Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
22
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5233908d9b176fbe4ec63d/apa-itu-insecure-bagaimana-insecure-membunuh-kebahagiaan-kita
  Insecure adalah perasaan tidak aman terhadap diri yang mampu membunuh kebahagiaan kita tanpa kita sadari. Insecure bisa terjadi saat kita malu, merasa bersalah, kekurangan, atau tidak mampu melakukan sesuatu. Saat merasa Insecure kita cenderung hidup dalam ketakutan. Semakin tidak percaya diri, semakin banyak rasa tidak aman yang ada dalam pikiran. Akibatnya, akibatnya bisa menjadi tidak nyama
Lapor Hansip
23-02-2020 15:10

Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?

 
spoiler


Insecure adalah perasaan tidak aman terhadap diri yang mampu membunuh kebahagiaan kita tanpa kita sadari. Insecure bisa terjadi saat kita malu, merasa bersalah, kekurangan, atau tidak mampu melakukan sesuatu. Saat merasa Insecure kita cenderung hidup dalam ketakutan. Semakin tidak percaya diri, semakin banyak rasa tidak aman yang ada dalam pikiran. Akibatnya, akibatnya bisa menjadi tidak nyaman berinteraksi dengan orang lain dan melewatkan banyak kesempatan untuk bahagia. 
 
Apa yang menyebabkan kita merasa Insecure?

Terdapat beberapa hal yang sering kita lalukan seringkali memicu perasaan Insecure dalam diri kita, antaralain:

1.    Membanding-bandingkan diri dengan orang lain. 

spoiler


 
“kalau saja kulit saya putih kayak kulitnya tentu saya akan terlihat lebih cantik. Teman-teman saya diterima universitas negri sedangkan saya tidak. Saya sudah berusaha lebih keras tapi hasilnya, karir teman tetap lebih baik dari karir saya, dan seterusnya… dan seterusnya…
 

Comparison is a thief of joy. Saat kita membandingkan diri dengan orang lain, kita seringkali terpaku melihat kelebihan orang lain yang tidak kita miliki sehingga kita lupa bahwa kita mempunyai kelebihan lain yang dapat kembangkan. Terlalu fokus melihat betapa teman kita bahagia sehingga lupa untuk mensyukuri hidup kita sendiri. Entah melalui stalking kesuksesan teman di Instagram atau linkedin, membandingkan pencapaian teman lalu menganggap kita tidak bahagia karena belum mencapai pencapaian yang sama seringkali memicu rasa insecure. Membandingkan pencapaian diri dengan apa yang dimiliki orang lain terkadang perlu untuk mamacu semangat. Tetapi kita juga harus ingat, saat kita sudah berusaha yang terbaik, usaha kita juga harus diapressiasi minimal oleh diri sendiri.

2.    Menoleh ke masa lalu. 

spoiler


 “Jika dulu saya tidak egois, mungkin dia ngak akan minta putus dan kita sudah menikah. Jika dulu saya belajar lebih rajin mungkin saya bisa sekolah ditempat yang lebih baik. Jika dulu saya terima tawaran itu, mungkin kehidupan saya saat ini bisa ebih baik”. Padahal jika benar-benar diberi kesempatan untuk kembali ke masa lalu, apakah semua otomatis bisa lebih baik? Ngak juga, siapa yag jamin?

Mungkin kita memiliki masa lalu yang menyisakan penyesalan dan itu membuat kita merasa tidak layak untuk hidup, suatu kesalahan dimasa lalu yang terus kita sesali. Ingat, masa depanmu tidak ditentukan oleh apa yang kita lakukan kemarin namun ditentukan oleh apa yang kita lakukan hari ini! Apa yang sudah terjadi sudah tidak dapat dirubah atau diperbaiki, yang lalu biarkan berlalu. Lebih penting bagi kita menjadikan apa yang telah terjadi dimasa lalu sebagai pelajaran untuk hari esok yang lebih baik.

3.    Terlalu banyak melihat sosial media.

spoiler


 “Sudah buka ig.story mbak putri? Dia beli mobil baru loh. Wihh.. Seneng ya jadi nia rahmadani, apa-apa diurus asisten rumah tangga sampai ngupas salak ngka bisa. Senengnya bisa traveling kemana-mana, sayang gaji bulan ini ngepas pake nombokin kebutuhan kemarin” dan silahkan lanjutkan sendiri..

Sosial media memang bisa menjadi tempat kita mendapat inspirasi. Namun, bila kita terlalu sering melihat sosial media orang lain, kita bisa menginginkan apa yang mereka miliki dan merasa tidak cukup dengan apa yang kita miliki. Kita harus sadar bahwa kebahagian yang seringkali dipamerkan disosial media juga menyimpan cerita pahit dan perjuangan dibaliknya. Bersyukurlah atas apa yang kita miliki dan sebaiknya kita dengan bijak memaknai apa yang diposting sosial media.

4.    Overthinking. 

spoiler


Terlalu banyak memikirkan hal-hal yang belum pasti terjadi tidaklah baik untuk kesehatan mental kita. Bukan berarti kita menjadi orang yang cuek dan berpikiran pendek, namun jangan terlalu keras pada diri kita sendiri. Nikmatilah proses dan positif thinking bahwa semua akan berjalan baik asal kita sudah berusaha yang terbaik.

5.    Terlalu mendengarkan Kata-kata negatif orang lain. 

spoiler


Kita tidak bisa mengkontrol perkataan orang lain. Namun, kita bisa memilih perkataan siapa yang ingin kita percayai. Saran dan kritik yang membangun diri itu penting, namun tidak semua jenis perkataan orang harus kita terima mentah-mentah. Bila ada seseorang yang mengatakan hal negatif tentang diri kita, jangan simpan perkataan itu dalam hati! Ingat, identitasmu tidak ditentukan oleh apa yang dikatakan orang lain. Kita hanya meiliki dua tangan, mustahil bagi kita menutup mulut semua orang, tapi paling tidak kita dapat menggunakan dua tangan yang kita miliki untuk menutup telinga kita sendiri.

sekian trit dari nubi, semoga bermanfaat

sumber: 12 dan opini pribadi
sumber gambar: google images
Diubah oleh anonimiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anon009 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
23-02-2020 15:13
Quote:Original Posted By anonimiss
      <!-- /* Font Definitions */ @font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-536869121 1107305727 33554432 0 415 0;} @font-face {font-family:Calibri; panose-1:2 15 5 2 2 2 4 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-familyemoticon-Swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-469750017 -1073732485 9 0 511 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:8.0pt; margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} a:link, span.MsoHyperlink {mso-style-priority:99; color:blue; text-decoration:underline; text-underline:single;} a:visited, span.MsoHyperlinkFollowed {mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; color:#954F72; mso-themecolor:followedhyperlink; text-decoration:underline; text-underline:single;} p {mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-margin-top-alt:auto; margin-right:0cm; mso-margin-bottom-alt:auto; margin-left:0cm; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman",serif; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} p.MsoListParagraph, li.MsoListParagraph, div.MsoListParagraph {mso-style-priority:34; mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:8.0pt; margin-left:36.0pt; mso-add-space:auto; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} p.MsoListParagraphCxSpFirst, li.MsoListParagraphCxSpFirst, div.MsoListParagraphCxSpFirst {mso-style-priority:34; mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-type:export-only; margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:0cm; margin-left:36.0pt; margin-bottom:.0001pt; mso-add-space:auto; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} p.MsoListParagraphCxSpMiddle, li.MsoListParagraphCxSpMiddle, div.MsoListParagraphCxSpMiddle {mso-style-priority:34; mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-type:export-only; margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:0cm; margin-left:36.0pt; margin-bottom:.0001pt; mso-add-space:auto; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} p.MsoListParagraphCxSpLast, li.MsoListParagraphCxSpLast, div.MsoListParagraphCxSpLast {mso-style-priority:34; mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-type:export-only; margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:8.0pt; margin-left:36.0pt; mso-add-space:auto; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} .MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} .MsoPapDefault {mso-style-type:export-only; margin-bottom:8.0pt; line-height:107%;} @page WordSection1 {size:612.0pt 792.0pt; margin:72.0pt 72.0pt 72.0pt 72.0pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:36.0pt; mso-paper-source:0;} div.WordSection1 {page:WordSection1;} /* List Definitions */ @list l0 {mso-list-id:558395553; mso-list-type:hybrid; mso-list-template-ids:1039020932 67698703 67698713 67698715 67698703 67698713 67698715 67698703 67698713 67698715;} @list l0:level1 {mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:left; margin-left:18.0pt; text-indent:-18.0pt;} @list l0:level2 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:left; margin-left:54.0pt; text-indent:-18.0pt;} @list l0:level3 {mso-level-number-format:roman-lower; mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:right; margin-left:90.0pt; text-indent:-9.0pt;} @list l0:level4 {mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:left; margin-left:126.0pt; text-indent:-18.0pt;} @list l0:level5 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:left; margin-left:162.0pt; text-indent:-18.0pt;} @list l0:level6 {mso-level-number-format:roman-lower; mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:right; margin-left:198.0pt; text-indent:-9.0pt;} @list l0:level7 {mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:left; margin-left:234.0pt; text-indent:-18.0pt;} @list l0:level8 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:left; margin-left:270.0pt; text-indent:-18.0pt;} @list l0:level9 {mso-level-number-format:roman-lower; mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:right; margin-left:306.0pt; text-indent:-9.0pt;} ol {margin-bottom:0cm;} ul {margin-bottom:0cm;} --> Penyakit Insecure-Insecurity Yang Mampu Membunuh Kebahagiaan Kita
 



emoticon-Bingung
profile-picture
anonimiss memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
23-02-2020 15:29
ckck... dibenerin gih

saran loh, jangan keburu insecure emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
23-02-2020 17:12
semangat bikin trit nya emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
23-02-2020 19:15
semangat bray
0 0
0
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
23-02-2020 21:48
rada horor yak kalau dibilang “membunuh” emoticon-Takut (S)
kalau menurut ane sih lebih tepatnya mencegah kita untuk bahagia emoticon-Big Grin
tapi ane setuju sih sama isi tritnya
0 0
0
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
23-02-2020 23:59
Insecure emang susah banget diilangin sih, setiap orang pasti punya keinsecureannya masing-masing
0 0
0
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
24-02-2020 02:36
Bener banget sih itu terlalu banyak melihat media sosial jadi bikin ngerasa makin insecure contohnya ane. Kadang jadi makin gak pede. Emg ada saatnya kita harus istirahat dari media sosial
profile-picture
TelahLogin memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
24-02-2020 02:36


Quote:Original Posted By tukangkomen19
Insecure emang susah banget diilangin sih, setiap orang pasti punya keinsecureannya masing-masing


Iya benerr dan pasti tiap orang ada rasa membandingkan dirinya dengan orang lain
0 0
0
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
24-02-2020 11:26
Quote:Original Posted By indra.blora
semangat bray


makasih gan emoticon-Cendol (S)

Quote:Original Posted By fairypurpels
rada horor yak kalau dibilang “membunuh” emoticon-Takut (S)
kalau menurut ane sih lebih tepatnya mencegah kita untuk bahagia emoticon-Big Grin
tapi ane setuju sih sama isi tritnya


biasanya butuh kata-kata lebay gitu pada suka gan emoticon-Embarrassment

profile-picture
indra.blora memberi reputasi
1 0
1
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
24-02-2020 12:02


Quote:Original Posted By anonimiss
makasih gan emoticon-Cendol (S)



biasanya butuh kata-kata lebay gitu pada suka gan emoticon-Embarrassment


iya sih biar menurique gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
24-02-2020 12:15


Quote:Original Posted By anonimiss
iya gan, bahkan ada yang bilang kalai instagram itu alun sosial media yanga paling ngak baik buat kesehatan menatal, walaupun semuanya balik lagi kemasing-masing netijen.


Iyasih jatohnya jadi toxic ya kalo berlebihan & ga membatasi penggunaannya. Kita sebagai pengguna juga harus pinter2 dalam menggunakannya sih
profile-picture
anonimiss memberi reputasi
1 0
1
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
24-02-2020 16:19
yukkk semangat emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
24-02-2020 23:29
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
0 0
0
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
25-02-2020 11:12
Quote:Original Posted By encielh
yukkk semangat emoticon-Cendol (S)

yuk gan... saling menyemangati, saling berbagi energi positif
Quote:Original Posted By suka2gwbangshat
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?

thanks gan ditambahin ilustrasinya emoticon-Cendol (S)

0 0
0
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
25-02-2020 23:37
Emang insecure ituuuu gabaikemoticon-Frown kadang merasa insecure mulu sama hal apapun
0 0
0
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
28-02-2020 22:03
untuk sebagian orang insecure Emang susah ditolak apalagi kalau nggak ada lingkungan yang mendukung dia untuk itu kalau kita punya temen sahabat keluarga atau siapapun di sekitar kita yang lagi merasa insecure terhadap diri dia lebih baik kita semangatin dia kita bilang kalau dia itu hebat dan bantu dia untuk mencintai diri dia sendiri
0 0
0
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
28-02-2020 22:05
Quote:Original Posted By suka2gwbangshat
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?


Ihhh suka banget sama ilustrasinya mengena bangat sih di hati kata-katanya simple tapi dalem banget benar tu kita harus ubah insekyur jadi Bersyukur dengan apa yang kita miliki
0 0
0
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
28-02-2020 23:02
nice banget gan threadnya
ane kebantu banget nih buat memahami itu semua akhirnya jd tau harus kaya gimana
0 0
0
Apa itu Insecure? Bagaimana Insecure membunuh kebahagiaan kita?
29-02-2020 16:52
beban banget bahkan insecure emang bisa jadi toxic buat diri sendiri tapi ngerinya kadang seseorang ngga' sadar dengan toxic itu.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia