Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
37
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7d77b10577a9256f6bcd68/panas-dan-hujan-tidak-bisa-diprediksi-waspada-timbul-jamur-di-kaca-mobil
Air hujan yang menempel di mobil berpotensi membuat cat mobil jadi lebih cepat kusam serta mobil jadi lebih mudah berkarat. Apalagi air hujan yang menempel pada kaca mobil khususnya di bagian depan, bisa- bisa timbul jamur yang menyebabkan air tidak akan tersapu bersih saat menggunakan wiper.
Lapor Hansip
27-03-2020 10:49

Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil

Past Hot Thread
Musim hujan sudah tiba dengan intensitas tidak beraturan. Musim ini bisa dibilang musuh bagi orang yang kerap beraktivitas menggunakan mobil. Bagaimana tidak, di Jakarta misalnya, saat jam pulang kerja, bila hujan sedikit saja, jalanan pasti macet parah. Belum lagi adanya genangan air dan banjir yang membuat mobil cepat kotor.

Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil

Tidak hanya itu, saat terkena hujan, mau tidak mau pemilik mobil harus lebih rajin untuk merawat dan mencuci kendaraannya tersebut. Sebab bila tidak, air hujan yang menempel di mobil berpotensi membuat cat mobil jadi lebih cepat kusam serta mobil jadi lebih mudah berkarat. Apalagi air hujan yang menempel pada kaca mobil khususnya di bagian depan, bisa- bisa timbul jamur yang menyebabkan air tidak akan tersapu bersih saat menggunakan wiper.

Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil

Kondisi kaca yang kotor akan membuat Sahabat tidak nyaman saat berkendara. Selain tentunya mengganggu visibilitas keluar. Apalagi saat memasuki musim hujan seperti saat ini. Kaca mobil yang tidak berfungsi dengan baik akan menyulitkan Sahabat ketika menyetir mobil. Seperti kaca berembun atau butiran air hujan tidak tersapu dengan baik oleh wiper.

Keberadaan jamur pada kaca juga membuat pandangan buram dan memantulkan cahaya sinar lampu mobil dari arah berlawanan. Ini jelas sangat berbahaya, terutama ketika hujan deras dengan daya pandang rendah. Oleh karena itu, selagi hujan belum rutin turun setiap hari, Sahabat bisa memulai perawatan kaca mobil seperti di bawah ini.

Bersihkan kaca mobil dari kotoran yang menempel

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah, segera bersihkan jika ada kotoran menempel di kaca mobil, seperti debu. Jangan pakai kemoceng bulu ayam karena berisiko membuat baret di kaca. Sahabat bisa menggunakan kemoceng yang menggunakan bahan kain microfiber atau lap lainnya.

Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil

Ingat selalu gunakan lap basah untuk membersihkan noda yang menempel pada kaca mobil. Jika membandel, Sahabat bisa memanfaatkan cairan glass cleaner yang banyak dijual di toko aksesoris mobil.
Meski efektif, jangan pakai pembersih kaca rumah lantaran kandungan amoniak bisa membuat kaca mobil berkabut. Pastikan noda terangkat dan kaca mobil kering sempurna sehingga tidak menimbulkan bercak yang dalam jangka panjang berpotensi menjadi jamur kaca. Air hujan memiliki kandungan asam yang kuat dan dalam jangka waktu lama bisa merusak struktur kaca mobil. Segera siram dengan air bersih saat tiba di rumah dan keringkan. Upaya ini juga sebagai bagian dari cara mengurangi potensi tumbuhnya jamur kaca.

Jangan mencuci kaca dengan deterjen

Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil

Merawat kaca mobil salah satunya dengan membersihkannya secara rutin. Untuk itu kamu bisa menggunakan air atau sabun mandi. Jangan gunakan deterjen ya, karena kandungan pada deterjen justru bisa merusak lapisan kaca mobilmu.

Rajin cuci mobil
Rutin mencuci mobil menjadi solusi terbaik untuk menjaga kondisi mobil dan kaca mobil tetap prima. Minimal 1 minggu sekali, tapi kalau intensitas hujan tinggi, Sahabat bisa mempercepat hingga 2 hari sekali tergantung kondisi mobil.

Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil

Bersihkan bagian fender mobil, atap dan pastikan bagian kaca mendapatkan prioritas utama dibersihkan. Semprot dengan air tekanan supaya kotoran rontok dan turun ke bawah. Pastikan pula kaca mobil kering sempurna untuk mengurangi risiko tumbuhnya jamur kaca.

Jangan biarkan air mengering di kaca mobil

Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil

Jika mobilmu habis tersiram hujan, sebisa mungkin kaca langsung dilap. Jangan biarkan air hujan mengering di kaca mobilmu, karena itu akan menimbulkan bercak yang sulit dihilangkan.

Gunakan cairan pelindung kaca mobil
Sahabat bisa melapisi kaca mobil dengan cairan pelindung yang banyak dijual di pasaran. Namun sebelumnya, bersihkan kaca dengan glass cleaner untuk memastikan tidak ada lagi kotoran hinggap di atas kaca. Cairan glass protectant biasanya juga memiliki bahan yang menjadikan kaca memiliki sifat yang membuat air seperti di daun talas. Ini tentunya sangat membantu saat menghadapi hujan deras.

Jangan gunakan anti jamur kaca sembarangan
Saat ini memang banyak obat antijamur kaca di pasaran. Namun pastikan kamu membeli produk yang tepat. Sebab, salah memilih produk, bisa-bisa bukan jamurnya yang hilang, melainkan kaca mobil depanmu yang menjadi buram.

Jangan terlalu sering dijemur

Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil

Untuk menghindari kaca mobil buram sebisa mungkin hindari mobil dari paparan sinar matahari langsung saat diparkir. Selain bisa membuat kaca menjadi buram, panas sinar matahari juga bisa menyebabkan karet-karet jendela mobil menjadi getas.

Periksa wiper mobil

Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil

Wiper mobil berfungsi untuk menyapu air yang ada pada kaca depan mobil. Memang terkadang fungsi wiper terlihat sepele. Namun bila peranti ini rusak akan memicu risiko keamanan dan kenyamanan, terutama pandangan pengemudi akan terganggu karena hujan yang mengenai kaca depan. Selain itu, wiper mobil yang rusak juga bisa menyebabkan kaca mobil tergores sehingga menyebabkan baretan halus. Jadi wiper mobil bisa disebut sebagai piranti penting apalagi di musim hujan seperti saat ini.

Gunakan cairan wiper khusus kaca mobil

Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil

Pemakaian air untuk wiper reservoir sebenarnya sudah cukup  Dengan catatan udara di jalanan bersih, tidak mengandung minyak atau polusi lain. Tapi kondisi sekarang sangat banyak polusi, sehingga begitu wiper disapukan masih tersisa lapisan minyak tipis.
Campuran shampo cukup ampuh di awal. Namun ternyata bisa mengandung jamur dalam waktu cepat hingga noda putih jika terkena paparan panas matahari. Apalagi jika shampoonya tidak memiliki kadar PH yang seimbang bahkan ada yang pakai shampoo untuk manusia. Kalaupun mau, bisa saja aplikasi cairan khusus wiper fluid yang beraneka merek ada dipasaran agar menjaga kaca mobil tidak timbul jamur.

Coating kaca mobil

Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil

Saat ini ada banyak coating yang dapat dilakukan pada sebuah mobil. Coating tak hanya bisa dilakukan pada bodi mobil saja, tapi kaca juga bisa. Perlindungan melalui coating pada bagian kaca dan bodi mobil sangat memberikan banyak keuntungan pada mobil tersebut.
Coating kaca sendiri adalah proses perlindungan pada kaca mobil yang mempunyai sifat tahan lama maupun permanen. Terlebih jika coating menggunakan nano ceramic pada kaca mobil. Coating kaca tersebut dapat membuat kaca terlindung dari kotoran yang menempel dan mencegah tumbuhnya jamur kaca yang sangat mengganggu visibilitas.

Nah bagaimana Sahabat, sudah mengerti bukan bagaimana cara melakukan perawatan kaca mobil? Semoga informasinya bermanfaat ya!

Sumber: Garasi.id
Diubah oleh officialgarasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rtrn dan 11 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
29-03-2020 20:15
aduhh pantesan mobil ane jamuran kacanya , gara gara kepanasan sama sering dicuci pake deterjen kacanya ditambah wipernya agak seretemoticon-Lempar Bata
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
29-03-2020 21:47
nah ini nih nice thread gan, cocok banget apalagi buat iklim di indonesia yang hujan dan panasnya tidak menentu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
29-03-2020 21:57
hal yang sepele tapi sebenernya riskan banget, manteebb thanks infonya gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
29-03-2020 22:26
woooo... gitu to ternyata..besok ane cek deh kaca mobil
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
29-03-2020 22:45
Kl ujan susah jd burem
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
29-03-2020 23:16
terimakasih banget gan infonyaaa
bakal ane lakuin nih biar kagak ada jamurrr
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
30-03-2020 00:22
Bakal laris nih jasa poles kaca mobil kalo banyak yang sadar hal begini.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
30-03-2020 11:29
Daftar Website Judi Online Terbaik
DAFTAR SEKARANG : www.sumobola.com
Event Parlay SUMO BOLA
MENERIMA DEPOSIT VIA PULSA , DANA , OVO , GOPAY , BRILINK.

Hanya disini bisa deposit pada saat bank OFFLINE
* Menggunakan sistem yang aman tetapi tidak meribetkan pemain
* Minimal Deposit dan Withdraw kita hanya 50.000 saja loh
* Bank yang tersedia di SUMO BOLA :
BCA | Mandiri | BNI | BRI | Danamon | CIMB Niaga

TESTIMONI : WWW.SUMOBOLALOUNGE.COM
DAFTAR SEKARANG : www.sumobola.com
WA : +62 813-8631-5299

-Bonus Deposit 10% Setiap Hari Bebas Klaim
-Cashback Up To 15%
-Bonus Refferal Seumur Hidup
-Dapatkan panduan bermain terbaik bersama kami

#SUMOLINE #SUMOBOLALOUNGE #BANKOFFLINE #BONUSDEPOSIT #PREDIKSIPARLAY #BOLASUMO #CASHBACKLOSEPARLA
0 0
0
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
30-03-2020 13:32
tapi kayaknya masih banyak deh yang nyuci kaca mobil make deterjen
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
30-03-2020 13:35
Mobil teman ane malah pake produk sabun cuci piring(tetap dicairin juga sih) buat air wipernya, aman gak ya?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
30-03-2020 19:29
waah intinya harus sering dilap yaa dan dicuci yaa
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
30-03-2020 21:17
Quote:Original Posted By officialgarasi
Oke Gan, Jangan lupa ikuti Theard kita selanjutnya yang lebih bermanfaat ya Gan emoticon-Jempol


Iya gan
Terimakasihhhh
Sehat selalu gan!
0 0
0
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
30-03-2020 22:21
bahaya banget nih kalo sampe ada jamur di kaca mobil kita bisa membahayakan perjalanan harus waspada nih gan
0 0
0
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
30-03-2020 22:22
kita harus mengecek selalu nih gan kondisi kendaraan kita agar kita aman dalam perjalanan dan sampai di tujuan dengan selamat sentosa
0 0
0
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
30-03-2020 22:23
makasih gan infonya menarik banget dan bermanfaat banget buat ane agar bisa merawat kondisi mobil dengan baik hehe
0 0
0
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
30-03-2020 22:24
duh kaca mobil saya juga seperti ini. diapain ya enaknya? karena ke bengkel juga males. ada saran gan?
0 0
0
Panas dan Hujan Tidak Bisa Diprediksi, Waspada Timbul Jamur di Kaca Mobil
31-03-2020 08:22
Intinya harus rajin-rajin di bersihin dan di lap ya sist. Apalagi kalo memang abis kena air hujan. Buat perawatan mobil yang lebih baik memang ke bengkel profesional sist. Atau kalo sist mau lihat-lihat jasa atau servis yang cocok buat mobil sist, bisa mampir ke Garasi.id karena Garasi.id menyediakan berbagai macam Jasa dan Servis buat mobil kesayangan sist emoticon-Shakehand2 Quote:Original Posted By margareth23
bahaya banget nih kalo sampe ada jamur di kaca mobil kita bisa membahayakan perjalanan harus waspada nih gan


Quote:Original Posted By margareth23
kita harus mengecek selalu nih gan kondisi kendaraan kita agar kita aman dalam perjalanan dan sampai di tujuan dengan selamat sentosa


Quote:Original Posted By margareth23
makasih gan infonya menarik banget dan bermanfaat banget buat ane agar bisa merawat kondisi mobil dengan baik hehe


Quote:Original Posted By margareth23
duh kaca mobil saya juga seperti ini. diapain ya enaknya? karena ke bengkel juga males. ada saran gan?


0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia