News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
24
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7c25a2365c4f600a60bbfd/pemerintah-jamin-harga-kebutuhan-pokok-terkendali
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto menyatakan pemerintah pusat terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok (bapok) di tengah keadaan sulit saat ini karena mewabahnya virus corona (COVID-19) di Indonesia. Hal ini disampaikan Dirjen Suhanto saat memberikan keterangan pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan
Lapor Hansip
26-03-2020 10:46

Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali

Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto menyatakan pemerintah pusat terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok (bapok) di tengah keadaan sulit saat ini karena mewabahnya virus corona (COVID-19) di Indonesia.

Hal ini disampaikan Dirjen Suhanto saat memberikan keterangan pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Dalam kondisi sulit atau darurat COVID-19 saat ini, Pemerintah berkomitmen menjaga keseimbangan permintaan dan pasokan bahan pokok sebagaimana selalu ditekankan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto sebagai penjabaran arahan Presiden Jokowi,” kata Suhanto di Jakarta, Rabu (25/3).

Untuk itu, diharapkan dukungan dan peran serta dari seluruh pemangku kepentingan, agar langkah-langkah Kemendag dalam menjaga stabilisasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok dapat berjalan dengan baik.

Berdasarkan pantauan Kemendag pada 24 Maret 2020, harga rata-rata nasional untuk beras, minyak goreng, tepung terigu, kedelai, daging sapi, telur ayam ras, dan bawang merah umumnya relatif stabil.

Sementara itu daging ayam ras, cabai merah keriting, dan cabe merah besar harganya turun dibandingkan bulan sebelumnya. Hanya bawang putih yang belum turun secara signifikan.

Adapun komoditas yang mengalami kenaikan harga yaitu gula pasir dan cabe rawit merah. Gula pasir naik 23,4 persen dibanding bulan sebelumnya menjadi Rp17.781 per kg atau 42,25 persen di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yaitu Rp12.500 per kg.
Sedangkan cabe rawit merah naik 8,45 persen menjadi Rp48.500 per kg dibandingkan bulan sebelumnya.

“Secara umum kondisi pasokan bapok cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai dengan puasa di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2020. Khusus untuk bawang putih dan gula pasir, saat ini sedang diupayakan ada penambahan stok melalui importir dan penugasan BUMN,” ungkap Suhanto.

Suhanto menyampaikan, Pemerintah telah melakukan beberapa langkah dalam menjaga ketersediaan barang kebutuhan pokok. Untuk komoditas bawang putih, Kemendag telah menyetujui Persetujuan Impor (PI) sekitar 150 ribu ton dan sudah terlaksana 11 ribu ton pada 19 Maret 2020.

Selain itu, dalam mempercepat izin impor untuk menambah pasokan di dalam negeri, Kemendag telah menerbitkan Permendag Nomor 27 Tahun 2020.

Intinya dalam Permendag ini komoditas bawang putih dan bawang bombay tidak lagi memerlukan Persetujuan Impor (PI) dan Laporan Surveyor (LS) dalam proses importasi yang berlaku hingga 31 Mei 2020.

“Kemendag dan Satgas Pangan juga melakukan pemantauan ke seluruh gudang importir untuk memastikan tidak ada perusahaan yang melakukan penimbunan dan memanfaatkan situasi seperti saat ini, serta terus melakukan pengawasan secara intensif. Pihak-pihak yang melanggar aturan yang telah ditetapkan, tentu akan ditindak tegas,” jelas Suhanto.

Sementara itu, untuk komoditas gula pasir, Kemendag telah menjamin ketersediaan stok gula pasir dan diperkirakan siap dipasarkan awal April 2020. Selain itu, Kemendag juga akan menyediakan pemenuhan kebutuhan gula konsumsi bagi masyarakat selama empat bulan ke depan sampai Juni 2020.

Dalam kesempatan ini, Suhanto menambahkan, untuk mengurangi penyebaran COVID-19 di Indonesia, Pemerintah kembali mengimbau masyarakat agar tetap tenang, tidak melakukan panic buying, dan bersama-sama menjaga situasi di lingkungan masing-masing.

“Lakukan aktivitas di rumah, namun bila harus ke luar rumah jaga physical distancing. Kita juga harus menjaga kesehatan dan hygienis,” imbau Dirjen Suhanto.

Suhanto juga berharap, kerja sama dengan media dalam membuat pemberitaan dapat menjadikan masyarakat tenang, serta tidak melakukan panic buying.
“Dalam kondisi darurat wabah virus corona saat ini, memang diperlukan perhatian dan peran serta semua pemangku kepentingan,” pungkas Suhanto, dikutip Antara.






profile-picture
profile-picture
bang.didot dan mows memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 10:50
Preeeeeeetttt
profile-picture
mows memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 10:50
Salah baca aneh.
Kirain kebutuhan Rokok
emoticon-Matabelo
profile-picture
mows memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 10:52
Gula putih da 20 rb/kg didaerah .... Jir stabil dr mana nya
profile-picture
mows memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 10:55
Jamin pake apeh??
Jamin pake nyawa lu?
Kalo ga stabil lu tembak pala lu pake pelor ?


Ngomong yg komplit jamin pake apa??




emoticon-Traveller
profile-picture
mows memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 10:57
ya wajar aja klo ga stabil
profile-picture
mows memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 11:03
Terkendali apanya??? Harganya terkendali jadi naik.
profile-picture
mows memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 11:10
bawang bombay ga stabilemoticon-Blue Guy Bata (L)

masker juga ga stabil, sekarang 500ribu sekotakemoticon-Cape d...

BATA!
Diubah oleh red.bezos
0 0
0
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 11:11
Kalau udah kayak gini, pikir2 lagi deh buat yang mau ngelarang mudik. Ingat dampak sosial.
0 0
0
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 11:25
rada kurang percaya , blom lama bilang gak ada corona di indonesia beberapa minggu kemudian yang mati dah 50an
profile-picture
mows memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 11:30
stok aman gaes, jangan nimbun sembako
profile-picture
mows memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 11:38


Yg stabil apanya Pak?

Itu operasi penangkapan penjual masker cuma anget2 di awal doang.

Skr udah banyak lagi di online jual masker 300rb-500rb sekotak.

Hand sanitizer juga dijual 30-50rb sebotol kecil.

Harga sembako?

Gula udah naik dari 13rb sekilo skr udah 18-20rb sekilo

Beras dari 10-14rb sekarang udah 13-15rb sekilo.

Bawang bombay langka, bawang merah naik drastis, dll


Bikin laporan ABS tuh pejabat

profile-picture
mows memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 11:41
bacod lah.
ngomong kaya mencret. encerr
profile-picture
mows memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 11:42
Quote:Original Posted By kaiserwalzer
Kalau udah kayak gini, pikir2 lagi deh buat yang mau ngelarang mudik. Ingat dampak sosial.


Mudik itu salah satu momen dimana roda perekonomian berputar sangat cepat
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 11:43
Bahan makan pokok d jamin tersedia... Tokaiiii....

Rebo kemaren gw nyari gula bemerk susahny minta ampun...

Kalo emg ada d gudang bulog lsg bagiin aj gratis atau jual stgh harga ke semua kepala keluarga...

Biar rakyat yg mulai #Dirumah aja, WFH engga jadi WTF cz tetep mesti menuhin kebutuhan yg udah naekkk...

emoticon-Big Grin
profile-picture
mows memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 11:50
Quote:Original Posted By anti.suap
Mudik itu salah satu momen dimana roda perekonomian berputar sangat cepat


Dan kalau pekerja harian yg tinggal di ruangan sempit nganggur 1 bulan, ngeri efeknya.
0 0
0
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 11:51
Gula, Bawang (putih, bombay & merah) serta Cabai naik naik naik..
Beras 10rban skrg naik jadi 11.500

Sudahi omong kosong ini
profile-picture
Sinkhole memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 11:53
Quote:Original Posted By kaiserwalzer
Dan kalau pekerja harian yg tinggal di ruangan sempit nganggur 1 bulan, ngeri efeknya.


Ane ga bisa bayangin kalau masa ramadhan masih kaya gini.
Ekonomi bakal ancur lebur.
0 0
0
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 12:09
mudah2an aja pak ..masyarakat sadar
0 0
0
Pemerintah Jamin Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
26-03-2020 12:42
telor naik 1000!
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia