Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
118
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e55f910b41d307f34429fa7/kronologis-tragedi-susur-sungai-dan-kelalaian-pembina-pramuka-smpn-1-turi-sleman
Jumat 21 Februari 2020, siswa-siswi SMPN 1 Turi Sleman mengikuti kegiatan kepramukaan, susur sungai. Kegiatan ini jadi kegiatan yang kedua kali dilakukan, sebelumnya akhir tahun 2019 sekolah pernah mengadakan kegiatan serupa. Bedanya, sungai yang disusuri saat kegiatan pertama lebih kecil daripada yang kedua.
Lapor Hansip
26-02-2020 11:50

Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
detik.com

Jumat 21 Februari 2020, siswa-siswi SMPN 1 Turi Sleman mengikuti kegiatan kepramukaan, susur sungai. Kegiatan ini jadi kegiatan yang kedua kali dilakukan, sebelumnya akhir tahun 2019 sekolah pernah mengadakan kegiatan serupa. Bedanya, sungai yang disusuri saat kegiatan pertama lebih kecil daripada yang kedua.

Sayang sekali, kegiatan kepramukaan ini berakhir menjadi sebuah tragedi yang menyebabkan 10 orang siswi meninggal dunia, 23 lainnya luka-luka karena air sungai yang berubah menjadi deras saat kegiatan berlangsung. 

Kegiatan dimulai pada hari Jumat pukul 14.00. Total ada 249 murid yang mengikuti kegiatan ini. Cuaca masih belum terlihat akan turun hujan, meskipun di sekitar Gunung Merapi terlihat mendung. 

Sebelum murid mulai menyusuri sungai, pembina pramuka SMPN 1 Turi sudah mengecek arus dan ketinggian air di sungai. 


Quote:
"Saya cek ke sungai airnya tidak deras. Saya kembali ke tempat start pemberangkatan air gak masalah juga."




Kegiatan ini dibantu teman pembina pramuka yang sudah biasa mengurusi susur sungai Sempor. 


Quote:
"Sehingga saya yakin tidak akan terjadi apa-apa."



Ketika pembina pramuka tersebut ditanya tentang alat pengamanan yang diperlukan kemudian dia menjawab:

Quote:
"Karena airnya cuma selutut paling, jadi gak masalah kalau kegiatannya terus berjalan. Mereka (peserta susur sungai) juga berjalan di pinggir bukan di tengah."



Sayang sekali, pukul 15.00 hujan deras turun di hulu sungai dan menyebabkan air jadi deras. Sebagian besar peserta hanyut terbawa air sungai yang deras. 

Sejak pukul 15.30 sampai pukul 21.00 malam pencarian dilakukan oleh tim SAR bersama masyarakat. 239 murid ditemukan selamat, 23 murid diantaranya luka-luka. Sedangkan 6 siswa dinyatakan meninggal dan 4 orang lainnya hilang. 

Keesokan harinya, pukul 13.00 2 orang murid kembali dinyatakan meninggal dan 2 orang lainnya ditemukan hari minggu sekiar pukul 08.00 pagi. Maka total 10 orang murid menjadi korban tragedi ini, dan semuanya perempuan. 

Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 TURI Sleman

Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
tribunnews.com

Polisi menetapkan tiga pembina pramuka SMPN 1 TURI Sleman sebagai tersangka dalam tragedi susur sungai ini. Mereka adalah IYA 36 tahun, dia adalah guru olahraga di SMPN 1 Turi; DS 58 tahun, guru yang dua tahun lagi bakal pensiun; dan RY 58 tahun. 

1. Gak melakukan pengecekan lingkungan tempat kegiatan secara menyeluruh

Berdasarkan keterangan tersangka IYA, dia hanya melakukan pengecekan di sekitar lokasi kegiatan susur sungai, tapi gak menyeluruh sampai ke hulu sungai. Padahal seharusnya dia benar-benar yakin lingkungan sungai dan sekitarnya mendukung 100% untuk kegiatan ini. 

2. Hanya ada 1 orang yang mengawasi kegiatan murid

Jumlah murid yang mengikuti kegiatan 249 dan diawasi oleh satu orang guru yang usianya gak muda lagi. Jumlah segini terlalu banyak, gak bisa diurus seorang laki-laki tua. Harusnya ada beberapa guru muda atau bantuan dari masyarakat unuk ikut mengawasi. 

Berdasarkan berita yang saya baca sih gak ada keterangan yang menyebutkan ada guru muda yang ikut mendampingi kegiatan. 

Parahnya, 2 orang pembina yang lain malah gak ikut ke lokasi kegiatan. IYA, pergi ke luar karena ada urusan pribadi; sedangkan RY menunggu di sekolah karena harus menjaga tas anak-anak dan mengabsen juga. 

3. DS & RY hanya berdiam diri saat para murid hanyut terbawa arus

Ini yang paling parah sih, dua orang guru udzur gak mau turun ke sungai saat muridnya sendiri hanyut terbawa arus. RY beralasan karena hujan sedangkan DS yang menunggu di titik finish susur sungai gak tahu kenapa. Gak ada keterangannya juga. 

Harusnya ada dua atau tiga guru yang ikut turun ke sungai menjaga dan menuntun murid menyebrang sungai. Meskipun ketinggian air cuma selutut dan cuaca mendukung, hal ini harus tetap dilakukan karena ada kemungkinan murid terjatuh saat susur sungai. HARUSNYA BEGITU. Gak tahu kenapa para pembina yang terhormat gak berpikir sampai ke sana. 

Tiga tersangka dijerat dengan Pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang menghilangkan nyawa seseorang, dan 360 KUHP tentang kelalaian yang mengakibatkan luka luka seseorang dengan ancaman 5 tahun penjara.

Semoga ke depannya pemerintah dan pihak sekolah bisa memilih guru yang kompeten untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan di luar sekolah. Dan kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan serta kekuatan, untuk para korban semoga mendapatkan yang terbaik di sisi-Nya.

Quote:Sumber:
kronologi
pengakuan tiga tersangka

Narasi:
ts




Quote:
BACA JUGA THREAD MENARIK LAIN GANSIS





profile-picture
profile-picture
profile-picture
kantorjogja dan 15 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
26-02-2020 12:00
pas murid hanyut malah diem tok gurunya, ya ampun ini gimana sih, sengaja apa bagemana kaga ngerti ane emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
26-02-2020 12:27
Turut berdukacita sedalam-dalamnya untuk para korban. Ane bener-bener trenyuh saat liat berita yang menjadi korban seorang siswi meninggal tepat sehari sebelum ulang tahunnya gan.. Semoga para korban yang meninggal dunia ditempatkan ditempat terbaik, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
26-02-2020 12:31
Banyak versi sih. Ada yg bilang 6 orang ngawasin murid di sungai 1 orang jaga barang siswa disekolah. Ada juga yg bilang pembina gak hadir dan siswa cuma diawasi 1 orang di titik finish dan 1 orang di titik start..
Harusnya juga lintasannya dikasih tali yg buat wall climbing buat pegagan, klo cuma ngandelin pegangan seadanya bakal wassalam klo air tiba" deres..

emoticon-Nyepi emoticon-Nyepi
Diubah oleh onggkyuda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
26-02-2020 13:32
Quote:Original Posted By caduceus22
pas murid hanyut malah diem tok gurunya, ya ampun ini gimana sih, sengaja apa bagemana kaga ngerti ane emoticon-DP

yah kl gak diem mungkin gak separah ini gan kejadiannya, makanya ane juga geram banget -_-

Quote:Original Posted By a.w.a.w.a.w
Turut berdukacita sedalam-dalamnya untuk para korban. Ane bener-bener trenyuh saat liat berita yang menjadi korban seorang siswi meninggal tepat sehari sebelum ulang tahunnya gan.. Semoga para korban yang meninggal dunia ditempatkan ditempat terbaik, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan emoticon-Smilie

Wah serius gan? emoticon-Frown
amiin amiin

Quote:Original Posted By onggkyuda
Banyak versi sih. Ada yg bilang 6 orang ngawasin murid di sungai 1 orang jaga barang siswa disekolah. Ada juga yg bilang pembina gak hadir dan siswa cuma diawasi 1 orang di titik finish dan 1 orang di titik start..
Harusnya juga lintasannya dikasih tali yg buat wall climbing buat pegagan, klo cuma ngandelin pegangan seadanya bakal wassalam klo air tiba" deres..

emoticon-Nyepi emoticon-Nyepi

6 orang ngawasin tapi kok sepertinya gak gerak cepat ya waktu air tiba2 deres gan? Padahal kan kl air cuma selutut gurunya ngejagain di sepanjang jalur sambil megangin muridnya juga bisa.

nah iya begitu juga bisa, jadi ada yang bisa dijadiin pegangan sama murid ya

0 0
0
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
26-02-2020 14:42
faedahnya apa sih susur sungai?
apalagi tanpa persiapan yang memadai...
klo udah kyk gini baru pada nyesel deh
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan sunyimembara memberi reputasi
2 0
2
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
26-02-2020 15:26
fix pmbina yg salah emoticon-Hammer2
profile-picture
SIMARODRA memberi reputasi
0 1
-1
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
26-02-2020 16:04
Quote:Original Posted By Abel.Ojs
faedahnya apa sih susur sungai?
apalagi tanpa persiapan yang memadai...
klo udah kyk gini baru pada nyesel deh

Gatau juga gan -__-
Mana katanya kepala sekolah juga gak tau ada kegiatan susur sungai, kan kacau emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By ajrafols
fix pmbina yg salah emoticon-Hammer2

emang, pembinanya udah udzur, gak bisa diandelin

0 0
0
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
26-02-2020 16:04
Quote:Original Posted By pog94
yah kl gak diem mungkin gak separah ini gan kejadiannya, makanya ane juga geram banget -_-


Iya gan kita cuma bisa doain yang terbaik buat para korban dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan emoticon-Jempol
0 0
0
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
26-02-2020 17:51
gak sengaja tapi iya lalai, iya salah, dikurung 5 tahun. yg sabar ya Pak Guru. awas aja kalo macem begal dan semacamnya dikurung kurang dari 5 tahun apalagi koruptor kalo bisa 50 tahun a
0 0
0
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
26-02-2020 18:34
Kok kepala sekolahnya malah ngeles gitu y? Setahu saya, namanya pimpinan itu y hrs ikut bertanggungjawab walaupun baru jabat 1 hari. Itulah letak tanggungjawab seorang pimpinan.
0 0
0
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
27-02-2020 23:04
hadeh, selaen di sungai ga bisa ya, membahayakn ank murid itu mh gans emoticon-Cape deeehhcd
0 0
0
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
27-02-2020 23:16
semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini terulang dimanapun.
pastikan saat musim hujan seperti ini aktivitas di luar sekolah dinon-aktifkan, selama waktu yg tidak di tentukan dan sampai musim panas atau kemarau datang
0 0
0
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
27-02-2020 23:16
kegiatan pramuka itu jngan bikin di luar sekolah... kalo udah gini....yaaaa nyesel juga ga guna.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
27-02-2020 23:16
Guyonan dadi tangisan..
emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka
Kelalaian dibayar mahal..
Nyawa yg telah hilang menjadi duka yg sangat mendalam bagi mereka yang ditinggalkan dan sebagian korban yang selamat menjadi trauma dgn kegiatan bentang alam..

Semoga mereka yg telah berpulang diberikan tempat yg terbaik, amal ibadah diterima dosa mereka diampuni.
Semoga kedepan tidak terjadi lagi hal serupa..
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan dirawan09 memberi reputasi
2 0
2
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
27-02-2020 23:19
sungguh menyedihkan, 249 murid itu ternyata dibina oleh org t*lol.

Turut berdukacita atas para korbanemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka
profile-picture
sunyimembara memberi reputasi
1 0
1
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
27-02-2020 23:23
Tiga tersangka dijerat dengan Pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang menghilangkan nyawa seseorang, dan 360 KUHP tentang kelalaian yang mengakibatkan luka luka seseorang dengan ancaman 5 tahun penjara.


ini cocok juga buat Anies Baswedan
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan sunyimembara memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
27-02-2020 23:29
Dan gue jengkelnya ketika persatuan PGRI atau apa lah itu yang kemarin sempat viral karena ga terima kalo dibotaki tuh tersangka. Rasanya pengen gue gaplok tuh mukanya si admin tersebut yang coba posting. Perkara rambut dibotakin aja sampe ga terima, lah gimana posisi keluarga korban duka. Lebih ga terima lagi anaknya meninggal karena insiden yang SOP pramukanya kek gini emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
27-02-2020 23:35
ambil hikmahnya sih, jangan asal kalo mau ngadain acara kek begitu, bahaya banget ngebiarin lanjut acara pdhl cuaca dalam kondisi hujan
emoticon-Mewek
profile-picture
sunyimembara memberi reputasi
1 0
1
Kronologis Tragedi Susur Sungai Dan Kelalaian Pembina Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman
27-02-2020 23:35
Turut berduka cita buat seluruh keluarga ,teman & kerabat yang ditinggalkan emoticon-Turut Berduka
Mungkin seharusnya di setiap regu ada yang mendampingi,6 orang dengan sebegitu banyak peserta juga gak bakal bisa.
1 orang 1 regu aja susah emoticon-Cape d...
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia