others
Batal
link has been copied
681
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6bbbfbf4d695288d72c004/coc-regional--budaya-dongeng-tentang-bukit-kelam-batu-terbesar-di-dunia
Jika mas brader dan mbak sistah ingin tau dongeng tentang Bukit Kelam yang merupakan batu terbesar di dunia, dengan kerendahan hati saya persilahkan disimak terlebih dahulu video yang saya dapat di IGTV-nya @sahabatgrab.kalbar https://www.instagram.com/p/B9DdmPlhU1c/ Karena pendongeng menggunakan bahasa yang campur aduk, saya coba untuk menterjemahkannya. Tentang Bukit Kelam ya? Bukit Kelam itu be
Lapor Hansip
13-03-2020 23:59

[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)

icon-verified-thread
Jika mas brader dan mbak sistah ingin tau dongeng tentang Bukit Kelam yang merupakan batu terbesar di dunia, dengan kerendahan hati saya persilahkan disimak terlebih dahulu video yang saya dapat di IGTV-nya @sahabatgrab.kalbar




terjemahan


Selanjutnya silahkan mas brader dan mbak sistah simak kembali kelanjutan ceritanya berikut ini 



terjemahan


Quote:Mungkin hanya segitu yang bisa saya utarakan jika saya ditanya tentang cerita asal mula Bukit Kelam yang saya tau. Saya rasa cuma segitu kemampuan saya, jauuuh dari kesempurnaan. Namun harapan saya kita bisa mengambil hikmahnya, paling tidak kita jaga cerita ini jangan sampai anak cucu kita tidak pernah mendengar cerita ini lagi karena saya juga lupa-lupa ingat cerita ini. Dibalik itu, hikmah lain yang dapat kita ambil yaitu janganlah kita seperti Bujang Beji, cukuplah Bujang Beji saja yang memiliki sifat yang kurang baik. Kalaupun suatu saat kita menjadi pemimpin, jadilah pemimpin yang bijak. Utamakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan seperti yang dilakukan oleh rayap dan beruang.

Seperti petuah Melayu, kalau ada mufakat, kalau ada beban ringan sama dijinjing berat sama dipikul. Tidak seperti Bujang Beji tadi. Dan seperti itulah jika saya ditanya sama abang nich, sama ente nich bro, hanya ini saja yang saya bisa. Kurang lebihnya saya mohon maaf ya, mungkin tidak sesuai ekspektasi cerita saya ini. Namun secara garis besar sudah saya utarakan. Besar harapan saya kawan-kawan main-mainlah ke Bukit Kelam, seperti apa sich batu terbesar di dunia itu? Harapan lain jagalah Taman Wisata yang kita punya kebanggaan kita bersama. Saya rasa masih banyak tempat-tempat wisata atau tempat tempat yang juga memiliki cerita. Lain waktulah kita cerita lagi, karena hari sudah siang, cuaca semakin panas, jam istirahat siangpun sudah injury time. Bila ketemu saya di jalan tegur saja jika ingin mendengar cerita lainnya. Kalau bisa saya cerita, saya akan menceritakannya. Terimakasih :terimakasih


sumber
Diubah oleh lamberianto.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 7 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 17
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
14-03-2020 00:03
pertamax dululah emoticon-Paw

itu pendongengnya tampan juga ya emoticon-Malu (S)
Diubah oleh lamberianto.
profile-picture
montego. memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
14-03-2020 04:36
keduax pak brader emoticon-Ultah
.
keren sekali bukit kelam ini, lebih besar dari ayers rock yg terkenal itu emoticon-Belo
Diubah oleh Hannibal.Barca
profile-picture
profile-picture
profile-picture
macanmenoreh dan 4 lainnya memberi reputasi
0 5
-5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
14-03-2020 08:23
Waahhh bagusss..
Ku suka Bapak...
Kerennn cerita rakyat. Bisa ku ceritain lagi ini sm murid2 ku..senin besok..
Aku jadi tau ternyata kita juga punya batu besar seperti yg ada di australia...

emoticon-Matabelo
emoticon-2 Jempol
emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
macanmenoreh dan 3 lainnya memberi reputasi
0 4
-4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
14-03-2020 11:40
dasar kepala batu emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
montego. dan 3 lainnya memberi reputasi
0 4
-4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
14-03-2020 12:20
coba diumpan lambung dululah

emoticon-Bola emoticon-Bola
profile-picture
profile-picture
profile-picture
montego. dan 3 lainnya memberi reputasi
0 4
-4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
14-03-2020 12:30
yang komeng id merah semua emoticon-Matabelo
Diubah oleh nindi.2018
profile-picture
profile-picture
profile-picture
montego. dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
14-03-2020 21:59
Quote:Original Posted By lamberianto.
selamat ya mas brader emoticon-Selamat
---
menurut saya memang keren tuh mas brader emoticon-2 Jempol


keren banget pak brader, saya yakin bisa menjadi wisata kelas dunia emoticon-Shakehand2
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
14-03-2020 22:15
Quote:Original Posted By lamberianto.
tapi itu dia masalahnya
---
kurang perhatian dari pemerintah emoticon-norose


itulah kebiasaan pemerintah kita, kurang memaksimalkan potensi. harusnya akses diperbaiki ya pak brader emoticon-Nohope
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
16-03-2020 13:07
kayaknye ade yang baru ye

ade yang agik bekesah emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
montego. dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
16-03-2020 15:08
Quote:Original Posted By lamberianto.
harapan saya sich seperti itu mas brader
---
akan tetap tak sesuai ekspektasi emoticon-norose


biasa itu pak brader.. kadang harapan ga sesuai ekspektasi emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
montego. dan macanmenoreh memberi reputasi
0 2
-2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
16-03-2020 15:29
Quote:Original Posted By lamberianto.
jadi bagaimana ini jalan keluarnya

emoticon-Bingung


gimana ya pak brader, kalo mengharapkan pemerintah sih susah ya..
kalo di kelola sendiri sama masyarakatnya juga keknya kurang maksimal ya emoticon-Thinking
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
17-03-2020 22:22
dongeng sebelum bobo' emoticon-Baby Boy 1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
montego. dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
17-03-2020 22:40
tutup ape buka emoticon-Salah Kamar
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
17-03-2020 22:42
Bagus kisahnya seperti membaca fiksi om
Sekadar saran buat dalam.spoiler kisah yang merunut pada dialog om, jadi bacanya juga enak.bagi yang ingin melewati ceritanya dan juga membuat penasaran bagi yang ingin tau kelanjutan kisahnyaemoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lamberianto. dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
17-03-2020 22:49
Quote:Original Posted By lamberianto.
sebelumnya terimakasih udah mampir dan masukannya mas brader
---
hanya saja saya masih belum paham tentang bagian yang mesti di spoiler itu emoticon-Bingung (S)


Maaf bila lancang omemoticon-Nyepi

Letak spoiler di paragraf keempat pada awalan 'Alkisah ...' sampai pada 10 paragraf itu di spoiler.

Lalu spoiler kedua di paragraf 'Lalu ditengah perjalanan .....' sampai kata 'tragis' om. Menyisakan 1 paragraf sebelum quote diakhir
Diubah oleh phyu.03
profile-picture
profile-picture
lamberianto. dan macanmenoreh memberi reputasi
2 0
2
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
17-03-2020 22:53
Quote:Original Posted By lamberianto.
tidak kok mas brader
justru saya bener bener minta masukan ini emoticon-shakehand

mana tau disuruh mendongeng lagi emoticon-Embarrassment
---
oh iya nanti saya coba spoiler emoticon-Ngacir


Ada tambahan spoiler lagi om, jadi ada 2 spoiler dan 1 quote, maafemoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
lamberianto. dan macanmenoreh memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
17-03-2020 23:05
Quote:Original Posted By lamberianto.
contohnya bagaimana tuh mas brader emoticon-Thinking

Silahkan disimak, om
Bayangkan jika tanpa spoiler, betapa lelahnya orang akan membacanya, bisa jadi sebelum sampai di akhir paragraf orang akan memilih berhenti menyelesaikan bacanya.

Quote:
Spoiler 01


Quote:
Spoiler 02
profile-picture
profile-picture
lamberianto. dan macanmenoreh memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
17-03-2020 23:08
Quote:Original Posted By lamberianto.
wah sudah ada draft nya emoticon-Matabelo


Baru aja tadi tuh om, jadi gunanya spoiler adalah untuk membedakan mana kisah dongengnya saja, sehingga trit om bisa sedikit berbedaemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lamberianto. dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
17-03-2020 23:17
Quote:Original Posted By lamberianto.
artinya yang nampak nanti cuma visual nya gitu ya mas brader
---
tulisannya kita sembunyikan emoticon-Thinking


Ya! Jadi yang ingin mengetahui kisah dongengnya sisa buka spoiler saja om
Kan tidak semua user menon aktifkan spoilernya kan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lamberianto. dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
17-03-2020 23:21
Quote:Original Posted By lamberianto.
oh iya mas brader
---
menon itu apa ya emoticon-Thinking


Maksudnya me..non-aktif..kan omemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
lamberianto. dan sagutumbuk memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia