Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
29
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7e2a640577a904c34f93eb/belajar-menjadi-orang-tua-lewat-puisi-quotanakmu-bukan-milikmuquot
Setiap orang tua, pasti selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Mereka melakukan berbagai macam cara dan upaya, untuk membentuk anak-anak sesuai dengan apa yang mereka(orang tua) inginkan. Namun, seringkali para orang tua lupa, bahwa anak juga memiliki jiwa sendiri. Seperti salah satu bait dalam cuplikan puisi Kahlil Gibran di atas Anakmu bukanlah milikmu
Lapor Hansip
27-03-2020 23:31

Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
sumber

Assalamualaikum
emoticon-Matabelo

Jumpa lagi di thread saya yang apalah-apalah.

Kali ini saya akan mengajak Agan Sista semuanya untuk menyelami makna puisi dari salah satu idola saya dan belajar menjadi orang tua.

Kenapa perlu belajar? Karena menjadi orang tua itu tidak mudah emoticon-Mewek

Berikut cuplikan puisinya:


Anakmu bukanlah milikmu,
mereka adalah putra putri sang Hidup,
yang rindu akan dirinya sendiri.

Mereka lahir lewat engkau,
tetapi bukan dari engkau,
mereka ada padamu, tetapi bukanlah milikmu.

Berikanlah mereka kasih sayangmu,
namun jangan sodorkan pemikiranmu,
sebab pada mereka ada alam pikirannya sendiri.

Patut kau berikan rumah bagi raganya,
namun tidak bagi jiwanya,
sebab jiwa mereka adalah penghuni rumah masa depan,
yang tiada dapat kau kunjungi,
sekalipun dalam mimpimu.

Engkau boleh berusaha menyerupai mereka,
namun jangan membuat mereka menyerupaimu,
sebab kehidupan tidak pernah berjalan mundur,
ataupun tenggelam ke masa lampau.


Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
sumber

Setiap orang tua, pasti selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Mereka melakukan berbagai macam cara dan upaya, untuk membentuk anak-anak sesuai dengan apa yang mereka(orang tua) inginkan.

Namun, seringkali para orang tua lupa, bahwa anak juga memiliki jiwa sendiri. Seperti salah satu bait dalam cuplikan puisi Kahlil Gibran di atas Anakmu bukanlah milikmu dari sini sudah tergambar dengan jelas, bahwa apa-apa yang ada pada kita (termasuk anak) bukanlah milik kita.

mereka adalah putra putri sang Hidup
Mereka (anak-anak) adalah milik sang pemberi hidup--- Tuhan yang maha segalanya.

yang rindu akan dirinya sendiri
Mereka tumbuh dalam rasa keingintahuan yang besar, mereka berusaha mencari tahu apa dan sebagai apa mereka diciptakan. Mereka tumbuh dalam perjalanan panjang mencari jati diri.


Mereka lahir lewat engkau, tetapi bukan dari engkau
Mereka (anak-anak) lahir lewat rahim sang Ibu, yang bermula dari proses pembuahan yang menyatukan gen seorang laki-laki dan perempuan, yang setelahnya disebut Ayah dan Ibu.

Namun, ketahuilah ... sesungguhnya bukan keduanya yang menjadikan seorang anak ada. Pencipta anak sesungguhnya sudah dijelaskan pada larik sebelumnya; sang Hidup. Dia-lah sang pemberi hidup yang sesungguhnya. Dia meniupkan ruh, dan menjadikan apa-apa yang dikehendaki menjadi nyata.

mereka ada padamu, tetapi bukanlah milikmu
Sampai di sini, jelas sudah. Bahwa anak yang sekarang berada di pangkuan para orang tua, sebenarnya bukanlah milik mereka.

Para orang tua harus sadar akan hal itu. Karena dari bentuk kesadaran itulah, pola pikir bahwa "anakmu bukanlah milikmu" akan terbentuk. Dengan menyadari hal itu, semoga semakin sedikit orang tua yang terlalu memaksakan keinginannya pada sang anak. Memaksa sang anak untuk melakukan hal-hal yang ingin dicapai orang tua, sehingga melupakan fakta bahwa sang anak sendiri juga mempunyai impian.

Suatu hari saya pernah bertanya kepada salah seorang siswa yang sangat menonjol di kelas. Saya bertanya kenapa dia begitu pintar. Sang anak menjawab bahwa dia diharuskan belajar setiap hari dan tidak diizinkan bermain saat sudah di rumah. Waktu saya tanyakan alasannya, sang anak menjawab bahwa ibunya ingin dia jadi anak yang pintar sehingga bisa menjadi dokter.
Lalu saya bertanya kembali, apakah sang anak ingin menjadi dokter? Sang anak menggeleng.
"Ibu ingin saya menjadi dokter, tapi cita-cita saya ingin jadi penyanyi."

Setelah itu saya terdiam. Lalu kembali teringat akan puisi Kahlil Gibran ini. Saya menyadari, betapa pentingnya memberikan pemahaman "anakmu bukan milikmu" kepada para orang tua.

Saya tahu persis sang anak yang saya tanyai, seringkali terlihat sangat stres saat mengerjakan soal. Dia seperti dituntut untuk tidak melakukan kesalahan sekecil apa pun. Padahal dengan melakukan kesalahan kecil, bukankah kita akan terlihat manusiawi?

Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
sumber


Wahai para orang tua, sekali-kali, cobalah tanyakan kepada sang anak, apa yang mereka ingin lakukan, apa yang mereka sukai, lalu biarkan mereka melakukan sesuatu yang mereka sukai dengan nyaman, biarkan mereka menikmati kebahagiaan yang sesungguhnya, selama itu bukan sesuatu yang terlarang.

Karena membesarkan dan mendidik anak bukan semata-mata tentang kesempurnaan, tapi juga melibatkan kebahagiaan mereka.

Jadi, berhentilah meracuni pikiran anak-anak dengan impian yang bahkan tidak bisa kalian wujudkan. Jangan menuntut sang anak harus sempurna, jika sebagai orang tua masih mempunyai banyak kekurangan.


Terima kasih sudah mampir. Mohon maaf jika banyak kekurangan. Silakan tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar.


Salam
Perempuan Absurd

Purworejo, 27 Maret 2020

Referensi: opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
swiitdebby dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
27-03-2020 23:33
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
0 0
0
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
31-03-2020 16:58
wahh keluarga yang bahagia aku juga pengen nih berkeluarga kayak gitu bahagia selalu
profile-picture
Vieee111 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
31-03-2020 17:06
Quote:Original Posted By ujellyjello
wahh keluarga yang bahagia aku juga pengen nih berkeluarga kayak gitu bahagia selalu


Aamiin. Semoga 🤗
0 0
0
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
31-03-2020 18:03
sedih banget semakin kesini semakin banyak ane dapet cerita dari temen kuliah yang ga sesuai ama jurusan yang dia inginkan, melainkan keinginan orang tua
profile-picture
Vieee111 memberi reputasi
1 0
1
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
31-03-2020 18:05
Quote:Original Posted By citiciti
sedih banget semakin kesini semakin banyak ane dapet cerita dari temen kuliah yang ga sesuai ama jurusan yang dia inginkan, melainkan keinginan orang tua


Nah!
Semakin ke sini kebebasan seorang anak semakin samar emoticon-Sorry
0 0
0
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
31-03-2020 19:49
Quote:Original Posted By citiciti
bener bener idaman semua keluarga kali yah ann
semoga dah kita bisa menciptakan keluarga bahagia seperti itu yeshh


Aamiin emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
31-03-2020 21:58
bener sih, karena anak titipan itu emang anak titipan doang, kebetulan aja kita sebagai orang tua yang menjadi media perantara dimana anak itu lahir dan sedikit banyak berpengaruh dalam bagaimana sebuah individu terbentuk.
profile-picture
Vieee111 memberi reputasi
1 0
1
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
31-03-2020 21:59
Quote:Original Posted By ujellyjello
wahh keluarga yang bahagia aku juga pengen nih berkeluarga kayak gitu bahagia selalu


ngga' apa-apa gan kalau semisal keluarga yang sekara dirasa belum cukup bahagia besok ketika waktunya berkeluarga bikin keluarga ente bahagia ya gan, semangat.
profile-picture
Vieee111 memberi reputasi
1 0
1
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
31-03-2020 22:00
Quote:Original Posted By citiciti
sedih banget semakin kesini semakin banyak ane dapet cerita dari temen kuliah yang ga sesuai ama jurusan yang dia inginkan, melainkan keinginan orang tua


ngga' beda jauh sama apa yang ane rasain gan, bahkan ada beberapa temen ane yang kuliah cuman modal alesan karena diminta orang tua aja yaudah daripada ngga' ngapa-ngapain gan.
profile-picture
Vieee111 memberi reputasi
1 0
1
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
31-03-2020 23:17
bagus puisinya biar ortu ga terlalu mengekang juga
profile-picture
Vieee111 memberi reputasi
1 0
1
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
31-03-2020 23:17
Quote:Original Posted By lpfd.reboisasi
bener sih, karena anak titipan itu emang anak titipan doang, kebetulan aja kita sebagai orang tua yang menjadi media perantara dimana anak itu lahir dan sedikit banyak berpengaruh dalam bagaimana sebuah individu terbentuk.


Iya anak tetep.punya kebebasan mandiri ya
profile-picture
Vieee111 memberi reputasi
1 0
1
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
31-03-2020 23:18
Quote:Original Posted By citiciti
sedih banget semakin kesini semakin banyak ane dapet cerita dari temen kuliah yang ga sesuai ama jurusan yang dia inginkan, melainkan keinginan orang tua


Sedih sihn ini karena ortu harusnya ga ngatur terus
profile-picture
Vieee111 memberi reputasi
1 0
1
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
31-03-2020 23:19
Quote:Original Posted By ujellyjello
wahh keluarga yang bahagia aku juga pengen nih berkeluarga kayak gitu bahagia selalu


Iya memang berkeluarga tujuannya itu
profile-picture
Vieee111 memberi reputasi
1 0
1
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
01-04-2020 02:17
Quote:Original Posted By lpfd.reboisasi
bener sih, karena anak titipan itu emang anak titipan doang, kebetulan aja kita sebagai orang tua yang menjadi media perantara dimana anak itu lahir dan sedikit banyak berpengaruh dalam bagaimana sebuah individu terbentuk.



Tapi sekarang, kebanyakan para orang tua merasa bahwa anak merek adalah milik mereka sepenuhnya. Mereka berusaha keras membentuk sang anak menjadi seperti yang mereka inginkan emoticon-Mewek
0 0
0
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
01-04-2020 02:18
Quote:Original Posted By lpfd.reboisasi
ngga' apa-apa gan kalau semisal keluarga yang sekara dirasa belum cukup bahagia besok ketika waktunya berkeluarga bikin keluarga ente bahagia ya gan, semangat.


Amiinemoticon-Jempol
0 0
0
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
01-04-2020 02:20
Quote:Original Posted By lpfd.reboisasi
ngga' beda jauh sama apa yang ane rasain gan, bahkan ada beberapa temen ane yang kuliah cuman modal alesan karena diminta orang tua aja yaudah daripada ngga' ngapa-ngapain gan.



Saya sering juga menemukan teman-teman yang terlihat pura-pura menikmati hidup yang diprogram orang tua untuknya.

Meski terlihat baik-baik saja, saya tahu mereka stres dan bosan emoticon-Mewekemoticon-Mewek
0 0
0
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
01-04-2020 02:21
Quote:Original Posted By tetetaetet
bagus puisinya biar ortu ga terlalu mengekang juga


Iya. Puisi ini mengajarkan hal sederhana yang semakin luput dari perhatian emoticon-Mewek
0 0
0
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
01-04-2020 10:32
Bagus puisinya. Bisa menjadi pengingat untuk para orang tua
profile-picture
Vieee111 memberi reputasi
1 0
1
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
01-04-2020 11:22
Quote:Original Posted By TaraAnggara
Bagus puisinya. Bisa menjadi pengingat untuk para orang tua


Betul, Kak. Semoga kedepannya tidak ada lagi anak-anak yang diracuni impian orang tuanya emoticon-Mewek
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Puisi "Anakmu Bukan Milikmu"
01-04-2020 16:52
setuju bangeet. banyak jaman sekarang anak2 dimanjain sampe lupa gimana tegasnya ortu. sbagian besar kalo anak rewel selalu dikasih gadget a.k.a youtube.
selalu dimanjain apa yg diinginkan..
semua titipan Allah S.W.T.
profile-picture
Vieee111 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Wedding & Family
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia