Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
258
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7eac9fb8408811a15fc9e0/pakaian-wanita-nusantara-di-masa-lalu-telanjang-dada
Pakaian merupakan jati diri bangsa kita, tapi pernahkah kamu berfikir bahwa sebelum datangnya peradaban dari luar pakaian bangsa kita ini cenderung bertelanjang dada baik itu laki-laki maupun perempuannya.
Lapor Hansip
28-03-2020 08:47

Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Past Hot Thread
icon-verified-thread



Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Pakaian merupakan jati diri bangsa kita, tapi pernahkah kamu berfikir bahwa sebelum datangnya peradaban dari luar pakaian bangsa kita ini cenderung bertelanjang dada baik itu laki-laki maupun perempuannya.

Masyarakat di Indonesia hampir di seluruh wilayah nusantara, terutama di wilayah-wilayah kerajaan memang ada yang sudah mengenal pakaian dari bahan-bahan tertentu. Tapi bukan suku-suku pedalaman yang hingga sekarang suku-suku tersebut masih lestari, karena memang tak ingin modern dan cenderung menutup diri.

Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Namun yang menarik mereka lebih mengutamakan memakai penutup dari bahan hanya di wilayah kemaluannya saja. Sedangkan dada mereka dibiarkan terekspose sempurna, ini bisa di lihat dari relief candi yang dibuat pada abad 11 masehi.

Jauh sebelum itu peneliti sejarah mengungkapkan bahwa nenek moyang kita dahulu memang sudah mengenal anyaman terdiri atas serat tumbuhan, dan serat-serat itu dicelupkan untuk diberi warna.

Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Seperti prasasti Alasantan (abad ke-10), manambul adalah bahan pewarna alami yang menghasilkan warna hitam. Busana yang di kenakan masyarakat Indonesia bisa dilihat dari berbagai prasasti dan juga relief candi.

Corak relief di candi Borobudur disebut dengan relief Lalitavistara, Karmawibangga, Jataka, Awadana, Gandawyuha dan Badracari. Lalu untuk candi Prambanan ada relief Ramayana dan Krsnayana. Dan di candi Panataran terdapat relief Ramayana, Krsnayana dan relief fabel disitu bisa kita lihat corak pakaian yang di pakai masyarakat waktu itu. Begitu juga dengan beberapa arca serta juga prasasti yang di tinggalkan.

Di abad 13 pakaian kerajaan bagi wanita mengalami perubahan karena adanya kemben kain wulang. Untuk wulang sendiri, dipakai menutupi dari pinggang hingga ke batas atas payudara. Namun untuk masyarakatnya kemungkinan besar masih bertelanjang dada.

Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Bahkan ketika abad ke 19 ketika masa kolonial perubahan besar bagi wanita-wanita keturunan bangsawan dalam tata cara berpakaian dimana kebaya pun mulai di kenal, namun banyak masyarakat dengan status sosial rendah saat itu masih bertelanjang dada.

Kebudayaan dengan akar Hindu yang kuat masih di praktekkan hingga jangan heran bila di Bali pakaian wanita masih saja bertelanjang dada di tahun 1930 walau saat ini sudah lebih modern tetapi setidaknya kita membuka mata datangnya para pendatang membuat peradaban pun berubah, khususnya di nusantara pakaian wanita akhirnya mengalami banyak perubahan.

Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Bila di sentra-sentra masuknya Islam pakaian wanita lebih tertutup, belum lagi masuknya kebudayaan China yang juga mengubah tata cara wanita dalam berpakaian. Mungkin tanpa adanya kenudayaan dari luar hingga saat ini wanita di Indonesia masih bertelanjang dada.

############


Referensi klik, klik
Pic google





Diubah oleh .Boyo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 38 lainnya memberi reputasi
37
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 12
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 09:08
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Yang itu pake sport bra yah bro...?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ssngkul20 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 09:12
konon bra itu blm ada jadoel jd no bra lahhemoticon-Ngakak
profile-picture
thejackz memberi reputasi
1 0
1
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 10:00
Jaman Soekarno masih banyak daerah yg perempuannya belum memakai penutup dada.. emoticon-Big Grin

Jaman sekarang sudah modern, sudah pada pakai bra.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 10:04
yg kuat iman jaman itu memang luar biasa. apalgi klo gede tt nya wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 10:07
jaman dulu mungkin blm dikenalkan prinsip "iman"
jd pada bisa jaga iman dan nafsu

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 10:09
ya emang gitu bre
di pedalaman sana mandi telanjang cuek aje
emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
god.dexvils dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 10:10
jaman dulu org udah biasa ngelihat begituan jd org gk penasaran dan konak lg,, emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 10:13
Jaman dulu ga eksplore teteeek mungkin bre. Orang biasa j1lmek doang. Jadi selera napsu beda kaya jaman sekarang.


emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvert.parah dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 10:16
Sange mulu dong orang dulu emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 10:25
pada masuk neraka semua dong ciwi2 jaman dolo...boro2 rambutnya ditutupin....tetek aja kga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skuadronx0 dan 17 lainnya memberi reputasi
3 15
-12
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 11:42
andai peradaban jaman itu udah lebih maju, mereka juga bakal pake pakaian atasan.. minimal biar gak gampang masuk angin hehehe emoticon-Shakehand2
Diubah oleh blitzkriegsport
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 11:48
para otak ngeres silahkan kembali ke zaman dulu emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 12:22
jaman dimana melihat tetek engga bikin tegang..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 13:56
gondal gandul ga ya...?
emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan thejackz memberi reputasi
2 0
2
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 14:16
pelem2 kolosal selama ini berarti salah tuh.
harusnya ceweknya telanjang dada emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yubakito31 dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 17:19
Di buku sejarah kok gak ada

Berarti pelajaran sejarah yg selama ini kita pelajari belum lengkap
Masih banyak fakta2 yg di sembunyikan oleh pemerintah
Padahal masyarkat sllu diimbau jangan sekali kali melupakan sejarah
Jangan2 ini pembohogan terhadap generasi penerus bangsa
hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skuadronx0 dan 10 lainnya memberi reputasi
9 2
7
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 20:19
Klo menurut arterfak atau arca3 di candi,emang rata2 kaum wanitanya telanjang dada,justru bra itu masuk pas jaman penjajahan CMIIW
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 22:02
Quote:Original Posted By Nagari
Klo menurut arterfak atau arca3 di candi,emang rata2 kaum wanitanya telanjang dada,justru bra itu masuk pas jaman penjajahan CMIIW


Masa kolonial jg ga smua di Bali sampai tahun 1930 msih bisa dilihat foto dan video sudah ada di masa itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
god.dexvils dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
28-03-2020 22:49
Kayaknya zaman sekarang, pada suka old fashion,,tuh pake baju mulai pada kebuka buka emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jazzcoustic dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 07:49
Quote:Original Posted By designbyson
Kayaknya zaman sekarang, pada suka old fashion,,tuh pake baju mulai pada kebuka buka emoticon-Matabelo


Blik lg ya.. 😂😂
profile-picture
slider88 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia