News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
360
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e57048810d2952b5954829f/hukuman-disiplin-bagi-letkol-sandi-gegara-surat-intoleransi
Letkol TNI Aloysius Sandi Sudirman harus menelan pil pahit jelang masa pensiunnya. Dia dihukum disiplin selama 21 hari karena surat terbuka yang mempersoalkan isu intoleransi di Indonesia.
Lapor Hansip
27-02-2020 06:51

Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi

Past Hot Thread
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi

Jakarta - Letkol TNI Aloysius Sandi Sudirman harus menelan pil pahit jelang masa pensiunnya. Dia dihukum disiplin selama 21 hari karena surat terbuka yang mempersoalkan isu intoleransi di Indonesia.

Hukuman disiplin ini disampaikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabesad, Jalan Veteran No 5, Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2020). Andika menjelaskan awal mula kasus surat intoleransi tersebut. Dituturkan Andika, Letkol Aloysius mengunggah surat terbukanya di media sosial pada 8 Februari lalu. Pihaknya langsung memeriksa yang bersangkutan.
Baca juga:
Upload Surat Terbuka Berisi Intoleransi di Medsos, Letkol Sandi Dihukum KSAD

Hasil pemeriksaan menunjukkan Letkol Aloysius masih berstatus prajurit aktif TNI AD. Karena itu, kata Andika, dia harus tunduk pada sistem peradilan militer Indonesia.

Andika melanjutkan, banyak potensi pelanggaran hukum atas tindakan surat terbuka Letkol Aloysius ini. Dari hukum pidana, Letkol Aloysius bisa diancam dengan UU 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Kemudian juga potensi permasalahan dengan hukum pidana militer. Mulai Pasal 27 ayat 3, Pasal 45 ayat 3 tentang dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik," kata Andika.

"Lalu Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 tentang dugaan penyebaran kebencian atau permusuhan kepada individu atau kelompok berdasarkan SARA. Juga Pasal 103 tentang melalaikan perintah kedinasan," sambungnya.

Sebagai KSAD, dia telah menegaskan kepada semua prajurit Angkatan Darat untuk mematuhi tugas dan kewenangan pokok prajurit. Andika berujar apa yang dilakukan oleh Letkol Aloysius tersebut di luar kewenangannya sebagai prajurit.

Baca juga:
KSAD Tegaskan TNI AD Netral di Pilkada 2020

Namun ia juga mengakui Letkol Aloysius sebagai prajurit yang baik dan akan memasuki masa pensiun pada Juli nanti. Karena itu, ia berharap dan meyakini masa pembinaan yang sedang dijalani oleh Letkol Aloysius akan memberikan pelajaran yang baik bagi dirinya. Letkol Aloysius dihukum disiplin 21 hari sesuai UU 25 Tahun 2014 Pasal 8.

"Kita menjatuhkan hukuman disiplin, jadi bukan pidana. Jadi hukum disiplin militer itu UU 25 Tahun 2014 Pasal 8 yang kita kenakan segala perbuatan, perbuatan ini bertentangan dengan perintah kedinasan. Itu sudah cukup karena kami pikir sebagai bentuk pembinaan," ujar Andika.

sumber


media selalu lebay kasih judul,

judulnya mengesankan surat yg disampaikan adalah surat intoleransi,
padahal justru surat protes tentang intoleransi


dan diindo banyak orang goblok yg berpikir surat yg ditujukan berisi intoleransi tanpa membaca suratnya

berikut isi suratnya


Aloysius Sandi Sudirman
Kepada Yth :

1. Bpk Presiden
2. Panglima TNI
3. Kapolri

Selamat siang,… melalui surat ini sy ijin menyampaikan *KEPRIHATINAN* thd situasi bangsa kita akhir akhir ini.

Saya adalah anggota TNI AD dng pangkat Letnan Kolonel, merasa terusik perasaan sy, mendengar dan membaca berita berita baik melalui surat kabar maupun elelktronik. Contoh kasus,tentang ijin Rehab gereja di Karimun.

Sementara seh ada IMB nya pun banyak orang yg *MENGATASNAMAKAN AGAMA ISLAM* Berbuat seolah olah NEGARA ini MILIK MEREKA….

Apa yg sdh dilakukan mereka thd bangsa ini?… Apakah mereka sdh berbuat untuk NKRI…. Sy sama sekali TIDAK YAKIN. mereka tdk lebih hanya kelompok yg mengatasnamakan islam…..MEMBUAT MALU ISLAM ITU SENDIRI…mencoreng muka saudara saudara sy yg beragama Islam….

Jika kita mau BICARA KEADILAN…coba YTH BAPAK BAPAK SIDAK KE BEBERAPA MASJID…TANYAKAN APAKAH SEH ADA IMB NYA?????.

SEMENTARA KAMI YG SDH ADA IMB nya kok rame rame didemo…untuk di bongkar…..mohon maaf, andai sy menjadi bagian dr islam itu sendiri saya SANGAT MALU dng olah beberapa gerombolan itu.

Perlu bapak ketahui sy adalah 6 bersaudara, 2 (dua) diantara kami jg Beragama islam bahkan sudah HAJI…

Tapi WAWASAN, CARA BERFIKIR dan TINDAKANNYA tdk seperti mereka….kayak BERANDALAN TDK TAHU HUKUM, KEBAL HUKUM. mohon maaf masak NEGARA kalah dengan ORMAS????. KEOK dengan segelintir orang yg mengatasnamakan islam. Mana HARGA DIRI BANGSA????…

JIKA demikian negara sdh tidak mampu MEMILAH dan MEMILIH lg. Tek bisa membedakan lagi mana yg benar dan salah. Atau Tebang pilih…pilih kasih . itu gak perlu dijawab…masyarakat sdh Tahu…bahkan sdh ENEG….

BAGAIMANA BPK PRESIDEN, PANGLIMA TNI dan KAPOLRI menyikapi hal tsb…APAKAH HARUS NUNGGU KORBAN JATUH SIA SIA?????. .. MAAF KALAU KPD BPK MENAG…MAAF SAYA TIDAK PERCAYA SAMA SEKALI Sekalipun Beliau adalah JENDERAL.

Perlu Bapak ketahui, sy jg pernah 2 kali tugas ke TIMTIM…. menjalankan tugas negara…. Sementara APA YG PERNAH DILAKUKAN OLEH GEROMBOLAN YG MENENTANG PEMBANGUNAN GEREJA DI KARIMUN…

PROSES SECARA HUKUM..MEREKA YG MERUSAK dan MENENTANG PEMBANGUNAN GEREJA DI KARIMUN….GEREJA SDH MENTAATI ATURAN, IMB SEH ADA… perlu apa lg…BAGAIMANA NASIB KAUM MINORITAS???..

Apakah bapak akan membiarkan terjadinya PERANG SAUDARA di negara kita ini…. Jika terlalu lama dibiarkan, ini bisa terjadi,krn kami kaum minoritas sudah capek…sudah NEG dng tingkah polah mereka.

Mohon maaf….apa bapak sedang sibuk memikirkan kelompok COMBATAN ISIS, untuk PULANG KE TANAH AIR???.. BAPAK…BAPAK….MEREKA JELAS JELAS PENGKHIANAT BANGSA….

Sementara kami yg SETIA, LOYAL..TAAT DNG PEMERINTAH KOK MALAH BIARKAN CARUT MARUT… perlu saya ingatkan ya bapak ….

MASALAH SURGA atau NERAKA itu soal NANTI… SUDAH ADA YG NGATUR…ITU URUSAN TUHAN SANG PENCIPTA

BUKAN URUSAN KYAI, USTAD, BIKSU, PASTUR ATAU PENDETA… atau AGAMA…SURGA ITU UNIVERSAL BAPAK, BUKAN MILIK AGAMA TERTENTU…

Kita sebagai manusia, yg penting TAAT, SETIA DI JALAN TUHAN….. IKHLAS dan TEKUN MENJALANKAN SEMUA PERINTAH AGAMA yg dianut….

PEDULI pada saudara kita yg menderita, mau berbagi kasih….masalah mau masuk surga atau neraka itu HAK PREROGATIF TUHAN.

Sekali lagi bapak, melalui surat ini ada beberapa hal yg saya sarankan:

1. Berbuatlah adil thd semua pemeluk agama.

2. Jika mau tertib administrasi ( IMB )…cek IMB masjid masjid itu…jika tdk ada tdk salah jika harus dibongkar, dirobohkan krn menyalahi aturan.

3. Segera atasi, turunkan aparat untuk menjaga pembangunan gereja di Karimun.

4. Kumpulkan, para tokoh agama… berikan tugas dan petunjuk yg jelas berkaitan mendidik para jemaatnya/umatnya/ pengikutnya.

5. Tek usah buang energi, waktu lg…membahas Combatan ISIS kembali ke Indonesia.

6. Tindak tegas para pemimpin agama yg mabuk jabatan, yg bertentangan dng Pancasila.

7. Blusak blusuk kembali… BAPAK BAPAK tinggal di Jakarta…tp kasus seputar PEMBANGUNAN MONAS MENUAI KONTRA….kantor GUBERNUR DKI JKT itu hanya disebelah bapak mengapa TIDAK LAGI MBUSAK BLUSUK KE SITU ???

Demikian, jika bapak akan mencari nama, pangkat dan satuan saya…sangat mudah bapak…satuan saya SECAPA AD Bandung. Andai ini akan viral dan diproses sesuai aturan dan hukum yg berlaku, saya atas nama PRIBADI maupun KLUARGA SIAP BAPAK.

TERIMAKASIH, TUHAN MEMBERKATI SETIAP LANGKAH DAN KELUARGA BAPAK.
Amiin…amiin…amiiin.



Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
foto
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
Diubah oleh terong.besar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecintafemdom dan 86 lainnya memberi reputasi
83
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 13
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 06:57
Imb kah ? Buat bapak bapak petugas jgn dipersulit umat beragama beribadah

Mereka akan makin menggila di jamban, ane bosenemoticon-Malu
Diubah oleh tsimtsum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anus.bau.edan dan 14 lainnya memberi reputasi
7 8
-1
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 06:59
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 37 lainnya memberi reputasi
38 0
38
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:02
Yah makanya, perlu ketegasan dalam menghadapi radikalisme...karena kalau dibiarkan pasti timbul ketidakpuasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecintafemdom dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:03
yg salah agamanya,

jangan salahkan manusianya atau pemerintah

pemerintahan juga mayoritas di isi orang beragama yg sama,
walaupun mereka mengaku2 moderat dan pura2 mengecam aksi kebencian kaum radikal,
tapi dalam hati mereka turut menikmati hasil yg kaum radikal perjuangkan


jadi selama agama yg terus menghasut umatnya dgn kebencian masih ada, maka akan ada terus aksi kebencian seperti ini


kasihan dengan orang2 yg masih berpikir ini bukan salah agamanya,
karena sama saja kalian telah turut mencelakakan negara ini dan diri kalian sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecintafemdom dan 62 lainnya memberi reputasi
47 16
31
Lihat 23 balasan
Memuat data ..
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:04
memang benar apa yg diomongkan oleh beliau... selama ini tidak banyak yg berani menyuarakan seperti itu dengan resiko karir dan politiknya terancam.. menurut gw sih itu fakta, bukan ujaran kebencian atau pun SARA .. cuma ya sebagai prajurit sih mungkin ada hukum yg berlaku.. tapi kalau rakyat biasa sih sedikit yg berani, kasus si somad saja ga ada kejelasan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecintafemdom dan 43 lainnya memberi reputasi
43 1
42
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:05
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecintafemdom dan 18 lainnya memberi reputasi
18 1
17
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:08
walaupun apa yg dibicarakannya benar dan fakta,
harusnya tunggu pensiun dulu baru protes


sekarang kena deh aturan militer emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
2COOOL dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:08
Masih jadi anggota TNI aktif, dan cuman diberi hukuman disiplin selama 21 hari, bukan pidana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:09
melawan penindasan kok malah dituduh intoleransi emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecintafemdom dan 20 lainnya memberi reputasi
19 2
17
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:12
Quote:Original Posted By tsimtsum
Imb kah ? Buat bapak bapak petugas jgn dipersulit umat beragama beribadah

Mereka akan makin menggila di jamban, ane bosenemoticon-Malu


Quote:Original Posted By cebongceleng
Emang suratnya menyatakan anti intoleran tapi dengan cara intoleran..pake merasa lebih pintar dari jemdral..dari presiden kita kita lagi..haduh diajarin menindak ini itu. Harusya buzer cebong membuly nih orang karena sudah merendahkan presiden kita..menteri agama pilihan presiden terbaik sepanjang sejarah...nih salah satu kebodohan akibat mabuk agama jasjus..sepangkat letkol aja bikin surat dengan bahasa indonesia berantakan...


Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi

nista sekali gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
parydis dan 30 lainnya memberi reputasi
29 2
27
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:13
Quote:Original Posted By rofari.sato
yg salah agamanya,

jangan salahkan manusianya atau pemerintah

pemerintahan juga mayoritas di isi orang beragama yg sama,
walaupun mereka mengaku2 moderat dan pura2 mengecam aksi kebencian kaum radikal,
tapi dalam hati mereka turut menikmati hasil yg kaum radikal perjuangkan


jadi selama agama yg terus menghasut umatnya dgn kebencian masih ada, maka akan ada terus aksi kebencian seperti ini


kasihan dengan orang2 yg masih berpikir ini bukan salah agamanya,
karena sama saja kalian telah turut mencelakakan negara ini dan diri kalian sendiri


Betul gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:16
Menjelang pensiun, jadi ga ada beban buat Pak Aloysius.

Tapi kalau dia masih tentara aktif ya surat terbukanya memang pelanggaran. Tentara ada aturan tidak boleh terlalu bebas dalam berpendapat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elkadrun212 dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:17
Quote:Original Posted By bolang30076
memang benar apa yg diomongkan oleh beliau... selama ini tidak banyak yg berani menyuarakan seperti itu dengan resiko karir dan politiknya terancam.. menurut gw sih itu fakta, bukan ujaran kebencian atau pun SARA .. cuma ya sebagai prajurit sih mungkin ada hukum yg berlaku.. tapi kalau rakyat biasa sih sedikit yg berani, kasus si somad saja ga ada kejelasan...


Seharusnya kalau mau bikin surat terbuka ketika pensiun TNI jadi udah lepas dari ikatan aturan TNI.

Isi surat nya ane setuju tapi rilis nya yg tidak tepat karena masih aktif TNI dan ada aturan TNI yg emang isinya harus tunduk kepada pimpinan tertinggi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:17
menrut ane sebaiknya klo tni dan polisi mah emg harus netral ga usah bawa2 agama .... walau kenyataan di lapangan demikian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 11 lainnya memberi reputasi
10 2
8
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:24
Lah ini letkol kurang pengamatan, gerombolan kadrun dan pemerintah itu pada dasarnya tujuannya sama sj, hanya karena pemerintah masih membutuhkan kapir lokal dan internasional, jadinya actionnya masih malu2....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecintafemdom dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:27
Sudah benar perkataan beliau.. pemerintah kgk brani citranya tercoreng..emoticon-Big Grin

Mungkin hrs dijanjiin jabatan 5 periode kek pak harto baru brani emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:31
TNI itu harus ikut aturan,, anak buah kalau melempar opini musti lapor/ijin atasan

Tapi memang tidak ada yg berani ngomong kebenaran,, media besar pun gak akan berani nyentuh ini

Mudah memang tergugah melihat ketidakadilan jauh disana,, tapi yg dekat dan dilakukan oleh negara sendiri seolah2 buta

Bukan mau provokasi ya,, apa sih istimewanya isis dan teroris? Kenapa tidak bisa biarkan saudara sebangsa tidak seiman anda beribadah? Pentingkah yg lain tidak nambah rumah ibadah dgn apa yg anda miliki dan nikmati?

Korban bom dan minoritas tidak lebih penting dari mereka itu,,, jgn lupa org tertindas didengar doanya,,, gak bisa ibadah iman bukan mati,, malah makin berkobar dan problemnya kalau militan dan fanatik,,, visi founding fathers bisa jadi mimpi,, jgn ciptakan teroris baru,,, seperti yg kita pahami teroris bukan klaim milik kelompok tertentu
Diubah oleh kiryu06
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecintafemdom dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:32
Quote:Original Posted By vegashin_ryu
Seharusnya kalau mau bikin surat terbuka ketika pensiun TNI jadi udah lepas dari ikatan aturan TNI.

Isi surat nya ane setuju tapi rilis nya yg tidak tepat karena masih aktif TNI dan ada aturan TNI yg emang isinya harus tunduk kepada pimpinan tertinggi.




mngkn krna dh mo pensiun gan,,jd nya beliau yh masa bodo mo gmna" juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anon009 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Hukuman Disiplin Bagi Letkol Sandi Gegara Surat Intoleransi
27-02-2020 07:35
Quote:Original Posted By gigbuupz
mngkn krna dh mo pensiun gan,,jd nya beliau yh masa bodo mo gmna" juga


Ya walau bodo amat tetep aja kena penjara 21 hari gan.
0 0
0
Halaman 1 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia