News
Batal
KATEGORI
link has been copied
250
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7fb5bf65b24d038428ba51/keluh-kesah-masyarakat-bawah-karna-dampak-virus-corona
Penelitian saya selama beberapa hari ke orang orang UMKM/Karyawan di bandung. Saya menanyakan ke sebagian banyak kepada mereka tentang kondisi sekarang yang musim nya Virus Corona atau Covid-19 yang berdampak kepada UMKM/karyawan.
Lapor Hansip
29-03-2020 03:38

Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hai para pembaca semuanya.
Selamat datang di Thread saya.
Mari kita membaca dalam beberapa menit.

Saya kali ini akan membuat thread tentang keluh kesah masyarakat kalangan bawah/karyawan/Pedagang Kaki Lima, dll.

Penelitian saya selama beberapa hari ke orang orang UMKM/Karyawan di bandung.
Saya menanyakan ke sebagian banyak kepada mereka tentang kondisi sekarang yang musim nya Virus Corona atau Covid-19 yang berdampak kepada UMKM/karyawan.

1. Pedagang Kaki Lima/ Ojek Online/ Warteg/ RM Padang/ dll.

Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona

Saya pergi ke warung untuk beli rokok, saya menanyakan kepada bapak penjual dampak apa yang mereka rasakan karna virus corona.

"Sudah 2 minggu sepi pembeli, jualan dari pagi sampai larut malam hanya sedikit sekali yang beli" kata bapak penjual.

"Kenapa bapak tidak diam dulu di rumah untuk beberapa hari ? Apa bapak tidak takut terkena virus corona ?" Tanya saya.

"Bagaimana mau diem di rumah kalo kebutuhan banyak, tidak apa apa kalo hanya untuk beli beras untuk makan aja.
Kalo takut sih iya, tapi ekonomi harus gimana kalo ga usaha" jawab bapak penjual.

"Jadi karna beras ya pak, iya juga hasil dari jual rokok, kopi untung nya sedikit banget. biasa nya kan dari pemerintah di ke RT/RW in kasih sembako berupa Beras, makanan dll. Apakah pemerintah kasih sembako atau tidak?" Tanya saya.

"Iya kami dari kalangan bawah hanya dapet untung sedikit sekali, belum lagi sekarang sepi pembeli karna corona, untung engga malah menombok modal.
Kami bukan nya tidak mau diam dirumah sudah disuruh pemerintah, hanya ekonomi buat makan kami berjualan. Bapak juga punya keluarga untuk di nafkahi, punya anak 7, yang bungsu itu masih bayi.
Sembako seperti beras, dan lain lain dari RT/RW tidak ada, malah sudah bertahun tahun sembako beras tidak di kasih. Saya ingat waktu itu ada sembako beras, dari warga RT sebelah ada yg di kasih sembako ada yang tidak di kasih, dari RT saya juga begitu ada yang di kasih ada yang tidak, padahal saya kalangan bawah yang membutuhkan sembako beras tidak di kasih sama sekali" jawab bapak penjual.

"Jadi gini bang, kami kalangan bawah mau tidak mau harus berjualan. Takut sih iya tapi mau gimana lagi karna ekonomi. Yang saya takutkan itu karna faktor ekonomi nanti bakal banyak orang menjadi orang jahat sebab pemasukkan keuangan tidak ada. Di jalan sepi, gimana kalo ada orang terdesak ekonomi, terlintas di pikiran nya malah nge begal seseorang.
Jadi, intinya kalo bisa pemerintah kasih sembako berupa beras, uang, makanan. Mau itu uang 500rb atau 3 jt buat 1 bulan diem dirumah. Jika bisa pemerintah harus ketat kepada pembagi sembako tsb supaya tidak di korupsi/tidak di bagikan ke beberapa orang" jawab lanjut bapak tsb.

"Berbeda yang kalangan atas seperti youtuber, selebgram, dll. Mereka mempunyai banyak simpanan uang jadi disuruh pemerintah untuk diam di rumah mereka baik baik aja karna mereka punya banyak sekali uang, uang tabungan dirumah nya, tabungan di rekening nya, uang dari hasil investasi nya.
Bukan nya kami menentang keputusan pemerintah yang bilang suruh dirumah, kami hanya sedikit punya tabungan keuangan dan ada juga mungkin yang tidak mempunyai tabungan. Bagaimana kalo masyarakat bawah yang tidak punya tabungan. Mau makan gimana ? Mau rokok gimana? Mau minum gimana ? Masalah nya tuh perut. Kami sangat hormat dan cinta ke pemerintah tapi mana bantuan nya ke kalangan bawah? Mereka kalangan atas yang mendapatkan uang Easy Money apalagi youtuber easy money banget.

Kita pedagang mau jualan salah takut nya kena virus, kita pedagang mau diem dirumah salah juga. Diem dirumah gaada pemasukan uang untuk beli beras dan minum" Kata bapak penjual

Dan begitu juga dari orang penjual lain nya seperti Warung Pinggir Jalan, Warteg, RM padang, dll.

2. Karyawan

Saya sudah beberapa hari menanyakan ke beberapa orang, saya bertanya ke teman terdekat saya, dan orang yang bekerja di restoran/perusahan/dll.

Mereka juga berkata seperti di atas, mereka hanya untuk mencari makan.

Bagaimana nasib karyawan yang sudah berkeluarga, bagaimana nasib karyawan yang belum menikah tapi bayar kosan terus berjalan mau bayar pakai apa ?

Saya menulis ini dari keluh kesah masyarakat kalangan bawah kira aja pemerintah dan kalangan atas melihat nya, jangan hanya bicara "Kenapa ga diem dirumah?" "Diem dirumah nanti kena virus" "jangan kerja dulu, diem dirumah isolasi diri sendiri" dan lainlain.

Buat kalangan atas saya mengingatkan mereka susah loh mendapatkan uang mereka banting tulang dari pagi sampai tengah malam, bagaimana sama penjual makanan seperti warteg, rumah makan padang yang sudah di masak capek capek dari pasar, jam 5 subuh kepasar masak dari jam 6 pagi beres jam 8 pagi, buka set 9 pulang larut malam. Tapi sepi pembeli dan masakan itu mubazir, sebagian penjual yang buka itu bukannya tidak mau dirumah tapi mungkin saja tidak ada simpanan uang untuk diem dirumah, jika ada simpanan uang pasti diem dirumah.

Apalagi ojek online yang kerja keras dari pagi sampe malam, mengantarkan ini itu ya.

Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona

Sejarah


Enak kalangan atas diam dirumah masih ada simpanan uang yang sangat banyak.

Mungkin saja pemerintah melihat postingan saya untuk membantu mereka, adakan lagi program sembako beras/uang/dll supaya mereka bisa beristirahat beberapa hari atau beberapa minggu.
Takut nya karna faktor dari ekonomi, banyak orang yang mungkin saja menjadi melakukan kejahatan mengambil barang yang bisa di jual.

Semoga bermanfaat.

Jangan lupa cendolnya, comment, dan share nya supaya pemerintah dan kalangan atas tau.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Penulis&Ide : saya sendiri.
Sumber foto : google gambar
Diubah oleh ipangperalta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akang.ojay dan 30 lainnya memberi reputasi
29
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 10
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 16:58
Wahhh sedih banget semoga kita semua selalu dilancarkan rejeki nya yaaa
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:00
Jadi inget ini
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
profile-picture
ipangperalta memberi reputasi
1 0
1
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:00
Iyaaa banyak dilemanya ya gan terutama untuk kaum marjinal dan kaum bawah.
Semoga deh segera dapet solusinya dan segera pergi virusnya
profile-picture
profile-picture
ipangperalta dan andrabedy memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:01
aku tidak menyalahkan pemerintah, saya rasa semua orang takut. Kecuali orang2 yang berteriak tidak takut mati lalu bertakbir. Saya rasa orang2 seperti ini, mereka jauh lebih takut hidup, akhirnya memilih mati.
profile-picture
profile-picture
ipangperalta dan septian.ca memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:04
lagi-lagi selalu saja masyarakat kelas bawah yang jadi korban
semoga pemerintah memperhitungkan kondisi yang sulit ini.
semoga wabah berakhir sebentar lagi
0 0
0
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:05
Quote:Original Posted By davinof
Nikmati saja segala keblangsakan ini..... Gak mati kena virus aja udah untung.

Tunggu aja ada kartu bebas miskin dari pemerintah....


Adanya kartu itu juga seharusnya tepat guna dan tepat sasaran kan
Yang dapat semoga saja yang benar2 membutuhkan dan kegunaannya manusiawi
0 0
0
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:05
Quote:Original Posted By corobikang
simple tapi pemerintah pelit atau malah ndak punya duit untuk menanggung hidup rakyatnya 2 minggu - 1 bulan..


Kebanyakan rakyatnya... Klo apbn dipake buat beli sembako trus dibagiin. Cukup enggak, yg ada kas negara habis dan rentar chaos
profile-picture
Ardhatas memberi reputasi
1 0
1
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:06
karantina wilayah sudah dicabut.
mau diganti darurat sipil kayaknya.
silahkan yang kontra lockdown sama karantina wilayah menikmati pilihan kalian.
sekarang masing masing warga urus diri sendiri
0 0
0
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:06
Quote:Original Posted By kecombranggg
Corona ini dampaknya sangat terlihat ya bagi masyarakat bawah.. dirumah ane ada tukang jualan keliling gitu tiap hari muter tapi gaada yg beli karena lagi kaya begini huhu kasian


Eh iya samaa, di perumahan ane juga masih ada yang muter tapi sepi, yah ane aja yang belii
0 0
0
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:07
Quote:Original Posted By pakdheku
Income ku dadi ora stabil yoan emoticon-Frown

Lempar
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)


Aku malah ODP, pakde
Ora Duwe Pemasukan
profile-picture
pakdheku memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:08
Quote:Original Posted By 8eruang8eruang
Teman ane punya resto, omzet udh turun 60%

Temen ane yg punya toko, omzet anjlok 50%

Temen ane yg karyawan, dirumahkan, gaji potong separo

Ane... Sukses jd ODP (ora duwek penghasilan)


Berarti wajar banget kalo THR terpaksa harus berkurang banyak
profile-picture
profile-picture
kanemas dan ipangperalta memberi reputasi
2 0
2
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:09
Quote:Original Posted By geforce9800gtx
emang ada yg ga terdampak?

semua orang ga usah orang kecil.. pengusaha, wiraswasta semua kena.. pemain saham kena juga..

ini musibah mana ada yg bisa untung disaat begini.. ya kalo ga segera berakhir mungkin kita cuman nunggu giliran aja untuk kenanya



dampak untuk rakyat menengah atas, harta berkurang, dan bisa dicari lg kalo situasi udah normal

dampak untuk rakyat yg kerja harian, mati kelaparan dalam 2 minggu

sebanding?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vlad.eisenhauer dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:11
ane ngeluh nich
0 0
0
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:14
Quote:Original Posted By juraganind0
Ya memang begitu pak. Makanya kalau ada karantina wilayah atau apapun namanya, saya lebih mendukung dibiayai biaya makanannya oleh pemerintah pusat sesuai UU kepada masyarakat menengah ke bawah. Karena masih banyak rakyat yang hari ini cari makan untuk besok.

Mereka mungkin ga mati karena virus corona, tapi mereka bisa mati kelaparan.

Kalau melihat US, Canada dan Australia pun, rakyatnya diberikan uang supaya mereka bisa makan.

US diberikan 1200USD
Canada sekitar 9 juta rupiah untuk 2 minggu

Itu supaya mereka bisa hidup pak

Jujur saja, saat ini terkesan setengah setengah. Sekarang saja usaha sudah susah. Pengusaha yang buka usaha restoran pada sepi, imbas dari tidak boleh nongkrong. Tapi satpol pepe ataupun isilop yang membubarkan ga mau mengganti kerugian akibat pelanggan pergi ataupun biaya operasional cafe/restoran. Sekarang pengusaha mau bayar biaya operasional darimana kalau tidak ada pemasukan?

Lebih baik kalau mau karantina wilayah, sudah laksanakan saja 2 minggu, kebutuhan rakyat dibiayai pemerintah. Setelah 2 minggu berjalan normal lagi. Selesai kan pak. Tidak ribet lagi


Di berita tadi siang saya melihat di TV pak presiden jokowi akan memberikan uang untuk rakyat 200ribu per bulan selama 9 bulan.

Di situasi seperti ini masyarakat kalangan bawah bukan hanya butuh uang tapi butuh makan sekarang dan besok gimana 😊
Biasa nya pemerintah selalu mengadakan program beras gratis dan kadang mengadakan program beras tebus murah.

Dari sini rakyat dan pemerintah harus teliti lagi kunyuk kunyuk yang membagikan sembako gratis dari kalangan para bapak RT/RW/Lurah, ada saja di antara mereka selalu mendapatkan keuntungan dari program beras yang seharus nya di bagikan ke masyarakat kalangan bawah malah di jual kembali. Sebagian di kasih ke warga sebagian lagi di jual.

Untuk uang yang ingin dikasih 200ribu per bulan selama 9 bulan oleh pemerintah sudah bagus dan lumayan, kenapa sih harus 200ribu per bulan ? Karna yang ingin mendapatkan bantuan bukan 1000 orang atau 5000 orang tapi seluruh indonesia, makaknya pemerintah memberikan dana 20 triliun untuk masyarakat indonesia.
Dan yang terpenting hanya beras dan makanan untuk masak, karna makanan dan beras untuk masak bisa bertahan 2 sampe 3 minggu.

Satpol pp yang membubarkan rakyat yang sedang nongkrong kan itu juga buat kesehatan semua nya, terutama pada karyawan dan boss pengusaha restoran tsb.
Pengusaha restoran masih bisa di masukkan lewat online atau hanya Take Away emoticon-Smilie
Dari penurunan itu wajar karna kondisi ekonomi keuangan rakyat sendiri lah yang menurun juga. Yang terpenting masih bisa take away dan online walaupun 40% yang penting dapet pendapatan uang.
Bahan pengeluaran untuk produksi sedangkan saja.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:14
Nah ini pertimbangan kenapa belum ada lokdan lokdon, efeknya akan terasa banget buat masyarakat menengah ke bawah pasti.
0 0
0
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:15
iya kasihan sungguh, tapi sekarang udah boleh jualan lagi kan mata pencaharian mereka tuh berdagang yaaa
0 0
0
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:20
Ada yg untung dan buntung gan. Utk pedagang makanan mungkin sepi pembeli karena takut makan di luar. Sedangkan yg diuntungkan adalah toko kelontong yg di dlm desa. Banyak kampung yg lockdown mandiri menjadi kan toko dlm desa rame pembeli karena takut jika beli di supermarket.

Pedagang pasar juga dirugikan karena banyak pasar yg di himbau tutup tapi tanpa ada kompensasi
0 0
0
Keluh Kesah Masyarakat Bawah Karna Dampak Virus Corona
31-03-2020 17:20
Quote:Original Posted By corobikang
intinya pemerintah ndak mau keluarin dana buat rakyatnya pada kondisi spt ini,.morotin maunya....sempak tenan..emoticon-Wakaka


Quote:Original Posted By corobikang
simple tapi pemerintah pelit atau malah ndak punya duit untuk menanggung hidup rakyatnya 2 minggu - 1 bulan..


Ikuti berita gan..


#jangan ber asumsi...
0 0
0
Halaman 2 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia