News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
76
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e56372582d4955ae72fd476/bagaimana-dpr-bekerja
DPR punya sistem kerja yang ribet, dan di dalamnya punya banyak sekali pembahasan yang disampaikan hanya untuk satu RUU, dan untuk itu beban kerja pun menggila, gak heran gue liat orang mengantuk di DPR, ngomongnya banyak banget dah.
Lapor Hansip
26-02-2020 16:15

Bagaimana DPR Bekerja ?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Wellcome to my Thread
Bagaimana DPR Bekerja ?
setelah sebelumnya gue ngebahas Soal DPR, sejarahnya dan riwayat kerjanya. buat agan-agan yang mungkin suatu saat nanti ingin memberikan manfaat buat masyarakat dan mewakili rakyat, mungkin ingin mengetahui sistem kerja DPR tuh kayak apa ? gue gak ngebahas yang viral-viral di sini, gue cuma bahas gimana mereka bekerja dan menentukan sebuah Undang-Undang sampai jadi, kalo Undang-Undangnya jadi kontroversi itu bahasan lain. Mbak Najwa, dan ILC udah bahas mungkin kali yah yang viral-viral itu.

Mengapa UU dibuat oleh DPR ?
mungkin ada yang tanya kenapa sih DPR yang buat nih UU, kenapa gak perseorangan aja gitu kayak Presiden. sebenarnya Presiden tuh dah termasuk gan, cuma nih dari UUD 1945 kita , kekuasaan untuk buat UU tuh ada di DPR, kalo presiden mau buat UU harus dibahas bareng DPR. kalo DPR gak mau buat UU, dan bilang gak untuk sebuah RUU, yah kayaknya presiden gak bisa apa-apa. gak paham, mungkin ada yang mau benerin nih.

Bagaimana Prosesnya ?
Secara tertulis sih, RUU di buat kayak poin di bawah nih

1. RUU diajukan oleh Presiden, DPD, dengan naskah akademis


2. RUU dimasukkan ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) oleh bandan legislasi DPR dalam kurun waktu 5 tahun

3.  Pimpinan DPR ngumumin kalo ada RUU yang masuk dan akan dibahas dalam rapat paripurna bersama para anggota DPR yang lain

4. Dalam rapat paripurna akan disetujui atau enggak, dah kayak asistensi sama dosen pembimbing skripsi gitu lah, nih RUU bisa lolos gak, layak gak, kalo gak mungkin butuh revisi, atau mungkin malah ditolak.

5. kalo disetujui bakal dilanjutin lagi ke dalam dua tingkat pembicaraan.sudah setuju nih tapi masih dibahas lagi, jadi prosesnya bukan "disetujui langsung jadi"

6. Tingkat pertama dilakukan dalam lima kali, LIMA KALI rapat yaitu : rapat komisi, komisi gabungan, anggaran biaya, badan legislasi, dan komisi khusus. beh, susah banget jadi orang DPR, isinya rapat semua

7. Tingkat dua dilakukan di rapat paripurna berisi : penyampaian tentang proses, pendapat mini fraksi, pendapat mini dpd, dan hasil Pembicaraan Tingkat 1. dan dirapat ini juga pasti ada gesekan soalnya ada persetujuan dan penolakan dari berbagai fraksi dan anggota DPR secara lisan, dan juga pendapat akhir Presidan yang disampaikan oleh mentri

8. Jika gak ada kata sepakat dalam RUU, digunakan suara terbanyak. (kalo yang banyak dari partai tertentu, bahaya dah)

9. jika disetujui oleh DPR dan wakil pemerintah, diserahin ke presiden buat disahkan oleh pak Presiden

10. dan yang terakhir, kalo nih RUU gak disahkan oleh presiden dalam waktu 30 hari tapi udah disetujui oleh DPR dan wakil pemerintah, RUU akan sah menjadi Undang-Undang dan wajib diundangkan walopun presiden gak ngesahkan. (di sini gue heran, presidan tugasnya apa dalam pembuatan UU nih)

Kesimpulan Ane nih

DPR punya sistem kerja yang ribet, dan di dalamnya punya banyak sekali pembahasan yang disampaikan hanya untuk satu RUU, dan untuk itu beban kerja pun menggila, gak heran gue liat orang mengantuk di DPR, ngomongnya banyak banget dah

untuk jadi anggota DPR minimal lu juga harus terbiasa dengerin orang ngomong dan gak ngantuk. seandainya kita dengerin dosen atau khotbah jumat yang cuma 10 menit aja masih mengantuk, maka gimana kalo lu masuk ke DPR yang isinya cuma ngomong sampai makan waktu berjam-jam, bukan cuma ngantuk, dah pasti lu tidur di sana.

Anjuran gue, buat orang-orang di luar sana yang pengen jadi anggota DPR, kalo lu orangnya gampang ngantuk denger orang ngomong, dan pendengar yang buruk alias cuek, berhenti dan urungkan niat jadi anggota DPR.

DPR bukan ladang cari duit doang, DPR tuh harusnya diisi oleh orang yang intelektual dan peduli rakyat. bukan artis kemarin sore atau orang yang pengen menaikkan status sosial nya aja. yang mana gue gak tau tuh artis paham soal birokrasi di DPR


Sumber
Aturan kerja DPR
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:01
singkatnya mereka mewakili rakyat. Rakyat hiduo enak diwakilkan oleh mereka. Rakyat pengen punya 3 istri diwakilkan oleh mereka. Rakyat pengen punya mobil diwakilkan oleh mereka. Begitulah cara kerja wakil rakyat
Diubah oleh ih.sul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariflukmannrd dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:01
Tidur
profile-picture
deriandroid18 memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:03
mantaaappp emang dpr, semoga semakin kompeten dalam mengambil keputusan
profile-picture
wahyufyan memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:04
makan - korup - baik - tidur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anakyesus dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:05
dpr sekarang mulai banyak anak mudanya, semoga mereka bisa amanah dan mewakilkan suara" anak muda lainnya
profile-picture
wahyufyan memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:06
Bagaimana DPR Bekerja ?
profile-picture
pertotperbaik memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:06
jangan suruh mereka benar-benar kerja ! gw serius !

inget gara-gara tahun kemarin mereka kerja bikin RUU baru, 1 Indonesia demo cuy
profile-picture
mulivw memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:06
Bagaimana DPR Bekerja ?

"DPR tuh harusnya diisi oleh orang yang intelektual dan peduli rakyat. bukan artis kemarin sore atau orang yang pengen menaikkan status sosial nya aja. yang mana gue gak tau tuh artis paham soal birokrasi di DPR"

ane setuju ama ini.
Diubah oleh jlamp
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:09
bekerja????
bukannya bermain?

kata Alm Gus Dur, itu taman kanak-kanak

cmiiw

emoticon-Cool
0 0
0
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:12
Kapan ya DPR kebakaran lagi
Gua mo nyumbang bensin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
patra.yosh dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:13
ane baru tahu kalo dpr punya kerjaan....emoticon-Malu
0 0
0
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:13
Oh..



emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:15
bekerja dengan cara tidak bekerja
0 0
0
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:17
Hah dpr kerja? What kind of sorcery is this 😱


Bata only emoticon-Bata (S)
Diubah oleh androidiot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dirawan09 dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:18
Mereka masuk dpr kerjaannya cuman bikin uu. Lihat saja 5 taun ke depan. Banyak undang² gak bermutu akan bermunculan. emoticon-Toast
profile-picture
ragevous memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:21
Jangan bicara soal undang undang kalo kitab undang undang hukum perdata kita aja masih pake made in Belanda, sedangkan Belanda sudah gak pake,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dirawan09 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:21
Rapat sambil tidur terus menyetujui RUU
emoticon-Cool
0 0
0
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:22
Jadi ingat lagunya bang Iwan Fals


Wakil rakyat seharusnya merakyat jangan tidur waktu rapat soal rakyat ...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:23
enak donk kerjanya rapat mulu, tinggal duduk dengerin org ngomong. keputusan juga diambil voting kan
0 0
0
Bagaimana DPR Bekerja ?
27-02-2020 13:25
skrg bikin peraturannya aneh aneh aja emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia