Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
81
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e801afd9a972e6e5136b2f8/membuat-minuman-jahe-ala-rumahan-mumpungdirumah
Sumber: sini Selamat Pagi Gansist di hari Minggu yang cerah ceria ini. Di hari Minggu enaknya itu berolahrga agar badan tetap fit guna untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar kita terhindar dari virus Corona. Kabar terbaru yang Ts dengar dampak virus Corona ini sudah mulai menjalar di tempat ane tepatnya di daerah Ajibarang konon sudah ada yang menjadi korban keganasan virus Corona ini. Kemarin d
Lapor Hansip
29-03-2020 10:50

Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah

icon-verified-thread
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah

Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah

Sumber: sini

Selamat Pagi Gansist di hari Minggu yang cerah ceria ini.


Di hari Minggu enaknya itu berolahrga agar badan tetap fit guna untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar kita terhindar dari virus Corona. Kabar terbaru yang Ts dengar dampak virus Corona ini sudah mulai menjalar di tempat ane tepatnya di daerah Ajibarang konon sudah ada yang menjadi korban keganasan virus Corona ini. Kemarin di sekitar tempat tinggal ane juga dilakukan penyemprotan dengan disinfektan oleh petugas kebersihan desa.

Kebetulan beberapa hari ini sebenarnya kakak TS itu sedang membuat ramuan atau minuman dari tanaman rempah jahe karena dia sedang merasa kurang enak badan.

Kemarin sempat tersiar kabar bahwa tanaman jahe ini ampuh untuk menangkal virus Corona (COVID-19), tetapi untuk faktanya belum ada penelitian loh Gansist tentang tanaman jahe ini.

Tanaman jahe ini memiliki nama latin Zingiber Officinale dan menurut sumber jahe atau rimpang jahe diketahui memiiliki banyak kandungan kimia yang berkhasiat.


Quote:Penyusun utama dari jahe segar adalah senyawa homolog fenolik keton yang dikenal sebagai gingerol. Gingerol sangat tidak stabil dengan adanya panas dan pada suhu tinggi akan berubah menjadi shogaol. Shogaol lebih pedas dan tajam dibandingkan gingerol. Shogaol merupakan penyusun utama pada jahe kering (Mishra et al., 2009).


Quote:Jahe kering mengandung minyak esensial atau atsiri 1%-3%, oleoresin 5%-10%, pati 50%-55%, kadar air 7%-12% dan jumlah kecil protein, serat, lemak dan abu (Eze dan Gabo, 2011). Kandungan minyak atsiri 1%-3% merupakan faktor yang mempengaruhi aroma jahe. Jahe segar kadar airnya 94%, 17% nya mengandung gingerol 21,15 mg/g (Ali et al., 2008). Zingiber officinalis mengandung karbohidrat, lemak, serat dan energi dengan persentase yang tinggi (Hussain, 2010).

Kemudian tanaman jahe ini juga mengandung banyak manfaat atau khasiat bagi kesehatan tubuh.


Quote:Struktur kimia jahe mengandung senyawa seperti oleoresin, geranial, neral, b-fellandren, sineol, borneol, bisabolen, zingiberene, gingerol, shogaol, diterpenes, lypids, protein, pati dan vitamin. Tanaman ini dilaporkan memiliki efek anti inflamasi, antimikroba, anti kanker, anti diabetes, anti lipidemik dan antiemetik. Selama lebih dari 2.500 tahun, rimpang jahe (Zingiber officinale) telah digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, serta nyeri sendi dan otot (Alparslan and Ozkarman, 2012).


Oleh karena itu #mumpungdirumahTS jadi belajar membuat ramuan dari tanaman jahe ini yang punya nama latin Zingiber Officinale . Berikut resep cara membuat ramuan atau minuman jahe ala rumahan yang tentunya prosesnya harus higienis dan tidak boleh sembarangan.


1. Siapkan jahe secukupnya yang berukuran besar sesuai selera. Kalau TS kemarin 4 jahe.

2. Biasanya jahe yang dibeli di pasar tradisional ada yang masih kotor karena bekas tanah liat, oleh karena itu jahe harus dicuci hingga bersih dengan air mengalir hingga kotorannya hilang.

3. Proses selanjutnya adalah jahe tersebut dibakar dengan menggunakan arang. Hal ini dilakukan kalau menurut orangtua TS untuk menghilangkan getah yang ada pada jahe tersebut.

4. Setelah dibakar bersihkan kembali jahe tersebut, karena biasanya bekas proses pembakaran atau arang berwarna hitam menempel pada jahe.

5. Siapkan air secukupnya kurang lebih 3 gelas air kemudian rebus jahe yang sudah dibakar tersebut dicampur dengan 1 batang sereh agar aromanya lebih nikmat.

6. Setelah mendidih air rebusan jahe bisa dikonsumsi. Jangan lupa bekas sereh yang sudah direbus bisa dibuang saja. Minuman jahe ini memang paling enak diminum selagi hangat karena akan tercium aroma yang nikmat dari perpaduan antara jahe dan juga sereh tersebut. Apabila ingin ada rasa manis Gansist bisa tambahkan gula merah biar makin sedap.

#Mumpungdirumah Gansist juga bisa mencoba untuk membuat minuman atau ramuan ini di kala musim hujan atau sedang tidak enak badan karena minuman jahe bisa menghangatkan tubuh. Namun, ingat jangan mengonsumsi minuman jahe ini secara berlebihan atau setiap hari karena rempah jahe bersifat panas dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan apabila dikonsumsi terus-menerus.


Dokpri



Sumber: opini pribadi plus klik
Diubah oleh Richy211
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 10:50
page one
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan risky.jahat memberi reputasi
2 0
2
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 10:50
Minuman Jahe Gansist
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan risky.jahat memberi reputasi
2 0
2
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 11:11
Jahe udah mahal gara2 hoax yang bilang jahe bisa nahan virus corona emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 11:26
Quote:Original Posted By greengeckoijo1
Jahe udah mahal gara2 hoax yang bilang jahe bisa nahan virus corona emoticon-Big Grin


Iyaa gan ini juga mahal banget pas beli di pasar alamakk emoticon-Ngakak
profile-picture
risky.jahat memberi reputasi
1 0
1
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 11:39
dari ane lahir sampe skarang selalu ketemu jahe emoticon-2 Jempol

setiap hari jahe...
emang banyak manfaat dan baik buat kesehatan emoticon-2 Jempol
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 11:45
wah seger tuuh
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 11:54
Quote:Original Posted By Richy211
page one


Quote:Original Posted By Richy211
Minuman Jahe Gansist


Saya ada yg instan sis, bikin juga ini event

Quote:Original Posted By greengeckoijo1
Jahe udah mahal gara2 hoax yang bilang jahe bisa nahan virus corona emoticon-Big Grin


Sebenarnya ngga hoax sih gan, karena jahe bisa meningkatkan imun, coz bukan hanya virus tsb, semua virus kalau imun kuat tdk akan berpengaruh oada tubuh
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 12:46
Ane malah hampir tiap hari minum jahe gan. Apalagi pas nyeri asam lambung.
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 14:42
Quote:Original Posted By risky.jahat
dari ane lahir sampe skarang selalu ketemu jahe emoticon-2 Jempol

setiap hari jahe...
emang banyak manfaat dan baik buat kesehatan emoticon-2 Jempol


Wakakka iya nih sist, kemarin menang dapat kaos lisa ya :goyang
0 0
0
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 14:42
Quote:Original Posted By evihan92
wah seger tuuh


Iyaa bunda tapi pedes banget mgkn ditambah susu jadi enak wkwkwk.
0 0
0
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 14:43
Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Saya ada yg instan sis, bikin juga ini event



Sebenarnya ngga hoax sih gan, karena jahe bisa meningkatkan imun, coz bukan hanya virus tsb, semua virus kalau imun kuat tdk akan berpengaruh oada tubuh


Wakaka iya bunda mendadak dapat ide jadinya aku bikin lagi mumpung blm habiss :goyang
0 0
0
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 14:44
Quote:Original Posted By remahrengginan
Ane malah hampir tiap hari minum jahe gan. Apalagi pas nyeri asam lambung.


Ouh gtu gan tapi jgn keseringan hehee kLo lambung katanya minum kunyit atau temulawak.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 15:16
Itu juga minuman ane, Chy
Campur madu tapinya sih, enaak
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 15:20
Quote:Original Posted By phyu.03
Itu juga minuman ane, Chy
Campur madu tapinya sih, enaak


Iya om setuju kalok dikasih madu biar ada manis2nya emoticon-Ngakak
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
1 0
1
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 15:21
Quote:Original Posted By Richy211
Iya om setuju kalok dikasih madu biar ada manis2nya emoticon-Ngakak


Semanis senyummu, Chyemoticon-pencet
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 15:22
Quote:Original Posted By Richy211
Wakakka iya nih sist, kemarin menang dapat kaos lisa ya emoticon-Goyang


haha iya.. lumayan buat pamer ke temen2 emoticon-Malu

tpi nunggu korona dlu baru dkirim emoticon-Malu
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 15:23
Quote:Original Posted By risky.jahat
haha iya.. lumayan buat pamer ke temen2 emoticon-Malu

tpi nunggu korona dlu baru dkirim emoticon-Malu


Ouh gtu hehe gpp kalo nanti ganti fandom lain pgn ikutan apalagi kalo BTS :goyang
0 0
0
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 15:24
Quote:Original Posted By phyu.03
Semanis senyummu, Chyemoticon-Stick Out Tongueencet


Wakaka senyumku pahit om kaya temulawak.
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
1 0
1
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 15:25
Quote:Original Posted By Richy211
Wakaka senyumku pahit om kaya temulawak.


Bisa ntar dibikin jamu, sinii temulawaknyaemoticon-Ngakak
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah
29-03-2020 15:26
Quote:Original Posted By phyu.03
Bisa ntar dibikin jamu, sinii temulawaknyaemoticon-Ngakak


Wakakka boleh om tapi petik sendiri
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia