagi ciri khas Makmur-Halmahera ini gan sist,terletak pada warna bodynya.Makmur biasanya identik dengan warna ungu,dan Halmahera identik dengan warna merah.Pada medio tahun 80-90,awalnya Makmur menggunakan livery warna putih,tapi ane tidak berhasil menemukan fdoto livery legend itu.


Tapi sekarang sepertinya armada Makmur mulai dirubah menjadi warna merah,mengikuti warna Halmahera.Hanya menyisakan sedikit warna strip ungu dibagian depan,samping dan belakang body bus,bisa kita lihat dari foto diatas.

Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)

Makmur dengan ciri khas warna ungu

Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)

Halmahera dengan warna merahnya

Sumber Foto


Untuk armada yang dijalankan setiap harinya sekitar 70 unit bus dari Medan,belum termasuk pemberangkatan lainnya dari Sidikalang dan Toba emoticon-Belo
Tak heran jika julukan King (raja) of Medan-PKU disematkan pada dua bersaudara Makmur dan Halmahera,selain memiliki jumlah armada yang banyak,mereka juga salah satu PO dengan jam keberangkatan paling banyak didaerah Sumut.


Bersaing dengan nama beken lainnya seperti Medan Jaya,Intra,P3 (Putra Pelangi Perkasa),tak ketinggalan si legend ALS turut meramaikan jalur Medan-PKU.Walaupun banyak pesaing,mereka tetap jadi andalan dijalurnya.Ketika gan sist bertanya pada penumpang tujuan Medan,pasti mereka akan menjawab Makmur emoticon-Cool


Itulah tadi sedikit cerita dari salah legenda Sumatera yang mendapat julukan King of Medan-PKU,oh ya jangan lupa komennya tentang bus ini.Soal pengalaman perjalanan atau sejarah mengenai po ini,silakan tulis dikolom komentar.Best komen akan dipajang dipejwan,ane matamalaikat undur diri dulu.Sampai ketemu dithread bus lainnya emoticon-Toast




Sumber:Opini dan pemikiran serta pengalaman kawan TS
Referensi:1 , 2 , 3
Sumber Foto:blogger busmania,google image


Thread bus legend lainnya,silakan mampir buat nambah wawasan kalian soal transportasi bus emoticon-Toast

Sejarah ALS
Sejarah ANS
Sejarah NPM
Sejarah PMTOH
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
29-03-2020 11:02
Pengalaman para kaskuser,terimakasih sudah berbagi emoticon-Toast

Info tambahan kenapa Medan-Pku itu penumpangnya rame banget

Quote:Original Posted By cakapsampah
Jalur Medan - pknbaru memang yg paling padat se Sumatera gan
Yg pertama karna jarak ga terlalu jauh
Karena banyak pekerja di perkebunan di Riau itu domisili di Sumut
Ketiga karna banyak mahasiswa dari Sumut kuliah di pknbaru dan sebaliknya


Quote:Original Posted By pannotia.server
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)

Bus yang hampir menyambungkan kota-kota yang ada di Sumut dengan kota-kota yang ada di Riau. Sidikalang-PKu, Medan-Dumai misalnya.


Quote:Original Posted By darklight89
pengalaman naik makmur ...
jurusan medan - p.baru


Gw dpt seat pas di bawah blower AC, alhasil selama perjalanan ±15 jam ga nyenyak tidur gan..
sampe².. penumpang sebelah gw..

gw minta tukar seat..
kagak tahan.. uii... dingin banget.. tu AC

mgkn tu baru di servis atau apa gt..
pokoknya asli ga bisa tidur..
bahkan selimut gw aja tembus.

mau pindah seat lain.
pada penuh..
Kernek nya bolak balik cek tempat duduk sesuai karcis...
emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By cakapsampah
Saya hadir di thread agan yg bahas bus ALS, sekarang di thread PO Makmur bersaudara
Kisah dimulai pada medio 2009 waktu ane diterima kuliah di Pknbaru
PO Makmur lah yg memberangkatkan ane pertama kali keluar prov Sumut dgn armada legend OH 1525

Disaat libur mudik dan semesteran, selalu naik bus ini gratis karna faktor kedekatan bapak ane dgn mayoritas driver dan kenek Makmur pada waktu itu
Bahkan waktu istirahat makan, ane selalu diajak duduk di meja supir dan ambil makan sepuasnya (makan di rumah makan pemberhentian bus biasanya cukup mahal utk kantong mahasiswa)

Spesial nya bus Makmur ini, driver nya cukup hati2 walaupun selalu berangkat malam dan melewati lintas timur JalinSum
Ada memang yg berakhir di pos polisi jalan lintas karena kecelakaan tapi tidak sebanyak PO lain padahal jadwal keberangkatan terbanyak perhari seperti yg TS jelaskan

Dan walaupun penumpang sepi, berapapun penumpang pasti diantar sampai terminal tujuan, tidak pernah mengoper penumpang kecuali rusak ( ini pasti menghubungi bapak ane dkk)
Ane pernah naik bis executive OH 1626 pada saat masih tergolong baru (2mingguan Jalan) penumpang <10 orange
Tetap diantar sampai pknbaru dgn selamat dan nyaman

PO ini yg paling berkesan di ane


Quote:Original Posted By mahyaruddin
bus langganan ane kalo ke PKU


Quote:Original Posted By GoKiEeLaBieEzZ
Gue sering naik ini waktu kuliah di Medan dulu kalau mau pulang ke PKU
Diubah oleh si.matamalaikat
0 0
0
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
29-03-2020 11:08
di krangkeng biar kalau lewat hutan ga ada yg barbar ke kaca depan
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
29-03-2020 11:16
Quote:Original Posted By indra.blora
di krangkeng biar kalau lewat hutan ga ada yg barbar ke kaca depan


betul,sudah jadi ciri khasnya bus sumatera gan.pasang tameng kayak kendaraan rantisnya polisi,rawan atlet lempar batu dan bajing loncat emoticon-Ngacir
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
29-03-2020 13:22
weih pakai krangkeng dimuka gan ganas ya libtas sumtra wak
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
29-03-2020 16:46
Quote:Original Posted By yuswijaya
weih pakai krangkeng dimuka gan ganas ya libtas sumtra wak


lebih tepatnya disebut tameng gan,untuk menghindari aksi pelemparan batu dilintas sumatera emoticon-Ngacir
0 0
0
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
29-03-2020 18:47
Yang kuning tu bus apa ya om, jelek beeeeettttt.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
0 1
-1
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
29-03-2020 20:08
Duduk paling pinggir dekat jendela

profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
29-03-2020 20:15
Quote:Original Posted By adekgantengom
Yang kuning tu bus apa ya om, jelek beeeeettttt.
emoticon-Leh Uga


kuning ?,bikunnya UI yang ente maksud ? emoticon-Bingung

Quote:Original Posted By rindudihati
Duduk paling pinggir dekat jendela



wkwkwk,apalagi naik yang ekonomi non ac.sampe rumah bisa2 masuk angin emoticon-Ngakak (S)

emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh si.matamalaikat
0 0
0
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
29-03-2020 23:04
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)

Bus yang hampir menyambungkan kota-kota yang ada di Sumut dengan kota-kota yang ada di Riau. Sidikalang-PKu, Medan-Dumai misalnya.
profile-picture
profile-picture
liee dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
29-03-2020 23:08
Quote:Original Posted By pannotia.server
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)

Bus yang hampir menyambungkan kota-kota yang ada di Sumut dengan kota-kota yang ada di Riau. Sidikalang-PKu, Medan-Dumai misalnya.


betul bang,paling banyak nih armadanya.sayang tidak buka trayek Jakarta-Medan lagi,Medan-PKU salah satu andalannya Makmur-Halmahera emoticon-2 Jempol
0 0
0
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
29-03-2020 23:11
Quote:Original Posted By si.matamalaikat
betul bang,paling banyak nih armadanya.sayang tidak buka trayek Jakarta-Medan lagi,Medan-PKU salah satu andalannya Makmur-Halmahera emoticon-2 Jempol


Hooh... saingan ama Bintang Utaraemoticon-Big Grin

Berarti abis ni Rapi/Bintang Utara/Pelangi kahemoticon-Leh Uga
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
30-03-2020 12:10
Quote:Original Posted By pannotia.server
Hooh... saingan ama Bintang Utaraemoticon-Big Grin

Berarti abis ni Rapi/Bintang Utara/Pelangi kahemoticon-Leh Uga


wkwkwk mungkin,banyak banget bus legend disumatera sampe bingung nulisnya bang emoticon-Ngakak


setelah ini masih dari kota medan,julukannya itu keren banget dah.coba tebak bus apa ?,tunggu aja tanggal tayangnya emoticon-Toast
0 0
0
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
30-03-2020 13:02
Supir medan tak ada lawan yeahhh
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
30-03-2020 13:07
sayang ga ada dobel dek nya
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
30-03-2020 13:07
kalau di Jawa ya seperti sumber kencono atau nama barunya sumber slamet
tapi yah.... sama aja
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
30-03-2020 13:09
bis aja punya sodara ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
30-03-2020 13:12
Bahas PO Sempati dong gan. Dari sebelom di beli Sepakat Group. emoticon-Big Grin
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
30-03-2020 13:14
wowww
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
30-03-2020 13:16
wah bis nga kayaknya bersejarah ya gan namanya keren kayaknyaa nih
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Dua Bersaudara Asal Medan,Bus Makmur-Halmahera (King of Medan-PKU)
30-03-2020 13:16
Quote:Original Posted By si.matamalaikat
betul,sudah jadi ciri khasnya bus sumatera gan.pasang tameng kayak kendaraan rantisnya polisi,rawan atlet lempar batu dan bajing loncat emoticon-Ngacir


Disana emang rawan bajing loncat ya gan??
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia