Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
180
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e75cb25b840883c5131932f/secuil-kisah-sejarah-transportasi-indonesiaals-si-raja-paket-dari-sumatera-utara
Transportasi bus masih menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat Indonesia,baik untuk jarak dekat maupun jarak jauh,antar kota antar provinsi bahkan sampai antar pulau.Bicara soal dunia transportasi darat,khususnya bus.Kali ini TS akan membagikan sedikit ulasan mengenai salah satu bus legendaris dari pulau Sumatera,bus itu adalah ALS (Antar Lintas Sumatera).
Lapor Hansip
21-03-2020 15:07

Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Sumber


Transportasi bus masih menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat Indonesia,baik untuk jarak dekat maupun jarak jauh,antar kota antar provinsi bahkan sampai antar pulau.Bicara soal dunia transportasi darat,khususnya bus.Kali ini TS akan membagikan sedikit ulasan mengenai salah satu bus legendaris dari pulau Sumatera,bus itu adalah ALS (Antar Lintas Sumatera).


Bus legendaris asal Sumatera Utara (ALS),salah satu pelopor trayek bus jarak jauh di Indonesia. Dimana awalnya didirikan di Kotanopan,Mandailing Natal pada september 1966.Siapa sangka sudah lebih dari setengah abad,ALS melaju melintasi jalur Sumatera dan Jawa.Pada awal berdirinya ALS memulai dengan membuka trayek dari Muara Sipongi/Kotanopan ke Medan.


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara


Sumber


Menjadi salah satu pelopor transportasi penghubung antar kota di Sumatera,dengan membuka trayek dibeberapa kota.Mulai dari Pekanbaru, Banda Aceh,Bengkulu,Jambi, Palembang,Padang dan Lampung.Saat itu (1960-1970an) belum bisa menyebrang dari Bakauheni ke Mera,karena kapal yang ada belum mampu untuk mengangkut kendaraan besar. Penumpang yang mau melanjutkan ke pulau Jawa harus menyudahi perjalanannya,dengan melanjutkan menumpang kapal untuk menyebrang selat Sunda.


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Sumber


Di era 80-90an ketika kapal ferry mulai berlayar diselat Sunda,ALS pun membuka jangkauan trayeknya.Dari sebelumnya hanya melayani penumpang antar kota dipulau Sumatera,mereka membuat gebrakan baru.Dengan membuka trayek dari Medan sampai beberapa kota di pula Jawa seperti,Jakarta,Solo,Jogja,Surabaya hingga Denpasar emoticon-Belo
Bisa banyangkan gan sist,betapa jauh jarak yang harus ditempuh ALS,tahun 80-90an bisa dibilang era jaya bus ALS.Sekali perjalanan bisa menempuh kurang lebih 3000 km jauhnya emoticon-Belo


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Salah satu livery ALS dengan gambar kupu-kupu

Sumber


Setelah sukses membuka trayek menuju kota-kota besar di pulau Jawa,ALS melanjutkan gebrakannya dengan menjelajah beberapa kota kecil di Jawa Timur.Seperti trayek Medan-Surabaya-Malang,dan yang paling jauh dan masih eksis sampai saat ini Medan-Jember.Menjadi salah satu trayek terjauh di Indonesia saat ini,bagi TS yang berdomisili di Jatim,bertemu ALS di jalan merupakan momen yang langka.Tidak setiap hari bisa melihatnya berseliweran dijalan.


Ane merasa bangga dan terkesan,bisa bertemu bus ini dijalan,salah satu bus legendaris dari Sumatera.Bangga karena ALS merupakan bagian dari sejarah transportasi di Indonesia,dan juga mungkin hanya di Indonesia ada bus menempuh jarak kurang lebih 3000 kilometer sekali jalan untuk rute Medan-Jember emoticon-I Love Indonesia (S)


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Sumber


Pada tahun 2012 Kementrian Perhubungan RI menobatkan trayek Medan-Jember sebagai rute otobus terjauh,FYI gan sist jarak Medan ke Jember adalah 2.945 kilometer,hampir menyentuh angaka 3000 emoticon-Belo
Bus ALS jurusan Medan-Jember ini melewati tiga per empat bagian dari Pulau Sumatera dan tiga per empat bagian dari Pulau Jawa emoticon-Big Grin emoticon-Belo


Bus ini sudah melewati puluhan kota di Sumatera dan Jawa,tentu perjalanan akan lebih lama.Mungkin seminggu untuk trayek ini (ane belum tahu tepatnya berapa) cmiiw,teman ane dulu Medan-Jakarta ditempuh sekitar 3-4 hari.Walaupun perjalananya cukup jauh,nyatanya trayek ini masih bertahan sampai sekarang.Medan-Jakarta via jalur lintas tengah Sumatera menawarkan pemandangan alam yang eksotis,karena melewati dua danau besar di Sumatera.Danau Singkarak dan danau Toba emoticon-Belo


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Sumber


Selain dikenal dengan trayek jarak jauhnya,ALS juga mendapat julukan sebagai Raja Paket Dari Sumatera.Nah kalau melihat bus ALS di jalan,coba perhatikan atap bus.Pasti ada tumpukan barang menumpuk,dari paket itu lah gan sist salah satu rejeki kru berasal.Walaupun membawa paket barang diatap bus adalah salah satu ciri khas bus Sumatera,tapi ALS lah yang paling identik dengan bus pembawa paket barang ini dilintas Sumatera.


Samapai mendapat julukan Raja Paket Dari Sumatera,karena paket yang cukup banyak yang dibawanya.Dari Sumatera ke Jawa,maupun sebaliknya,melalui ekstrimnya lintas Sumatera.Tak salah julukan Raja Paket disematkan pada bus ini.


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

(Kru ALS sedang menata paket barang)

Sumber Foto


Awak bus ALS sendiri, biasanya dilengkapi oleh 2 sopir dan 2 kondektur (terkadang ditambah 1 mekanik) selama perjalanan,kalau sekarang cuma 2 kondektur dan 2 sopir.Terkadang juga kru bus ALS menjadi mekanik bagi busnya sendiri,ketika ada masalah pada bus dijalan.


Rute yang panjang dan menguras tenaga,mungkin sudah dianggap seperti hiburan oleh mereka ya gan sist.Melintas Jawa-Sumatera,singgah diberbagai kota dan bertemu dengan beragam jenis orang,bisa menjadi penghilang penat mereka yang rela berhari-hari tidak bertemu keluarga.


Yang unik dari penuturan kawan ane,armada ALS ini adalah titipan,tidak ada pemilik tunggal dari keseluruhan bus als ini.
Bisa dilihat dari nomor yang tertempel pada body bus, semisal dari nomor 351 jika akhiran nomor adalah angka 1 maka bus itu milik ketua dari PT. ALS tersebut,nomor akhiran 2 diketahui milik keluarga H.Kolol,nomor akhiran 5 milik keluarga Japarkayo,dan seterusnya.Dimana angka terakhir adalah kode dari pemilik bus tersebut,bisa dibilang seperti bisnis keluarga.CMIIW gan sist,kalau ada yang tahu soal kode pada bus ALS silakan dikomen nanti emoticon-Big Grin


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Sumber Foto


Untuk dapur pacu yang digunakan,ALS ini identik dengan mesin dan chasis Mercedes-Benz.Walaupun pada awal terbentuknya memakai chasis chevrolet dan Dodge,tapi setelah itu ALS setia menggunakan chasis dan mesin Mercy.Sering kali ane bertemu ALS dijalan pasti melihat logo Mercy dibody atau tulisan dikacanya.Seperti foto diatas,dikaca tertempel tulisan O500RF 1836.Adalah tipe mesin Mercy yang digunakan bus tersebut,dengan dibalut body Legacy Sky SR1 dari karoseri Laksana (Ungaran,Semarang).Mungkin dari pihak manajemen ALS punya pertimbangan sendiri,kenapa memilih setia pada mesin Mercedes-Benz sampai sekarang.Jalur lintas Sumatera yang cukup ekstrim mungkin cocok dengan mesin Mercy,dan juga ketahanannya karena melintasi puluhan kota dari Sumatera sampai Jawa.



Itu tadi sejarah singkat ALS,Raja Paket Dari Sumatera,walaupun dibutuhkan perjalanan yang cukup lama untuk sampai tujuan.Nyatanya bus ALS tetap jadi favorit bagi masyarakat untuk kembali ke kampung halaman di Sumatera maupun Jawa.Terbukti dari trayek jarak jauhnya yang bertahan sampai sekarang,tidak mudah bagi ALS bertahan sampai sejauh ini.Apalagi adanya pesawat,membuat beberapa orang berpikir 2 kali untuk naik bus menuju Sumatera dengan bus.


Harapan ane sih dengan dibangunnya tol trans Sumatera kedepan,mampu memberi dampak positif bagi transportasi bus,khususnya bus Sumatera yang melintas jalur Sumatera-Jawa.


Dan ketika tol tans Sumatera benar-benar selesai dibangun,harapannya transportasi bus bisa jadi alternatif ketika tiket pesawat melambung tinggi,mungkin dalam jarak tempuh bus akan kalah dari pesawat.Tapi satu hal yang kita tidak dapatkan dari pesawat,pemandangan alam eksotis yang kita lewati saat melewati lintas Sumatera adalah bonus yang luar biasa indahnya.


Apalagi jika melewati jalur lintas tengah Sumatera yang melewati danau Singkarak dan danau Toba,sungguh hal yang menakjubkan dan tidak terlupakan tentunya.





Sekian dulu dari ane,sampai bertemu lagi emoticon-Toast





Sumber:
Pemikiran pribadi dan pengalaman kawan TS
Referensi:1 , 2
Foto: blogger busmania,google image
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 51 lainnya memberi reputasi
48
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
21-03-2020 15:08
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Terjawab!!!,Medan-Jember 2 mingguan emoticon-Hammer (S)
Nice info gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kangnasgor123
gua dulu pernah nih naek ini dari malang ke jakarta gara gara keabisan tiket kereta, pas banget itu bus abis dari jember mampir di malang pas gua tanya dari jember ke medan berapa hari crew nya bilang bisa 2 mingguan gilak. Mana bawa paket segala lagi di atas nya emoticon-Cape d...


ALS sang gps penyelamat,makasih udah disahre ceritanya gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By daenk17
ngetop emang...ane pernah ke lampung beneran gak tau jalan....ngekor bus ini dr solo sampai liwa...gila bisa sampai lho..jaman ntu gps belum setenar sekarang...masih jan pda dopod


Info penting soal lintas Sumatera,nice share gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By mupra92
Wah legend ya ALS
Ane tahun 2018 dari Palembang ke padang naik Eva star,

Skill sopir nya emang jempolan apalagi waktu habis kami mau pulang mampir dolo ke istanah baso Pagaruyung, jalan mau ke sana liku liku bener pas sopir mau belok di tikungan tajem jantung ini debar debar gan emoticon-Takut tikungan nya sama tajem kayak di pagar Alam,
Kalo naek bus emang lelah kita terbayar kan dengan pemandangan indah di bukit tinggi solok padang.
Ya walaupun pinggang sama pantat sakit and keram krn pejalan jauh 1 hari 1 malam,

Ga kebayang kalo dari medan ke jawa apalagi Bali, remuk pinggang sama pantat hehe emoticon-Hai

Kalo Palembang Jakarta waspada aja di daerah mesuji daerah Lampung disana banyak begal, sering juga dgn sengaja menyiram oli di jalanan buat membahayakan orang yg melintas.

Kalo daerah Lahat rawan banyak bajing loncat, belum lagi pas masuk Muara enim kalo udah keluar truck batu bara di jalan sono, bakal macet panjang

Sekarang akses lbh mudah krn ada tol dari Palembang ke lampung Jakarta Jawa ga butuh perjalan jauh lagi,

Tinggal nunggu tol Sumatera biar enak ke Jambi Bengkulu padang riau Medan and also Aceh emoticon-Shakehand2

Salam terkenal buat ALS. Sopir Medan emoticon-Ngacir2


Mungkin bisa usul ke raja salman,ALS versi arab emoticon-Ngakak (S) emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By hengkidermawan
dulu, ane pikir ALS itu bus dari Arab

A = Alif
L = Lam
S = Shod

🤣🤣🤣🤣😁😁



Cerita seru dan nostalgia dari kawan2 kaskuser emoticon-Toast
Quote:Original Posted By jambulajaib
satu kata buat PO bus ini LEGEND! ....

terima kasih buat TS utk informasi2nya ... yes, asalnya dari Mandailing Natal, ane pernah ditunjukin supir kantor rumah perintisnya yg ada di Panyabungan, pinggir jalan raya bgt... dan sekrang sistemnya dijalankan oleh keluarga besar dengan kode2 yg disebutkan TS


dan skill nyetirnya? tak perlu ditanyakan .....

salah satu contoh :
silahkan berkunjung ke Kab Pasaman (Sumatera Barat), liat betapa canggihnya supir ALS trayek Pasaman Barat - Medan ketika melalui Rimbo Panti (Duo Koto-Panti), ane kesitu bawa Innova aja harus ati2 banged, bayangkan ini bus yg nukik di belokan model u-turn pinggir jurang... dahsyatttt


Quote:Original Posted By yunda.me
mbah ane yg dari aceh, berarti ganti bus di medan ye bray?

Dan waktu yg di tempuh saat tidak ada tol kek sekarang 1 minggu emoticon-Ngakak (S)
ane ke lampung aja 2 hari dua malam tuh dari jember

entah sekarang berapa lama.

dan memang salah satu bus Antar kota, antar prov dan antar pulau satu satunya yg punya rak barang diatas AC. emoticon-Wakaka



pejwan bray.
emoticon-Toast


Quote:Original Posted By PandoraKnight
Bis langganan klo mudik ke lubuklinggau. ALS/putra raflessia emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By bedepret
ini bis kl berhenti di rumah makan padang pasti dandan....wkkk...legend sumatra


Quote:Original Posted By berak.batu
Kenangan ALS :

Kap mesin belakang dibiarkan tidak terkunci sering terlihat dimana saja propinsi, cegah over heat kali.....kelamaan jalan sampe seminggu non stop
tapi gak lagi klo sekarang

Tahun lalu balik kampung,
logat-nya beda, e-el-es
A dibaca logat inggris.....sempat bingung, ternyata ALS emoticon-Ngacir Tubrukan


Quote:Original Posted By zaaxion.7k
Terakhir naik pas smp waktu mau bpk ane pulkam ke medan...dah mayan nyaman sih....pas pulang ke Bukittinggi pakek sampagul ada kecoanya wkkwkw

Skarang trayek Bkt-Medan busnya cakep2...kalau trayek dr/ke jawa bus penuh debu+kayaknya bis seri lama/atau bodynya yg lama...


Quote:Original Posted By keuindo
sering liat nih bus di tol purbaleunyi, nih bus emang lebih banyak paketnya daripada orangnya


Quote:Original Posted By risman88
Kalau dr padang ada A.N.S kalau Medan ya A.L.S . Tp salut sih barang diatas itu jarang ilang sama bajing loncat. Sekarang busnya bnyak yg bagus drpd dulu.


Quote:Original Posted By rianna.nai
Tiap kali inih bis lewatd jalan, ane selalu merindink krn aura legend nya itu loh, terutama jarak tempuh & waktu eksistensinya yg emang beneran legend, meski ane belom pernah naik ALS sih, cm nganterin kerabat ke pool aja...

Always be legend sihhhh ini


Quote:Original Posted By gikogaza
bus langganan dl babeh ke sumbar emoticon-Recommended Seller

kalo cerita cerita masa angker nya ,yg di atas standby prajuit dg perlatan lengkap
emoticon-Belo


Quote:Original Posted By Gailham
Body baru ALS udah lumayan ciamik macam bis-bis Pulau Jawa, salut emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By hvzalf
Ane di Lampung sering liat. Bahkan pernah naik. Cuma ya agak2 wangi gimana gitu. 😂


Quote:Original Posted By gambit410
lejen banget ni bus. yg masih saya ingat adalah kucel maksimal di bodinya..


Quote:Original Posted By cangcutlevis703
ane pernah gan..dari kopo ke padang..tahun 97 klo ngga sslah..


Quote:Original Posted By bdr10
ALS plesetannya, Asal Lao Sega. Orang Batak pasti ngerti


Quote:Original Posted By DER79
kalau kami di sumatera mengibaratkan orang yg skill bawa mobl.. " sopir medan"
memang gila sih bawaannya...
kalau kepala mobil dah nongol aja dikit, nggak ada cerita, dia pasti masuk... yang depan pasti ngrem atau turun jalan.
cuma kl masalah kenyamanan, ya tergantung class ny la...
ALS mantap


Quote:Original Posted By ffsuperteam
Terakhir ane naik bus ini ke padang tahun 2017 atau 2018 ya lupa
Busnya udh yg baru bukan yg jadul2 gitu. Interiornya bagus, ada bantal dan selimut yg pasti bakal berguna utk perjalanan panjang.

Jalannya ekstrim tapi pemandangan waktu ke padang bagus banget sih


Utk skrg ane rasa bus sumatera yg paling bagus itu punya paradep karna ada yg double decker. Simpati star ga tau deh gapernah naik.


Quote:Original Posted By ari.n
sesekali juga ane liat pas d per3an medaeng bre,,,
melintaslah als si bis lejend masuk terminal mbungur,,,
emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By TheTrueMayhem
gw belum pernah kesampean mau cobain naik ini bus dari jateng/jabar ke medan,tapi barang2 dagangan gw udah beberapa kali naik dan semuanya aman


Quote:Original Posted By babysitter89
pernah dong. dari Padang - Jakarta ane dulu naik ALS buat liburan ke rumah paman. naik sekeluarga. waktu lewat Lahat Sumsel supirnya nyuruh kita diem, tirai ditutup sm lampu bus di dalam d matiin. banyak bajing lompat soalnya.


Quote:Original Posted By mesashetra
Ane pertengahan 2018 naek bis ini gan dari kampung rambutan - jogja. Meskipun ane orang jawa, pas waktu ngobrol sama keneknya ane pake logat medan, dikasih diskonlah ane 50 rebu. Bis ini gentle, pantang menurunkan penumpang kalo belum sampai tujuan a.k.a ga dioper. Dibelakang bus ada bilik tempat tidur, mungkin buat sopir & kondekturnya dan tentu saja tumpukan paket ada pula sepeda motor.emoticon-Malu


Quote:Original Posted By elvousnfs
ALS pernah naik coba" dari jember ke merak, asik juga 😄.... penumpang ALS tidak selalu fulltrip tapi kalo penuh, kursi bakso beraksi 😄


Quote:Original Posted By a9r7a
Gw prnh naik bus als dari bogor ke lahat, alhamdullilah, perjalanan lancar, aman dan selamat sampai ke tujuan. Terima kasih als


Quote:Original Posted By codebreaker
bus nya sering mogok.. kecuali rute pendek atau yg high Decker... kl yg lu cari kenyamanan, bus ini masukkin ke blek list... lamanya waktu yg ditempuh alias lelet, udah menjadi track record... gw pernah ketemu sama pasangan yg mau ke pk baru.. baru sampai di merak mau masuk kapal, itu orang pindah bus Lorena...

bus als terkenal dengan bus bangku tempel... kondisi bantal yg bener² bikin mual dll.. cukup sekali seumur hidup naik bus ini...


Quote:Original Posted By Moses tambunan
orang sumatera mana yang g kenal ALS...waktu ogut masih balita, pergi pertama kali ke kampung yah naik bis ini kayaknya Gan, berikut sekembalinya dari sana ke Jakarta....harusnya mah supir ALS ini ikut tes jadi pembalab profesional gan...udah terkenal dah keberanian (yang cenderung nekat) dari para supir....


Quote:Original Posted By indramamoth
Seperti yang dirasain TS sih, ane juga seneng kalau ketemu ALS di jalan. Rumah ane deket terminal, dari dulu waktu kecil udah jadi tontonan itu bus-busnya sambil disuapin emak. Rasanya kayak nostalgia, semoga bisa beroperasi terus


Quote:Original Posted By madjezzt
dulu pas masih bocah liat bis ALS tuh keknya mevvah bre, mungkin dari liverynya ya
cuma gegara bokap mudiknya ke payakumbuh jadinya naik gumarang kalo kg npm

Quote:Original Posted By syark04
Sekali2 liat juga dalemannya.

Bukan cuma penumpang di dalem.

Motor besar pun jadi penumpang emoticon-Big Grin
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
iskrim dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
21-03-2020 15:56
Masih sepi,mumpung masih pejwan emoticon-Ngacir

Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
21-03-2020 16:09
jaman dulu kaya bis ala indihe emoticon-Ngakak
profile-picture
salis93 memberi reputasi
0 1
-1
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
21-03-2020 17:33
Quote:Original Posted By Vandisk
jaman dulu kaya bis ala indihe emoticon-Ngakak


indihe apaan gan ? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
iskrim dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
21-03-2020 18:27
Pengalaman naik bus als super executive rute padang - medan emoticon-Recommended Sellerl
Waktu tempuh 22 jam, lagu dalem bus lagu lagu era 80 - 90 an.
Berhenti untuk sholat subuh di mesjid daerah tepian danau toba
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
21-03-2020 18:40
enak banget naiknya apalagi duduk di depan berasa semakin dekat dg sang pencipta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novriexx dan 14 lainnya memberi reputasi
14 1
13
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
21-03-2020 20:14
Quote:Original Posted By doongdoongan
Pengalaman naik bus als super executive rute padang - medan emoticon-Recommended Sellerl
Waktu tempuh 22 jam, lagu dalem bus lagu lagu era 80 - 90 an.
Berhenti untuk sholat subuh di mesjid daerah tepian danau toba


mantap nih pengalamannya gan emoticon-2 Jempol
kira2 kapan terakhir naik ALS ?

Quote:Original Posted By indra.blora
enak banget naiknya apalagi duduk di depan berasa semakin dekat dg sang pencipta


itu buat bus yang ugal2an gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Abc..Z memberi reputasi
2 0
2
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
21-03-2020 22:33
cuma kalo sekarang armada als kebanyakan yg udah uzur ya bre?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
22-03-2020 01:19
naik bis hehe kangen gw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
22-03-2020 05:11
Bus Medan jelek jelek.
emoticon-Baby Boy
0 0
0
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
22-03-2020 10:02
Quote:Original Posted By ojo.kondor
cuma kalo sekarang armada als kebanyakan yg udah uzur ya bre?


sebagian ada yang uzur,dirombak bodynya biar terlihat kekinian.seperti dirombak jadi body jetbus/sr2 gan.untuk melawan sempati star yang menggila dijalur sumatera.


banyak juga armada barunya gan,kemarin baru keluar dari karoseri adiputro.kurang tahu tipe chasisnya yang mana,yang pasti itu mercedes-benz emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By muhammadafdal15
naik bis hehe kangen gw


kapan terakhir naik bus gan ? emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By adekgantengom
Bus Medan jelek jelek.
emoticon-Baby Boy


gak kok dek,itu sebagian foto lawas,terlihat jelek karena faktor jalan lintas Sumatera yang ekstrim.membuat body bus terlihat kotor,perlahan ALS sudah mengupgrade body bus mereka dek emoticon-Big Grin

kalo ini termasuk jelek gak dek ?

Bonus
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
22-03-2020 10:04
Quote:Original Posted By si.matamalaikat
sebagian ada yang uzur,dirombak bodynya biar terlihat kekinian.seperti dirombak jadi body jetbus/sr2 gan.untuk melawan sempati star yang menggila dijalur sumatera.


banyak juga armada barunya gan,kemarin baru keluar dari karoseri adiputro.kurang tahu tipe chasisnya yang mana,yang pasti itu mercedes-benz emoticon-Big Grin




tkapan terakhir naik bus gan ? emoticon-Big Grin



gak kok gan,itu sebagian foto lawas,terlihat jelek karena faktor jalan lintas Sumatera yang ekstrim.membuat body bus terlihat kotor,perlahan ALS sudah mengupgrade body bus mereka


Sekitar 3 taon yg lalu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
22-03-2020 11:31
Quote:Original Posted By muhammadafdal15
Sekitar 3 taon yg lalu


sudah lama rupanya,kalo ane naiknya bus kelas ekonomi.dua minggu sekali emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
22-03-2020 11:33
Quote:Original Posted By si.matamalaikat
sudah lama rupanya,kalo ane naiknya bus kelas ekonomi.dua minggu sekali emoticon-Ngacir


Transjakarta gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
22-03-2020 17:06
Quote:Original Posted By muhammadafdal15
Transjakarta gan?


bukan gan,tapi sugeng rahayu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
22-03-2020 18:15
Quote:Original Posted By si.matamalaikat
bukan gan,tapi sugeng rahayu emoticon-Big Grin


Whahahaha
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan ampekduo memberi reputasi
2 0
2
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
22-03-2020 22:00
Ane sukak sejarah...
emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
22-03-2020 22:01
Quote:Original Posted By adekgantengom
Bus Medan jelek jelek.
emoticon-Baby Boy


Husssh... Jangan menghina... emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan lupis.manis memberi reputasi
2 0
2
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
22-03-2020 22:02
Ngetop banget ini P.O. ALS. emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
22-03-2020 22:06
ntu kalo trek jauh sopir nya ada berapa bre apa satu doang ama kenek atau gantian di tiap² wilayah
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia