Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
111
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e574e8465b24d1d453cb193/bahaya-menerobos-banjir-menggunakan-sepeda-motor
Mobil, bus, truk, dan alat transportasi darat lainnya cenderung akan menghindari banjir dikarenakan banyak bahaya yang dapat mengintai. Sama halnya dengan moda transportasi lain, sepeda motor pun akan memiliki resiko yang berdampak buruk bila dipaksakan untuk menerobos banjir.
Lapor Hansip
27-02-2020 12:07

Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor

Past Hot Thread
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
Sumber gambar: Facebook/ Malowe

Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai bahaya dari menerobos banjir menggunakan sepeda motor.

Sob, sekarang Bulan Februari dan diprakirakan merupakan puncak dari musim hujan di beberapa wilayah di Indonesia.

Dengan demikian, maka wajar adanya bila di beberapa daerah di Indonesia menjadi “sarang” bencana banjir (selain faktor hujan, kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan juga jadi faktor lain).

Banjir sering mengakibatkan suatu daerah menjadi lumpuh dan terisolir, hal tersebut dikarenakan biasanya banyak akses jalur darat yang terputus.

Mobil, bus, truk, dan alat transportasi darat lainnya cenderung akan menghindari banjir dikarenakan banyak bahaya yang dapat mengintai.

Sama halnya dengan moda transportasi lain, sepeda motor pun akan memiliki resiko yang berdampak buruk bila dipaksakan untuk menerobos banjir.

Apa sajakah itu?

Quote:CATATAN; BANJIR YANG BERPOTENSI MEMBAHAYAKAN SEPEDA MOTOR DAN PENGGUNANNYA ADALAH BANJIR YANG KETINGGIANNYA SUDAH MELEBIHI BLOK KOPLING MOTOR.


1. Mogok

Hal pertama adalah motor menjadi mogok. Lumrah ya sepertinya, apabila banyak motor yang menerobos banjir namun ujungnya didorong karena mesin mati karena diterjang air. Biasanya motor yang mogok ketika banjir adalah motor yang posisi mesinnya “tidur” dan biasanya digunakan oleh mesin-mesin berkapasitas cc kecil (70 cc - 135 cc). Posisi motor yang tidur atau sejajar horizontal dengan blok kopling biasanya memiliki ketinggian busi yang rendah, sehingga apabila terendam banjir, maka mesin akan lebih mudah mogok.

2. Korsleting Pada Motor

Mungkin kita sudah tidak aneh dengan dampak negatif dari menerobos banjir yang satu ini. Yups, korsleting atau hubungan arus pendak pada motor. Sob, ketika musim hujan dan banjir tiba, biasanya PLN akan memadamkan arus listrik, kenapa? Hal tersebut bertujuan agar meminimalisir terjadinya hubungan arus pendek listrik di pemukiman penduduk. Sama halnya dengan motor yang menggunakan sistem kelistrikan, ketika menerobos banjir, tak jarang banyak motor yang mengalami korsleting pada kelistrikannya. Bila hanya terjadi pada motor mungkin tidak mengapa, namun bayangkan jika hubungan arus pendek tersebut juga terkena pada bagian tubuh manusia?? Mendingnya lagi bila arus yang korslet adalah arus DC atau searah, bagaimana jika AC atau arus bolak-balik??

3. Motor Jadi Karatan

Selanjutnya adalah motor jadi karatan, ini pengalaman kami sih hehe. Jadi ceritanya di daerah Cangkorah menuju Batujajar Bandung Barat, tepatnya depan SMK Mahardika. Dimana jalan tersebut memang langganan banjir karena disinyalir sistem drainasenya sangat buruk. Banjirnya pun tidak tanggung-tanggung, kurang lebih selutut kami saat kami menggunakan Yamaha Byson kami. Nah karena waktu sudah mulai gelap dan kami dikejar waktu maghrib serta dead line, akhirnya kami putuskan untuk menerobos banjir saja, memang motor tidak kenapa-kenapa, tapi besoknya ketika kami mencuci motor, tiba-tiba banyak sekali area rangka dan besi lainnya pada motor yang terkena karat. Hmmmmm.

4. Oli Jadi Putih

Sob, ketika oli mesin dicampur dengan air, maka kosekuensinya adalah oli akan berubah warnanya menjadi putih. Warna putih tersebut juga menandakan bahwa oli sudah tidak layak lagi digunakan. Biasanya ketika oli tercampur air dan tidak disadari oleh kita hingga kita gunakan seperti biasa, maka efek buruknya adalah banyak komponen yang jadi aus. Selain itu, pada beberapa kasus, karena kadar airnya tidak menghilang secara sempurna, maka sistem pengapian pada ruang bakar menjadi kurang sempurna.


5. Stang Seher Bengkok

Selanjutnya adalah stang seher menjadi bengkok. Sob, mungkin masih ingat bila kita menerobos banjir, kemungkinan mesin motor akan mati karena busi terendam banjir? Nah kemungkinan penyebab stang seher bengkok adalah karena air merembas pada ruang bakar, sehingga mengakibatkan pergerakan piston yang ingin bergerak dari Titik Mati Bawah (TMB) menuju Titik Mati Atas (TMA) tertahan secara paksa oleh rembesan air yang menyelinap masuk menuju ruang bakar. Analoginya mungkin ketika kita dengan penuh tenaga ingin menghantam sesuatu, namun ternyata sesuatu tersebut malah menghantam balik karena ada sistem yang tidak berjalan dengan semestinya.

Diubah oleh rivenes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucing.bingung dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
27-02-2020 15:09
nahhhh bagi yg suka berpergian pas banjir naik motor nihh hati hatii ya, bisa bahaya lohh
0 0
0
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
27-02-2020 16:17
bahaya ya gan emoticon-Jempol
0 0
0
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
27-02-2020 19:27
Waooow sangat bahaya sekali ya, bisa bikin motor berhenti ditengah banjir saat memerjang
profile-picture
vordex memberi reputasi
1 0
1
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
27-02-2020 19:28
Bahaya ya gan, jangan ditiru
0 0
0
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
27-02-2020 19:29
Quote:Original Posted By citrachoirunisa
nahhhh bagi yg suka berpergian pas banjir naik motor nihh hati hatii ya, bisa bahaya lohh


Bener gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
27-02-2020 19:30
bikin mogok dan bisa bikin motor rusak emoticon-Frown
0 0
0
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
27-02-2020 19:31
Bikin motor banyak korsleting dan cepat berkarat.
0 0
0
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
27-02-2020 20:43
selain itu juga kalau jalan berlubang ga kelihatan jadi hati-hati ya gan sist
profile-picture
olgaalvianto memberi reputasi
1 0
1
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
27-02-2020 20:43
Quote:Original Posted By citrachoirunisa
nahhhh bagi yg suka berpergian pas banjir naik motor nihh hati hatii ya, bisa bahaya lohh


betul nih emoticon-2 Jempol
0 0
0
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
28-02-2020 03:45
lebih bahaya lg kalo ternyata itu motor temen wkwkwk bisa menimbulkan perpecahan internal
profile-picture
profile-picture
Gailham dan kapyong memberi reputasi
2 0
2
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
28-02-2020 20:43
jangan di trobos deh gan mending kalau banjir, bahaya dan bisa bikin rusak motor gan.
0 0
0
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
28-02-2020 22:57
intinya kalo ada banjir.. mending ngalah, kalo bisa puter balik cari jln yg aman.. drpd dipaksa ntar pusing belakangan
0 0
0
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
29-02-2020 01:33
bahaya sih, kalo ada lobang dijalan
gak keliatan bisa bikin kecelakaan
kita kan gatau lubangnya besar apa kecil
emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
kapyong dan dunkersz memberi reputasi
2 0
2
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
29-02-2020 09:40
nice info bgt gannn
terimakasih
gabakal nrabas banjir lagi dah kalo gini
0 0
0
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
29-02-2020 09:41
Quote:Original Posted By lemahtanahlemah
bahaya sih, kalo ada lobang dijalan
gak keliatan bisa bikin kecelakaan
kita kan gatau lubangnya besar apa kecil
emoticon-Jempol


Ya yg penting jangan masuk ke lubang yg sama aja gan
Sakit dah sumpahhh
*curhat
0 0
0
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
29-02-2020 14:09
bahaya ya gan
0 0
0
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
29-02-2020 14:19
Dan yang terpenting dari bahaya adalah, motor agan jadi basah!
profile-picture
profile-picture
njir dan rivenes memberi reputasi
2 0
2
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
29-02-2020 15:27
kLau bisa sebaiknya emang ga diterobos sih, banyak negatifnya gan
0 0
0
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
29-02-2020 17:04
aduh bahaya banget nih jangan sampai mesin kendaraan rusak nih gara gara kita menerobos banjir ibu kota
0 0
0
Bahaya Menerobos Banjir Menggunakan Sepeda Motor
29-02-2020 17:05
semoga banjir yang terjadi dimanapun di kota kota Indonesia cepat surut dan tertanggulangi dengan baik agar para pekerja dapat bekerja dan berkegiatan kembali aminn
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia