Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
27
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e579136c0cad7662c3c1a68/review-novel-wigati-karya-khilma-anis
Resensi Novel Pesantren Novel Religi, Tradisi Jawa Judul : Wigati Jenis Tulisan : Fiksi Genre : Remaja Nama Pengarang : Khilma Anis Nama Penerbit : Telaga Aksara Jumlah Halaman : 274 Tahun Terbit : April 2019 ISBN : 978-602-60400-9-1
Lapor Hansip
27-02-2020 16:51

Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis

Resensi Novel Pesantren
Novel Religi, Tradisi Jawa


Judul : Wigati
Jenis Tulisan : Fiksi
Genre : Remaja
Nama Pengarang : Khilma Anis
Nama Penerbit : Telaga Aksara
Jumlah Halaman : 274
Tahun Terbit : April 2019
ISBN : 978-602-60400-9-1

Sekilas Tentang Buku

Terus terang, buku karangan Khilma Anis ini membuat saya merasakan campur aduknya emosi. Itu disebabkan oleh pandainya penulis karya novel Wigati ini mengemas cerita mulai dari penokohan dan alur.

Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis

Quote:Wigati adalah seorang santri dengan sejarah kelam. Kedamaian yang ia rasakan di pesantren harus terusik sejak kehadiran sebilah keris misterius. Konon, pusaka berbentuk patrem yang bernama Nyai Cundrik Arum itu harus ia pertemukan dengan keris Kiai Rajamala. Begitu pesan mendiang eyang putrinya.

Lintang Manik Woro, sahabat Wigati, menengarai ada petunjuk dalam misteri tersebut, lantas berusaha keras membantu Wigati mencari pemilik keris Kiai Rajamala. Tak dinyana, pergumulan memecahkan misteri itu mengantarkannya pada misteri-misteri lain yang menegangkan dalam hidupnya.

Novel ini mengemas apik misteri dua keris pusaka, berikut potret buram masa lalu, serta ujian paling sublim dari sebuah persahabatan dan cinta.*


Berlatar belakang pesantren yang dibumbuhi oleh cerita-cerita berbau mistis dan kekunoan. Di dalamnya ada kisah asal muasal keris beserta jodoh dan turunannya. Ada cerita tentang kehidupan pesantren, mulai santri hingga para pendirinya, ada kisah cinta, ada kearifan, dan ada prinsip yang harus dipegang teguh oleh manusia.

Cerita dibuka oleh gadis cantik yang sedang menimba ilmu di sebuah pesantren bernama lengakap Lintang Manik woro, yang biasa dipanggil Manik. Uniknya novel ini, Manik tidak fokus bercerita tentang dirinya. Namun, lebih banyak menceritakan tentang sosok temannya yang bernama Wigati.

Wigati adalah gadis misterius bagi Manik. Ia nyaris tidak pernah berbicara dengan siapa pun. Hal itu membuat Manik sangat penasaran dengan Wigati dan terus mencari cara agar temannya itu mau bicara.

Hingga akhirnya Manik berhasil. Tak disangka setelah semakin dekat, banyak sekali hal misterius yang ada pada diri Wigati. Mulai dari jati diri, keris yang ada padanya, orang-orang yang datang silih berganti ingin bertemu dengan gadis pendiam itu hingga hal-hal mistis yang melekat.

Lalu bagaimana dengan kisah Manik sendiri? Ia adalah gadis yang cantik. Meski tidak dikaruniai otak yang istimewa, tetapi ia mampu memikat hati seorang pengurus pesantren yang sangat berpengaruh di tempat ia mondok. Namanya Makhrus. Padahal, Manik tengah diam-diam jatuh cinta pada seorang pemuda bernama Jati, seorang yang masih ada hubungan kerabat dengan Wigati. Cinta yang datang karena terbiasa bertemu.

Tetapi, ending dari cerita novel ini membuat saya syok, terluka dalam, dan seolah merasa didzalimi oleh penulis πŸ˜„πŸ˜„. Saking terbawanya saya dalam kisah yang dituangkan.

Setiap karya manusia, tak luput dari kekurangan, pun buku ini. Mungkin ada bagian-bagian yang menurut kita terutama saya yang kurang sreg di bagian-bagian tertentu. Namun, tak mengurangi kekaguman saya terhadap ilmu pengetahuan yang disuguhkan.


Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis

Overal, bagus dan perlu dibaca demi menambah wawasan kita tentang dunia di luar keseharian kita. Selamat membaca.

Nantikan review buku saya di trid berikutnya.
Salam sayang 😍😍😍

Probolinggo 27 Februari 2020

Sumber : Buku Wigati
Sumber gambar : Dokpri





profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
27-02-2020 17:25
kirain novel berbahasa Jawa 😁🀭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
27-02-2020 17:36
Quote:Original Posted By evihan92 β–Ί
kirain novel berbahasa Jawa 😁🀭


Bukan..emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
28-02-2020 08:13
Quote:Original Posted By Mahbubah127 β–Ί
Bukan..emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Pengen baca novel yang bahasa Jawa, ada nggak ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
28-02-2020 15:03
Quote:Original Posted By evihan92 β–Ί
Pengen baca novel yang bahasa Jawa, ada nggak ya


Pasti ada, cari di perpus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
29-02-2020 05:37
jadi pingin baca
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
29-02-2020 07:06
Quote:Original Posted By ajiqueen β–Ί
jadi pingin baca


Beli aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
29-02-2020 11:24
Pinjam bukunya bebπŸ˜ƒ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
29-02-2020 12:28
Quote:Original Posted By Mahbubah127 β–Ί
Beli aja


Untuk review buku, kumpulin satu thread tentang review buku atau novel semua ya. Seperti membuat thread kumpulan cerpen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
29-02-2020 12:47
Quote:Original Posted By yuni.wahyuni114 β–Ί
Pinjam bukunya bebπŸ˜ƒ


Sinii..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
29-02-2020 12:47
Quote:Original Posted By bekticahyopurno β–Ί
Untuk review buku, kumpulin satu thread tentang review buku atau novel semua ya. Seperti membuat thread kumpulan cerpen


Oh gitu ya, siap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
29-02-2020 15:36
Quote:Original Posted By Mahbubah127 β–Ί
Sinii..


Sini mana, Kak emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
29-02-2020 17:50
Wah, boleh juga nih. 😍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
29-02-2020 18:18
wah namanya njawani sekali sista, kaya artinya apa hayo? wigati. penting? perhatian? ane jawa tapi lupa hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
29-02-2020 18:49
ane belum pernah review buku. Masih takut salah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
29-02-2020 20:16
Quote:Original Posted By yuni.wahyuni114 β–Ί
Sini mana, Kak emoticon-Malu

Hatikuh bebemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Quote:Original Posted By Katakhoi β–Ί
Wah, boleh juga nih. 😍

Seru banget ini. Ending bikin mewekz

Quote:Original Posted By riwidy β–Ί
wah namanya njawani sekali sista, kaya artinya apa hayo? wigati. penting? perhatian? ane jawa tapi lupa hehe

Ada lanjutannya, apa gitu lupa.emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By sofiayuan β–Ί
ane belum pernah review buku. Masih takut salah emoticon-Leh Uga


Lah kenapaπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„ review itu pendapat kita kok. Bebas aja sista
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Katakhoi memberi reputasi
2 0
2
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
29-02-2020 20:30
Quote:Original Posted By Mahbubah127 β–Ί
Hatikuh bebemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


Seru banget ini. Ending bikin mewekz


Ada lanjutannya, apa gitu lupa.emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak



Lah kenapaπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„ review itu pendapat kita kok. Bebas aja sista


Waduhhh, mantap kalau gitu. Nabung dulu dah kalau gitu ceritanya. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Mahbubah127 memberi reputasi
2 0
2
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
29-02-2020 21:09
emoticon-Leh Ugaiya kak. Nanti nyoba review
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Mahbubah127 memberi reputasi
2 0
2
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
01-03-2020 06:24
Waah review Buku lagi, mantab
profile-picture
Mahbubah127 memberi reputasi
1 0
1
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
01-03-2020 07:46
Quote:Original Posted By embunsuci β–Ί
Waah review Buku lagi, mantab


Yup, aku nulis yang kusuka aja. Yang viral-viral sudah ada bagiannya sendiri.😊😊
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Review Novel Wigati, Karya Khilma Anis
01-03-2020 12:56
Mantab review nya, Sist...
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia