Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6190440577a97d1c6bbe77/lagu-kebangsaan-jerman-dari-masa-ke-masa
Republik Federal Jerman atau lebih dikenal dengan Jerman merupakan sebuah negara yang memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia. Selain itu Jerman yang telah mengalami banyak sekali perubahan politik dari masa ke masa.
Lapor Hansip
06-03-2020 06:50

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa


Ilustrasi


Republik Federal Jerman atau lebih dikenal dengan Jerman merupakan sebuah negara yang memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia. Selain itu Jerman yang telah mengalami banyak sekali perubahan politik dari masa ke masa, menyebabkan lagu kebangsaan negara tersebut pernah berganti beberapa kali. Lagu kebangsaan yang berganti tersebut penuh akan muatan sejarah negara Jerman pada masa tersebut dan menjadi cerminan masyarakat dan politik saat itu.


Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa


Das Lied der Deutschen-Deutschlandlied

"Das Deutschlandlied"dengan judul asli "Das Lied der Deutschen" atau lebih dikenal dengan "Deutschlandlied", merupakan lagu kebangsaan negara Jerman. Lirik lagu tersebut ditulis oleh Agustus Heinrich Hoffmann von Fallersleben pada tahun 1841. Musik untuk lagu tersebut berasal dari hymne "Gott erhalte Franz den Kaiser" yang dibuat pada tahun 1797 oleh seorang komposer asal Austria yang bernama Joseph Haydn, sebagai lagu untuk ulang tahun Kaisar Francis II, dari Kaisar Kekaisaran Romawi Suci yang kelak juga menjadi Kaisar Austria.


Das Lied der Deutschen-Deutschlandlied


Pada bagian awal yaitu, "Deutschland, Deutschland über alles, über alles in der Welt" (yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti"Jerman, Jerman di atas semua, di atas semua di dunia")bagian tersebut merupakan sebuah seruan kepada berbagai Raja Jerman agar memprioritaskan dan mengutamakan tentang pentingnya bersatunya Jerman.


Pada bagian "Einigkeit und Recht und Freiheit" (persatuan dan keadilan dan kebebasan),berisi seruan dari Agustus Heinrich Hoffmann von Fallersleben yang menyatakan agar Jerman bersatu dan merdeka. Bagian tersebut juga secara de facto dianggap sebagai motto nasional Jerman, meskipun hal tersebut tidak pernah secara resmi dinyatakan.


Setahun setelah menulis lirik tersebut Agustus Heinrich Hoffmann von Fallerslebenkehilangan pekerjaannya sebagai pustakawan dan profesor di Breslau, Prussia (sekarang Wrocław, Polandia), selain itu akibat karya revolusioner lainnya membuat Agustus Heinrich Hoffmann von Fallersleben harus bersembunyi sebelum akhirnya diampuni setelah munculnya revolusi pada tahun 1848.

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa



Gott erhalte Franz den Kaiser

Gott erhalte Franz den Kaiser


Merupakan sebuah lagu yang diperuntukan untuk Kaisar Francis II, Kaisar Kekaisaran Romawi Suci dan yang kelak juga menjadi Kaisar Austria. Liriknya lagu tersebut ditulis oleh Lorenz Leopold Haschka pada tahun 1749 sampai dengan tahun 1827, dan musik dibuat oleh Joseph Haydn. Kadangkala lagu tersebut disebut dengan "Kaiserhymne" (Hymne Kaisar).Setelah itu lagu tersebut telah digunakan secara luas dalam konteks lain, seperti dalam karya-karya musik klasik, dalam hymne Kristen, dalam alma maters, dan sebagai lagu "Deutschlandlied", lagu kebangsaan Jerman. Ada dugaan bahwa lagu tersebut mengambil sebagian melodi dari lagu rakyat Kroasia.

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa


Die Fahne hoch-Horst-Wessel-Lied

"Horst-Wessel-Lied"juga dikenal dengan "Die Fahne hoch" yang berasal dari bagian pembuka lagu tersebut, merupakan sebuah lagu yang digunakan sebagai lagu Partai Nazi (NSDAP) dari tahun 1930 hingga tahun 1945. Lagu tersebut ditulis oleh Horst Wessel pada tahun 1929. Dari tahun 1933 hingga tahun 1945, Nazi menjadikan lagu partai tersebut sebagai lagu kebangsaan Jerman bersama dengan lagu "Das Deutschlandlied" atau "Das Lied der Deutschen" yang dijadikan lagu Hyme.


Die Fahne hoch-Horst-Wessel-Lied


Pada saat itu Joseph Goebbels, pemimpin Partai Nazi dari cabang regional dan pemilik serta editor surat kabar Der Angriff (surat kabar Partai Nazi), telah beberapa kali melakukan upaya untuk menciptakan sebuah propaganda namun gagal. Pada akhirnya Joseph Goebbelsmenggunakan tokoh Horst Wessel yang pada saat itu meninggal untuk dijadikan sebagai propaganda dengan menceritakan kisah hidup, harapannya untuk "dunia yang lebih baik", dan hal tersebut dibumbui dengan kumpulan hal fiktif maupun fakta. Joseph Goebbels menjadikan Horst Wessel sebagai sosok "pemimpi idealis", yang akhirnya menciptakan apa yang menjadi salah satu tokoh martir untuk legitimasi Partai Nazi.


Setelah berhasil menjadikan Horst Wesselsebagai martir untuk propaganda, pada saat itu pula secara resmi diadakan pawai Wessel, dimana pada pawai tersebut nama lagu "Die Fahne Hoch" diubah menjadi judulnya menjadi "Horst-Wessel-Lied", juga lirik lagu tersebut dirubah dan akhirnya dijadikan lagu kebangsaan Jerman.


Dengan berakhirnya Perang Dunia 2 dan juga menjadi akhir dari rezim Nazi pada bulan Mei tahun 1945, lagu "Horst Wessel"resmi dilarang. Lirik dan lagu tersebut sekarang menjadi hal yang ilegal di negara Jerman, namun tentunya dengan beberapa pengecualian terbatas seperti untuk edukasi.


Namun pada awal tahun 2011, polisi dari wilayah Lower Saxony melakukan penyelidikan terhadap Amazondan Apple Inc. fokus utama penyelidikan tersebut adalah pada layanan musik seperti iTunes, yang diketahui membiarkan lagu tersebut untuk dijual di layanan music mereka.


Die Fahne hoch - Horst-Wessel-Lied


Pada akhirnya baik Apple Inc. dan Amazon memenuhi permintaan pemerintah, dan menghapus lagu dari penjualan mereka.

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa


Auferstanden aus Ruinen

Pada tahun 1949, zona pendudukan Uni Soviet di Jerman yang merupakan bagian dan Allied-occupied Germany berdiri menjadi sebuah negara sosialis dengan nama "Republik Demokratik Jerman". Setelah negara Republik Demokratik Jermanatau Jerman Timur berdiri, dibuatlah sebuah lagu kebangsaan, yang liriknya ditulis oleh seorang penyair bernama Johannes R. Becher yang kelak akan menjadi seorang Menteri Kebudayaan. Setelah itu dua orang musisi mengusulkan sebuah musik untuk lirik lagu yang dibuat oleh Johannes R. Becher, dan akhirnya dipilihlah musik yang dibuat oleh Hanns Eisler.


"Auferstanden aus Ruinen" merupakan sebuah penggalan dari lirik lagu patriotik dan juga sekaligus merupakan judul untuk lagu kebangsaan negara Jerman Timuratau nama resminya adalah Republik Demokratik Jerman. Lagu tersebut digunakan sebagai lagu kebangsaan ketika negars Jerman Timur ketika masih berdiri pada tahun 1949 sampai tahun 1990.


Auferstanden aus Ruinen



Lagu kebangsaan tersebut mencerminkan tahap awal pemisahan Jerman, disatu sisi mencerminkan terjadinya kemajuan yang berkelanjutan menuju penyatuan kembali zona-zona pendudukan menjadi satu.


Karena adanya rujukan terhadap sebuah negara Jerman yang bersatu, yaitu pada bagian "Deutschland, einig Vaterland", yang dalam bahasa Indonesia berarti "Jerman, tanah air bersatu", karena tidak sesuai dengan kebijakan dan konteks ketika Perang Dingin, terutama setelah Tembok Berlin didirikan pada tahun 1961, maka biasanya lagu tersebut hanya diperdengarkan melodinya tanpa dinyanyikan terutama pada acara-acara resmi.


Walaupun dalam lagu tersebut adanya rujukan terhadap sebuah negara Jerman yang bersatu, yang tidak sesuai dengan kebijakan dan konteks ketika Perang Dingin, namun tidak pernah ada lirik baru yang ditulis untuk menggantikan lirik yang ditulis oleh Johannes R. Becheryang terus digunakan secara tidak resmi, terutama setelah Revolusi Damai (die Wende) pada akhir tahun 1989.


Lagu "Auferstanden aus Ruinen"tidak lagi menjadi lagu kebangsaan ketika Republik Demokratik Jerman bubar dan negara-negara bagiannya bergabung dengan Republik Federal Jerman dalam reunifikasi Jerman pada tahun 1990.


Lagu "Deutschlandlied", yang disusun pada tahun 1841, kembali menjadi lagu kebangsaan Jerman ketika bersatu kembali secara keseluruhan. Pada saat itu Perdana Menteri Jerman Timur Lothar de Maizièretelah mengusulkan agar lirik yang ditulis oleh Johannes R. Becher ditambahkan ke dalam lagu kebangsaan Jerman yang bersatu, tetapi usulan ini ditolak oleh mitranya dari Jerman Barat, yaitu Kanselir Helmut Kohl.

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa


Heil dir im Siegerkranz

"Heil dir im Siegerkranz" (dalam bahasa Jerman berarti "Salam Padamu dalam Mahkota Pemenang")adalah lagu kebangsaan Kekaisaran Jerman dari tahun 1871 hingga 1918. Sebelum kekaisaran ini didirikan, lagu ini merupakan lagu kerajaan Prusia semenjak tahun 1795. Melodi himnenya berasal dari lagu kebangsaan Britania Raya "God Save the Queen".


Heil dir im Siegerkranz


Maka dari itu, lagu ini tidak populer di Jerman. Selain tidak didukung oleh para nasionalis Jerman, lagu ini bahkan tidak diakui oleh negara-negara Jerman selatan seperti Bayern atau Württemberg. Setelah Perang Dunia I, Kekaisaran Jerman dibubarkan dan "Das Lied der Deutschen"menjadi lagu kebangsaan Republik Weimar.


"Die Wacht am Rhein" ("Penjagaan di Sungai Rhein")juga merupakan himne patriotik yang sangat populer dan seringkali dianggap sebagai lagu kebangsaan tidak resmi.


Heinrich Harries menulis liriknya pada tahun 1790 untuk menghormati Raja Christian VII dari Denmark, dan baris "Heil, Kaiser, dir"pada awalnya adalah "Heil, Christian, dir". Pada tahun 1793, teks Harries' diadaptasi oleh Balthasar Gerhard Schumacher untuk digunakan di Prussia. Schumacher mempersingkat teks Harries' dan menggantikan kata Christian dengan kata König (raja). Setelah pendirian Kekaisaran Jerman diproklamirkan, kata König digantikan oleh Kaiser (kaisar).

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa


Hal lainnya

Lagu kebangsaan Das Deutschlandlieddapat dinyanyikan dengan menggunakan melodi dari lagu kebangsaan Auferstanden aus Ruinen dan sebaliknya lagu kebangsaan Auferstanden aus Ruinen dapat dinyanyikan dengan menggunakan melodi dari lagu kebangsaan Das Deutschlandlied.


Bagian awal dari lagu Das Deutschlandlied, "Deutschland, Deutschland über alles, über alles in der Welt.dilarang untuk dinyanyikan karena indentik dengan Partai Nazi. walapun begitu kadang juga bagian tersebut juga dinyanyikan.


Bagian "Einigkeit und Recht und Freiheit"yang dianggap sebagai motto nasional Jerman juga menjadi bagian atau stanza yang dapat dinyanyikan.


Karena banyak larangan pada lagu Das Deutschlandliedmaka lagu tersebut sering hanya diperdengarkan melodinya saja tanpa dinyanyikan.


Lagu "Gott erhalte Franz den Kaiser" beberapa kali mengalami perubahan pada liriknya.

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa




Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
Polling
17 Suara
Mana Lagu Kebangsaan Jerman Yang Kamu Suka ? 
Diubah oleh comrade.frias
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
06-03-2020 06:50
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa

ーコメントー



Quote:Quote:Original Posted By royaljannisary
Fun fact, di dalam lirik deutschlandlied terdapat beberapa nama tempat :

Von der Maas bis an die Memel,
Von der Etsch bis an den Belt


Sungai Maas, sungai Memel, sungai Etsch, dan selat Belt, keempatnya tidak masuk ke dalam wilayah geografis jerman, tetapi masih dipakai dengan dalih bahwa lagu ini diciptain sebelum jerman terbentuk emoticon-Cool

Banyak yg mengkritisi lirik ini sebagai bentuk irredentisme jerman

Quote:Original Posted By jambulajaib
kalau baca komen2 di yutup, rata2 pengennya balik lagi ke lagu dan lirik asli Das Lied der Deutschen-Deutschlandlied

menurut ane pribadi, lirik lagu itu lebih ke kebanggaan akan Kekaisaran Jerman-Austria-Prusia Raya ketimbang Nazi
mungkin pertimbangan pemerintahan Jerman juga ga mau nyinggung2 Austria juga kali ya emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By ryunato
God Save Fuhrer
emoticon-Selamat


Quote:Original Posted By TheArdo96
Jadi inget wkt tenis, salah lirik malah pake lirik jaman Nazi haha


Quote:Original Posted By chigo.ji3
Wajar gan jerman mah sejarah udah panjang banget, beda ama indo yg masih seumur bayi sapa tau bulan depan indo ada revolusi nanti pasti indonesia raya bakal diganti


Quote:Original Posted By galigulagalu
wihhh keren nih ngebahas soal sejarah lagu kebangsaan jerman. maknanya pasti keren yak sama kayak yg dipunyai bangsa indonesia, tentu ada unsur kebanggaan dan persatuannya ya gan. kerennnn emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By BlueJupieZ
Erikaaa...

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa


Quote:Original Posted By gilbertagung
Mana anthem favorit ane, God Save the...eh maksud saya Heil dir im Siegerkranz?


Quote:Original Posted By jukic
nyimak gan..demen dah sm berbau2 jerman


Quote:Original Posted By swiitdebby
Gue aja ngga tau artinya

Maen isi polling ae hahaha


Quote:Original Posted By angga_nero
vatherland....


Quote:Original Posted By seperduaratus
Itu pasti dong namanya lagu kebangsaan jadi identitas negara, lagu yang dinyanyikan kalo ada event nasional ya masa liriknya asal asalan ya gan wkwk


Quote:Original Posted By metachu
dari periode ke periode berubah ya, dan menceritakam sejarah dan tahapan Jerman hingga bersatu gitu ya...?


Quote:Original Posted By davidsson
Trit yg menarik karena gw suka Jejermanan. Ya sepakbolanya. Ya efisiensinya. Ya mobilnya. Ya teknologinya.
Thanx udah nambah wawasanku.


Quote:Original Posted By zapperprince
kenapa lagu2 kebangsaan macam jerman, prancis, italia seru2 didengernya, walaupun gak ngerti mereka ngomong apa


Quote:Original Posted By mynameisant
Deutschland, Deutschland über alles,
Über alles in der Welt!
🙋


Quote:Original Posted By fa.uz
ada satu lagi, pas masa kekaisaran german,

melodinya sama dengan lagu god save queen nya britishemoticon-Ngacir
Horst wessel lied lagu propaganda nazi, tapi enak didengernya, cuma pasti terlarang di jerman sanaemoticon-Big Grin favorit ane sih, easy listening gituemoticon-Wink ini horst wessel lied versi parody nyaemoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By fa.uz
God save queen banyak yang make juga yaemoticon-Ngakak, tapi konon lagu itu asalnya dari prancisemoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By fa.uz
Melodi awalnya kayak lagu dari sabang sampai meraukeemoticon-Big Grin
Diubah oleh comrade.frias
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan lupis.manis memberi reputasi
2 0
2
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
06-03-2020 06:51
Diubah oleh comrade.frias
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan lupis.manis memberi reputasi
2 0
2
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
06-03-2020 06:52
Reserves
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan lupis.manis memberi reputasi
2 0
2
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
06-03-2020 06:54
Lho balik lagiemoticon-Ngakak

Alesannya apa ya anthem diubah2? Diatur dalam uu nya juga kah?
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan comrade.frias memberi reputasi
2 0
2
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
06-03-2020 07:01
Quote:Original Posted By arai01
Lho balik lagiemoticon-Ngakak


Cepat sekali responnya

Quote:Alesannya apa ya anthem diubah2?

Selain faktor yang ada disebutkan pada pembukaan diatas, faktor masa lalu adalah yang utama karena, jadi memang diubahnya anthem tersebut untuk menghilangan citra masa lalu yang buruk.

Quote:Diatur dalam uu nya juga kah?
Ada diatur dalam uu

After World War II, the newly founded Federal Republic of Germany had difficulty deciding on a national anthem. Although it specifically refers to the federal flag, the Basic Law does not make any provision for a national anthem; no arrangement was made until 1952, when Federal Chancellor Konrad Adenauer asked the Federal President, in a letter of 29 April, to recognize "the Hoffmann-Haydn song as the national anthem. At state functions the third verse should be sung.”In his letter of 2 May, President Theodor Heuss gave his consent, after his earlier attempt to find a new anthem had been unsuccessful.
¹

Jadi lagu tersebut diakui namun hanya stanza yang ketiga yang dinyanyikan.
Diubah oleh comrade.frias
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
06-03-2020 08:22
negaranya adolf hitler nihemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan comrade.frias memberi reputasi
2 0
2
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
06-03-2020 08:25
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
negaranya adolf hitler nihemoticon-Ngakak


Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke MasaTau aja emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
06-03-2020 08:28
Quote:Original Posted By comrade.frias
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke MasaTau aja emoticon-Betty


nazi kan terkenal gan di bumi ini
ada jutaan yg dibunuh hitleremoticon-Ngakak

ga bisa bahasanya, kok lagu kebangsaannya ganti2 sih? indonesia cuma itu2 aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.dot dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
06-03-2020 08:34
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
nazi kan terkenal gan di bumi ini
ada jutaan yg dibunuh hitleremoticon-Ngakak

Iya itu salah satunya yang buat pamor nazi terkenal.
Quote:ga bisa bahasanya, kok lagu kebangsaannya ganti2 sih?

Selain faktor yang ada disebutkan pada pembukaan diatas, faktor masa lalu adalah yang utama karena, jadi memang diubahnya anthem tersebut untuk menghilangan citra masa lalu yang buruk.
Quote:indonesia cuma itu2 aja

Indonesia belum pernah mengalami perubahan besar-besaran seperti Jerman, jadi ya lagu kebangsaannya gitu aja
Diubah oleh comrade.frias
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
06-03-2020 08:56
kalau baca komen2 di yutup, rata2 pengennya balik lagi ke lagu dan lirik asli Das Lied der Deutschen-Deutschlandlied

menurut ane pribadi, lirik lagu itu lebih ke kebanggaan akan Kekaisaran Jerman-Austria-Prusia Raya ketimbang Nazi
mungkin pertimbangan pemerintahan Jerman juga ga mau nyinggung2 Austria juga kali ya emoticon-Big Grin
Diubah oleh jambulajaib
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan comrade.frias memberi reputasi
2 0
2
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
06-03-2020 15:04
deutsch gw kirain dutch yg artinya belanda
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan comrade.frias memberi reputasi
2 0
2
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
07-03-2020 01:05
Quote:Original Posted By jambulajaib
kalau baca komen2 di yutup, rata2 pengennya balik lagi ke lagu dan lirik asli Das Lied der Deutschen-Deutschlandlied

Nah memang karena menurut mereka (Orang Jerman) pun sendiri lirik asli yang full itu gak menyebut nazi tapi menyebut bahwa Jerman itu satu.
Quote:menurut ane pribadi, lirik lagu itu lebih ke kebanggaan akan Kekaisaran Jerman-Austria-Prusia Raya ketimbang Nazi
mungkin pertimbangan pemerintahan Jerman juga ga mau nyinggung2 Austria juga kali ya emoticon-Big Grin
Iya memang banyak pertimbangan jujur sih menurut ane malah lebih cocok pake yang Auferstanden aus Ruinen
Diubah oleh comrade.frias
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan lupis.manis memberi reputasi
2 0
2
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
07-03-2020 01:11
Quote:Original Posted By chisaa
deutsch gw kirain dutch yg artinya belanda

Kata 'Dutch' berasal dari 'Deutsch' - lagipula, memang ada kesamaan bahasa Jerman dan bahasa Belanda.
Diubah oleh comrade.frias
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan lupis.manis memberi reputasi
2 0
2
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
07-03-2020 21:01
La Marseillaise national anthem paling enak emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
07-03-2020 21:02
TS spesialis lagu kebangsaan neh

emoticon-Leh Uga
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
07-03-2020 21:02
emang nih negara superior bgt
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
07-03-2020 21:02
ngak ngarti dah oeh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
w3dhaqu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
07-03-2020 21:02
Ada beberapa jenis ya.
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
07-03-2020 21:04
dinamis ya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
07-03-2020 21:10
God Save Fuhrer
emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia