Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
176
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5748b109b5ca655a69b6a0/menulis-kok-lebay-poin-no5-wajib-gansist-tahu
Apakah penting menghayati apa yang bakal ditulis sehingga bakal jadi tulisan yang berkualitas dan menarik? Jawabannya, tidak sama sekali. Seorang pelaku seni tidak perlu lebay memikirkan harus menghayati biar hasilnya maksimal. Kok kesannya malah membatasi imajinasi sih? Berikut adalah hal-hal yang harus ada sebelum Anda memutuskan menulis :
Lapor Hansip
27-02-2020 11:42

Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
Suka menulis?

Hola, Gansist! Menjadi penulis adalah profesi yang membutuhkan totalitas. Adakalanya seorang penulis bahkan merasa perlu untuk menghayati apa-apa saja yang bakal mereka tulis nantinya lho.


Berteman dengan berbagai karakteristik penulis, juga pelukis membuat ane untuk memutuskan membuat thread ini. Ada kesamaan proses dalam bidang usaha seni tadi. Menulis adalah seni juga. Sesuatu yang lahir dari kreativitas dan pengoptimalan otak kanan, bisa dianggap seni. Seni kan bahasa sederhananya menikmati prosesnya atau hasil dari profesional seseorang?
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!

Gansist, Ane ajak kalian berpikir kali ini. Kita bakal mumet kalau segalanya dihayati, di-lebay-in lho. Kalau kata master bbb, gerak aja dulu gitu.


Apakah penting menghayati apa yang bakal ditulis sehingga bakal jadi tulisan yang berkualitas dan menarik?

Jawabannya, tidak sama sekali.

Seorang pelaku seni tidak perlu lebay memikirkan harus menghayati biar hasilnya maksimal. Kok kesannya malah membatasi imajinasi sih?


Berikut adalah hal-hal yang harus ada sebelum Anda memutuskan menulis :

1. Konsep. Konsep ibarat peta yang menunjukkan kita bakal jalan di lajur yang mana. Maunya ambil genre horor atau komedi, "Ah romance ajah!" Boleh-boleh banget kok, Gansist. Semua terserah ama penulisnya. Entah penulis mau matiin tokoh utama pun bukan masalah juga. Pembaca protes? Wani piro😂?

2. Pesan apa yang hendak disampaikan kepada pembaca. Poin kedua ini penting banget. Makanya jangan heran ada penulis yang membutuhkan waktu berhari-hari buat memilih judul saja. Kok jauh banget larinya? Bagi Ane yang lagi gemar menulis artikel, judul ibarat rambu-rambu buat nulis. Melalui judul ini tulisan Ane kagak bakal keluar rel. Bagaimana menurut, Gansist?
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!

3. Nimatilah proses menulis. Nulis ajah dulu pokoknya. Gak perlu mikirin apa-apa. Mikir saat kita menikmati itu bisa membuat kita stuck dan membuat kepayahan bagi diri sendiri. Nanti kita bakal tahu kok, enjoyable di genre mana. Tulis saja yang memang sudah jadi makanan sehari-hari. Tulis saja yang benar-benar kita kuasai. So, simple kan?

4. Jangan mudah puas. Lebay boleh, puas jangan. Meski setelah menyalurkan keresahan dalam tulisan kita timbul rasa puas, namun mudah puas bakal membuat daun yang masih tunas, layu, dan mati. Seseorang yang mudah puas bakal gak terlalu fokus buat belajar. Fokus saja memperbaiki diri. Fokus saja pada habits baik yang kudu dilakukan terus-menerus dengan harapan sukses ke depan. Tunjukkan who are you yang tahan banting dan siap bersaing secara sehat yah!

5. Jangan fokus pada penghayatan! Poin ini amat penting. Fokus saja pada imajinasi kita. So, ia bakal membimbing karya seni nantinya.


Bagi Ane, kagak perlulah mikir harus ada penghayatan yang sedemikian menguras waktu itu. Waktu adalah emas. Jangan buang waktu hanya untuk memikirkan ini dah ada belum yah feelnya? Baca dan baca. Jadilah penulis yang gak lebay dan memaksakan diri untuk mau membaca. Itu akan membuat intuisi kita kuat. Sel-sel yang kuat mengoptimalkan tingkat keahlian manusia. Selamat Berbahagia kawanku semuanya .....





Penulis : @qoni77
Sumber : Opini dan imajinasi Ane sendiri





gambar1, gambar2, dan gambar3
Ngawi, 27 Februari 2020
With Love


Warna_Senja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
27-02-2020 11:42
Selamat membaca thread tentang knowledge bagi ane


profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
27-02-2020 11:43
Silakan berdiskusi dengan tetap santun yah!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
27-02-2020 11:48
Klw tulisannya membawa klimax mantul betdaghemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan qoni77 memberi reputasi
2 0
2
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
27-02-2020 11:52
Quote:Original Posted By srusuut
Klw tulisannya membawa klimax mantul betdaghemoticon-Jempol


Tulisan membawa klimaks?

Bisa diperjelaskah,Gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
27-02-2020 11:52
@masnukho komenin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
27-02-2020 11:58
Quote:Original Posted By qoni77
Tulisan membawa klimaks?

Bisa diperjelaskah,Gan?


Maenye kurang jauh nee emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan qoni77 memberi reputasi
2 0
2
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
27-02-2020 12:00
Quote:Original Posted By srusuut
Maenye kurang jauh nee emoticon-Wakaka


Iya, Ane gak pernah main jauh-jauh soale


Kan kalau kita ada ruang ada dua kemungkinan

Teman baru dan ilmu baru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
27-02-2020 13:18
Ane demen nulis, yang suka boleh baca yang enggak boleh skip😆
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan qoni77 memberi reputasi
2 0
2
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
27-02-2020 17:17
ane sih ga bgtu suka nulis, soal.nya tulisan ane jelek gans emoticon-Cape deeehhcd
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
27-02-2020 17:24
Quote:Original Posted By masnukho
Ane demen nulis, yang suka boleh baca yang enggak boleh skip😆


Ya bener Gan, biar kita selalu bahagiaemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
27-02-2020 17:25
Quote:Original Posted By papah.jahats
ane sih ga bgtu suka nulis, soal.nya tulisan ane jelek gans emoticon-Cape deeehhcd


Ah, karena belum kulina aja itu, Ganemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
27-02-2020 17:26
Quote:Original Posted By qoni77
Ah, karena belum kulina aja itu, Ganemoticon-2 Jempol


Karna ga prnah nulis dulu.nya jadi aneh tulisanya gans emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan qoni77 memberi reputasi
2 0
2
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
27-02-2020 19:54
menurut ane menulis itu bisa bikin orang mencegah kebodohan, karena untuk menulis itu orang butuh membaca, terlebih untuk bikin tulisan yang berkualitas. nah, dengan membaca orang jadi semakin luas wawasannya.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan qoni77 memberi reputasi
2 0
2
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
29-02-2020 01:44
Quote:Original Posted By papah.jahats
Karna ga prnah nulis dulu.nya jadi aneh tulisanya gans emoticon-Ngakak


Iya gpp Gan
Semua bisa dipelajari kokemoticon-2 Jempol
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
29-02-2020 01:45
Quote:Original Posted By lpfd.reboisasi
menurut ane menulis itu bisa bikin orang mencegah kebodohan, karena untuk menulis itu orang butuh membaca, terlebih untuk bikin tulisan yang berkualitas. nah, dengan membaca orang jadi semakin luas wawasannya.


Setuju Gan

Membaca itu wajib
Menulis itu sunnah

Kayak kita mau beramalemoticon-Shakehand2
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
29-02-2020 09:06
Pagi HT ria
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
29-02-2020 09:08
great
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan qoni77 memberi reputasi
2 0
2
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
29-02-2020 09:34
Aku suka nulis puisi, itu pun kadang terlalu mengutarakan perasaan sendiri😆😆 dan berakhir lebay wkwk
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan qoni77 memberi reputasi
2 0
2
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
29-02-2020 10:24
Menulis bagaikan bermain dalam imajinasi
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan qoni77 memberi reputasi
2 0
2
Menulis Kok Lebay? Poin No.5 Wajib, Gansist Tahu!
29-02-2020 10:26
Menulis bagaikan bermain dalam imajinasi
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Hewan Peliharaan
ayam-kesayanganku
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia