Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
200
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5320c310d2953d186e4b80/dibilang-sejuta-umat-kok-marah
Istilah kendaraan "sejuta umat" sepertinya sudah sangat familiar di telinga kita. Mulai dari ustadz sejuta umat hingga kendaraan sejuta umat yang jumlahnya tumpah ruah di jalanan. Tak perlu saya sebutkan mereknya khawatir ada yang tersinggung.
Lapor Hansip
24-02-2020 08:02

Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?

Istilah kendaraan "sejuta umat" sepertinya sudah sangat familiar di telinga kita.

Mulai dari ustadz sejuta umat hingga kendaraan sejuta umat yang jumlahnya tumpah ruah di jalanan. Tak perlu saya sebutkan mereknya khawatir ada yang tersinggung.....

Lantas kenapa disebut kendaraan sejuta umat? Salah satunya karena yang menggunakan kendaraan tersebut sangatlah banyak.

Saya sering memperhatikan orang-orang di sekitar lingkungan saya ketika mereka membeli kendaraan khususnya sepeda motor.

Dalam satu rumah saja ada yang sampai punya motor lima. Padahal orangnya cuma dua atau tiga. Malah banyak juga yang tiap setahun sekali kerjaannya cuma gonta ganti merek motor....

Apalagi di zaman sekarang, motor itu seperti barang mainan. Ibarat kacang goreng, hampir semua orang di republik punya.

Cuma anehnya, merek dan jenis motor yang mereka beli ya itu itu saja. Cuma beda stiker dan lampu doang.....


Dibilang sejuta umat malah marah

Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?

Kebetulan saya punya teman yang pernah tersinggung dan marah ketika motor hasil modifikasinya dibilang "masih motor sejuta umat".

Padahal dia sudah ganti knalpot, ganti ban, sampai ganti stiker (vinyl) biar merek aslinya tidak kelihatan.....

Faktanya, toh, motor teman saya itu memang motor sejuta umat yang banyak dibeli orang. Jadi walau dimodifikasi segaya apapun basisnya ya tetap saja sejuta umat. Lalu kenapa harus marah?

Lucunya, motor sejuta umat yang dia modif itu meniru salah satu motor skutik asal pabrikan Italia.....

Kalo memang motornya ingin mirip seperti Vespa, Lambretta atau Peugeot, dan tak mau dibilang pasaran. Kenapa tidak membeli motor aslinya saja?

Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?

Jadi menurut pendapat teman saya, sebagus dan semahal apapun motor hasil modifikasi kalau basisnya diambil dari motor sejuta umat ya tetap saja pasaran.....

Lain halnya jika membeli Django, Vespa, Lambretta, Kymco, atau Italjet.


Pabrikan pandai memainkan psikologi orang Indonesia

Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?

Melihat fenomena semacam itu kadang saya suka berpikir.....

Kenapa orang Indonesia mudah sekali di iming-imingi oleh perubahan nihil sebatas facelift?

Asal diberi iklan "All New" pasti orang berbondong-bondong untuk membelinya.


Contoh :

Pada tahun 2019, anda membeli sepeda motor baru merek Ngemek, Cukupy atau Mbit

Belum setahun motor itu anda beli, tiba-tiba muncul lagi model baru dengan merek yang sama. Perubahannya hanya sebatas ganti warna, stiker, tampilan speedometer, dan lampu saja. Sisanya 100% sama saja.

Pertanyaannya adalah : Kenapa harus beli motor baru lagi jika yang dibeli model dan mereknya itu-itu juga?

Ada lagi kasus lain yang sering saya lihat. Di satu daerah ada masyarakat yang hobinya membeli sepeda motor baru buat gengsi-gengsian. Motor yang dibeli biasanya motor sejuta umat juga.

Namun hanya karena muncul model baru, mereka akan menjual motor yang lama lalu menggantinya dengan yang baru.

Padahal usia rata-rata motor mereka tidak lebih dari dua tahun. Hanya karena tergoda oleh lampu belakang yang baru, mereka rela ngangsur lagi. Padahal yang lama juga belum lunas.....

Dan ketika ditanya, kenapa beli motor yang sama lagi? Mereka menjawab.....

"Ini model baru lihat saja lampu belakangnya!"


Bayangkan! Hanya karena iklan lampu belakang model baru mereka rela beli lagi......

emoticon-Leh Uga




Saya, napelogini.........Terima kasih

Photo : Google

profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 58 lainnya memberi reputasi
51
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?
24-02-2020 08:36
Gak ada yg salah sih kalo pake motor sejuta umat. Gak ada yg salah juga kalo emang dia mau gonta ganti motor karna keluaran baru kalo sanggup emoticon-Big Grin

Ane gak tau sedeket apa ts sama temen nya, tapi kok dari cerita ts kesannya kaya si ts malah nyinyirin temen nya ya. Menurut ane itu tindakan yg gak perlu gan. Ibarat ada orang (maaf) jelek, trus dia tiap hari ngegym eh tiba2 ada orang yg nyinyirn ngapain cape2 ngegym kalo aslinya dah jelek emoticon-Big Grin . Tuh orang pasti udah ngabisin banyak buat modif gan. Mungkin ts cukup komen hasil modifan nya aja (suka/tidak) emoticon-Big Grin .

Tapi ini balik lagi ya ane gak tau sedeket apa ts sama temennya emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 24 lainnya memberi reputasi
25 0
25
Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?
24-02-2020 08:03
Reserved untuk sempak sejuta umat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syafetri dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?
24-02-2020 10:22
Quote:Original Posted By napelogini
Melihat fenomena semacam itu kadang saya suka berpikir.....

Kenapa orang Indonesia mudah sekali di iming-imingi oleh perubahan nihil sebatas facelift? 

Asal diberi iklan "All New" pasti orang berbondong-bondong untuk membelinya.



Orang Indonesia terutama kalangan menengah ke bawah kebanyakan selalu berpegang teguh pada prinsip "BIAR TEKOR ASAL SOHOR".

Hal ini dimanfaatkan oleh pabrikan untuk mengobrak abrik mental konsumtif ala rakyat +62.

LOGIKA NGAWUR : Semakin banyak motor yg terjual atau semakin banyak jenis motor merek tertentu maka oleh sebagian besar masyarakat awam akan dianggap bhw produk tersebut bagus. PADAHAL BELUM TENTU ATAU TIDAK SAMA SEKALI......

Yang lebih goblok lagi anaknya temen gua. Itu bocah baru aja dibeliin emaknya motor Kunyuki F150 baru.

3 bulan kemudian muncul lagi motor Kunyuki F150 New (facelift). Cuma beda di batok lampu doang....

Eh si bocah goblok ngamuk lagi ke emaknya minta dibeliin lagi.....

Kenapa gak beli batok lampunya aja blok?

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?
25-02-2020 09:53
Karakter khas orang norak Indonesia. Pake motor sejuta umat tapi serasa make moge. Grasak grusuk gradak gruduk

Pake motor sejuta umat tapi serasa paling beda mlh ada yg minta parkir di area khusus moge dan Harley

Pake motor Jepang sejuta umat dimodif biar mirip kaya motor Italia

Yang make motor sejuta umat mah kaga usah neko2 udah terima aja apa adanya. Itu mlh lbh bagus daripada dimodif aneh2 malah keliatan kampungan

emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?
24-02-2020 09:09
ujungnya jadi konsumtip, ane sih masih setia fckrio 125 2013 emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?
25-02-2020 10:00
Ane buat operasional kerja sehari2 pake motor sejuta umat jg ko si mbeat, perawatan murah, bensin irit, enak buat selap selip.. tp ane jg punya vespa di drumah, kenapa ane beli..? karena ane ngerasa mampu buat ngurus 2 motor itu. kalo pengen gembung celengan yah tinggal jual, gampang.. hahahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
napelogini dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?
25-02-2020 10:00
Gw jengkel lihat org gengsian, pgn dilihat wah. Apalagi dia datang utk ngutang. Manusia2 yg pantas dibakar di neraka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?
25-02-2020 09:46
Ini tergantung sudut pandang saja

Sejuta umat artinya sesuatu yang paling banyak dipakai orang, sesuatu yang paling populer (bukan berarti paling bagus)

Sederhananya sejuta umat adalah sesuatu yang sangat pasaran dan sangat umum

Dalam hal tertentu istilah sejuta umat biasanya sangat dihindari oleh kalangan sultan atau kaum elite. Baik soal kendaraan sampai pada hal lainnya seperti fashion, dll

Jadi apabila seseorang telah merubah kendaraan sejuta umat dengan gaya modifikasi apapun untuk menghilangkan identitas aslinya. Maka hal tersebut tidak akan merubah status kendaraan tersebut sebagai kendaraan sejuta umat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
napelogini dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?
24-02-2020 10:36
Ada yg punya motor metik sejuta umat tapi dimodif biar mirip Vespa? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Dibilang Sejuta Umat Kok Marah?
24-02-2020 08:50
Hak asasi dia
Mau marah mau ngga

Terserah TS mau terima atau ngga
Ya sesuka ente jg lah



emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia