News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
190
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e536dc728c9916db55bb303/setelah-cukai-mobil-motor-bakal-kena-palak-uang-jalan
Dunia otomotif masih dilanda sentimen negatif, selain penjualan roda dua dan empat yang dalam tren turun, ada rencana kebijakan pemerintah yang berpotensi makin memberatkan. Selain usulan pengenaan cukai emisi kendaraan bermotor, juga ada rencana pengenaan dana jalan bagi industri otomotif.
Lapor Hansip
24-02-2020 13:31

Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan

Past Hot Thread
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan

Jakarta, CNBC Indonesia - Dunia otomotif masih dilanda sentimen negatif, selain penjualan roda dua dan empat yang dalam tren turun, ada rencana kebijakan pemerintah yang berpotensi makin memberatkan. Selain usulan pengenaan cukai emisi kendaraan bermotor, juga ada rencana pengenaan dana jalan bagi industri otomotif.

Rancangan Undang-undang (RUU) tentang jalan masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas 2020). Dalam draf revisi UU No 38 tahun 2004 itu terdapat tambahan aturan mengenai Dana Jalan. Salah satu pihak yang akan kena beban 'dana jalan' antara lain perusahaan bergerak di bidang otomotif.

Ketentuan tersebut disisipkan di antara Bab V dan Bab VI, yakni pada Bab VA. Pemerhati Transportasi, Djoko Setijowarno, menilai, adanya Dana Jalan dimaksudkan untuk membatasi kendaraan pribadi dan memperbaiki sistem transportasi massal.


"Nanti dari Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan bisa berkoordinasi. Dananya misalnya untuk perbaikan jalan atau dimanfaatkan untuk operasional angkutan umum," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Senin (24/2/20).

Ucapan Djoko juga sejalan dengan yang tertulis dalam naskah akademis RUU tersebut. Dijelaskan dalam naskah tersebut bahwa pendapatan yang diperoleh dari sektor jalan, sedapat mungkin kembali ke sektor jalan, guna menjamin konsistensi kinerja jalan.

Secara rinci, berikut aturan mengenai Dana Jalan:

BAB VA
DANA JALAN
Pasal 57A

1. Untuk menjamin keberlanjutan pelayanan Jalan, diperlukan dana Jalan.
2. Dana Jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berasal dari alokasi pajak kendaraan bermotor, retribusi penggunaan ruas jalan, dana preservasi Jalan, dan sumber lain yang sah.
3. Alokasi pajak kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (2) digunakan untuk pembangunan dan/atau pemeliharaan jalan serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
4. Retribusi penggunaan ruas jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diperuntukkan bagi peningkatan kinerja lalu lintas dan peningkatan pelayanan angkutan umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
5. Dana preservasi Jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) bersumber dari pengguna Jalan dan digunakan untuk kegiatan pemeliharaan, rehabilitasi, dan rekonstruksi Jalan diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
6. Pengelolaan Dana Jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam draf regulasi tersebut, pada bagian penjelasan atas pasal-pasal disebutkan bahwa yang dimaksud dengan 'sumber lain yang sah' antara lain bantuan atau dana tanggung jawab sosial perusahan yang bergerak di bidang otomotif.

Adapun penjelasan dari Ayat (3), yang dimaksud dengan 'ketentuan peraturan perundang-undangan' adalah ketentuan dalam undang-undang yang mengatur mengenai pajak dan retribusi daerah dan peraturan pelaksanaannya.

Selanjutnya, dalam Ayat (4) yang dimaksud retribusi penggunaan ruas jalan antara lain retribusi jembatan timbang dan retribusi pengendalian lalu lintas. Objek retribusi pengendalian lalu lintas meliputi penggunaan ruas jalan tertentu, koridor tertentu, atau kawasan tertentu pada waktu tertentu oleh kendaraan bermotor perseorangan dan barang.

Dalam naskah akademis RUU tersebut, terdapat latar belakang yang menyebabkan perlunya Dana Jalan. Dijelaskan bahwa investasi di bidang prasarana jalan cenderung kurang memadai.

Hal ini ditandai dengan penurunan tingkat pelayanan jalan dan peningkatan biaya transportasi akibat kemacetan. Investasi yang kurang memadai tersebut disebabkan karena berkurangnya dana publik untuk sektor jalan dan sektor swasta kurang berminat untuk investasi di sektor ini.

Kondisi ini menurunkan efisiensi sistem dan efektivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan prasarana yang ada. Konsekuensinya adalah timbulnya kebutuhan yang mendesak untuk menetapkan arah kebijakan yang tepat yang dapat menjamin tersedianya sumber pendanaan pemeliharaan
jalan secara kontinu.

"Konsep Road Fund menganut filosofi bahwa pemeliharaan jalan seharusnya dikelola menurut mekanisme pasar, dengan pengguna jalan membayar biaya untuk penggunaan jalan," tulis naskah akademis itu.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...lak-uang-jalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sugartomat4 dan 14 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 13:35
Kon tol... Malak iya kerja ga bener.. Hasilnya pun gaada.. Hanya korupsi yang merajalela emoticon-Cape d...
Diubah oleh victimaye
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cilok_firmans dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 13:36
Negara preman tukang palak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monkeydragonrf dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 13:42
Emang dulu diajarin apa disekolah ? Udah tua jd tukang palak ??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monkeydragonrf dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 13:49
Palakin tu kendaraan gede dulu yg asepnya pekat banget n muatannya berat...kalo kendaraan pribadi mau dipalakin, tinggal tunggu aja adanya demo rusuh besar2an.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 13:51
gak skalian mintak nasi cadong tuh motor ? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
angelo.ogbonna dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 14:02
gw setuju kalau dana jalan ini di legalkan, tapi sejalan dengan tindakan lanjutannya,

misal, jika jalan rusak tidak diperbaiki, maka harus ada UU legal yang bisa membui anggota pemerintahan terkait.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cilok_firmans dan 26 lainnya memberi reputasi
26 1
25
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 14:04
gp2 lah ntar jumlah mtr bodong jadi nambahemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 14:10
dikompas & dikompas terus
profile-picture
profile-picture
maverick4ever dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 14:12
kebijakan yang baik, patut didukung kan yaa
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 14:20
udah pinjem sana sini masih kurang aja?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 14:20
ini judulnya pajak berganda, bakal kalah di MA
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 14:46
Dana jalan

Dana aspal

Dana cor beton

Dana jembatan

Dana zebra cross

Dana rambu jalan

Dana lampu merah

Dana penerangan jalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 14:57
sebenernya kondisi negara udah bangkrut bingung pamsukan drmana lagi, tapi naik level jadi 'negara maju' emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cilok_firmans dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 15:09
Quote:Original Posted By muscle.maniax
Dana jalan

Dana aspal

Dana cor beton

Dana jembatan

Dana zebra cross

Dana rambu jalan

Dana lampu merah

Dana penerangan jalan


Dana Umum emoticon-Big Grin
Kayak lagi maen monopoly ya kan.. emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 15:35
yang pake knalpot brong tolok dipalak 2 kali lipat.

vangke bener yg pake knalpot begituan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 18:46
Peras terooooos
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
24-02-2020 19:58
Setuju.

Asalkan pejalan kaki juga kena Yee... Mereka kan pengguna jalan juga.
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 05:20
asal sesuai dengan kualitas jalan nya gpp
misal ad jalan berlubang atau rusak dalam waktu 24 jam sudah ad perbaikan ,, bila tidak ada masyarakat bisa menggugat oknum pemerintah terkait 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cilok_firmans dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 06:21
kalau pajak jalan diadain pajak yang lain untuk individu diturunin lah harusnya

pajak jalan diperuntungkan yang punya kendaraan... tapi sebelum pajak jenis itu ada, masyarakat umum dah bayar pajak buat perbaikan dan pengadaan jalan ke wilayah masing masing...

Ditambah juga perbaikan yang lebih cepat, maksimal 24 jam dah balik... udah ada anggaran khusus dari pajak jalan...
Diubah oleh dicky.farista
0 0
0
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia