Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
39
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e54fea09775134618242539/9-modifikasi-kendaraan-harian-yang-bisa-kamu-lakuin-saat-musim-hujan-tetap-aman
Modifikasi kendaraan baik motor atau mobil ternyata bisa kita lakukan dengan tujuan keselamatan berkendara, Apalagi dikondisi cuaca yang lagi musim hujan seperti ini.
Lapor Hansip
25-02-2020 18:01

9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)

Past Hot Thread
icon-verified-thread
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)

otonity


[ HT# 573 ]


Rupanya, hujan masih enggan pergi di negeri ini ya, gan. Hujan adalah berkah, tapi banjir adalah bencana akibat kesalahan manusia sendiri, harus di bedakan. Skip.


Bicara hujan bagi kita yang sering mengaspal tentu menjadi tantangan tersendiri, terutama teknik berkendara dan tentu saja kendaraan kesayangan harus lebih di perhatikan saat melewati jalan menggenang sampai banjir.

Pentingnya memperhatikan kondisi kelayakan jalan kendaraan adalah wajib hukumnya sebelum berangkat, terutama bagian ban, lampu dan klakson yang menjadi tiga faktor utama yang harus di perhatikan saat musim hujan tiba.

Tapi bicara modifikasi kendaraan baik motor atau mobil ternyata kita masih bisa lakukan kok, tapi ingat ini adalah modfikasi untuk mengkatkan safety lebih kepada mengganti bagian yang meningkatkan fitur safety. Jadi selain kita bisa tetap bergaya di saat 'hujan-hujanan', tapi kita tetap nyaman, aman, dan selamat sampai tujuan. Nah, di kesempatan kali ini saya ingin share apa saja sih part atau bagian yang bisa di modifikasi tersebut. Check in shooow, lah gan!

9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
trialgame

1. Ban

Yup, seperti yang sudah saya sebut di awal mengganti ban yang sudah terlihat gundul, retak, benjol dan lainnya seperti sudah wajib untuk di ganti. Mengganti ban yang baru dengan karet yang lebih empuk akan membuat daya cengkram dan pengereman jadi lebih 'nge grip' atau pakem, biar gak bingung pilihlah corak ban standar bawaan pabrik saja, atau bisa pilihlah kembangan ban yang sejajar satu arah.

Selain itu ban baru bisa meminimalisir efek aquaplanning/hydroplaning atau mencegah ban tidak menempel di aspal saat ada genangan air, kembang ban baru mampu menyapu air dengan lebih baik. Satu hal lagi, tekanan angin pada ban harus di turunkan beberapa psi (bisa di lihat pada kode yang tertera pada ban) agar faktor selip bisa di minimalisir.

2. Lampu

Lampu menjadi poin ke dua yang penting untuk di ganti. Memgganti bohlam yang sudah redup, bahkan mati amat berbahaya karena keberadaan kendaraan kamu tidak terlihat dari arah manapun terlebih di hujan yang lebat. Saran saya sih ganti bohlam standar pabrik, hindari lampu selain warna kuning karena tidak menembus hujan dan kabut.

Namun bisa juga mengganti lampu dengan kualitas standar pabrik namun warna kuning dan level intensitasnya harus benar-benar diperhatikan agar tidak mengganggu pengendara dari arah berlawanan. Perhatikan juga nanti setelan arah sorot lampu harus fokus dan jatuh pada titik-jarak yang tepat.

3. Klakson

Klakson yang tidak layak pakai sebaiknya segera di ganti. Suara sember-pecah karena kemasukan air, level suara dibawah standar membuat suara klaskon nyaria tidak bisa sis dengar oleh pengendara lain.

Dengan klakson yang berkualitas standar pabrik akan membantu memberitahukan keberadaan kamu di jalan di kondisi tak terduga saat pandangan terbatas. Perhatikan pemasangan arah klakson, tipe klakson misalnya yang anti air sudah banyak beredar dipasaran.

9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
bequietndrive


4. Perkabelan

Nah, ini juga nggak kalah penting banget, saya sarankan serahkan saja ke mekanik bengkel berpengalaman. Jika kendaraanmu benar-benar dalam kondisi 'buluk' lama jadi ganjelan pintu garasi lebih baik bawa kebengkel dahulu sebelum dibawa jalan saat musim hujan begini.


Di musim kemarau saja berbahaya apalagi kalau saat musim hujan rawan arus pendek dan menyebabkan kendaraa nggak mau jalan, yang lebih parah bisa menyebabkan kendaraan terbakar. Wew!

5. Box

Bagi pemotor yang tidak memiliki ruang penyimpanan yang luas saya sarankan sih memakai box saja,  tentu saja selain penyimpanan ekstra ini lebih luas untuk menyimpan barang-barangmupun kini jadi lebih aman dari kebasahan dan tangan jahil.

Yang perlu diperhatikan saat memilih box motor perhatikan kapasitas boxnya harus menyesuaikan ukuran motor dan kapasitas mesin, dimensi yang proposional dengan body motor, bahan yang cukup kuat, ada pengunci ganda, dan belilah box yang dijual sekaligus dengan braketnya, dengan demikian proses pemasangan jadi lebih cepat di tempat membeli.

6. Spakbor

Kok spakbor? Iya tidak salah, coba saja kamu perhatikan jika kamu berada di belakang motor yang tidak memiliki spakbor atau spakbornya tidak layak pakai tentu akan sangat mengganggu pandangan pengendara dibelakangnya.

Di kondisi standar saja terkadang spakbor sering menyipratkan air ke muka pengendara di belakangnya apalagi spakbor tak layak pakai atau tanpa spakbor sama sekali. Kalaupun kesulitan mengganti cara tukang ojol bisa di coba dengan menambahkan bahan karet atau plastik yang di pasangkan bersama spakbor agar sebagian besar kembang ban tertutupi dengan baik.

7. Jok

Bagian ini juga perlu di modifikasi atau di upgrade ke bahan yangelbih baik apabila kondisi jok kendaraanmu sudah tidak layak pakai, bolong, sobek-sobek, retak dan lain sebagainya.

Disaat musim hujan begini terutama jok motor yang sudah rusak ini biasanya akan menyerap air dan ini sangat tidak nyaman karena kita seperti duduk dikursi busa yang basah. Dipasaran ada banyak jenis bahan jok yang bisa kamu pilih atau menyesuaikan budjet kamu yang penting jok tidak lagi menyerap air dan menyimpan air.

8. Knalpot

Nah, ini bagian yang tak kalah parno, nih Gan. Yup kondisi knalpot yang sudah tidak layak, dudukan kendor amat rawan kemasukan air, terlebih sudah berkarat amat parah di bagian leher angsanya.

Air yang masuk dari knalpot amat bahaya jika sampai ke ruang mesin dalam jumlah yang banyak. Air juga bida tercampur ke ruang oli, akan lebih parah jika terjadi efek waterhammer bisa-bisa di bagian blok silinder, piston, setang piston, klep bahkan sampai kruk as ambrol deh.

Supaya motormu berjalan dengan normal dan aman dari banjir lebih baik perhatikan kondisi knalpot motormu apakah sudah satanya minta di upgrade?

9. Busi

Yes, sebagai poin terakhir ini tentu harus diperhatikan juga. Perhatikan saat kendaraanmu sulit di starter itu salahsatu penyebabnya adalah busi yang mungkin pernah terkena air hujan. Sebaiknya periksa dan keringkan sebelum kendaraan berjalan. ondisi busi yang tak layak pakai disaat musim hujan rawan sekali mati, yang paling bahaya jika tiba-tiba berhenti ditengah jalan. Maka sebaiknya jika gejala starter sulit cobalah cek kondis aki dan tentu saja busi tadi. Menyiapkan busi cadangan akan lebih baik dan membuat kita tenang selama di perjalanan.

Saat membeli busi pilihlah angka panas busi yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraanmu dan ukuran busi terutama dibagian diameter ulir, panjang ulir dan jangkauan insulator haruslah sesuai dengan spesifikasi mesin. Tapi daripada pusing kamu tinggal minta mekanik bengkel untuk mencarikan busi yang cocok dengan tipe kendaraanmu, pesan saya waspada terhadap busi palsu ya!




Nah, itulah sembilan modifikasi harian yang bisa kamu lakukan di kendaraan mobil dan motormu masing-masing. Dengan mengupgrade bagian yang tidak layak ini maka secara langsung kamu mendukung program keselamatan berkendara di jalan. Akhir kata saya ucapkan terimakasih, salam iskrim emoticon-Big Grin

sebuah opini

Diubah oleh iskrim
profile-picture
ngejleb memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
25-02-2020 18:02



Diubah oleh iskrim
0 0
0
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
25-02-2020 18:12
Apakah rumah GanKrim kebanjiran???
emoticon-DP
0 0
0
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
25-02-2020 18:15
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Apakah rumah GanKrim kebanjiran???
emoticon-DP


Tentu tidak, rumah saia kan di lembah bukit yang di kelilingi oleh tanaman anggur dan sungai rasa madu yang di jaga oleh putri dari khayangan emoticon-Big Grin
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
25-02-2020 18:19
Quote:Original Posted By iskrim
Tentu tidak, rumah saia kan di lembah bukit yang di kelilingi oleh tanaman anggur dan sungai rasa madu yang di jaga oleh putri dari khayangan emoticon-Big Grin


Izzzzzh... Tetangganya Mimi Peri donk...
emoticon-Takut
0 0
0
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
25-02-2020 18:22
bnyk moge bodoh yg spakbornya dicopot trus nyiprat2 emoticon-Mad

buat moge yg msh masang spakbor, anda memang pintar emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
25-02-2020 18:27
Quote:Original Posted By adolfsbasthian


Izzzzzh... Tetangganya Mimi Peri donk...
emoticon-Takut

anekan raja perih emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By 3770372
bnyk moge bodoh yg spakbornya dicopot trus nyiprat2 emoticon-Mad

buat moge yg msh masang spakbor, anda memang pintar emoticon-thumbsup

NAH!
0 0
0
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
25-02-2020 18:43
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)

aman & anti lapar
emoticon-Cool
0 0
0
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
25-02-2020 19:25
Musim hujan bahaya klu sampai kendaraan kerendem air...
Menguras dompet
emoticon-Mewek
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
25-02-2020 20:30
belilah speedboat atau perahu karet, berguna bagi warga jekardah
0 0
0
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
25-02-2020 20:52
Quote:Original Posted By iskrim
anekan raja perih emoticon-Ngakak (S)


NAH!


Apanya yang perih GanKrim???
emoticon-DP
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
25-02-2020 22:44
Quote:Original Posted By ngejleb
Musim hujan bahaya klu sampai kendaraan kerendem air...
Menguras dompet
emoticon-Mewek

Yoyooi emoticon-Frown
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Apanya yang perih GanKrim???
emoticon-DP

Skrg tgl tuwir emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan ngejleb memberi reputasi
2 0
2
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
25-02-2020 22:48
Quote:Original Posted By Vandisk
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)

aman & anti lapar
emoticon-Cool


.... emoticon-Leh Uga
0 0
0
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
26-02-2020 05:14
Quote:Original Posted By iskrim
Yoyooi emoticon-Frown

Skrg tgl tuwir emoticon-DP


Waaah... GanKrim banyak duwit nih...
emoticon-Goyang
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
26-02-2020 14:12
Kalo bisa pas hujan ya neduh aja gan jangan nekat, motornya bisa dimodif, badan agan masuk angin gak ada yang ngerokin gan
emoticon-Turut Berduka
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
26-02-2020 19:03
Quote:Original Posted By adolfsbasthian


Waaah... GanKrim banyak duwit nih...
:goyang

aamiin 10000000000000x emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By Simen92
Kalo bisa pas hujan ya neduh aja gan jangan nekat, motornya bisa dimodif, badan agan masuk angin gak ada yang ngerokin gan
emoticon-Turut Berduka

duka jones ya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
27-02-2020 06:09
Quote:Original Posted By iskrim
aamiin 10000000000000x emoticon-Leh Uga


Entuh masih kurang GanKrim...
emoticon-Leh Uga
0 0
0
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
27-02-2020 06:55
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Entuh masih kurang GanKrim...
emoticon-Leh Uga


Oh me ge.... emoticon-Leh Uga
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
27-02-2020 07:23
Quote:Original Posted By iskrim
Oh me ge.... emoticon-Leh Uga


GanKrim lucuk deh...
emoticon-Cipok
0 0
0
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
27-02-2020 12:08
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
GanKrim lucuk deh...
emoticon-Cipok


Tgl tua mah gak ada lutju2nya emoticon-Ngakak
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
9 Modifikasi Kendaraan Harian yang Bisa Kamu Lakuin Saat Musim Hujan (Tetap Aman)
27-02-2020 14:32
Quote:Original Posted By iskrim
Tgl tua mah gak ada lutju2nya emoticon-Ngakak


Menuju akhir bulan...
emoticon-Merdeka
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia