Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
121
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e560f74a2d195628c7de5e6/kb-atau-keluarga-berencana-haruskah-benar-benar-diterapkan
Keluarga Berencana (disingkat KB) adalah gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran. Itu bermakna adalah perencanaan jumlah keluarga dengan pembatasan yang bisa dilakukan dengan penggunaan alat-alat kontrasepsi atau penanggulangan kelahiran seperti kondom, spiral, IUD, dan sebagainya.
Lapor Hansip
26-02-2020 13:25

KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?

Quote:
Keluarga Berencana (disingkat KB) adalah gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran. Itu bermakna adalah perencanaan jumlah keluarga dengan pembatasan yang bisa dilakukan dengan penggunaan alat-alat kontrasepsi atau penanggulangan kelahiran seperti kondom, spiral, IUD, dan sebagainya.


Gerakan KB sendiri memiliki tujuan penting untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. KB bukan bermaksud untuk pencegahan dalam memiliki anak, namun hanya membatasi jarak demi kebahagiaan sebuah keluarga. Mengingat tingginya tingkat kelahiran di Indonesia, dan banyak kasus mengenai penelantaran anak karena tak sanggup membiayai kehidupannya kelak.

Namun di negara kita KB sendiri menjadi pro dan kontra, lantaran orang tua khususnya jaman dahulu masih menganut kalimat "banyak anak banyak rejeki" yang otomatis KB menjadi kontra bagi mereka. Namun untuk sebagian orang yang baru memulai rumah tangga KB tentunya menjadi pro, mengingat kebutuhan pokok yang semakin tinggi. Dan dengan mengikuti KB mereka dapat mengatur jarak anak pertama dan kedua. Tentu saja itu untuk kesejahteraan keluarganya.

KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
ilustrasi program Keluarga Berencana

Tak hanya menjaga jarak usia kehamilan seorang ibu, KB sendiri memiliki moto yaitu Dua Anak Lebih Baik . Program Keluarga sendiri sebetulnya memiliki banyak sekali manfaat seperti mencegah kehamilan yang tak diinginkan/kebobolan, mengurangi resiko aborsi, menurunkan angka kematian ibu dan bayi baru lahir, membantu mencegah HIV/Aids karena menggunakan alat kontrasepsi, serta menjaga kesehatan mental keluarga.

https://hellosehat.com/kehamilan/sub...-berencana-kb/

Program ini juga sedikit mengurangi tingkat perceraian, karena masalah ekonomi yang semakin lama semakin tak stabil. Dan banyak anak biasanya akan menjadi percekcokan dalam keluarga lantaran harus memikirkan banyak biaya yang dikeluarkan. Hingga mental orang tua yang semakin tak kuat akan memutuskan untuk berpisah. Tapi tidak semua orang tua berfikiran demikian, namun kebanyakan perceraian dikarenakan faktor ekonomi yang berujung kekerasan rumah tanggalah yang menjadi pemicu itu sendiri.

Bahkan baru baru ini juga ada kabar memilukan dimana 6 orang anak harus menjadi yatim piatu dalam waktu satu hari saja. Dimana si ibu harus kembali kepangkuan sang maha kuasa lantaran drop seusai beberapa hari melahirkan dan ayah meninggal lantaran tensinya naik usai penguburan istrinya. Tentu saja meninggalkan 6 orang anak bukan perkara yang mudah, terutama bagi keluarganya yang di tinggalkan. Tentu ketika memiliki banyak anak haruslah difikirkan kembali bagaimana kelangsungan hidup sang anak dikemudian hari.

Tapi memang itu urusan setiap orang yang membina rumah tangga. Tapi apabila mereka juga mimikirkan masa depan bersama Program ini sangat berperan banyak terhadap kelangsungan dan kemakmuran kita semua.

Jadi bagaimana menurut agan dan sista tentang pro kontra program KB itu sendiri? Apakah memang harus diterapkan setiap orang tua? Atau lebih menganut kalimat "banyak anak banyak rejeki?"

Tinggalkan komentar agan dan sista dibawah. Terima Kasih

profile-picture
profile-picture
profile-picture
faizaldwi dan 11 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 14:06
Kalo bagi ane program KB emang baik dan bagus, karna mayoritas yg bikin jadi permasalahan dikeluaega pasti pada ekonomi. Walau banyak yg beranggapan banyak anak banyak rejeki

Dengan merencanakan keluarga dr awal dan menata punya momongan dgn jarak yg ideal, dengan perencanaan yg matang pasti ekonomi pun ikut tertata dgn baik

Dan untuk menghindari kebobolan pas ketika berhubungan, baiknya konsultasi ke bidan terdekat. Atau dr BPKBelakukan sosialisasi ke masyarakat atau lewat posyandu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yosegratian dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 14:19
Quote:Original Posted By antomulyo
Kalo bagi ane program KB emang baik dan bagus, karna mayoritas yg bikin jadi permasalahan dikeluaega pasti pada ekonomi. Walau banyak yg beranggapan banyak anak banyak rejeki

Dengan merencanakan keluarga dr awal dan menata punya momongan dgn jarak yg ideal, dengan perencanaan yg matang pasti ekonomi pun ikut tertata dgn baik

Dan untuk menghindari kebobolan pas ketika berhubungan, baiknya konsultasi ke bidan terdekat. Atau dr BPKBelakukan sosialisasi ke masyarakat atau lewat posyandu


Iya gan ane juga setuju. Supaya mengurangi penelantaran anak jugaaa yah kan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 14:28
Quote:Original Posted By sintamustika
Iya gan ane juga setuju. Supaya mengurangi penelantaran anak jugaaa yah kan?


Yub benar sekali emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 14:35
Quote:Original Posted By antomulyo
Yub benar sekali emoticon-Jempol


Tapi sekarang masih banyak yang nggamau kb. Ane aja setelah lahiran harus kb disuruh sama suami. Karena belum siap dengan keadaan ekonomi. Paling tidak memberi waktu si anak pertama untuk lebih mengasihi dan mencukupi. Kasian kalau masih kecil punya adik.takut kurang kasih sayang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 14:47
Quote:Original Posted By sintamustika
Tapi sekarang masih banyak yang nggamau kb. Ane aja setelah lahiran harus kb disuruh sama suami. Karena belum siap dengan keadaan ekonomi. Paling tidak memberi waktu si anak pertama untuk lebih mengasihi dan mencukupi. Kasian kalau masih kecil punya adik.takut kurang kasih sayang


Dulu waktu lahiran anak pertama bidan juga menyarankan suruh KB, dan istri hanya ambil yg suntik dgn musyawarah dan persetujuan saya. Dan waktu lahiran anak kedua ga pake KB, cukup kita aja yg menahan.

Jarak kakak dan adik 4 tahun, si kakak aja suka sering ngerasa kurang perhatian. Tapi diumur 4 tahun anak bisa dikasih pengertian, dimana istri musti ngurusin adik dan kakak selalu diajak komunikasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ShinJuuu dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 14:50
Kalau yang kuat finansial dan mental, silahkan punya anak banyak gak masalah.
KLo yang gak mampu ya harus direncanakan. Jangan sampe meninggalkan generasi yang lemah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
giovanni2406 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 15:25
klo kagak ya bakal brojol mulu bre
profile-picture
profile-picture
xksal dan sintamustika memberi reputasi
2 0
2
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 15:33
Quote:Original Posted By antomulyo
Dulu waktu lahiran anak pertama bidan juga menyarankan suruh KB, dan istri hanya ambil yg suntik dgn musyawarah dan persetujuan saya. Dan waktu lahiran anak kedua ga pake KB, cukup kita aja yg menahan.

Jarak kakak dan adik 4 tahun, si kakak aja suka sering ngerasa kurang perhatian. Tapi diumur 4 tahun anak bisa dikasih pengertian, dimana istri musti ngurusin adik dan kakak selalu diajak komunikasi


Memang semua tergantung orang tua bagaimana cara mendidiknya gan. Tapi rata rata orang sekarang berumah tangga hanya menyatukan cinta mereka. Tanpa memikirkan masa depan anak anaknya. Banyak sih yang egois. Bilangnya ini anak ku kok ngapain kamu ngurusin hidup kita. Entar kalo anak ngga terurus trus masuk dunia gelap. Katanya faktor lingkungan. Repot juga. Perhatian dan pengertian orang tua kan berpengaruh besar untuk anak anaknya dimasa mendatang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 15:34
Quote:Original Posted By encielh
Kalau yang kuat finansial dan mental, silahkan punya anak banyak gak masalah.
KLo yang gak mampu ya harus direncanakan. Jangan sampe meninggalkan generasi yang lemah.


Iya betul setuju sekali. Memang harus difikirkan matang matang.
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan encielh memberi reputasi
2 0
2
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 15:35
Quote:Original Posted By ajrafols
klo kagak ya bakal brojol mulu bre


Iyadong. Orang nafsu itu ngga bisa dibendung kok. Kasian lah yang mengandung juga berjuang antara hidup dan mati
profile-picture
sunyimembara memberi reputasi
1 0
1
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 16:04
YupKB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BlueJupieZ dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 16:06
Quote:Original Posted By sintamustika
Memang semua tergantung orang tua bagaimana cara mendidiknya gan. Tapi rata rata orang sekarang berumah tangga hanya menyatukan cinta mereka. Tanpa memikirkan masa depan anak anaknya. Banyak sih yang egois. Bilangnya ini anak ku kok ngapain kamu ngurusin hidup kita. Entar kalo anak ngga terurus trus masuk dunia gelap. Katanya faktor lingkungan. Repot juga. Perhatian dan pengertian orang tua kan berpengaruh besar untuk anak anaknya dimasa mendatang


Pendidikan dasar tetap dr orang tua, karna itu merupakan pondasi awal ketika anak nanti bersosilisasi dgn lingkungan sekitar. Dan ketika anak melakukan kesalahan jgn lantas menyalahkan anak, cari penyebabnya dulu dan koreksi sebagai orang tua ada yg salah tidak dlm sikap atau didiknnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 16:52
ane sih setuju sist, tapi efek Kb itu gak enak. pernah nyobain kb suntik dan iud. entah mungkin karna badan ane gak cocok
profile-picture
sintamustika memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 17:09
tergantung orang tuanya mampu mental dan finansial ga? emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan sintamustika memberi reputasi
2 0
2
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 17:24
Tergantung kondisi masing masing keluarga yah. Kalau memang mampu ga ada salahnya punya banyak anak. Tapi kalo masih kekurangan ya sebaiknya dibatasi sebagai bentuk tanggung jawab jg sama anak. Aku pribadi sih kalo ga kb ya bisa brojol terus.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 17:25
Quote:Original Posted By Rainbow555
Trus jadinya pake kb apa


Aku gak pake kb sekarang, abis oprasi waktu tu dokternya bilang jangan pake kb lagi
profile-picture
sintamustika memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 17:33
Yapss lumayan
profile-picture
sintamustika memberi reputasi
1 0
1
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 18:07
Aku g kb... tp susah hamil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uusDK dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 18:12
banyak anak banyak rejeki
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan sintamustika memberi reputasi
2 0
2
KB Atau Keluarga Berencana, Haruskah Benar Benar Diterapkan?
26-02-2020 18:31

Harus, biar istri yg ke 2,3 dan 4 bisa kebagian jatah hamil juga emoticon-Ngakak

Btw nice threadd emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia