News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5682fbb8408824af50e6ac/hosni-mubarak-meninggal-para-pemimpin-dunia-sampaikan-belasungkawa
KAIRO, KOMPAS.com - Mantan presiden Mesir, Mohamed Hosni Mubarak meninggal dunia pada Selasa (25/02/2020) di rumah sakit militer Kairo setelah melewati operasi tumor beberapa pekan lalu. Mubarak adalah sosok yang dikagumi sekaligus dibenci baik di negaranya, Mesir dan di Timur Tengah secara keseluruhan. Berbagai respon dilontarkan mengenai kematiannya, mulai dari ungkapan belasungkawa para pemimpi
Lapor Hansip
26-02-2020 21:38

Hosni Mubarak Meninggal, Para Pemimpin Dunia Sampaikan Belasungkawa

Hosni Mubarak Meninggal, Para Pemimpin Dunia Sampaikan Belasungkawa


KAIRO, KOMPAS.com - Mantan presiden Mesir, Mohamed Hosni Mubarak meninggal dunia pada Selasa (25/02/2020) di rumah sakit militer Kairo setelah melewati operasi tumor beberapa pekan lalu.

Mubarak adalah sosok yang dikagumi sekaligus dibenci baik di negaranya, Mesir dan di Timur Tengah secara keseluruhan. Berbagai respon dilontarkan mengenai kematiannya, mulai dari ungkapan belasungkawa para pemimpin dunia sampai aktivis revolusi Mesir.

Pemerintah Mesir mengungkapkan belasungkawa melalui presidennya, Abdel Fattah El-Sisi. Dia mendeskripsikan Mubarak sebagai salah satu pahlawan dari perang melawan Israel pada Oktober 1973.

Di Arab Saudi, Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengucapkan belasungkawa terdalam dan simpati mereka kepada keluarga Mubarak, juga kepada presiden dan rakyat Mesir.

Syekh Mohammed bin Zayed al-Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi mendeskripsikan sosok Hosni Mubarak sebagai "pemimpin Arab yang bekerja setia demi persatuan negara Arab, stabilitas dan melawan tegas ekstremisme serta terorisme."

Baca juga: Hosni Mubarak: Dari Karier di Langit Sampai Dikebumikan

Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab, Anwar Gargash mengatakan, "Beliau seorang negarawan yang menyokong posisi nasionalis dan sejarawan."

Ucapan belasungkawa juga datang dari presiden Palestina, Mahmoud Abbas yang mengatakan bahwa dirinya dalam keadaan sangat berduka. Dia mengakui dan memuji bahwa selama ini Hosni Mubarak adalah pemimpin yang selalu mendukung kebebasan Palestina.

Tak hanya para pendukungnya, pihak oposisi pun memberikan ucapan belasungkawa. Dari Israel, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyampaikan belasungkawa atas nama rakyat Israel, "Presiden Mubarak, salah satu kawan saya, yang memimpin negaranya dalam damai dan aman."

Mantan Kepala Energi Atom Internasional, Mohamed el-Baradei, sosok penting dalam penggulingan Mubarak juga menyampaikan tribut kepada mantan presiden Mesir itu. "Semoga Allah memaafkannya dan menguatkan keluarganya."

Selain pemimpin dunia dan pihak oposisi, para demonstran yang terlibat pada revolusi Arab (Arab Spring) juga mengaku telah memaafkan Hosni Mubarak.


Mereka mengungkapkan bahwa Hosni Mubarak merupakan sosok yang setia dan mencintai negaranya, Mesir. Ucapan itu disampaikan oleh Wael Ghoneim. "Dia telah bertanggung jawab terhadap rakyat Mesir. Dia pernah berbuat baik dan buruk dalam banyak kesempatan. Biarkan sejarah yang menentukannya."

Baca juga: Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak Meninggal di Usia 91 Tahun

Salah satu mantan kandidat presiden Ayman Nour yang melawan Hosni Mubarak pada pemilu 2005 dan dipenjara sekaligus dibebaskan mengatakan, "Demi Allah, secara pribadi aku telah mengampuninya."

Selain itu, ucapan juga berdatangan dari banyak rakyat Mesir yang mendukung Hosni Mubarak namun tidak setuju atas tindakan korupsi, penindasan dan pengangguran pada masa pemerintahannya.

Rakyat Mesir mengaku memiliki perasaan campur aduk terkait kematian mantan presiden Mesir itu.

"Kami memiliki kenangan baik dan buruk tentangnya," ujar Sherin Saad (30), seorang warga Mesir yang mengkritik korupsi juga privatisasi perusahaan publik. Mubarak dianggap telah memperkaya kaum elit.

Warga lainnya, Atef Bayoumi mengutarakan pendapatnya tentang mantan presiden Mesir, Hosni Mubarak, sebagai sosok yang patriot, terlepas dari segala keputusan akhir tentangnya. Menurut Bayoumi, Hosni Mubarak bagaimanapun telah melakukan banyak hal baik bagi Mesir.

Sementara itu, seorang aktivis HAM terkemuka, Gamal Eid mengungkapkan dengan sarkasme, "Belasungkawa saya sampaikan untuk seluruh pemimpin tiran, (bahwa) mereka telah kehilangan satu anggotanya hari ini."

Mohamed Hosni Mubarak, mantan presiden Republik Arab Mesir, akan dimakamkan pada Rabu (26/02/2020) dengan pemakaman militer. Pemerintah Mesir juga memberikan tiga hari berkabung bagi masyarakat seluruh Mesir.


https://www.kompas.com/global/read/2...n-belasungkawa


Telah gugur satu lagi pedang dan tameng Arab

Oh Misr oh Ummi
Anda tetap agung untuk selamanya
Diubah oleh king.mbs
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Hosni Mubarak Meninggal, Para Pemimpin Dunia Sampaikan Belasungkawa
27-02-2020 00:21
rest in peace😇
0 0
0
Hosni Mubarak Meninggal, Para Pemimpin Dunia Sampaikan Belasungkawa
27-02-2020 12:17
disni sehari seblum nya libur karna hujan besok nya libur karna berkabung nasional
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia