News
Batal
KATEGORI
link has been copied
237
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e57c73af0bdb24ea32bb7bf/pantas-jakarta-tenggelam-dua-proyek-antibanjirnya-mandek
Banjir nampaknya sudah menjadi langganan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya jika musim turun hujan. Pemerintah tentu tak tinggal diam, sejumlah proyek infrastruktur untuk penangkal banjir telah direncanakan. 
Lapor Hansip
27-02-2020 20:42

Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek

Past Hot Thread
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek Jakarta - 

Banjir nampaknya sudah menjadi langganan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya jika musim turun hujan. Pemerintah tentu tak tinggal diam, sejumlah proyek infrastruktur untuk penangkal banjir telah direncanakan. 

Beberapa proyek penangkal banjir pun sebenarnya sudah berjalan. Hanya saja, pengerjaan terpaksa berhenti di tengah jalan lantaran terkendala pembebasan lahan. 

Adapun proyek pertama adalah normalisasi Sungai Ciliwung. Normalisasi dilakukan dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) sampai Manggarai.

Baca juga: 200 Kepala Keluarga di Bidara Cina Bakal Kena Gusur Sodetan Ciliwung

Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko mengatakan, proyek normalisasi Ciliwung sudah vakum alias berhenti sementara sejak tahun 2018. Terkendalannya pembebasan lahan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi masalah utama.

Dari total 33,5 kilometer (km) bantaran sungai yang harus dinormalisasi, baru 16 km saja yang selesai.

"Ciliwung belum ada lagi pembebasan lahan karena belum ada pemberitahuan. Sekarang ya berhenti (pengerjaannya) karena tidak ada lahan (kosong) yang dikerjakan. Dari dulu 33,5 km baru 16 km (yang dinormalisasi), itu saja," kata Jarot kepada detikcom, Kamis (27/2/2020).

Proyek kedua adalah Sodetan Ciliwung yang bisa mengalirkan sebagian air dari Sungai Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT). Lagi-lagi proyek ini juga mandek akibat terkendala lahan.

Adapun proyek mandek di daerah Bidara Cina, Jakarta Timur. Ada sekitar 8.054 meter persegi lahan yang harus dibebaskan di Bidara Cina agar bisa melanjutkan proyek Sodetan Ciliwung.

Baca juga: Ingin Sodetan Ciliwung Segera Selesai, PUPR: Bisa Alirkan 60 M Kubik Banjir

Jarot menjelaskan jalur Sodetan Ciliwung memiliki panjang 1,27 km, namun hingga kini baru 600 m saja yang selesai.

"Kan ada 1.270 meter ini baru 600 meter sudah selesai, nah sisanya belum karena yang di Bidara Cina belum bebas (lahannya)," ungkapnya.

https://m.detik.com/finance/infrastr...ospopular_list

Banjir adalah berkahemoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 48 lainnya memberi reputasi
41
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 10 dari 10
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
02-03-2020 18:20
Quote:Original Posted By aaaa1
Ya jujur anies emang lebih mengambil hati drpd ahok. Gk bs dipungkiri orasinya juara.

Saya jg bakal dukung anies kok klo kerjanya beres, btw saya setuju malah ama formula e. Asal prioritas yg lebih penting jgn sampai terabaikan juga.

Banjir itu bikin rugi materi besar , itu teman gua yg punya pabrik aja, gara gara banjir (padahal seumur dia buka pabrik gk pernah banjir) total kerugiannya kaya usaha 2 tahun coba. Gila gk?

Kalo titik banjir itu itu jg yg banjir gua mingkem lah, surabaya aja jg banjir, yg kebacut itu kalo titik yg gk pernah banjir bisa sampai kebanjiran.

Iya kalo curah hujannya kaya jaman noah, lah ini ama 2007 aja mirip. Tp yg dulu 2007 gk banjir, skrg banyak yg banjir. Kan aneh


imo, sejak doi naik jd dki1, blm ada kebijakan atau "prestasi"ny yg sreg..

Dr mulai oke oce, memang bukan program anies, tp dia jg ikut promosi kok pas kampanye, kl memang yg katany programny bgus, harus ny tetep jalan, tp skrg kmn?

Dp0, tuh kadis ny d pecat, eh masuk tgagap emoticon-Busa

Tanah abang?keluar stasiun lsg d sambut yg jualan wkwk

Jalur speda?modal ngecet aspal yg udh ada sampe ber M2, efektif?polisi ngurusin jalur bus way sm flyover bebas motor aja masih kewalahan, ini lg mau d tilang 500rebu emoticon-Embarrassment

Dsb..males gw

Jgnkan ngitung kerugian banjir, pernah gan mau pulang, lalu akses ke rumah terisolir sm banjir, d satu sisi lo cemas rumah lo knp2, org rumah knp2, harta benda gmn, d satu sisi lo jg bawa mobil yg takut mobil knp2 klo d trabas..

Dan ya seperti yg agan blg, daerah gw terbilang cukup aman sblm anies menyerang..

Asli, smpe skrg tuh mobil masih gw taro d bogor, trauma cuy
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
02-03-2020 19:35
Nah lo, jangan bersikap egois saatnya untuk lebih mementingkan rakyat bukan hanya sekedar tindakan politis. Alangkah indahnya jika semua saling bekerja sama demi untuk menyelesaikan masalah pelik ini, bukan malah saling menyalahkan demi untuk sebuah pencitraan.
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
05-03-2020 22:22
Gapapa pak anis. Warga jakarta dah biasa kena janji manis politik.
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
06-03-2020 08:21


Quote:Original Posted By yuhu2000
Iya gan mana selama 2 bulan ini udah beberapa kali banjir. Mau ke kantor akses nya terputus

Nah iya kan, ngaruh ke produktivitas juga akhirnya...
Transportasi juga bingung.
Tapi emang ini akhir akhir ini paling parah daripada dulu dulu ya gan?
0 0
0
Halaman 10 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia