News
Batal
KATEGORI
link has been copied
60
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7cf21aa2d195654668ea00/pakar-prediksi-indonesia-jadi-episentrum-baru-virus-corona-setelah-wuhan
Hitekno.com - Selama ini Wuhan, China dikenal sebagai episentrum virus corona COVID-19. Namun kini, kota tersebut sudah mulai membaik dengan banyaknya pasien sembuh. Pakar Kesehatan Masyarakat, Ascobat Gani memprediksi Indonesia bakal menjadi episentrum baru virus corona Covid-19, setelah Kota Wuhan, China. Klaim tersebut berdasarkan pada temuan kasus virus corona yang meningkat tajam dari hari k
Lapor Hansip
27-03-2020 01:19

Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan

Hitekno.com - Selama ini Wuhan, China dikenal sebagai episentrum virus corona COVID-19. Namun kini, kota tersebut sudah mulai membaik dengan banyaknya pasien sembuh.

Pakar Kesehatan Masyarakat, Ascobat Gani memprediksi Indonesia bakal menjadi episentrum baru virus corona Covid-19, setelah Kota Wuhan, China.
Klaim tersebut berdasarkan pada temuan kasus virus corona yang meningkat tajam dari hari ke hari di Indonesia.
Ascobat Gani  mengatakan, Indonesia telah kehilangan kendali untuk menekan penularan virus corona yang telah menyebar luas.

"Mungkin kita akan mengikuti Wuhan atau Italia. Saya pikir, kita berada kita berada dalam kisaran tersebut," ucap pakar kesehatan masyarakat tersebut seperti disadur Suara.com dari Reuters, Rabu (25/3/2020).

Pakar mengklaim, lonjakan drastis kasus virus corona di Indonesia disebabkan oleh respons lambat dari pemerintah yang berupaya menutupi jumlah korban sebenarnya. Selain itu, fasilitas kesehatan yang kurang mumpuni dan minimnya tenaga medis juga berdampak pada penanganan pasien virus corona, sehingga Indonesia berisiko menjadi episentrum Covid-19.

Mengalihabhasakan Free Malaysia Today, sebuah studi Pemodelan Matematika untuk Penyakit Menular yang berbasis di London pada hari Senin (24/2) merilis laporan yang menyebutkan bahwa Indonesia hanya melaporkan 2 persen dari jumlah keseluruhan kasus positif virus corona. Sebanyak 686 kasus yang dilaporkan pada hari itu dianggap sebagai pengecilan skala karena tingkat pengujian yang rendah dan angkat kematian tinggi mencapai 55 orang, tertinggi di Asia Tenggara.

"Sebenarnya jumlah kasus virus corona mencapai 34.300, lebih banyak dari Iran," demikian bunyi laporan tersebut.

Sementara dalam studi pemodelan lainnya, menurut skenario terburuk, kasus virus corona dapat meningkat hingga mencapai 5 juta di Jakarta pada akhir April.
Maka dari itu, Ascobat Gani mengklaim Indonesia telah kehilangan kendali untuk menekan penularan virus corona ini.

Sebelumnya, Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto mengatakan Indonesia tak akan berdampak parah seperti Italia atau China setelah membadingkan kasus di dua negara tersebut. Terlebih setelah pemerintah mengeluarkan tindakan preventif dengan mengimbau warga menerapkan social distancing atau melakukan banyak aktivitas di dalam rumah.

"Kita tidak akan seperti itu. Terpenting, kita mengimbau banyak orang untuk tetap menjaga jarak," kata Achmad Yurianto.

Itulah ungkap Ascobat Gani, pakar kesehatan masyarakat yang memprediksi Indonesia bisa jadi episentrum baru virus corona setelah Wuhan. (Suara.com).

Sumber: https://www.hitekno.com/sains/2020/0...-setelah-wuhan


Pemerintah lamban, terlalu mengganggap remeh, seperti Menkes yang bilang kalau Corona tidak lebih berbahaya dari flu, pemerintah juga terkesan menutup-nutupi angka sebenarnya, fasilitas kesehatan tidak mumpuni, tenaga medis minim, namun  yang paling parah adalah masyarakatnya tidak peduli karena mereka selalu berkata, "JANGAN TAKUT CORONA YANG HARUS DITAKUTI ITU ALLAH." Mereka memasrahkan semuanya kepada yang di atas tanpa ada usaha pencegahan sama sekali. Mereka tidak takut Corona, mereka lebih takut kena flu atau masuk angin, buktinya kalau hujan masih pake payung, cuaca dingin masih pake jaket. Tapi Corona, dianggap cuma virus kecil secuil yang ga ada artinya karena mereka belum pernah kena. Mereka cuma orang bodoh yang tidak tahu betapa berbahayanya virus ini!

Kalau gini terus Indonesia bisa menjadi top global di dunia soal penyebaran virus Corona. Please lebih sadar soal bahayanya virus ini!
Diubah oleh maaf.istriku
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 01:22
Ngemen2... berapa banyak penderita AIDS/HIV yg jadi korban SARS-CoV-2 ini ya??
0 0
0
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 01:24
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krisnadi11 dan 7 lainnya memberi reputasi
6 2
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 01:25
semua ini karena ulah buzzer buzzer idiot, mereka harus bertanggung jawab terhadap nyawa rakyat yang hilang karena corona emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan albi00 memberi reputasi
1 1
0
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 01:30
Ledakan kasus di italia terjadi waktu UCL atalanta vs valencia di san siro, ada 4000 kasus baru di belgramo, terus meledak lagi di spanyol, indonesia BELOm ada pemicunya dalam skala semassive itu,
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
brenti nakutin orang orang,man.
Diubah oleh tonidookie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 01:38
Quote:Original Posted By tonidookie
Ledakan kasus di italia terjadi waktu UCL atalanta vs valencia di san siro, ada 4000 kasus baru di belgramo, terus meledak lagi di spanyol, indonesia BELOm ada pemicunya dalam skala semassive itu,
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
brenti nakutin orang orang,man.


Tunggu lebaran orang mudik, kalau pemerintah masih ga tegas 34 provinsi kena semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 01:46
Quote:Original Posted By tonidookie
Ledakan kasus di italia terjadi waktu UCL atalanta vs valencia di san siro, ada 4000 kasus baru di belgramo, terus meledak lagi di spanyol, indonesia BELOm ada pemicunya dalam skala semassive itu,
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
brenti nakutin orang orang,man.


Loe lupa yang 6000 orang tabligh akbar?

Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
https://m.cnnindonesia.com/nasional/...a-ijtima-dunia
Diubah oleh maaf.istriku
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 02:01
kebanyakan yg parah sih kayaknya yg jumlah turismenya gede

https://en.wikipedia.org/wiki/World_...urism_rankings

emank sih ada faktor laen juga

0 0
0
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 02:02
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radeneca dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 02:38
Waduh Wuhan cuma kota lah ini Indonesia Negara..
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 03:15
Warga yg ndablek ngikutin kegoblokan pemerintah yang bikin angka penularan semakin gede

Pengen liat riwayat kesehatan semua korban meninggal covid, apakah kebiasaan berlebihan ngerokok, makan gorengan, makan/minum yg manis2 jadi faktor utama lethalnya nih virus emoticon-Nohope
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 03:18
Quote:Original Posted By SuniC
Tunggu lebaran orang mudik, kalau pemerintah masih ga tegas 34 provinsi kena semua


Ini negara demokrasi yg mana rakyatnya ndableg, egois, dan minim berpikir mana bisa pemerintah tegas ke rakyat yg kyk gitu emoticon-Ngakak

Komunis solusinya emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
arie87 dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 03:43
Gara-gara kultur indonesia makan nggak makan asal ngumpul.

Ditambah keyakinan masyarakat indonesia yang harus ibadah bersama-sama, tata cara pemakaman jenazah, dll. Meski sudah ada fatwa nya, tetap banyak yang bebal.

Ini mungkin seleksi alam bagi gen-gen ekstrovert. Selama ini introvert dianggap aneh di masyarakat karena jumlahnya minoritas. Setelah wabah ini mungkin jumlah gen ekstrovert dan introvert di masyarakat menjadi seimbang, karena introvert lebih kuat menahan diri untuk social distancing sehingga lebih mampu survive dari penularan virus corona.

Hewan pun ada yang introvert dan extrovert karena seleksi alam di masa lampau. Kucing itu introvert, tidak suka berkumpul dalam kawanan. Tapi singa yang merupakan sepupu dekat kucing adalah extrovert, karena suka berkumpul dalam kawanan.
Diubah oleh kampret.strez
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan farhan.faf memberi reputasi
2 0
2
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 05:03
Quote:Original Posted By lexarrio
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan

emoticon-Ngacir2
0 0
0
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 05:13
Satu solusinya: Kumpulkan influencer.
profile-picture
bigbuncit memberi reputasi
1 0
1
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 05:21
Quote:Original Posted By SuniC
Tunggu lebaran orang mudik, kalau pemerintah masih ga tegas 34 provinsi kena semua


Nah ini bray. Udah sedikit demi sedikit.
Kemaren trit yg mudik ke wonogiri kalo gak salah kan ada tuh. Dari komeng kaskuser juga ada positif yg baru pulang ke sana.


So. Liat aja kalo masih pemerintah bicaranya cuma sebatas HIMBAUAN ya siap siap aja deh.

Semoga masyrakat yg sadar pada makin banyak lah.
0 0
0
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 05:25
ane sih berharap,
pasca isolasi mandiri 2 minggu,
grafik bisa menurun

kalo blm menurun juga, tambah jd 4 mgg

emoticon-Traveller
Diubah oleh yesknow
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 05:30
Gue dulu anak IPA tapi kalo pas pelajari IPS yang gue dapat : Semua Krisis & perang itu semua berawal dari Ego. entah ego dari negara nya entah rakyat nya. plus juga kebodohan.

Kira kira gitu entah bener gak wkwkwk
profile-picture
radeneca memberi reputasi
1 0
1
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 05:34
Every disaster movie starts with the government ignoring the scientists
profile-picture
profile-picture
radeneca dan bigbuncit memberi reputasi
2 0
2
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 05:39
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan

Pusat episentrum udah bukan wuhan sekarang
Tapi Amrik
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pakar Prediksi Indonesia Jadi Episentrum Baru Virus Corona, Setelah Wuhan
27-03-2020 05:42
Ascobat Gani mengatakan, Indonesia telah kehilangan kendali untuk menekan penularan virus corona yang telah menyebar luas.
"Mungkin kita akan mengikuti Wuhan atau Italia. Saya pikir, kita berada kita berada dalam kisaran tersebut," ucap pakar kesehatan masyarakat tersebut seperti disadur Suara.com dari Reuters, Rabu (25/3/2020).

Yg diomongin bisa jadi betul. Tapi izinkan saya menyampaikan pengalaman. Sering terjadi saat ada krisis atau suatu ketegangan, ada orang yg mengaku ilmuwan, mengatakan keadaan akan semakin buruk dan berbahaya. Tujuannya agar dia dianggap pintar, disembah bagai dewa, atau minimal menjadi terkenal dan selalu dimintai nasihat. Istilah sekarang pansos.
Kalau yg diramalkan terjadi, dia akan jadi pahlawan, kalu salahpun dia cuma diam dan bersembunyi sampai ada kesempatan lain untuk melakukan hal yg sama.
Nah untuk menjadi kritis, periksa motifnya, analisis pernyataannya. Bisa jadi yg dikatakan betul, bisa jadi salah.

Tujuan saya nulis gini agar pemikiran kita bersih
Diubah oleh blanccasse
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arie87 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia