Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
7
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7ef0dc97751371da0f3ebc/mumpungdirumah-menanam-bawang-putih-ternyata-mudah-gan-sis
Assalamualaikum gan sis Tahes? :hai Tidak terduga, sampai trit ini dibuat, jumlah orang yang dinyatakan positif corona sudah mencapai 1.046 Kasus, 87 Meninggal, dan 46 Sembuh. Semoga kita lebih aware lagi, lakukan tips dan pencegahan guna mengurangi penyebaran virus itu. jangan bebel gan sis. link Bulan April sudah tinggal beberapa hari lagi, dan semua pada diliburkan hampir 2 minggu lamanya, tak
Lapor Hansip
28-03-2020 13:38

#mumpungdirumah, Menanam Bawang Putih Ternyata Mudah Gan Sis!

icon-verified-thread
 #mumpungdirumah, Menanam Bawang Putih Ternyata Mudah Gan Sis!

Assalamualaikum gan sis

Tahes?


emoticon-Hai



Tidak terduga, sampai trit ini dibuat, jumlah orang yang dinyatakan positif corona sudah mencapai 1.046 Kasus, 87 Meninggal, dan 46 Sembuh. Semoga kita lebih aware lagi, lakukan tips dan pencegahan guna mengurangi penyebaran virus itu. jangan bebel gan sis. link

Bulan April sudah tinggal beberapa hari lagi, dan semua pada diliburkan hampir 2 minggu lamanya, tak hanya pelajar dan mahasiswa, para pegawai dan pekerja pun sudah melakukan gerakan kerja dirumah.
Nah, #mumpungdirumah nih gan sis, mikirin tugas kuliah yang tiap hari ada sampai dua bulan kedapan, ane sempetkan untuk ber-eksperimen untuk menanam bawang putih, berawal dari stok bawang putih emak yang tinggal beberapa biji, lantas ane berpikir untuk menanam bawang itu untuk persediaan masa depan.
emoticon-Leh Uga

Dan lagi ane belum pernah melihat penampakan dari bawang putih yang masih ditanah. Nah, akhirnya ane memutuskan untuk menanam 3 biji terakhir bawang putih emak, alhasil. Pas emak mau masak, ane pun disuruh beli lagi, untung warung depan ada, jadi kagak perlu ke pasar.
emoticon-Hammer (S)


Dan inilah penampakannya.

 #mumpungdirumah, Menanam Bawang Putih Ternyata Mudah Gan Sis!  #mumpungdirumah, Menanam Bawang Putih Ternyata Mudah Gan Sis!

emoticon-Cool



Media Tanam

Well, sesuai judul nih gan sis, nanem kek gini sangatlah mudah. Cukup butuh media yang baik dan udara yang lembab diawal guna menumbuhkan benihnya. Disini ane memakai wadah dari… yah ane gak tau bahasa indonesianya. Wadah yang cukup besar dan dalam. Karena pada awalnya ane nanem itu di botol mineral yang besar, dengan posisi horizontal, ane pikir bisa menampung beberapa buah bawang putih dan bawang merah. Tapi lama lama kok ane liat akarnya sudah mau mentok. Akhirnya ane pindah ke media yang cukup besar dan dalam. Intinya ini. Seperti polybag juga lebih gampang,#mumpungdirumah ane menggunakan barang bekas.

Step selanjutnya adalah menyiapkan media tanam berupa tanahnya, disini ane mengayak tanahnya gan sis. jadi bisa lebih halus dan ditambah sedikit pasir. Nah kalo gak ada pasir juga tidak masalah gan sis, yang penting tanahnya empuk dan jangan ditekan danukup dibasahi saja.
Jadi kelembapannya terjaga guna mempercepat proses tunas. Dan disini ane beri seekor cacing agar sehat, aslinya sih gegara kegaruk pas ane ngambil tanah, kisian lahk, jadi ane taruk di media tanamnya
emoticon-Ngakak (S)

bwk



Cara Penanaman
Setelah media tanam sudah siap, saatnya peletakan bawang pada media tanam. Nah disini gan sis cari bawang yang sehat, tidak terkelupas kulitnya dan tentunya masih segar. Untuk penanamannya yang gan sis perlukan hanyalah meletakkan bawang hingga tersisa ¼ bagian paling atas. Atau disudut lancipnya. tujuannya adalah mempercepat tunah nyembul ke tanah, jadi gak berat gitu. Disisi lain juga memudahkan gan sis untuk mengecek apa sudah tumbuh tunas apa belum.

Setelah muncul tunasnya dan dirasa sudah tinggi, baru deh ditambah tanah lagi hingga bener bener didalam tanah dan ada jarak dari permukaan tanah. foto punya ane belum ditambah tanah karena ane rasa belum cukup tinggi, dan beberapa memang sudah ane tambah tanah.

bwk



Jika gan sis ingin nenanam bawang merah juga untuk dijakdikan daun bawang, gan sis harus memilih bawang yang tunggal, gemuk dan kulitnya baik. Setelah itu gan sis potong ¼ bagian paling atas, atau sudut lancipnya. Dan gan sis tanam bawang merahnya pada kedalaman setengah bagian. Kenapa harus dipotong? Yaitu untuk mempercepat tumbuhnya tunas atau daunnya.



Lain-Lain
Nah, aslinya bawang ini membutuhkan sinar matahari langsung, tapi saat ini sering hujan, baiknya saat baru menanam tidak diletakkan pada sinar matahari secara langsung guna menjaga kelembapan tanah. Dan saat sudah tumbuh, barulah gan sis bisa taruk di bawah sinar matahari langsung, asal janga kehujanan. Yang ada nanti malah busuk gan sis. Seperti bawang merah ane, sehari sudah muncul ijo ijo kecil dan besoknya kehujanan sekali auto ilang tunas nya.

untuk masa panennya sih yang ane baca dan liat yaitu saat daun sudah kering berarti sudah siap dipanen, keringnya bukan kering gak dirawat ya gan sis
emoticon-Hammer (S)





***

Jika berbicara apa saja yang dapat ditanam secara langsung tanpa beli bibit lagi tentu banyak, seperti biji cabe yang udah busuk, taruk aja ditanah/media tanam. Ntr juga tumbuh, tomat, bawang pre, apukat, sawi, wortel dan banyak lagi dengan menyisahkan bagian akar dan kita tanam akan muncul tunas baru dan kita siap memanennya.

Disisi lain, jika kita bisa mengembangkan persediaan bahan dapur sendiri akan bisa berhemat dan tidak akan kesulitan stok saat masa masa genting seperti ini. Ane sih tidak lupa beberapa sayuran tomat, dan cabai gan sis.

Sekian dulu trit ane kali ini , jangan lupa tetap dirumah, patuhi himbauan yang diberikan dan
Semoga sehat selalu dan terhindar dari wabah ini.


--danke--


 #mumpungdirumah, Menanam Bawang Putih Ternyata Mudah Gan Sis!

Tulisan Dan foto

TS Sendiri dan lainnya.

 #mumpungdirumah, Menanam Bawang Putih Ternyata Mudah Gan Sis!



profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
#mumpungdirumah, Menanam Bawang Putih Ternyata Mudah Gan Sis!
28-03-2020 13:40
pertamax punya ane
emoticon-Cool


bwk
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
#mumpungdirumah, Menanam Bawang Putih Ternyata Mudah Gan Sis!
28-03-2020 18:13
Quote:Original Posted By yunda.me
pertamax punya ane
emoticon-Cool


bwk


Ok deh, btw bawang2an yg tanam di rumah, dirusak ayam or kucingemoticon-Mewekemoticon-Hammer2
profile-picture
yunda.me memberi reputasi
1 0
1
#mumpungdirumah, Menanam Bawang Putih Ternyata Mudah Gan Sis!
28-03-2020 18:58
Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Ok deh, btw bawang2an yg tanam di rumah, dirusak ayam or kucingemoticon-Mewekemoticon-Hammer2


Kucing??emoticon-Bingung
0 0
0
#mumpungdirumah, Menanam Bawang Putih Ternyata Mudah Gan Sis!
28-03-2020 20:54
Orang dirumah lagi seneng tanem2 begini nih emoticon-Big Grin
profile-picture
yunda.me memberi reputasi
1 0
1
#mumpungdirumah, Menanam Bawang Putih Ternyata Mudah Gan Sis!
29-03-2020 05:16
Quote:Original Posted By SawalHisoka
Orang dirumah lagi seneng tanem2 begini nih emoticon-Big Grin


Mantab gan, ketahan pangan tuh
emoticon-Shakehand2
0 0
0
#mumpungdirumah, Menanam Bawang Putih Ternyata Mudah Gan Sis!
29-03-2020 07:32
nice info gann,terimakasihh infonyaa👍🏻
0 0
0
#mumpungdirumah, Menanam Bawang Putih Ternyata Mudah Gan Sis!
29-03-2020 10:39
Quote:Original Posted By kwhaleyf
nice info gann,terimakasihh infonyaa👍🏻


Sama sama gan sis.
emoticon-Shakehand2
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia