News
Batal
KATEGORI
link has been copied
187
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e57a2c682d4953a1a3e4ac2/jokowi-bilang-ibu-kota-baru-tak-banjir-dan-macet-hadirin-tertawa
Sambil memamerkan video, Jokowi menyatakan bahwa ibu kota baru RI di Penajam Paser Utara-Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, akan bebas dari macet dan banjir.
Lapor Hansip
27-02-2020 18:06

Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa

Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa

Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memamerkan video desain ibu kota baru RI saat menyampaikan pidato kunci dalam acara Indonesia Digital Economy Summit yang digelar Microsoft di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Sambil memamerkan video, Jokowi menyatakan bahwa ibu kota baru RI di Penajam Paser Utara-Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, akan bebas dari macet dan banjir.

"Ibu kota yang hijau. Tidak banjir dan tidak macet," kata Jokowi.

Mendengar pernyataan Jokowi itu, sebagian peserta yang merupakan para pelaku ekonomi digital kompak tertawa. Kebetulan, dua hari sebelumnya ibu kota DKI Jakarta dilanda banjir di sejumlah titik.

Menurut Jokowi, ia berani menjamin ibu kota baru bebas dari banjir dan macet karena pembangunannya akan dimulai dengan tata ruang yang baik.

"Green city, smart city, compact city. Banyak pedestrian, banyak orang berjalan kaki, bersepeda. Mobil harus elektrik. Dan pada lompatan berikut, autonomous (kendaraan tanpa awak)," ucap Jokowi.

Jokowi menyebutkan, akan ada banyak peluang untuk mendorong ekonomi digital negara di ibu kota baru nanti.

Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa

Oleh karena itu, ia mengajak para pelaku ekonomi digital untuk ikut berpartisipasi.

"Karena dengan ibu kota baru semangatnya tak hanya pindah gedung. Kita ingin pindah cara kerja. Kita ingin instal sistem baru yang cepat dan efisien. Pindah budaya kerja," kata Jokowi.

"Kita ingin bangun basis ekonomi baru berbasis iptek dan inovasi, dan pindah dari analog ke sepenuhnya digital," ucap dia.
sumber

☆☆☆☆☆

Membangun mimpi.
Bangsa ini memang harus punya plan yang jelas, baik dalam bidang ekonomi maupun pertahanan.
Sangat menyedihkan ketika peralihan kekuasaan dari Orde Lama ke Orde Baru, hampir seluruh alutsista di grounded, padahal alutsista kita adalah salah satu yang terkuat di Asia kala itu. Sementara saat pembaruan alutsista masa Orde Baru, banyak makelar alutsista yang bermain, sehingga semua harga yang harus Indonesia bayar, berkali-kali lipat dari harga sebenarnya.

Ibukota baru bukan hanya harus smart city, tapi juga harus smart defense. Jangan sampai nanti rudal China bisa tegak lurus menghajar ibukota baru. Bisa-bisa Tengku Zul bertepuk tangan bahwa logika briliannya terbukti. Maksudnya terbukti bahlul.

Ibukota baru Indonesia haruslah menjadi Green City. Harus mempunyai konsep yang menjaga kelangsungan alam, meskipun sangat mustahil jika alam tak terganggu. Tapi sebenarnya kita bisa meminimalisir kerusakan yang akan terjadi.

Masalah banjir, kebakaran hutan, gempa bumi, serta kemacetan harus bisa dihindari. Meskipun ibukota baru bukan pusat bisnis, tetapi pastinya banyak kebijakan ekonomi lahir di ibukota baru.

Untuk masalah program berkesinambungan serta nama-nama program, sebaikanya dibuatkan UU tersendiri antara pemerintah dan DPR yang dikuatkan oleh MK. Mustahil sih sebenarnya. Ini cuma lucu-lucuan saja. Tapi jika melihat seseorang yang sangat bernafsu menjadi presiden setelah Jokowi selesai di periode kedua ini, bisa jadi apa yang sudah dijalankan oleh pemerintahan Jokowi, akan diacak-acak oleh dirinya. Dengan alasan keberpihakan maka kendaraan berbahan bakar bensin atau solar bisa dilegalkan disana. Atau PKL yang tiba-tiba menjamur disepanjang jalan menuju Istana Negara. Atau semua atap gedung dibuang agar langit terlihat dan bisa untuk selfie. Dan bisa saja semua program yang sudah bagus akan diobrak-abrik dengan nama yang diganti dan anggaran yang dimarkup.

Kalau benar tahun ini adalah tahun akhir Jakarta menyandang nama DKI, ya kami sebagai masyarakat Jakarta yang lahir di era 60an akan ikhlas. Toh beban Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan pusat bisnis sudah terlalu besar. Tak mungkin lagi Jakarta bertahan dari keadaan yang makin porak poranda 2 tahun belakangan ini.

Satu yang terakhir.
Jangan pernah boleh Ormas apapun juga mempunyai legalitas disana. Baik yang mendukung pemerintah maupun yang anti pemerintah. Baik yang membawa-bawa nama suku maupun yang berbau-bau agama. Terlalu banyak mudharat yang dihasilkan dari keberadaan ormas-ormas seperti itu.

Semoga mimpi bangsa Indonesia menjadi negara yang maju bisa tercapai. Dan kemajuan bangsa ini juga harus bisa mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Itu yang utama.

Selamat bermimpi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 58 lainnya memberi reputasi
53
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 8
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:07
horeee jokowi masuk golongan 58 wuakakaka
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:08
suka gtu dah..gak bs diperhalus lg apa statmentnya?
terkesan mendahului tuhan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 23 lainnya memberi reputasi
22 2
20
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:13
Mnding bikin baru daripada benerin yg udh semrawut kek jekardah gk ketolong lah bntar lagi kelelepemoticon-Leh Uga dtmbah gabener pe'a
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kecebaday dan 8 lainnya memberi reputasi
7 2
5
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:14
Bolehlah.. tapi Tetep jangan lupa sama warga Jakarta yg berharap dengan milih seseorang jadi presiden 6 tahun lalu, masalah2 dijakarta Cem banjir & macet bisa teratasi ya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Melodica.offici dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:15
jadi keinget film Titanic yg perancangnya mengklaim ga bakal tenggelamemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kregdevid dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:16
Quote:Original Posted By i.am.legend.


Selamat bermimpi.


plan sudah ada...!!!

bahkan MASTER PLAN sudah ada...!!!

tinggal ngikut ajah...!!!
.
.
cuman gengsi mau BEDA...^^^^
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tinwin.f7 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:18
jgn takabur jok..kalo dikasih gubernur goblok juga nasibnya bakal sama aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:19
13 SUNGAI KEWENANGAN PUSAT. AKAN GAMPANG DITANGANI KALAU JADI PRESIDEN.

TERUS SETELAH JADI PRESIDEN KENAPA TAMBAH PARAH BANJIRNYA PAKDE? SALAHKAN SAYA BERTANYA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
karibo46 dan 15 lainnya memberi reputasi
9 7
2
Lihat 22 balasan
Memuat data ..
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:22
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aan1984 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:22
ibukota baru 0 m diatas laut, kurang lebih seperti jakarta. siapa yang bisa jamin 20 taon lagi kondisinya sama seperti jakarta saat ini?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:24
Berarti pembangunan gorong2nya di area kotanya harus bagus, klo perlu lgs pake mesin bor utk jalur MRT yg di bawah tanah itu lho..

Jadi aliran aernya lancar jaya ga pake antri2an..

Trus Master Splinter sama murid2nya bisa numpang tinggal juga emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
glorywar dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:27
Setidaknya mimpinya msh logis bisa di capai ga kaya kota impian kilapak

Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 16 lainnya memberi reputasi
14 3
11
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:29
kudu disiapin juga gubernurnya
profile-picture
profile-picture
tinwin.f7 dan sunyimembara memberi reputasi
2 0
2
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:31
Quote:Original Posted By unwell
ibukota baru 0 m diatas laut, kurang lebih seperti jakarta. siapa yang bisa jamin 20 taon lagi kondisinya sama seperti jakarta saat ini?


Penajam Paser Utara Banjir, Bappenas: Itu Bukan Wilayah Ibu Kota Baru

Aditya Pratama Senin, 24 Februari 2020 - 18:40 WIB

JAKARTA, iNews.id - Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur sempat dilanda banjir beberapa hari lalu. Kabupaten itu bersama Kutai Kertanegara terpilih menjadi ibu kota negara (IKN) menggantikan Jakarta.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas, Rudy Prawiradinata mengatakan, banjir di PPU tersebut bukan terjadi di wilayah ibu kota baru.

"Itu bukan di wilayah kitu, itu di luar PPU wilayah IKN. Kita sudah analisis lingkungannya. Kita sudah tahu mana yang banjir, 100 tahun pun kita sudah hitung," ujar Rudy di Jakarta, Senin (24/2/2020).

Rudy menyebut pemerintah sudah mengidentifikasi lokasi pembangunan IKN. Lokasi ini dipastikan bebas banjir.

"Kita sudah identifikasi calon-calon lokasi potensial itu semua aman. Kita pakai multi kriteria analisis," kata dia.

Sebelumnya, banjir sempat merendam salah satu daerah di PPU, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (18/2/2020). Bencana ini berdampak pada 115 kepala keluarga atau 379 jiwa. Selain itu, ada salah satu jembatan di Kecamatan Penajam yang hampir putus akibat banjir.


Editor : Rahmat Fiansyah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Po0po0 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:31
Moga diberesin ibukota baru agar lebih baik, Jakarta biar dibenahi wan jembud, sebagai gabener indonesya emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:34
semoga proyek besar ini tidak terbengkalay
profile-picture
Biocell97 memberi reputasi
0 1
-1
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:42
Semoga ngak terjadi macet dan banjir di ibu kota negara yang baru nantinya. Kalau dihadiahi banjir besar, anggap saja itu berkah

Quote:Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aan1984 dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:45
Ibu kota baru diatas bukit, seperti meniru malaysia, 1 juta pns akan pindah kesana, iklim disana agak sedikit panas di bandingkan jawa, semoga pada betah ntar disana
profile-picture
profile-picture
kecebaday dan aan1984 memberi reputasi
2 0
2
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:46
ibukota baru nggak banjir + macet, tapi tau2 wuss tenggelam ala atlantis. emoticon-Shutup
Diubah oleh westciss
profile-picture
kurakurakuraba memberi reputasi
0 1
-1
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
27-02-2020 18:56
Kalo banjir , tinggal kabur ke planet Namec naik roket lejen


Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa

Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa
Diubah oleh bagong2018
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Melodica.offici dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia